Toko Oen Malang: Sejarah dan Keunikannya

Toko Oen Malang

Toko Oen Malang – Sebelum negara kita secara resmi merdeka, dan masih dibawah pemerintahan Kerajaan Belanda dan VOC, Kota Malang adalah satu tempat warga Belanda bermukim. Maka, jangan kaget jika kamu kesini melihat banyak sekali bangunan-bangunan khas gaya eropa dengan pintu-pintu dan jendela yang tinggi.

Sangat Ikonik, dan menjadi aset tak ternilai bagi kota Malang yang memberikan identitas. Dari beberapa tempat kuliner di Malang yang masih bertahan sejak Zaman Kolonial hingga kini, salah satunya adalah Toko OEN Malang. Akan kita bahas sedikit tempat wisata di Malang sambil sedikit belajar sejarah, terdengar membosankan. Tenang, yang kita bahas adalah “ice cream”. Hehe

Toko Oen Malang, inilah nama tempat yang akan kita ulas. Jadi, ini adalah sebuah Toko yang tetap eksis dari tahun 1930 sampe sekarang. Keren kan? Sejak 15 tahun sebelum kita merdeka.

Toko ini menjadi saksi bisu dari perjuangan pejuang-pejuang kita pada zaman dahulu. Asal usul Toko Oen di buat oleh seorang warga Tionghoa Blasteran Belanda bernama Lim Goe Nio. Sebenarnya toko ini bukan yang pertama di bangun, karena yang pertama berlokasi di Yogyakarta pada tahun 1910.

Dan karena kesuksesan toko ini, hanya butuh beberapa tahun untuk membuka Cabang di Malang, Jakarta dan Semarang. Mempertahan kan Menu Lawas dari semua cabang yang ada sekarang ini, semuanya sudah beradaptasi dengan perubahan zaman, terutama pada menu makanan. Hanya yang di Malang yang masih mempertahankan menu Original.

1. Lokasi Toko Oen Malang

Enggak sulit mencari keberadaan Toko Oen, lokasi nya berada di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, No. 5, Malang.

Patokanya jika kamu datang kesini adalah Alun-alun kota Malang, karena jaraknya hanya beberapa meter saja. Lokasinya yang potensial berada di tengah Kota Malang membuat Toko Oen menjadi pilihan bagi Wisatawan.

Wisata Menarik Lainnya :  Taman Rekreasi Selecta - Harga Tiket, Wahana, Fasilitas 2022

2. Suasana di Toko Oen Malang

Kesan pertama saat kamu masuk ketempat ini adalah Cozy dan Klasik. Kamu akan di suguhkan dengan Roti-roti, kue, dan ragam kue kering. Sesuai dengan konsep awal dari toko ini yang memang menjual Produk semacam roti dan sebagainya.

Kamu bisa bersantai rileks sambil ngopi, kursi-kursi dan meja dari kayu dan Rotan. Jendela dan pintu yang khas belanda banget dengan ukuran tinggi. Kamu akan sedikit merasa kamu sedang ada di zaman kolonial, setidaknya sedikit terbayang dan ada rasa takjub.

Takjub karena mereka masih mempertahankan keasliannya baik arsitektur dan desain interior. Masih banyak hiasan-hiasan dan tulisan-tulisan Bahasa Belanda seperti “Welkom in Malang” dan “Toko Oen Die Sinds 1930 Aan de Gasten Gezelligheid Geeft”.

Itu artinya “Selamat datang di Toko Oen yang telah memberikan kenyamanan bagi tamu sejak 1930”. Pada saat sebelum pandemi, di siang hari banyak wisatawan asing terutama Belanda yang berkunjung dan menyantap makan siang di temani sang Guide.

3. Menu Toko Oen Malang

Kuliner Toko Oen Malang
Kuliner Toko Oen Malang

Pilihan menu yang tersedia sini sangat lengkap kalo menurut saya, karena tersedia mulai dari makanan Indonesia, masakan Asia, dan masakan Western seperti Burger, pasta, steak. Jadi, berbagai wisatawan baik lokal ataupun bule-bule bisa masuk.

Es krim khas Toko Oen

Jika kamu ada kesempatan dan memang penasaran, kamu wajib coba es krim di Toko Oen ini. Es krim ini berbeda dengan yang kita sering lihat atau beli di toko-toko umumnya.

Ini adalah es krim Lawas, Di buku menu Toko Oen pun tertulis “old fashioned ice cream”. Yang membedakan adalah, rasa yang tidak terlalu manis, karena ini memang di adaptasi dari lidah orang eropa yang tidak sering makan makanan manis seperti di Indonesia.

Dan teksturnya agak kasar, bisa di bilang kasar banget. Tidak selembut es krim masa kini. Tau kenapa? Karena pembuatan es krim ini manual, agar kita tau ternyata jaman dulu es krim nya seperti itu.

Wisata Menarik Lainnya :  Budug Asu, Surga Tersembunyi di Lereng Gunung Arjuna Malang

Hanya itu saja perbedaan mencolok dari es krim lawas ini, taste nya tetap oke. Intinya adalah pengalaman yang kita dapat, es krim zaman kolonial hehehe.

Untuk eskrim ini Toko Oen menyajikan beberapa Varian rasa yang bisa kamu pilih seperti:

  • Coklat
  • Vanilla
  • Strawberry

Sesekali menikmati kuliner dan suasana yang berbeda itu harus, karena hidup itu dinamis. Toko Oen memberikan suasana dan pengalaman yang berbeda, dan berharga. Karena dalam hidup, tidak satu kejadianpun yang sia-sia.

Interior yang Cocok dan terkonsep dengan baik juga pekerja yang memakai baju Hitam putih Mirip Clemek ala-ala zaman kolonial memberikan keunikan tersendiri.

Rate this post
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.
Avatar for Setapak Langkah
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Taman Pracima Tuin Mangkunegaran Solo: Daftar Menu & Tiket…

Taman Pracima Tuin Mangkunegaran merupakan sebuah taman yang terletak di kota Surakarta, Jawa Tengah,...

Tansu Parung Plantation Bogor: Menu, Lokasi dan Review

Bogor identik dengan suasana alamnya yang sejuk dan memukau. Banyak tempat nongkrong dan wisata...

Bawang Putih Resto, Menikmati Hidangan Low Micin

Akhir pekan maupun libur panjang menjadi waktu paling pas untuk dinikmati bersama teman maupun...