setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Tempat Wisata di Bogor, 60 Rekomendasi Destinasi dan Tips Anti Mainstream

Tempat wisata di Bogor Little Venice Kota Bunga
Rate this post

Dimana tempat wisata di Bogor yang kamu ketahui? Sebagian orang mungkin akan menyebutkan Puncak dan Kebun Raya Bogor. Kedua tempat itu memang selalu ramai dikunjungi ketika musim liburan tiba. Akan tetapi, Bogor sebenarnya masih memiliki banyak tempat-tempat wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi.

Dafar Isi

Tempat Wisata di Bogor yang Anti-mainstream

Beberapa tempat wisata yang anti-mainstream pun juga dapat ditemukan di kota yang digelari Kota Hujan ini. Sebab Bogor tidak hanya menawarkan keindahan alamnya ataupun kuliner Bogor yang lezat, tetapi juga kekentalan budaya hingga sejarahnya. Seiring berjalannya waktu, Bogor juga membuat berbagai tempat wisata baru yang menambah deretan ragam wisata yang dimilikinya.

Tempat Wisata Alam di Bogor

1. Paralayang Bukit Gantole Puncak

Paralayang Bukit Gantole Puncak
Paralayang Bukit Gantole Puncak

Paralayang Bukit Gantole Puncak adalah tempat wajib bagi kalian yang tertarik mencoba olahraga ekstrem yang menguras adrenalin. Menawarkan pemandangan menakjubkan dan udara sejuk, tempat ini merupakan destinasi favorit tak hanya bagi atlet paralayang profesional tetapi juga wisatawan biasa.

2. Penangkaran Elang Loji

Penangkaran Elang Loji
Penangkaran Elang Loji

Seperti kebanyakan tempat wisata di Bogor, Jawa Barat, Penangkaran Elang Loji menyuguhkan pesona alam pegunungan yang luar biasa. Lebih dari itu, objek wisata alam yang dikenal dengan nama Suaka Elang Loji ini memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki objek wisata lain di Bogor yaitu kandang burung elang.

3. Rumah Pohon Jonggol

Rumah Pohon Jonggol
Rumah Pohon Jonggol

Rumah Pohon Jonggol terletak di kawasan wisata Curug Ciherang dan merupakan salah satu daya tarik utama objek wisata tersebut. Curug Ciherang sendiri adalah salah satu objek wisata andalan di Bogor. Banyak wisatawan dari luar kota, bahkan wisatawan asing dari luar negeri, tertarik mengunjunginya karena pemandangan indah dan udara sejuknya.

4. Bukit Alesano

Camping di Bukit Alesano
Camping di Bukit Alesano

Bukit Alesano adalah salah satu destinasi wisata favorit yang ada di daerah kabupaten Bogor. Hanya dengan menempuh jarak yang tidak jauh dari kota Bogor, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang sangat mengagumkan dengan berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini.

5. Gunung Pancar Sentul

Taman Wisata Alam Gunung Pancar Sentul
Taman Wisata Alam Gunung Pancar Sentul

Masyarakat Indonesia termasuk seseorang yang gemar berlibur ke sebuah tempat yang memiliki pemandangan indah di dalamnya, sehingga hal ini membuat Gunung Pancar Sentul wajib dikunjungi ketika sedang memiliki waktu luang. Sebab, ada begitu banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke sini, dan kamu juga bisa mengajak teman, keluarga, maupun pasangan untuk berkunjung atau berlibur ke tempat ini.

6. Jembatan Gantung Bukit Halimun

Jembatan Gantung Bukit Halimun
Jembatan Gantung Bukit Halimun

Umumnya, seseorang akan berlibur Jembatan Gantung Bukit Halimun ketika sedang mencari tempat wisata di Bogor yang tenang, damai, dan menyejukkan. Sebab, suasana yang tenang, damai, dan menyejukkan dari tempat ini, mampu menenangkan pikiran dan tubuh secara sejenak, sehingga kamu bisa melupakan sejenak hiruk-pikuk perkotaan yang dapat membuat pikiranmu terasa kalut.

7. Camp Hulu Cai

Camp Hulu Cai
Camp Hulu Cai

Akhir-akhir ini, Camp Hulu Cai sering disebut-sebut sebagai destinasi wisata Indonesia yang sangat wajib untuk kamu kunjungi. Sebab, disini kamu tidak hanya bisa menikmati waktu liburan dengan menghabiskan waktu di tempat yang memiliki pemandangan indah, tapi kamu juga bisa menikmati berbagai macam kuliner yang memiliki cita rasa sangat melezatkan.

Tempat Wisata Religi di Bogor

8. Pura Parahyangan

Pura Parahyangan Agung Jagatkarttya
Pura Parahyangan Agung Jagatkarttya

Jika bingung mencari tempat wisata di Bogor yang ingin dikunjungi pada saat liburan maka Pura Parahyangan dapat dijadikan sebagai pilihan. Tempat wisata keagamaan ini memiliki arsitektur yang menarik dan keindahan alam di sekitarnya tidak dapat diragukan lagi.

Hal inilah yang membuat tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan setiap akhir pekannya. Harga tiketnya yang murah dan tempat yang indah membuat tempat wisata keagamaan ini sangatlah recommended bagi yang ingin liburan hemat tetapi menyenangkan.

9. Vihara Budha Dharma & Pho Sat

Vihara Buddha Dharma & Pho Sat
Vihara Buddha Dharma & Pho Sat

Salah satu ikon wisata terkenal Thailand ternyata juga bisa ditemukan di Vihara Budha Dharma & Pho Sat. Di tempat ini terdapat sebuah patung Buddha besar persis dengan patung Buddha yang ada di Thailand.

Selain patung Buddha raksasa tersebut, tempat ini memiliki suasana agama Buddha yang sangat kental. Anda dapat memperoleh pengetahuan mengenai agama Buddha jika mengunjungi tempat wisata ini. Oleh karena itu, tempat wisata ini sangat cocok bila dikunjungi bersama anak-anak.

10. Masjid Tan Kok Liong

Masjid Tan Kok Liong
Masjid Tan Kok Liong

Ada banyak sekali masjid-masjid unik di Indonesia, salah satunya adalah Masjid Tan Kok Liong. Karena keunikannya, masjid ini banyak dikunjungi oleh banyak orang dan menjadi tempat wisata di Bogor yang unik. Sebagian pengunjung mengaku penasaran dengan keunikan masjid ini.

Keunikan masjid ini terletak pada arsitekturnya yang mirip sekali dengan kelenteng. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik utama masjid ini. Banyak sekali orang-orang yang mendatangi masjid ini untuk sholat di dalamnya dan mengambil foto-foto bangunan masjid ini.

11. Gereja Katedral Bogor

Gereja Katedral Bogor
Gereja Katedral Bogor

Bila berkunjung ke daerah Bogor, maka tak ada salahnya untuk singgah di Gereja Katedral Bogor. Gereja ini terkenal dengan bentuk arsitektur bangunan yang unik dan megah. Hal inilah yang membuat banyak orang singgah ke gereja ini hanya untuk sekedar mampir dan mengambil foto.

Gereja ini merupakan gereja yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Bogor. Apalagi pada saat hari-hari besar keagamaan. Gereja ini memiliki ukuran bangunan yang besar dan luas sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk perayaan hari besar keagamaan.

12. Pura Jagatkarta

Tempat wisata di Bogor Pura Jagatkarta
foto: instagram.com/infocbng

Selain Kampung Budaya Sindangbarang, Kecamatan Tamansari juga memiliki suatu bangunan pura yang dikenal dengan nama Pura Jagatkarta. Konon pura ini dibangun oleh masyarakat untuk menghormati Prabu Siliwangi yang merupakan tokoh penting bagi masyarakat tanah Sunda. Oleh karena itu, di kawasan wisata ini akan banyak informasi mengenai sejarah yang terkait dengan Kerajaan Pajajaran.

Pura Jagatkarta merupakan pura terbesar di Pulau Jawa. Pura ini juga pura terbesar kedua di Indonesia setelah Pura Besakih yang ada di Bali. Sebenarnya, di kawasannya ada dua pura lain yang dikhususkan untuk sembahyang, yaitu Pura Melanting dan Pura Pasar Agung. Untuk mengunjungi Pura Jagatkarta, wisatawan hanya diberikan sedikit waktu, yaitu 11.00 – 15.00 WIB, kecuali orang yang ingin sembahyang, mereka dapat mengunjungi pura 24 jam.

Lokasi Pura Jakatkara yang ada di kaki Gunung Salak akan membuat para pengunjung harus menapaki jalan yang menanjak dengan jarak yang cukup jauh sehingga perjalanan mungkin akan melelahkan. Akan tetapi, karena lokasinya yang di kaki gunung itu pula yang membuat pengunjung mendapat kesempatan menikmati keindahan alam sekitar beserta udara segar yang ramah bagi pernapasan.

Yang perlu dicatat ialah saat memasuki area pura, para pengunjung harus mengenakan pakaian sopan dengan selendang di pinggang dan melepas alas kakinya untuk menghormati.

Tempat Wisata Kuliner di Bogor

Jalan – jalan di kota Bogor tidak akan lengkap jika tidak mencicipi enaknya masakan serta jajanan untuk di santap. Kuliner Bogor memiliki cita rasa yang khas lo untuk di jajal serta di nikmati sembari menikmati pemandangan indah yang ada di kota hujan ini.

Langsung saja yuk cek beberapa rekomendasi wisata Kuliner di Bogor ada apa aja yagn seru, nikmat dan menggoyang lidah.

13. Asinan Bogor yang Terkenal Enak

Asinan Bogor Ahau
Asinan Bogor

Ada banyak makanan enak di Bogor yang bisa kamu cicipi. Salah satu makanan yang legendaris dan menjadi iconic kota hujan itu adalah asinan. Jenisnya ada dua yakni buah dan sayur. Asinan Bogor terkenal dengan rasa yang segar dan lezat. Ada beberapa rekomendasi tempat terbaik menikmati kuliner Bogor yang satu ini.

14. Jajanan Legendaris Murah Khas Bogor

Berbentuk minuman yang murah dan enak, jajan legendari Bogor ini ada dua yang bisa kamu cicipi. Yang pertama merupakan Bir Kotjok dari Bogor yang berbeda dari bir yang lain pada umumnya. Bukannya memabukan, bir ini justru halal bahkan dapat menyehatkan badan dan memberi sensasi hangat ketika diminum.

Di urutan ke dua ada jajanan tempo doeloe yang kini sudah marak diincar kembali, yaitu es loder, dari kota Bogor ini. Dibeberapa tempat lain kuliner Bogor murah ini memiliki nama lain seperti es bubur sumsum atau yang lainnya. Kuliner ini sudah cukup terkenal dari Era 90-an.

15. Petualangan Kuliner di Pasar Ah Poong

Kuliner Pasar Ah Poong Sentul
Kuliner Pasar Ah Poong Sentul

Mereka yang selalu berburu kuliner kini tidak perlu repot mengunjungi berbagai restoran karena Pasar Ah Poong menyediakan segalanya. Bogor memang kota dingin yang sangat mendukung siapapun untuk mencoba jajanan apa saja. Sungguh sangat pas apabila Ah Poong Sentul menjadi tujuan utama dari warga Bogor, dan warga di kawasan Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi.

16. Kuliner Malam Hari Bogor Saat Perut Lapar

Kalau pada bingung mau makan apa di Bogor pada saat malam hari, jangan khawatir! Ada banyak tempat-tempat yang asik, nyaman, enak buat nongkrong, dan tentunya menu-menu yang disajikan pasti lezat. Ada beberapa rekomendasi kuliner Bogor malam hari yang enak. Gak kaleng-kaleng lho, selain rasanya yang nikmat, harga kuliner Bogor juga murah.

17. Kuliner Sehat Bogor Cimory Riverside

Cimory Riverside Bogor
Cimory Riverside Bogor

Siapa yang tidak kenal dengan merek susu terkenal ini? Produk ini sudah di endorse para selebgram dan YouTuber ternama. Tentu, kali ini kita tidak membahas tentang produknya, melainkan tempat wisata nya untuk menikmati kulinernya langsung di pabrik susu merek ini.

18. Sensasi Kulineran di Tengah Sawah – D’Sawah Resto dan Cafe

D'sawah Resto Bogor
D’sawah Resto Bogor

Sebagai tempat wisata di Bogor, D’Sawah Resto dan Cafe tidak hanya hadir dengan pemandangan sawah saja. Tetapi, nuansa pedesaan masih sangat terasa. Kicau burung yang menyambut para tamu juga membuat suasana menjadi semakin asyik. Pastinya, lebih baik datang di pagi hari saat baru dibuka yaitu jam 10 pagi untuk lebih menikmati kesegaran udara di restoran yang memiliki eksterior dan interior keren ini.

Wisata Menarik Lainnya :  Keren! Inilah 6 Tempat Wisata Indonesia Yang Mirip Luar Negeri

19. Rumah Kopi Bogor

Rumah Kopi Bogor
Rumah Kopi Bogor

Rumah Kopi Bogor menjadi sebuah usaha nyata yang berhasil membumikan kopi asli Bogor. Bagaimana tidak, tempat wisata satu ini diketahui sudah memasarkan produk kopinya hingga ke luar negeri, lho!

Di rumah kopi ini, kamu tidak hanya bisa menikmati kopi racikan secara langsung saja, namun juga dapat membawanya sebagai oleh-oleh asli Bogor. Berbagai racikan kopi berbahan dasar kopi asli Bogor bisa kamu bawa pulang, mulai dari racikan kopi robusta hingga arabika.

Tempat Wisata Belanja di Bogor

20. SKI Tajur Bogor

Tas di SKI Tajur
Tas di SKI Tajur

SKI Tajur telah menarik banyak minat pengunjung baik dalam maupun luar kota. Bagaimana tidak, kamu bisa berburu banyak barang maupun oleh-oleh dalam sekali berkunjung, lho! Itulah sebabnya, Sumber Karya Indah atau SKI dikenal sebagai one stop shopping yang paling terkenal di Bogor.

Tak hanya dikenal sebagai sentra tas wanita, SKI juga memiliki wisata taman bermain dan kuliner yang murah meriah. Jadi setelah memanjakan mata dengan berbelanja, kamu bisa menikmati berbagai wisata permainan hingga wisata kuliner bersama keluarga.

21. Batik Bogor Tradisiku

Ragam Motif Batik di Batik Bogor Tradisiku
Ragam Motif Batik di Batik Bogor Tradisiku

Batik Bogor Tradisiku atau BBT merupakan salah satu salah satu galeri batik khas kota hujan yang wajib kamu disambangi saat berkunjung ke Bogor. Ya, galeri batik satu ini memang telah menjadi tempat yang paling banyak dituju untuk berburu oleh-oleh bagi para wisatawan baik dalam maupun luar kota.

Seperti namanya, BBT diharapkan bisa menjadikan batik Bogor sebagai pakaian tradisi bagi siapapun, baik kalangan muda hingga tua. Karena itu, rumah batik yang juga pelopor lahirnya batik khas Bogor ini bisa terus berkembang hingga menjadi oleh-oleh yang mendunia. 

22. Pusat Grosir Bogor

Pusat Grosir Bogor
Pusat Grosir Bogor

Pusat Grosir Bogor merupakan salah satu tempat belanja grosir andalan di Kota Bogor. Salah satu tempat wisata di Bogor ini menjual beragam produk grosir utamanya tekstil. Namun selain tekstil tempat ini juga menjual beragam produk lain dengan harga yang terjangkau. Salah satunya adalah elektronik

Beragam barang elektronik seperti televisi, kulkas, hingga mesin cuci bisa kamu temukan dalam berbagai merek di sini. Kamu juga bisa mendapatkan beragam produk aksesoris, dan gadget. Intinya, Pusat Grosir Bogor menyajikan beragam produk yang cukup lengkap.

23. Bogor Trade Mall

Bogor Trade Mall
Bogor Trade Mall

Meskipun beralamat di Jalan Ir. Juanda, Bogor Trade Mall sendiri sebenarnya berlokasi di pertemuan antara Jalan Empang dengan Jalan Juanda. Karena itu, sebenarnya tempat ini bisa diakses dari kedua jalan tersebut. Pusat perbelanjaan ini sudah berdiri di Kota Bogor sejak lama, tepatnya pada tahun 2003. Awalnya, sebelum dibangun menjadi pusat perbelanjaan, tempat ini adalah Pasar Induk Ramayana.

24. Raja Fashion Outlet

Raja Fashion Outlet
Raja Fashion Outlet

Jika kamu mengunjungi Bogor, maka jangan sampai terlewat untuk mendatangi Raja Factory Outlet. Tempat ini merupakan salah satu tempat belanja terkenal di Bogor. Merupakan sebuah tempat perbelanjaan berkonsep factory outlet. Factory outlet sendiri adalah konsep bisnis dengan menjual sisa barang dari pabrik dengan kualitas impor, namun harga yang ditawarkan sangat miring alias terjangkau.

Karena itu tak mengherankan jika bisnis ini masih punya pasar hingga hari ini. Sebab, kualitas dan harga terjangkau adalah dua hal yang tentunya digemari oleh konsumen. Salah satu factory outlet yang cukup terkenal adalah Raja FO. Walaupun baru didirikan pada 2018, namun tempat ini memiliki banyak pengunjung bahkan sudah punya beberapa cabang di kota besar Jabodetabek.

Tempat Wisata Kota di Bogor

25. Lawang Salapan

Lawang Salapan
Lawang Salapan

Selain Istana Bogor, Kebun Raya Bogor, dan Taman Safari, ada satu destinasi yang wajib kamu kunjungi jika sedang berkunjung ke kota Bogor, yaitu Lawang Salapan. Selain menjadi ikon kota Bogor, Beranda kota Bogor ini sarat akan makna sejarah berdirinya kota Bogor dan sejarah kerajaan Pajajaran di zaman dulu. Pasti sangat asyik untuk dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan.

26. Tugu Kujang Bogor

Tugu Kujang Bogor
Tugu Kujang Bogor

Apakah Anda berencana untuk berlibur atau sedang berada di Bogor? Jika iya, Anda wajib mampir ke Tugu Kujang Bogor yang merupakan salah satu tugu legendaris dan menjadi lambang dari Kota Bogor sendiri. Jika penasaran, ada baiknya untuk membaca informasinya lho.

27. The Jungle Waterpark Bogor

The Jungle Waterpark Bogor
The Jungle Waterpark Bogor

Jika kamu merasa penat setelah bekerja atau belajar, ada baiknya kamu refreshing. Salah satu tempat wisata di Bogor yang harus kamu kunjungi adalah The Jungle Waterpark Bogor. Wisata ini merupakan wahana air yang berada tak jauh dari exit tol Bogor dan menjadi salah satu taman air terbaik karena menawarkan kenyamanan, kebersihan tempat dan udara, serta wahana yang beragam.

Taman air ini berada di kaki gunung Salak, sehingga menawarkan pemandangan yang sangat memanjakan mata sehingga sangat cocok untuk berekreasi bersama keluarga.

28. Devoyage Bogor

Devoyage Bogor Night View
Devoyage Bogor Night View

Jika kamu suka berburu tempat yang instagramable, kamu harus mengunjungi satu tempat yang photogenic yaitu Devoyage Bogor. Tempat yang resmi dibuka pada tahun 2018 ini menyediakan banyak spot foto yang ciamik. Selain untuk berburu foto, kamu juga bisa merasakan suasana seperti liburan ke Eropa. Wisata cantik ini juga terletak di tempat yang strategis.

Untuk menuju wisata ini, rute yang dilalui cukup mudah. Jaraknya hanya 6 KM dari kawasan Kebun Raya Bogor dan dekat dengan The Jungle Waterpark Bogor. Jadi kamu bisa menyambangi beberapa tempat wisata di Bogor dalam sekali liburan.

Tempat Wisata Air di Bogor

29. Curug Ciherang Jonggol

Curug Ciherang Jonggol
Curug Ciherang Jonggol

Bogor memang terkenal kaya akan objek wisata dengan pemandangan asrinya, salah satunya adalah Curug Ciherang Jonggol. Air terjun Ciherang memiliki tiga tingkatan air yang mengalir deras di antara pepohonan hijau. Curug ini terkenal dengan airnya yang jernih, bahkan dasarnya pun terlihat begitu jelas. Suasananya sangat asri dan sejuk dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata. Tak heran jika kawasan wisata ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan.

30. Curug Ciburial

Curug Ciburial Jonggol
Curug Ciburial Jonggol

Pesona alam yang indah tidak lepas dari adanya curug dengan air yang jernih. Curug Ciburial merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata di Bogor yang akan memanjakan mata para pengunjungnya. Penasaran dengan kecantikannya?

31. Telaga Warna Puncak Cisarua

Keindahan Telaga Warna Puncak Cisarua
Keindahan Telaga Warna Puncak Cisarua

Puncak Bogor menjadi destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi saat musim liburan. Lokasinya yang cantik dengan banyak fasilitas penunjang membuat para pengunjung betah, ditambah dengan hawa sejuknya. Kebun teh dan sungai yang jernih menjadi incaran para wisatawan, padahal banyak tempat wisata di Bogor lain seperti Telaga Warna Puncak Cisarua yang tidak kalah indah. Kira-kira ada apa saja di sana?

32. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung Bogor
Curug Cibaliung Bogor

Menikmati ending yang memuaskan, seringkali membutuhkan perjuangan terlebih dahulu untuk mencapainya. Sama halnya dalam mencari tempat wisata, beberapa memerlukan perjalanan yang mendebarkan untuk mendapatkan view yang cantik. Seperti curug Cibaliung ini yang menjadi surga di balik perbukitan yang melintang. Seperti apa sensasinya?

33. Taman Wisata Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Wisata Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
Wisata Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Mandi air panas memang memiliki sensasi tersendiri dan selalu meninggalkan perasaan rindu ingin mengulanginya. Tubuh yang penat, dipercaya bisa terobati setelah mandi air panas. Anda yang bertempat tinggal di kawasan Bogor dan sekitarnya, bisa mencoba mampir ke taman wisata air panas Tirta Sanita Ciseeng untuk mengobati tubuh anda yang penat.

34. Air Terjun Cipamingkis

Curug Cipamingkis

Berlibur ke tempat wisata air seperti Curug Cipamingkis di Bogor ini bisa menjadi alternatif anda untuk menghabiskan waktu liburan atau mengisi weekend dengan teman dan keluarga. Anda bisa refreshing setelah bekerja atau berkegiatan selama weekdays dengan menikmati keindahan panorama dan kesejukan Curug Cipamingkis.

Nah, untuk anda yang belum tahu dimana dan bagaimana keindahan Curug Cipamingkis, yuk kenalan disini. Curug ini bisa menjadi salah satu destinasi tempat wisata di Bogor yang masuk ke list liburan anda.

35. Curug Bidadari

Keindahan Curug Bidadari Bogor
Keindahan Curug Bidadari Bogor

Jika ingin mengunjungi tempat wisata alam yang indah populer di Bogor, Curug Bidadari ini bisa menjadi tujuan wisata anda. Tidak hanya terkenal di kalangan masyarakat lokal, curug ini kerap menjadi tujuan wisata masyarakat di luar kota sekitar daerah Bogor.

Curug dengan ketinggian 40 – 75 meter ini dulunya dikenal dengan nama Curug Bojong Koneng, sesuai dengan nama daerah asalnya. Namun akhirnya terkenal dengan nama Curug Bidadari di kalangan masyarakat saat ini karena kerap munculnya pelangi di curug ini.

36. Air Terjun Nangka

Air Terjun Nangka Bogor
Air Terjun Nangka Bogor

Bogor memang daerah yang terkenal dengan banyak wisata alam, salah satunya adalah Air Terjun Curug Nangka yang berada di Desa Sukajadi ini. Tempat wisata ini cukup populer di kalangan masyarakat dan bisa menjadi destinasi wisata alam anda ketika mengunjungi Bogor.

Mari melihat bagaimana keindahan Curug Nangka dan apa saja kegiatan yang bisa dilakukan disana, serta bagaimana fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini. Hal ini bisa menjadi referensi bagi anda ketika ingin menentukan destinasi tempat wisata di Bogor saat liburan.

37. Wisata Rafting Cianten

Wisata Rafting Cianten
Wisata Rafting Cianten

Jika anda ingin merasakan pengalaman liburan yang berbeda dan mengesankan, anda bisa mencoba wisata Rafting Cianten yang berada di Bogor ini. Kegiatan rafting atau arung jeram akan memberikan kesan dan pengalaman yang berbeda untuk liburan anda.

Rafting yang berada di Sungai Cianten ini memiliki jeram yang cukup banyak dengan volume air yang stabil karena terbentuk dari 5 anak sungai yang menyatu. Nah, untuk melihat bagaimana serunya rafting di Cianten ini anda bisa menyimaknya di website ini.

38. Lembah Tepus

Lembah Tepus Bogor
Lembah Tepus Bogor

Jika mencari tempat wisata alam, Bogor adalah tempat yang harus anda kunjungi. Salah satunya adalah wisata alam Lembah Tepus. Tempat wisata ini berupa sungai dan air terjun yang memberikan pesona alam yang indah dan memanjakan mata.

Jika anda ingin merelaksasi tubuh setelah bekerja atau berkegiatan selama weekdays maka tempat wisata di Bogor ini bisa menjadi pilihan anda ,baik bersama teman maupun keluarga.

Tempat Wisata Museum di Bogor

39. Museum Pembela Tanah Air

Museum Pembela Tanah Air
Museum Pembela Tanah Air

Jika Anda kebetulan sedang berwisata atau mengunjungi Kota Bogor, museum pembela tanah air bisa menjadi referensi wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi. Museum Pembela Tanah air atau yang sering disebut museum PETA merupakan bangunan peninggalan jaman kolonial Belanda. Museum ini dibangun oleh tentara KNIL ( Koninklijk Nederlands Indisch Leger ) pada tahun 1745.

Pembangunan museum PETA dilatarbelakangi YAPETA (Yayasan Pembela Tanah Air). dengan tujuan untuk memberikan penghargaan kepada mantan tentara PETA (Pembela Tanah Air). YAPETA merupakan Yayasan yang didirikan oleh para mantan anggota PETA. Selain itu, pendirian museum PETA juga bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia mengenai sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia khususnya sejarah tentara PETA.

40. Museum Perjuangan Bogor

Koleksi Museum Perjuangan Bogor
Koleksi Museum Perjuangan Bogor

Terdapat banyak wisata sejarah di kota Bogor, salah satunya adalah Museum Perjuangan Bogor. Museum ini merupakan museum yang menyimpan koleksi benda- benda bersejarah yang menjadi bagian dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kebanyakan koleksi merupakan senjata dan juga barang-barang peninggalan para pejuang dalam pertempuran dalam memperjuangkan kemerdekaan.

41. Museum Zoologi

Museum Zoologi Bogor
Museum Zoologi Bogor

Siapa dari Anda semua yang sudah pernah mengunjungi museum Zoologi di Bogor? Museum yang satu ini memiliki berbagai macam ragam fauna yang telah diawetkan.

Museum ini cocok untuk Anda yang tidak hanya ingin melihat berbagai jenis fauna, namun juga mempelajari berbagai macam fauna tersebut. Anda bisa mengetahui informasi secara jelas fauna-fauna yang ada di museum Zoologi Bogor.

42. Museum Balai Kirti

Koleksi Museum Balai Kirti Bogor
Koleksi Museum Balai Kirti Bogor

Sebagian dari Anda pasti bertanya-tanya museum apa itu Balai Kirti? Ya benar, museum ini masih terdengar asing bagi banyak orang. Museum Balai Kirti yang berada di Bogor merupakan museum kepresidenan Republik Indonesia. Anda bisa memperoleh informasi sejarah pemerintahan Republik Indonesia di museum ini. Salah satu tempat wisata di Bogor ini juga dapat mengetahui masing-masing sejarah dari 6 Presiden Republik Indonesia.

43. Museum Tanah dan Pertanian

Koleksi Museum Tanah dan Pertanian
Koleksi Museum Tanah dan Pertanian

Apakah Anda berencana untuk pergi liburan bersama keluarga di Bogor? Yuk ke Museum Tanah dan Pertanian saja! Di tempat ini nantinya Anda bisa mendapatkan wawasan baru mengenai berbagai jenis tanah, bebatuan, pupuk, dan lain sebagainya.

Wisata Menarik Lainnya :  2 Resep Jajanan Legendaris Kuliner Bogor Murah yang Khas

44. MUNASAIN (Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia)

Koleksi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia
Koleksi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Jika sedang di Bogor, rasanya tidak lega jika masih belum mampir ke tempat wisatanya. Seperti yang diketahui bahwa Bogor memang mempunyai banyak tempat wisata menarik dan salah satunya adalah Munasain atau Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia.

Museum ini adalah satu-satunya museum yang berisi tentang sejarah alam di Indonesia. Munasain juga merupakan pengembangan dari MEI atau Museum Etnobotani Indonesia yang resmi dibuka oleh Menristek B.J. Habibie pada tanggal 18 Mei 1982.

Tempat Wisata Edukasi di Bogor

45. Taman Meksiko

Refresing di Taman Meksiko Bogor
Refresing di Taman Meksiko Bogor

Taman Meksiko merupakan tempat wisata di Bogor yang masih dalam satu kawasan dengan Kebun Raya Bogor. Tempat wisata ini sangatlah ramai apalagi jika waktu liburan. Tempatnya sangatlah indah sehingga akan memberikan sensasi yang nyaman untuk kalian.

Alasan mengapa dinamakan dengan sebutan taman Meksiko adalah karena geografis Indonesia hampir sama dengan negara Meksiko. Mulai dari adanya gunung – gunung yang aktif hingga adanya 2 musim yang sama yaitu musim kemarau dan musim hujan.

46. Kampung Budaya Sindangbarang

Tempat wisata di Bogor Kampung Budaya Sindangbarang
foto: instagram.com/explorebogor

Kampung Budaya Sindangbarang yang berada di Kecamatan Tamansari ini merupakan tempat wisata di Bogor yang akan mengedukasimu tentang kebudayaan Sunda. Ketika mengunjungi kampung wisata ini, kamu akan disuguhi dengan berbagai hal yang berbau Sunda, mulai dari bangunan-bangunan masa lampau hingga aktivitas sehari-hari dari masyarakat lokal.

Pada kawasan Kampung Budaya Sindangbarang akan terlihat bangunan Rumah Pesanggrahan, Balai Riungan, Imah Gede, dan Girang Serat. Rumah Pesanggrahan adalah rumah untuk menjamu tamu keraton, sedangkan Balai Riungan digunakan sebagai tempat berkumpul. Sementara Imah Gede adalah rumah kepala adat, sedangkan Girai Serat adalah rumah penasihat raja.

Adapun aktivitas yang akan kalian lakukan bersama masyarakat lokal di antaranya, yaitu memasak menggunakan kayu bakar, bertani, dan menumbuk padi di lumbung. Pokoknya aktivitas yang akan dilakukan para wisatawan di sini ialah aktivitas yang membuat mereka merasakan kehidupan sehari-hari masyarakat lokal. Makanya, tempat wisata ini akan berbeda dengan tempat wisata di Bogor lainnya.

47. Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia
Taman Safari Indonesia

Taman safari Indonesia merupakan salah satu wisata yang terletak di Bogor, Indonesia yang sangat menarik dan harus kalian kunjungi. Salah satu tempat wisata di Bogor ini ada banyak sekali kegiatan yang bisa kalian lakukan bersama pasangan maupun keluarga.

48. Kuntum Farmfield

Kuntum Farmfield Bogor
Kuntum Farmfield Bogor

Bogor merupakan tempat yang terkenal akan wisata alamnya. Ada banyak pemandangan yang disajikan yaitu ada hutan, pegunungan, air terjun, hingga taman wisata. Tidak mengherankan jika ada banyak sekali destinasi yang bisa kalian pilih untuk menemani waktu berlibur kalian. Salah satunya adalah Kuntum Farmfield.

Wisata ini menyajikan hamparan pemandangan alam yang amat sangat apik. Tidak hanya menyajikan pemandangan alam yang apik, tetapi juga menyajikan wisata edukasi yang memiliki kaitan dengan peternakan dan perkebunan. Apabila kalian memiliki anak yang masih kecil, maka tempat ini akan sangat cocok karena kalian bisa mengenalkan beberapa hewan ternak kepada anak kalian.

49. Lulu Trick Eye

Lulu Trick Eye Bogor
Lulu Trick Eye Bogor

Ada berbagai lokasi wisata dengan tema berbeda di Kabupaten Bogor Jawa Barat. Salah satu yang paling banyak dikunjungi adalah Lulu Trick Eye, kawasan ini unik tentunya karena menghadirkan foto 3 dimensi yang akan terlihat menarik terutama buat postingan media sosial kamu.

50. The Ranch Cisarua

Berfoto di The Ranch Cisarua
Berfoto di The Ranch Cisarua

Lembang, Bandung merupakan salah satu kawasan yang memiliki banyak objek wisata menarik terutama dengan tema alam. Salah satunya The Ranch Cisarua, meski tergolong baru namun tempat ini cukup populer dan menjadi salah satu alternatif hiburan di akhir pekan.

Wisata alam ala Eropa, menjadi daya tarik khusus bagi para pelancong. Tak perlu bepergian jauh, kamu bisa menikmati suasana pedesaan di luar negeri dengan biaya yang minim loh. Nah, jika masih bingung menentukan tempat liburan akhir pekan ulasan The Ranch Cisarua berikut patut menjadi pilihan tempat wisata di Bogor.

Tempat Wisata Keluarga di Bogor

51. Taman Bunga Nusantara

Ingin mengisi liburan dengan melakukan agrowisata? Maka mengunjungi Taman Bunga Nusantara di Cianjur adalah ide yang cocok untuk anda. Tidak hanya berwisata, tempat ini juga mengusung konsep edukasi untuk pengunjungnya.

Anda akan merasakan suasana alam dan udara yang sejuk ketika mengunjungi tempat wisata ini. Sehingga cocok sekali untuk anda yang ingin refreshing setelah bekerja atau berkegiatan selama weekdays.

52. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor

Ingin berlibur di kota hujan alias Bogor? Maka jangan lewatkan untuk mengunjungi Kebun Raya Bogor yang menjadi salah satu ikon wisata di Bogor. Tempat ini cocok untuk anda yang ingin merasakan agrowisata sekaligus mendapatkan edukasi tentang berbagai jenis tanaman.

Selain menikmati berjalan – jalan di area Kebun Raya yang sejuk dan asri, anda juga bisa mengunjungi Museum Zoologi dan mendapatkan edukasi tentang berbagai jenis binatang disana. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain di area wisata ini.

53. Taman Budaya Sentul City

Taman Budaya Sentul City
Taman Budaya Sentul City

Ingin menghabiskan liburan dengan berbagai aktivitas outbond? Anda bisa mengunjungi Taman Budaya Sentul City yang berada di Bogor. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas fisik yang seru dan menyenangkan bersama teman atau keluarga.

Tidak hanya berbagai macam permainan seru, suasana di Taman Budaya ini juga cukup sejuk dan asri dengan banyak tumbuhan yang berada di sekitar area Outbond sehingga menambah kenyamanan untuk melakukan banyak aktivitas fisik.

54. Cibalung Happy Land

Cibalung Happy Land
Cibalung Happy Land

Cibalung Happy Land bisa menjadi salah satu destinasi tempat wisata di Bogor yang wajib didatangi saat hari libur atau weekend. Ya, tempat rekreasi keluarga satu ini menawarkan keindahan alam menakjubkan dengan suasana pedesaan yang sejuk dan asri.

Selain itu, kawasan wisata alam ini juga memiliki berbagai macam wahana permainan menyenangkan sehingga liburan terasa lebih seru.

55. Palemboko Sentul Farm Field

Daya Tarik Palemboko Sentul Farm Field
Daya Tarik Palemboko Sentul Farm Field

Palemboko Sentul Farm Field merupakan wisata alam keluarga yang baru ada di daerah Bogor, Jawa Barat. Salah satu tempat wisata di Kota Hujan ini menjadi rekomendasi yang bisa kamu dan keluarga datangi saat hari libur atau weekend.

Terdapat banyak wahana seru di tempat wisata ini yang cocok dimainkan berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

56. Chevilly Resort And Camp

Chevilly Resort and Camp
Chevilly Resort and Camp

Chevilly Resort and Camp telah menjadi tempat favorit keluarga untuk berekreasi atau sekadar melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Bagaimana tidak, nama tempat wisata ini memang sedang diperbincangkan di sosial media karena sangat begitu apik dengan pemandangan yang menakjubkan.

Tempat wisata di Bogor satu ini sendiri memiliki tema yang unik, yakni tempat penginapan atau resort sehingga sangat cocok bagi wisatawan dari luar kota.

57. The Jungle Land Sentul

JungleLand Adventure Theme Park
JungleLand Adventure Theme Park

The Jungle Land Sentul termasuk salah satu destinasi wisata ekstrem di Bogor yang bisa dikunjungi bersama keluarga atau teman. Ya, tempat ini menyajikan berbagai wahana seru yang akan menguji adrenalin. Namun, selain wahana permainan menegangkan, kamu juga bisa mendapatkan wisata edukasi yang akan menambah wawasan.

58. The Highland Park Resort

Tempat wisata di Bogor The Highland Park Resort
foto: instagram.com/thehighlandparkresortbogor

The Highland Park Resort adalah sebuah resort di kawasan Taman Nasional Halimun yang menawarkan konsep penginapan unik. Adapun konsep yang diusung ialah perkemahan bertemakan tenda khas Mongolia dan Indian. Maksudnya, ruang yang disewakan berupa tenda yang berbentuk tempat tinggal khas Mongolia dan Indian yang dibangun di tanah lapang luas yang dikelilingi alam.

Walaupun begitu, fasilitas yang ditawarkan tidak berbeda dengan fasilitas yang ada di hotel pada umumnya. Adapun fasilitas yang disediakan meliputi kamar berbentuk tenda, kasur,  kamar mandi pribadi, TV, AC, dan kulkas. Selain itu, fasilitas seperti meeting room, ball room, mini zoo, waterboom, flying fox, karaoke, kolam renang, futsal, dan golf juga ditawarkan oleh resort ini.

Ketika menginap di tempat wisata di Bogor bertema perkemahan ini, kamu akan mendapat kesempatan merasakan suasana kemah di alam bebas, tetapi dengan fasilitas layaknya hotel. Saat pagi, sore, dan malam hari kamu juga dapat menikmati pemandangan indah karena kawasan ini menghadap langsung ke arah Gunung Salak.

59. Little Venice Kota Bunga

Tempat wisata di Bogor Little Venice Kota Bunga
foto: instagram.com/visitcianjur

Pernahkah kamu mendengar tentang suatu kota di Italia yang bernama Venesia? Kota ini tak jarang disebut sebagai kota tercantik di dunia karena pesona dari kota di atas air ini yang tiada habisnya. Nah, Lokasi Little Venice di kawasan Kota Bunga ini mengadaptasi kecantikan kota tersebut menjadi tampilannya.

Ketika mengunjungi tempat wisata di Bogor ini, wisatawan akan disapa oleh bangunan-bangunan ala Kota Venesia beserta Mississippi boat dan gondola yang bisa dinaiki. Saat berkeliling kanal Little Venice, para wisatawan akan ditemani oleh petugas yang mendayung lengkap mengenakan kaos merah bergaris, scarf, dan topi putih.

Selain itu, mereka juga dapat bermain sepeda air, berenang, memancing, dan tentu berfoto berlatarkan bangunan ala Eropa yang ada di Little Venice. Hal menyenangkan serta suasana Italia kental sekali untuk menambah keindahan fotogenic kamu lho.

60. Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Taman Sakura Kebun Raya Cibodas
foto: instagram.com/c.i.s.k.4

Bunga sakura merupakan bunga yang identik dengan negara Jepang hingga muncul julukan Negeri Sakura. Bunga yang berwarna merah muda ini selalu berhasil memikat orang-orang karena kecantikannya. Hal ini membuat banyak orang ingin melihat langsung keindahan bunga tersebut.

Jika kamu termasuk orang itu maka kamu sudah seharusnya mengunjungi Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas. Pohon bunga sakura sudah ditanam di Kebun Raya Cibodas sejak 1971 dan selalu mekar tiap dua tahun sekali. Artinya, bunga sakura di Indonesia lebih sering mekar dibandingkan di Jepang yang hanya satu tahun sekali.

Biasanya bunga sakura mekar di tempat wisata di Bogor ala Jepang ini pada periode waktu Januari – Februari dan Agustus – September. Oleh karena itu, sebaiknya kamu yang ingin melihat bunga sakura datang ke Kebun Raya Cibodas di waktu yang tepat.

Tips Jalan-Jalan Wisata di Kota Bogor

  • Sedia Payung atau Jas Hujan

Sesuai dengan gelarnya, yaitu Kota Hujan, Kota Bogor seolah tidak pernah benar-benar kering. Terlebih jika musim hujan datang maka kota ini akan selalu basah diguyur hujan hampir sepanjang hari. Bahkan, saat musim panas pun sangat mungkin bagi kota ini diguyur hujan. Dengan begitu, sebaiknya siapkan payung atau jas hujan sebagai langkah persiapan menghabiskan hari kamu di tempat wisata kota ini.

  • Pahami Rute Jalan atau Rute Angkutan Umum

Perlu diketahui Kota Bogor juga memberlakukan beberapa jalan satu arah. Maka, bila membawa kendaraan pribadi sebaiknya pahami terlebih dahulu rute jalan yang akan dilalui untuk menuju ke tempat wisata. Rute perjalanan dapat dipelajari melalui peta wisata atau google maps yang ada di setiap gawai.

Sementara bila bepergian dengan menggunakan kendaraan umum, seperti angkutan umum, maka juga perlu memahami rute angkutan yang akan ditumpangi. Sebab, selain dikenal sebagai Kota Hujan, Kota Bogor juga dijuluki sebagai Kota Sejuta Angkot karena banyaknya angkot yang beroperasi di jalan kota. Oleh karena itu, supaya tidak bingung sebaiknya perlu mempelajari trayek angkutannya terlebih dahulu.

  • Susun Rencana Perjalanan

Terkait dengan cuaca Kota Bogor yang tak jarang diguyur hujan, sebaiknya rencana perjalanan disusun dengan detail disertai berbagai antisipasi yang dirasa perlu. Pertama, sebaiknya perjalanan dimulai sejak pagi hari agar waktu berlibur lebih puas. Kedua, sebaiknya memiliki beberapa rencana sebagai antisipasi bila tiba-tiba cuaca buruk. Misalnya, siapkan destinasi wisata indoor agar ketika hujan turun diperjalanan dapat terhindar dari kehujanan.

Kota Bogor memiliki beragam tempat wisata yang wajib dikunjungi. Setiap tempat wisata di Bogor memiliki keunikannya tersendiri. Bahkan, ada beberapa tempat wisata di Bogor yang anti-mainstream karena agak berbeda dengan tempat wisata lainnya.

Perbedaan ini justru akan memberikan daya tarik pada para pengunjung. Akan tetapi, saat berwisata ke Kota Bogor pun perlu memperhatikan hal-hal lain, seperti cuaca dan rute perjalanan agar liburan berjalan lancar.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks