setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

4 Wisata Air Terjun di Bromo dengan Pemandangan Eksotis

Wisata Air Terjun di Bromo

Air Terjun di Bromo terbentuk dari erosi di lingkungan pegunungan Bromo yang memiliki pemandangan yang menyejukkan dengan hawa dingin air yang menyegarkan.

Bagi traveller yang memiliki tujuan perjalanan wisata ke kawasan wisata Gunung Bromo sudah pasti yang ada di benak mereka adalah keindahan pegunungan. Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terutama gunung Bromo memanglah menawarkan keindahan alamnya yang luar biasa indah.

Mulai dari destinasi Negeri Atas Awan Bromo, Milky Way Bromo, kawah puncak gunung Bromo hingga destinasi air terjunnya yang merupakan wisata bromo selain gunung memanglah memiliki panorama nan cantik.

Air terjun merupakan hasil dari formasi geologi dari aliran arus air melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi serta jatuh dari ketinggian. Air terjun ada yang buatan dan juga yang alami biasanya dari lingkungan pegunungan seperti halnya air terjun di Bromo ini.

Panorama pepohonan rindang dan udara yang sejuk bakal membuat pengunjung betah menghabiskan waktu di air terjun kawasan Bromo. Ditambah suara gemericiknya air membuat kesan alaminya semakin terasa.

Tempat wisata terdekat dari gunung Bromo ini memanglah cocok sekali untuk sekedar melepas penat sehari hari yang menghantui kita. Lalu, Wisata Air Terjun di Bromo mana saja yang tak boleh terlewatkan untuk dikunjungi? Simak ulasannya berikut ini.

1. Air Terjun Umbulan

Kalau kamu termasuk orang yang suka dengan wisata yang memacu adrenalin, cocok sekali untuk datang ke Wisata Air Terjun Umbulan.

Rute Menuju Air Terjun Umbulan
foto: instagram.com/jhoeco_90/

Sebab, destinasi wisata yang berada di kawasan Bromo ini punya rute yang ekstream untuk sampai ke lokasi. Sebaiknya kamu berangkat dari kota Probolinggo karena tempatnya lebih dekat jika ditempuh dari kota tersebut.

Sebetulnya, jalan untuk menuju lokasi dahulu sudah diperbaiki oleh masyarakat sekitar. Namun saat ini keadaannya berlumut dan cukup licin.

Untuk sampai ke Air Terjun Umbulan ini, kamu harus naik turun tangga besi dan melewati jembatan. Nah, rute ini cukup memacu adrenalin lho. Apalagi jika musim hujan tiba, pasti tambah licin ya.

Wisata Menarik Lainnya :  Wisata Kawah Bromo, Penuh Keindahan Alam dan Keunikan Atraksi Budaya

Namun justru itulah yang menjadi daya tarik Air Terjun di Bromo yang satu ini. Oleh karena itu, destinasi ini menjadi salah satu wisata wajib dikunjungi di Bromo.

Sementara itu, untuk masuk ke lokasi ini, kamu cukup membayar tiket parkir sebesar Rp. 2.000 saja. Ada beberapa fasilitas seperti kamar mandi dan mushola juga yang bisa digunakan oleh pengunjung.

2. Air Terjun Coban Pelangi

Berbeda dengan air terjun Umbulan, jika kamu berkunjung ke Wisata Air Terjun Coban Pelangi, rute yang dilalui terbilang tak sulit.

Pesona Air Terjun Coban Pelangi
foto: instagram.com/roellah/

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi jika ingin datang ke lokasi. Namun yang harus diingat adalah keadaan kendaraan harus benar-benar fit.

Yang unik dari air terjun ini adalah pada saat pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB, air terjun akan menangkap bias cahaya. Sehingga akan terjadi spectrum warna seperti pelangi. Itulah kenapa wisata ini dinamakan Coban Pelangi.

Hal tersebut yang mendasari daya tarik tersendiri di kawasan wisata air terjun di Bromo ini. Meski begitu, jika datang di musim penghujan, pemandangan spectrum warnanya tak akan tampak.

Sementara jika berbicara soal fasilitas, maka bisa dibilang cukup lengkap. Kamu akan menemukan banyak penjual makanan di rute menuju lokasi. Jadi tak perlu khawatir kelaparan ya.

Ada pula beberapa gazebo-gazebo yang dibangun di sana. Jika merasa lelah, istirahatlah di gazebo tersebut. Menarik ya….

3. Air Terjun Madakaripura

Harga Tiket Air Terjun Madakaripura
Tiket Reguler Domestik IDR 22.000,-
Tiket Reguler Mancanegara IDR 45.000,-

Berada di ketinggian 1000 mdpl, destinasi tempat Wisata Air Terjun di Bromo ini punya view yang indah. Mulai dari udara sejuk hingga suasana yang kental dengan magis terasa di sini.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Madakaripura
foto: instagram.com/sjoerdbracke/

Wisata Air Terjun Madakaripura namanya. Tempat ini punya cerita-cerita mistis lengkap dengan mitosnya yang berhubungan dengan patih Gajah Mada.

Wisata Menarik Lainnya :  GoFun Bojonegoro Theme Park Liburan Seru Bersama Keluarga

Konon katanya, sang patih Muksa di area air terjun ini. Muksa adalah bahasa jawa yang artinya adalah dalam agama Hindu atau Budha, seseorang melepaskan ikatan duniawi bersama dengan raganya.

Pada saat semedi, patih Gajah Mada dikabarkan menghilang dan Muksa di kawasan air terjun di Bromo tersebut. Bahkan, untuk menjaga cerita rakyat itu, dibangunlah sebuah patung Gajah Mada di sana.

Oleh karena itu, pengunjung diharuskan selalu bersikap sopan dan tetap menjaga kelestarian wisata tersebut.

Sementara itu, di lokasi tersebut udaranya cukup dingin. Terlebih jika datang musim penghujan, suhu dinginnya akan makin menusuk tulang. Jalannya pun akan licin, jadi sebaiknya tetap berhati-hati ya.

4. Air Terjun Tumpak Sewu

Tempat wisata terdekat di antara dua kabupaten yakni Lumajang dan Malang, wisata bromo selain gunung berupa air terjun ini lokasinya berada di tengah hutan.

Panorama Air Terjun Tumpak Sewu
foto: instagram.com/marikemalang/

Kesan alami dengan rindangnya pepohonan akan menyambut para wisatawan yang datang ke Air Terjun Tumpak Sewu. Kicauan burung menambah suasana keasrian destinasi wisata tersebut.

Dinamakan dengan Air Terjun Tumpak Sewu atau biasa disebut dengan Coban Sewu karena aliran airnya ada banyak. Sehingga jatuhnya air tersebut seperti tirai yang yang punya banyak aliran.

Kamu bisa merasakan jernihnya air dan dinginnya udara di sekitar yang menyenangkan. Bahkan di lokasi juga ada sebuah gardu pandang yang sengaja dibuat untuk para wisatawan.

Mereka yang penasaran dengan bentuk aliran air di atasnya, bisa melihatnya melalui gardu pandang. Kapasitasnya kurang lebih 500 orang dengan luas sekitar 300 meter.

Pemandangan yang eksotis bisa kamu dapatkan di sana. Sementara itu, di sekitar lokasi juga ada beberapa penjual makanan dan minuman. Kamu bisa sambil menyantap makanan jika merasa lapar.

Itulah beberapa rekomendasi tempat Wisata Air Terjun di Bromo. Jika punya waktu lebih, sebaiknya kunjungi semua ya. Dijamin kamu tak akan pernah menyesal.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks