Asyiknya Bermain dengan Kelinci di Taman Kelinci Pujon – Malang

Taman Kelinci Pujon Malang

Selain menghadirkan tempat-tempat wisata yang indah dan menghibur, desa wisata Pujon Malang ini juga menyuguhkan pengalaman berwisata sekaligus edukasi di dalamnya.

Taman Kelinci Pujon wajib kamu kunjungi jika kamu termasuk orang yang suka dengan kelinci serta ingin menikmati asyiknya bermain dengan kelinci.

Alamat : Samaan Klojen, Jurangrejo, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur 65112.
Map : klik disini.
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB.
Harga Tiket : Rp 15.000 (weekday) & Rp 20.000 (weekend).

Beralamatkan di Desa Pandesari Kecamatan Pujon, kamu akan melihat sebuah taman wisata berbasis margasatwa yang telah berdiri sejak 2016 silam di Malang.

Sebut saja Taman Kelinci. Sesuai dengan namanya, taman wisata ini menyajikan puluhan bahkan ratusan kelinci dengan ragam spesies yang berbeda di dalamnya.

Mulai dari kelinci lokal hingga mancanegara seperti Amerika, Belanda bahkan New Zealand juga turut meramaikan padang rumput luas yang ada di sana.

Bukan hanya melihat, tapi kamu juga akan mendapatkan banyak informasi tentang kelinci-kelinci yang ada di sana melalui gambar-gambar kelinci beserta segala informasinya yang ditempel pada setiap sudut taman.

Selain kelinci-kelinci lucu, ternyata ada beberapa fasilitas menarik yang bisa kamu nikmati di taman wisata edukasi ini. Apa saja? Yuk, intip satu persatu!

Fasilitas di Taman Kelinci Pujon

Berikut beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati di Taman Kelinci Pujon.

1. Aneka Jenis Kelinci

Ketika memasuki taman kelinci ini, kamu akan disambut hangat oleh puluhan kelinci yang berkeliaran bebas di taman seluas lebih dari 5 hektar.

Ada berbagai jenis kelinci yang bisa kamu temukan di sana. Bahkan kamu juga bisa bercengkrama serta memberi makan kelinci-kelinci lucu itu.

Hanya dengan menukarkan uang sebesar 5 ribu rupiah dengan satu cup wortel di gerai yang disediakan, kamu sudah bisa dengan leluasa memberi makan kelinci-kelinci lucu itu.

Tapi tunggu dulu! Sebelum memberi makan para kelinci, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis kelinci yang ada di sana.

Supaya kamu lebih mudah untuk mengetahui ciri-ciri dan kemudian bercengkerama dengan binatang-binatang mamalia berbulu halus itu.

Apa saja jenis-jenis kelinci yang ada di Taman Kelinci Pujon? Setapak Langkah telah merangkumnya dalam pembahasan berikut!

10 Jenis Kelinci Paling Populer di Taman Kelinci Pujon

Ternyata, memelihara kelinci itu gampang-gampang susah lho! Karena kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenisnya baru kemudian cara merawatnya.

Apa saja jenis-jenis kelinci paling fenomenal yang ada di Taman Kelinci Pujon? Yuk, simak ulasannya berikut!

  • Kelinci Anggora
jenis kelinci angora
Kelinci Ras Anggora

Kita awali dari jenis kelinci anggora. Selain kucing, ternyata ciri khas bulu tebal dan halus ini juga melekat pada seekor kelinci lho!

Wisata Menarik Lainnya :  Palemboko Sentul Farm Field, Wisata Alam dengan Pemandangan Mempesona

Jenis kelinci ini berasal dari Ankara, Turki. Warna bulunya juga bervariasi mulai dari putih, hitam, coklat, abu-abu, dan masih banyak lagi warna-warna lainnya.

Variasi jenisnya antara lain German Anggora, Satin Anggora, Chinese Anggora, French Anggora, dan beberapa jenis anggora lain.

  • Kelinci Rex
1628319556 makanan kelinci rex banner
Kelinci Rex berwarn putih-coklat

Jenis kelinci ini berasal dari Prancis, yang termasuk ke dalam jenis kelinci budidaya atau konsumsi. Bulunya sendiri halus dan tidak mudah rontok.

Kelinci jenis ini memiliki bobot rata-rata mencapai 4 kilogram, dan lebih suka berada di daerah yang sejuk atau bersuhu sekitar 15 derajat celsius.

  • Kelinci Himalayan
mengenal kelinci himalayan
Himalayan dengan Kombinasi Warna Bulu Unik

Kelinci ini memiliki ciri-ciri warna bulu yang lebih dominan putih, sedangkan warna lain hanya ada pada hidung, telinga, dan kaki. Warna matanya juga unik yakni berwarna pink. Sedangkan bobotnya rata-rata hanya berkisar 3 kilogram.

  • Kelinci Dutch
Kelinci Dutch
Dutch Berbulu Pendek

Kelinci jenis Dutch berasal dari negeri Belanda. Memiliki bulu-bulu yang pendek dengan warna bervariasi, ada yang berwarna putih, hitam, abu-abu, coklat, serta beberapa kombinasi warna lain.

Sekali beranak, kelinci yang satu ini mampu melahirkan 7 hingga 8 ekor anak kelinci.

  • Kelinci Lop
kelinci fuzzy lop
Lop dengan Ciri Khasnya Telinga Panjang

Kelinci jenis ini memiliki ciri khas telinga yang panjang dan menggantung dari pangkal kepala hingga pipi. Ada beberapa spesies dari jenis lop ini, seperti French Lop, Dwarf Lop, Anggora Lop, English Lop, serta beberapa spesies lain.

  • New Zealand White
Kelinci New Zealand
Ras New Zealand White yang Banyak Ditemukan di Indonesia

Kelinci yang satu ini mungkin tak sesuai namanya, bukan dari New Zealand melainkan berasal dari Amerika Serikat. Memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dengan bobot mencapai 5 kilogram.

Saat beranak, kelinci ini mampu melahirkan 10 sampai 12 ekor anak kelinci. Ras ini kerap dimanfaatkan dagingnya dan banyak dibudidayakan di Indonesia.

  • Flemish Giant
dqdpjkawkaa qci
Kelinci Berukuran Raksasa – Flemish Giant

Kelinci jenis ini memiliki ukuran tubuh yang cukup bahkan sangat besar dan panjang dibanding kelinci jenis lain, dengan bobot mencapai 10 kilogram.

Ras Flemish Giant ini sangat cocok untuk dipelihara dan dimanfaatkan dagingnya. Warna bulunya bervariasi mulai dari coklat, abu-abu gelap, serta hitam kecoklatan.

Ras kelinci yang satu ini cukup sulit ditemukan, sehingga biasanya para peternak kelinci memelihara hasil persilangan dengan ras lain.

  • Kelinci Satin
2d9c58d7672e61fccce4a7ed57599ecb5c2fa9e0
Ras Satin Berbulu Coklat

Sama dengan New Zealand White, kelinci jenis ini juga berasal dari Amerika Serikat. Dengan bobot mencapai 5 kilogram saat menginjak usia 8 bulan.

Ciri khas dari kelinci ini yakni memiliki leher yang pendek, kepala lebar, serta tubuh yang cenderung panjang. Kelinci jenis ini mampu melahirkan 8-10 ekor anak kelinci.

Postur tubuhnya lebih kokoh dengan kuku yang kuat. Warna bulunya juga bervariasi mulai dari putih, coklat, hitam, Californian yakni berwarna putih namun hanya hitam pada hidung, telinga, ekor, serta ujung kakinya.

  • Netherland Dwarf
Gambar Kelinci Netherland Dwarf 1024x813 1
Netherland Dwarf – Kelinci-kelinci Bertubuh Kerdil

Sesuai namanya, kelinci dwarf ini memiliki ciri tubuh yang kerdil, kepala bulat, telinga kecil serta leher yang sangat pendek bahkan hampir tidak terlihat. Berat badan kelinci kerdil ini pun tak sampai 1 kilogram.

  • Kelinci Polish
664xauto 10 jenis kelinci hias paling populer yang bisa dipelihara bisa jadi teman di rumah nih 210611c
Ras Polish Bertubuh Kerdil

Kelinci jenis ini juga termasuk salah satu kelinci berukuran kecil. Hampir sama dengan ras Netherland Dwarf, namun yang membedakan hanyalah pada ukurannya.

Wisata Menarik Lainnya :  Intip 2 Wisata Pemandian Air Panas Alami di Batu

Kelinci ini memiliki telinga yang tegak serta bulu-bulu yang halus dan bervariasi warna seperti hitam, merah delima, coklat, dan beberapa warna lain.

2. Ornamen-Ornamen Bertema Kelinci

taman kelinci batu malang
Rumah Hobbit – Taman Kelinci Pujon

Di depan pintu masuk, kamu akan disambut hangat oleh patung wortel raksasa sekaligus kelinci yang berdiri kokoh di sisi kanan dan kiri pintu masuk.

Masuk ke dalam Taman Kelinci Pujon, selain kelinci-kelinci lucu dengan berbagai varian, kamu juga akan disambut oleh beberapa patung replika kelinci disertai rumah-rumah kelinci yang tentu saja berukuran mini, sebut saja rumah Hobbit.

Pemandangan-pemandangan unik itu kerap dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berselfie ria, terlebih di rumah Hobbit yang terkesan unik dan lucu.

Bukan hanya itu, jalan-jalan setapak yang tersebar di sepanjang taman juga dirancang sedemikian indah, sehingga sangat patut untuk diabadikan dalam jepretan kamera.

3. Taman Bunga dan Stroberi

Taman Strawberry Foto Gmap Diny Madonna 640x311 1
Taman Agrowisata Stroberi – Taman Kelinci Pujon

Selain kelinci-kelinci lucu, taman wisata ini juga menghadirkan taman-taman bunga berwarna-warni yang akan siap memanjakan mata setiap pengunjung.

Hamparan bunga yang berwarna-warni sengaja ditata dalam formasi yang cantik dan rapi, sehingga akan memikat siapa saja yang melihatnya.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi taman stroberi yang berada di antara taman-taman bunga tersebut. Kamu juga bisa mendapatkan segala edukasi tentang stroberi dan jenis flora lainnya.

4. Bumi Perkemahan

Kabar baik untuk kamu yang ingin menikmati suasana malam di taman wisata yang satu ini.

Di Taman Kelinci Pujon ini ternyata juga menyediakan lahan cukup luas yang digunakan khusus untuk bermalam para pengunjung. Kamu bisa menikmati pemandangan malam dengan mendirikan tenda-tenda di sana.

5. Arena Outbound Anak

Memiliki suasana alam yang asri, taman kelinci ini juga menyediakan fasilitas outbound bagi para pengunjung khususnya anak-anak.

Di area ini, anak-anak bisa berpetualang seru di alam bebas dengan ditemani kelinci-kelinci lucu yang berlalu-lalang di sekitarnya.

6. Pondok Olahan Susu

Fasilitas yang juga tak kalah menarik yakni sebuah pondok yang menyediakan berbagai olahan susu sapi segar dengan beragam rasa.

Kamu bisa memesan susu yang kamu inginkan dengan harga yang sangat terjangkau, karena bersumber langsung dari peternakan sapi di sekitarnya.

7. Fasilitas Umum

Beberapa fasilitas yang akan menunjang aktivitas berliburmu di sana juga tersedia di tempat ini. Mulai dari toilet umum, mushola, kedai makanan, hingga lahan parkir yang cukup luas.

Untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di taman kelinci ini, ada penginapannya juga lho! Di sekitar lokasi telah tersedia beberapa penginapan seperti villa, guest house, hingga hotel.

Demikian beberapa fasilitas yang bisa kamu dapatkan di Taman Kelinci Pujon, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dimanapun kamu berada, dan… Selamat berlibur!

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.