setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Tempat Wisata di Bogor, Tips dan Rekomendasi Anti Mainstream

Tempat wisata di Bogor Little Venice Kota Bunga

Dimana tempat wisata di Bogor yang kamu ketahui? Sebagian orang mungkin akan menyebutkan Puncak dan Kebun Raya Bogor. Kedua tempat itu memang selalu ramai dikunjungi ketika musim liburan tiba. Akan tetapi, Bogor sebenarnya masih memiliki banyak tempat-tempat wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi.

Beberapa tempat wisata yang anti-mainstream pun juga dapat ditemukan di kota yang digelari Kota Hujan ini. Sebab Bogor tidak hanya menawarkan keindahan alamnya ataupun kuliner Bogor yang lezat, tetapi juga kekentalan budaya hingga sejarahnya. Seiring berjalannya waktu, Bogor juga membuat berbagai tempat wisata baru yang menambah deretan ragam wisata yang dimilikinya.

Tempat Wisata di Bogor yang Anti-mainstream

1. Kampung Budaya Sindangbarang

Tempat wisata di Bogor Kampung Budaya Sindangbarang
foto: instagram.com/explorebogor

Kampung Budaya Sindangbarang yang berada di Kecamatan Tamansari ini merupakan tempat wisata di Bogor yang akan mengedukasimu tentang kebudayaan Sunda. Ketika mengunjungi kampung wisata ini, kamu akan disuguhi dengan berbagai hal yang berbau Sunda, mulai dari bangunan-bangunan masa lampau hingga aktivitas sehari-hari dari masyarakat lokal.

Pada kawasan Kampung Budaya Sindangbarang akan terlihat bangunan Rumah Pesanggrahan, Balai Riungan, Imah Gede, dan Girang Serat. Rumah Pesanggrahan adalah rumah untuk menjamu tamu keraton, sedangkan Balai Riungan digunakan sebagai tempat berkumpul. Sementara Imah Gede adalah rumah kepala adat, sedangkan Girai Serat adalah rumah penasihat raja.

Adapun aktivitas yang akan kalian lakukan bersama masyarakat lokal di antaranya, yaitu memasak menggunakan kayu bakar, bertani, dan menumbuk padi di lumbung. Pokoknya aktivitas yang akan dilakukan para wisatawan di sini ialah aktivitas yang membuat mereka merasakan kehidupan sehari-hari masyarakat lokal. Makanya, tempat wisata ini akan berbeda dengan tempat wisata di Bogor lainnya.

2. Pura Jagatkarta

Tempat wisata di Bogor Pura Jagatkarta
foto: instagram.com/infocbng

Selain Kampung Budaya Sindangbarang, Kecamatan Tamansari juga memiliki suatu bangunan pura yang dikenal dengan nama Pura Jagatkarta. Konon pura ini dibangun oleh masyarakat untuk menghormati Prabu Siliwangi yang merupakan tokoh penting bagi masyarakat tanah Sunda. Oleh karena itu, di kawasan wisata ini akan banyak informasi mengenai sejarah yang terkait dengan Kerajaan Pajajaran.

Pura Jagatkarta merupakan pura terbesar di Pulau Jawa. Pura ini juga pura terbesar kedua di Indonesia setelah Pura Besakih yang ada di Bali. Sebenarnya, di kawasannya ada dua pura lain yang dikhususkan untuk sembahyang, yaitu Pura Melanting dan Pura Pasar Agung. Untuk mengunjungi Pura Jagatkarta, wisatawan hanya diberikan sedikit waktu, yaitu 11.00 – 15.00 WIB, kecuali orang yang ingin sembahyang, mereka dapat mengunjungi pura 24 jam.

Wisata Menarik Lainnya :  28 Destinasi Wisata Alam Karanganyar Terbaik Tahun 2020

Lokasi Pura Jakatkara yang ada di kaki Gunung Salak akan membuat para pengunjung harus menapaki jalan yang menanjak dengan jarak yang cukup jauh sehingga perjalanan mungkin akan melelahkan. Akan tetapi, karena lokasinya yang di kaki gunung itu pula yang membuat pengunjung mendapat kesempatan menikmati keindahan alam sekitar beserta udara segar yang ramah bagi pernapasan.

Yang perlu dicatat ialah saat memasuki area pura, para pengunjung harus mengenakan pakaian sopan dengan selendang di pinggang dan melepas alas kakinya untuk menghormati.

3. The Highland Park Resort

Tempat wisata di Bogor The Highland Park Resort
foto: instagram.com/thehighlandparkresortbogor

The Highland Park Resort adalah sebuah resort di kawasan Taman Nasional Halimun yang menawarkan konsep penginapan unik. Adapun konsep yang diusung ialah perkemahan bertemakan tenda khas Mongolia dan Indian. Maksudnya, ruang yang disewakan berupa tenda yang berbentuk tempat tinggal khas Mongolia dan Indian yang dibangun di tanah lapang luas yang dikelilingi alam.

Walaupun begitu, fasilitas yang ditawarkan tidak berbeda dengan fasilitas yang ada di hotel pada umumnya. Adapun fasilitas yang disediakan meliputi kamar berbentuk tenda, kasur,  kamar mandi pribadi, TV, AC, dan kulkas. Selain itu, fasilitas seperti meeting room, ball room, mini zoo, waterboom, flying fox, karaoke, kolam renang, futsal, dan golf juga ditawarkan oleh resort ini.

Ketika menginap di tempat wisata di Bogor bertema perkemahan ini, kamu akan mendapat kesempatan merasakan suasana kemah di alam bebas, tetapi dengan fasilitas layaknya hotel. Saat pagi, sore, dan malam hari kamu juga dapat menikmati pemandangan indah karena kawasan ini menghadap langsung ke arah Gunung Salak.

4. Little Venice Kota Bunga

Tempat wisata di Bogor Little Venice Kota Bunga
foto: instagram.com/visitcianjur

Pernahkah kamu mendengar tentang suatu kota di Italia yang bernama Venesia? Kota ini tak jarang disebut sebagai kota tercantik di dunia karena pesona dari kota di atas air ini yang tiada habisnya. Nah, tempat wisata Little Venice di kawasan Kota Bunga ini mengadaptasi kecantikan kota tersebut menjadi tampilannya.

Ketika mengunjungi tempat wisata di Bogor ini, wisatawan akan disapa oleh bangunan-bangunan ala Kota Venesia beserta Mississippi boat dan gondola yang bisa dinaiki. Saat berkeliling kanal Little Venice, para wisatawan akan ditemani oleh petugas yang mendayung lengkap mengenakan kaos merah bergaris, scarf, dan topi putih.

Selain itu, mereka juga dapat bermain sepeda air, berenang, memancing, dan tentu berfoto berlatarkan bangunan ala Eropa yang ada di Little Venice. Hal menyenangkan serta suasana Italia kental sekali untuk menambah keindahan fotogenic kamu lho.

5. Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Taman Sakura Kebun Raya Cibodas
foto: instagram.com/c.i.s.k.4

Bunga sakura merupakan bunga yang identik dengan negara Jepang hingga muncul julukan Negeri Sakura. Bunga yang berwarna merah muda ini selalu berhasil memikat orang-orang karena kecantikannya. Hal ini membuat banyak orang ingin melihat langsung keindahan bunga tersebut.

Wisata Menarik Lainnya :  Pesona Wisata Air Terjun Kedung Peti Bojonegoro

Jika kamu termasuk orang itu maka kamu sudah seharusnya mengunjungi Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas. Pohon bunga sakura sudah ditanam di Kebun Raya Cibodas sejak 1971 dan selalu mekar tiap dua tahun sekali. Artinya, bunga sakura di Indonesia lebih sering mekar dibandingkan di Jepang yang hanya satu tahun sekali.

Biasanya bunga sakura mekar di tempat wisata di Bogor ala Jepang ini pada periode waktu Januari – Februari dan Agustus – September. Oleh karena itu, sebaiknya kamu yang ingin melihat bunga sakura datang ke Kebun Raya Cibodas di waktu yang tepat.

Tips Jalan-Jalan Wisata di Kota Bogor

  • Sedia Payung atau Jas Hujan

Sesuai dengan gelarnya, yaitu Kota Hujan, Kota Bogor seolah tidak pernah benar-benar kering. Terlebih jika musim hujan datang maka kota ini akan selalu basah diguyur hujan hampir sepanjang hari. Bahkan, saat musim panas pun sangat mungkin bagi kota ini diguyur hujan. Dengan begitu, sebaiknya siapkan payung atau jas hujan sebagai langkah persiapan menghabiskan hari kamu di tempat wisata kota ini.

  • Pahami Rute Jalan atau Rute Angkutan Umum

Perlu diketahui Kota Bogor juga memberlakukan beberapa jalan satu arah. Maka, bila membawa kendaraan pribadi sebaiknya pahami terlebih dahulu rute jalan yang akan dilalui untuk menuju ke tempat wisata. Rute perjalanan dapat dipelajari melalui peta wisata atau google maps yang ada di setiap gawai.

Sementara bila bepergian dengan menggunakan kendaraan umum, seperti angkutan umum, maka juga perlu memahami rute angkutan yang akan ditumpangi. Sebab, selain dikenal sebagai Kota Hujan, Kota Bogor juga dijuluki sebagai Kota Sejuta Angkot karena banyaknya angkot yang beroperasi di jalan kota. Oleh karena itu, supaya tidak bingung sebaiknya perlu mempelajari trayek angkutannya terlebih dahulu.

  • Susun Rencana Perjalanan

Terkait dengan cuaca Kota Bogor yang tak jarang diguyur hujan, sebaiknya rencana perjalanan disusun dengan detail disertai berbagai antisipasi yang dirasa perlu. Pertama, sebaiknya perjalanan dimulai sejak pagi hari agar waktu berlibur lebih puas. Kedua, sebaiknya memiliki beberapa rencana sebagai antisipasi bila tiba-tiba cuaca buruk. Misalnya, siapkan destinasi wisata indoor agar ketika hujan turun diperjalanan dapat terhindar dari kehujanan.

Kota Bogor memiliki beragam tempat wisata yang wajib dikunjungi. Setiap tempat wisata di Bogor memiliki keunikannya tersendiri. Bahkan, ada beberapa tempat wisata di Bogor yang anti-mainstream karena agak berbeda dengan tempat wisata lainnya.

Perbedaan ini justru akan memberikan daya tarik pada para pengunjung. Akan tetapi, saat berwisata ke Kota Bogor pun perlu memperhatikan hal-hal lain, seperti cuaca dan rute perjalanan agar liburan berjalan lancar.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks