setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

2 Resep Jajanan Legendaris Kuliner Bogor Murah yang Khas

Kuliner Murah Bogor

Bogor dikenal sebagai kota hujan, kota seribu angkot bahkan kota wisata. Begitu banyak wisatawan dari luar Bogor yang ingin menikmati keindahan dari kota ini. Banyaknya tempat wisata yang beragam menjadi daya tarik tersendiri.

Selain tempat wisatanya Bogor juga dikenal sebagai surga kuliner, banyak kuliner Bogor murah yang cukup unik mulai dari toge goreng, lapis talas, asinan bahkan laksa bogor. Tidak hanya dari bagian makanannya saja, minumannya pun banyak diburu wisatawan.

1. Bir Kotjok Bogor

Kuliner Bogor Murah Bir Kotjok Bogor
Bir Kotjok Bogor

Jika kita mendengar kata bir tentu yang terlintas dipikiran kita adalah alkohol. Bir Kotjok dari Bogor ini berbeda dari bir yang lain pada umumnya. Bukannya memabukan, bir ini justru halal bahkan dapat menyehatkan badan dan memberi sensasi hangat ketika diminum.

Pilihan kuliner Bogor murah meriah ini merupakan salah satu minuman tradisional khas Bogor yang memiliki banyak khasiat. Bir ini terbuat dari rempah asli Indonesia seperti jahe, kayu manis, kapulaga, cengkeh, dan gula aren. Memiliki khasiat untuk memperlancar sirkulasi darah, penamaan bir kotjok sendiri berasal dari pembuatannya yang dengan cara dikocok menggunakan tabung anti karat hingga muncul busa seperti minumal alkohol.

Bir kotjok ini dapat disajikan sesuai selera baik dingin maupun hangat. Meskipun disajikan dingin dengan es batu rasa hangat khas bir ini tetaplah ada. Untuk segi rasa dari kuliner Bogor murah ini, tidak berbeda jauh dengan bir pletok Jakarta. Perbedaannya terletak pada warnanya yang dominan memiliki warna yang lebih coklat sedangkan bir pletok Jakarta memiliki warna lebih kemerahan.

Selain warnanya yang berbeda, bahan yang digunakan pun berbeda. Jika pada bir kotjok pada kuliner Bogor murah meriah ini tidak menggunakan secang, sedangkan untuk bir pletok menggunakan bahan rempah secang.

Untuk mendapatkan bir kocok saat ingin berwisata kuliner Bogor murah sendiri kalian tidak bisa menemukannya di cafe maupun bar, tetapi di gerobak pinggir jalan yang ada di Gang Aut, jalan Surya Kencana, dan jalan roda. Jika kalian dari arah pintu keluar Tol Bogor depan Terminal Baranangsiang silahkan arahkan kendaraan kalian menuju Tugu Kujang kemudian menuju jalan otista. Di Jalan Otista tetap berada di Jalur kiri, setelah kalian menemui ada gapura atau lawang Suryakancana arahkan kendaraan kalian ke kiri dan terus mengikuti jalan sampai menemui perempatan,  lokasi bir kotjok berada di kiri jalan.

Wisata Menarik Lainnya :  10 Pusat Oleh-oleh Semarang ini Wajib Kamu Datangi

Salah satu penjual yang menyajikan minuman ini adalah Es Bir Kotjok Si Abah yang berdiri sejak tahun 1965. Jika kalian sedang berkunjung ke Bogor dan ingin menikmati kuliner Bogor murah meriah satu ini, kalian cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 5000 untuk setiap gelasnya dan Rp. 10.000 untuk satu botol bir kocok yang dapat dijadikan oleh-oleh.

2. Es Loder

Kuliner Bogor Murah Es Loder Bogor
Es Loder Bogor

Jajanan tempo doeloe kini sudah marak diincar kembali, salah satunya es loder, dari kota Bogor ini. Dibeberapa tempat lain kuliner Bogor murah ini memiliki nama lain seperti es bubur sumsum atau yang lainnya. Kuliner ini sudah cukup terkenal dari Era 90-an.

Jajanan yang terdiri dari puding hunkwe, gula jawa, candil, pacar cina dan santan memberikan rasa yang manis dan gurih beradu dimulut memberikan sensasi tersendiri. Belum lagi tekstur kenyal dan lembut dari puding hunkwe dan candilnya.

Dari segi warna kuliner Bogor murah yang merupakan jajanan ini memiliki warna yang sangat menarik yakni hijau, coklat, dan merah muda. Sungguh menggugah selera siapapun yang melihatnya. Kini es legendaris ini sudah cukup sulit ditemukan dan kebanyakan para pedagang biasanya berkeliling untuk menjajakannya.

2.1 Resep Es Loder dan Membuatnya

Jika kalian memilih untuk membuat kuliner Bogor murah satu ini sebenarnya cukup gampang. Pertama siapkan dahulu bahan puding hunkwe, yaitu terdiri dari 100 gram hunkue, 700 ml air atau santan cair dan pewarna dari daun suji. Untuk bahan membuat candil cukup disiapkan 100 gram tepung ketan, 1 sdm tepung sagu, sejumput garam dan 100 ml air.

Lalu bahan pacar cina siapkan 50 sagu mutiara (pacar cina) dan 200 ml air. Terakhir siapkan bahan untuk kuahnya, yaitu 100 gram gula merah, 200 ml air, 1 sdm gula pasir, 1 sdt garam dan pelengkap berupa santan secukupnya.

Langkah yang dilakukan yaitu, buat terlebih dahulu puding hunkwe dengan memanaskan 500 ml air atau santan cair bersama daun suji. Lalu, sisa air atau santan cairnya dicampur bersama tepung hunkwe lalu aduk hingga merata.

Wisata Menarik Lainnya :  Cobain 5 Asinan Bogor Terkenal yang Enak

Jika sudah mendidih, matikan kompor dan masukkan campuran tepung hunkwe tadi sambil diaduk rata, lalu nyalakan kompornya kembali. Masaklah campuran tersebut hingga meletup-letup, kemudian angkat dan pindahkan pada wadah lain.

Selanjutnya membuat kuah es loder dengan mencampurkan seluruh bahan kuah. Dimasak hingga gula larut dan mendidih. Kemudian angkat dan disisihkan. Setelah membuat kuahnya, lanjutkan dengan membuat candil. Campur seluruh bahan, aduk merata hingga kalis.

Candil dapat dibentuk sesuai selera, biasanya dibuat bulat atau lonjong. Lakukan hingga adonannya habis. Kemudian ambil setengah kuah, ditambahkan 100 ml air panas dan didihkan lagi. Setelah mendidih, masukkan candil yang telah dibentuk, masak hingga mengapung lalu sisihkan.

Untuk bubur pacar cina, rebuslah pacar cina dalam air mendidih selama 5 menit. Lalu matikan kompor dan tutup selama 30 menit. Kembali nyalakan kompor tanpa membuka tutup, masak selama 7 menit dan matikan kompor. Diamkan pacar cina sesaat, barulah buka penutupnya. Seluruh komponen es loder telah dibuat, langkah terakhir adalah sajikan es loder.

Untuk penyajian es loder dapat menggunakan wadah saji berupa mangkok ataupun gelas, sesuai selera. Masukan komponen es loder kedalam wadah saji, penambahan komponen sesuai selera. Sebagai pelengkap dapat ditambahkan es batu serta siraman santan pada bagian atas es loder.

Jika kalian tidak sempat membuatnya, kuliner Bogor murah meriah ini banyak yang menjualnya. Jika kalian beruntung di Kota Bogor sendiri pedagang es loder ini dapat ditemui di sekitar taman heulang, taman kencana, dan surya kencana. Selain tempat itu kalian dapat menjumpai pedagang yang biasanya menetap di gang samping RS Melania, Jl. Pahlawan, Bondongan-Bogor (didepan parkiran motor) untuk jam bukanya sendiri biasanya dari pukul 10.00-17.00 WIB atau bahkan bisa lebih cepat tutup karena selalu cepat habis.

Dengan harga Rp.5000 kalian sudah bisa menikmati seporsi es loder yang menyegarkan ini maka pas sekali dijadikan kuliner Bogor murah yang patut di coba.

Artikel serta dokumentasi telah melalui editoring tim Setapak Langkah dikirim oleh: Anisa Larassati (@anisaalrs)
setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *