big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

7 Toko Roti Legendaris di Jogja Dengan Cita Rasa yang Tidak Pernah Berubah

Toko Roti Legendaris di Jogja

Wisata Jogja selalu berhasil menarik perhatian para wisatawan, baik karena budayanya maupun kulinernya. Selain makanan khas Yogyakarta seperti bakpia, toko roti juga menjadi salah satu tujuan kuliner yang banyak dikunjungi.

Banyak toko roti legendaris di Jogja yang bisa ditemukan. Bahkan, toko roti tersebut sudah buka sejak puluhan tahun yang lalu. Beberapa toko roti tersebut masih mempertahankan cara masak, bahan, hingga kualitasnya.

Rekomendasi Toko Roti Legendaris di Jogja

Tidak heran dijadikan sebagai tujuan kuliner favorit. Terutama bagi yang hendak berburu oleh-oleh. Selain rasanya yang enak, toko roti legendaris di Jogja juga menawarkan suasana jadul yang akan membuat pengunjung bernostalgia.

Berikut ini beberapa toko roti legendaris di Yogyakarta yang bisa dikunjungi.

1. Toko Djoen

Bagi para pencinta roti dan kue, wajib banget untuk mampir ke Toko Djoen. Toko Djoen merupakan salah satu toko toko roti legendaris di Jogja yang sudah ada sejak tahun 1930.

2023 07 12
Foto via Googlemaps/Dyah Peni

Karena berdiri sejak zaman kolonialisme Belanda, toko ini menjual berbagai macam roti mulai dari roti Jawa, roti rol, roti sobek, dan masih banyak lagi. Bahkan, toko ini juga tidak hanya menjual roti, ada pula peralatan seperti sabun, odol, dan sebagainya.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, toko roti ini pun hanya fokus menjual roti. Salah satu roti andalannya yaitu roti pisang yang diluncurkan pada tahun 1959.

Varian roti lainnya yang bisa ditemukan di toko ini seperti roti tawar, roti aneka isian toping, kue sus, kroket, biskuit bagelen roomboter, onbitjkoek, roti sobek polos, roti semir. Menariknya lagi, roti tersebut juga dijual hingga luar Yogyakarta seperti Sleman, Klaten, Wonosari, dan sekitarnya.

Meskipun usianya hampir satu abad, toko ini masih mempertahankan ciri khasnya. Mulai dari bentuk bangunan, peralatan masak, hingga resepnya tidak pernah berubah.

Toko roti legendaris di Jogja ini menggunakan peralatan-peralatan lawas seperti pemanggang besar di perapian rumah, loyang besi, dan sebagainya. Bahkan pengolahannya pun secara manual menggunakan oven.

Itulah sebabnya roti ini selalu fresh karena bertahan hanya satu hari. Untuk resep kue dan rotinya pun tidak menggunakan bahan seperti pengawet, pengembang, maupun pewarna. Untuk harga rotinya sendiri cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp5.000.

Jam Operasional: 10:00 WIB – 23:00 WIB.
Alamat: Jalan Margo Mulyo Nomor 78, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta.

2. Toko Roti Jakarta

2022 09 02
Foto via Googlemaps/Muhammad

Toko Roti Jakarta juga menjadi salah satu toko roti legendaris di Jogja yang ada. Toko roti ini sudah ada sejak tahun 1924.

Awalnya toko roti ini bernama Weltevreden, yang merujuk pada salah satu kawasan di Jakarta Timur. Namun setelah Indonesia merdeka, toko tersebut berganti nama menjadi Toko Roti Jakarta karena pada saat itu tidak diperbolehkan memakai nama dengan unsur Belanda.

Berbeda dengan Toko Roti Djoen yang masih mempertahan ciri khasnya dengan menggunakan peralatan lawas, Toko Roti Jakarta justru melakukan revitalisasi dengan cara-cara dan peralatan yang lebih modern. Bahkan, toko roti ini juga dinilai instagramable dan nyaman.

Salah satu roti andalannya yaitu roti ontbijtkoek. Roti ini telah mendapatkan penghargaan dari kompetisi Blue Band yang diselenggarakan pada tahun 2017.

Roti ontbijtkoek merupakan roti khas Belanda yang biasanya dikonsumsi untuk sarapan. Rasanya gurih diluar dan manis di dalam. Beberapa orang menyebutnya sebagai breakfast cake.

Roti tersebut dibuat dari bahan-bahan alami seperti kayu manis, kapulaga, bunga lawang, pala cengkeh, jahe, vanili, dan sebagainya. Varian roti lainnya yang bisa ditemukan di sana seperti roti sobek, roti selai nanas, amandel kacang, dan masih banyak lagi. Untuk harganya mulai dari Rp16.000.

Jam Operasional: 07:00 WIB – 23:00 WIB.
Alamat: Jalan Jlagran Lor Nomor 7, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

3. Trubus Bakery

IMG 2397
Foto via Googlemaps/menhariq

Toko roti legendaris di Jogja berikutnya yaitu Trubus Bakery Jogja. Toko roti ini sudah eksis sejak tahun 1958. Toko kue ini menyediakan berbagai macam jenis kue baik tradisional maupun modern.

Saat ini, toko ini dikelola oleh generasi keduanya. Diberi nama Trubus lantaran nenek pemilik toko yang sudah berjualan sejak dulu tersebut memiliki nama Trubus.

Di toko roti legendaris di Jogja ini, pengunjung bisa menemukan bolu kukus, roti sobek, putu ayu, lumpia, risoles, dan kroket. Meskipun sudah merupakan toko lawas, Trubus Bakery ini dinilai modern dengan etalase kaca dan aneka koleksi kue yang disusun begitu rapi. Untuk harganya mulai dari Rp6.000.

Jam Operasional: 07:00 WIB – 17:00 WIB.
Alamat: Jalan Poncowinatan Nomor 67, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Gita Anjana

Gita Anjana punya tiga cabang yang bisa ditemukan di Yogyakarta, salah satunya di kawasan Jalan Diponegoro. Gita Anjana sudah terkenal dengan roti sobeknya sejak tahun 1978.

Ada 6 varian roti sobek berukuran besar yang bisa dicicipi di sana. Beberapa di antaranya seperti roti sobek kismis, roti sobek keju, hingga roti sobek cokelat. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp45.000.

Tidak hanya sekedar roti sobek saja. Pengunjung juga bisa menemukan aneka menu kue dan bolu seperti chiffon cake, scramble cherry, brownies, marmer classic, dan masih banyak lagi.

Jam Operasional: 07:00 WIB – 21:00 WIB.
Alamat: Jalan Diponegoro 46, Yogyakarta.

5. Murni Roti

Rekomendasi toko roti legendaris di Jogja berikutnya yaitu Murni Roti. Toko roti ini sudah ada sejak tahun 1952 dan masih tetap eksis sampai ini.

Ada berbagai macam jenis kue, roti, pastry hingga tart yang bisa ditemukan di sana. Menariknya lagi, di sana juga ada berbagi macam jajanan pasar hingga Snack ringan yang bisa dijadikan sebagai buah tangan.

Salah satu pilihan roti primadona yang laris manis di sana yaitu roti danish khas Denmark. Roti ini punya aneka varian rasa seperti blueberry, kurma, kiwi, srikaya, cokelat, dan sebagainya. Untuk harga rotinya sendiri mulai dari Rp6.000.

Jam Operasional: Senin sampai Rabu pukul 07:00 WIB – 21:00 WIB.
Alamat: Jalan Bintaran Kidul Nomor 30, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta.

6. Omah Roti Djogja

Toko Roti Legendaris di Jogja
Toko Roti Legendaris di Jogja

Omah Roti Djogja telah berdiri sejak tahun 1966. Toko toko roti legendaris di Jogja ini cukup populer bahkan selalu ramai dikunjungi terutama saat akhir pekan.

Toko roti ini punya ciri khas berupa bangunan berwarna putih dengan aksen kayu berwarna cokelat pada pintu serta jendelanya. Toko roti ini populer dengan ledre intipnya, yang merupakan jajanan khas Jogja yang dinilai langka.

Intip ledre sendiri merupakan makanan berbahan dasar ketan kemudian disangrai dan diisi pisang di dalamnya. Selain intip ledre, di sana juga ada berbagai macam roti jadul, bakpia, geplak, dan masih banyak lagi. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp10.000.

Jam Operasional: Selasa sampai Minggu pukul 10:00 WIB – 18:00 WIB.
Alamat: Jalan Gowongan Kidul Nomor 58, Jetis.

7. Mirota Bakery and Resto

Rekomendasi toko roti legendaris di Jogja yang terakhir yaitu Mirota Bakery & Resto. Toko roti ini menawarkan berbagai macam jenis kopi jadul dengan cita rasa khas secara turun-temurun.

Toko roti ini sudah ada sejak tahun 1949. Di sana ada berbagai macam pilihan menu roti, kue, bolu gulung, hingga aneka Snack tradisional. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp4.500.

Jam Operasional: 07:00 WIB – 18:00 WIB.
Alamat: Jalan Faridan Muridan Noto Nomor 7, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Itulah rekomendasi toko roti legendaris di Jogja yang bisa dijadikan sebagai referensi kulineran atau berburu oleh-oleh. Selain dijamin enak, toko roti tersebut juga memiliki harga yang terjangkau.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments