Lembah Tepus: Uniknya Air Terjun Bertingkat di Bogor

Lembah Tepus Bogor

Alamat : Jl. Curug Cigamea, Gunung Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Rute ke Lembah Tepus Bogor.
Harga Tiket : Rp 10.000,- sampai dengan 20.000,-.
Jam Buka : 24 Jam setiap harinya.

Jika anda ingin merelaksasi tubuh setelah bekerja atau berkegiatan selama weekdays maka tempat wisata alam di Bogor ini bisa menjadi pilihan anda ,baik bersama teman maupun keluarga. Maka berikut adalah informasi mengenai wisata Lembah Tepus untuk referensi anda.

Pesona Lembah Tepus

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa lemah Tepus terdiri dari sungai dan air terjun yang indah dan unik. Posisi tempat ini berada di lembah dan memiliki keunikan dengan beberapa tingkatan curug yang terbentuk secara alami memberikan keindahan tersendiri.

Aliran air di curug ini berwarna biru dan jernih memberikan nuansa kesegaran yang mempesona. Lokasi wisata ini sendiri berada di area hutan yang masih dikelola dan dijaga kelestariannya dengan baik oleh pihak pengelola dan masyarakat setempat. 

Lembah Tepus juga memiliki pemandangan alam yang terkenal instagrammable atau cocok untuk berfoto. Anda bisa berfoto di curug atau sungainya dengan pemandangan alam hutan yang indah dan asri.

Anda juga bisa berfoto di jembatan yang dibuat untuk menyebrang. Disini juga terdapat berbagai jenis kolam dengan ukuran yang berbeda – beda dengan air berwarna biru yang sangat jernih dan batuan yang bervariasi bentuk dan ukurannya.

Untuk kedalaman kolamnya, anda tidak perlu khawatir karena tersedia kolam dengan kedalaman yang bervariasi. Jika anda ingin mencoba kolam yang dalam maka pengelola juga menyediakan penyewaan pelampung yang bisa anda gunakan.

Jernih Air Lembah Tepus Bogor
Jernih Air Lembah Tepus Bogor

Fasilitas Lembah Tepus

Wisata alam Lembah Tepus juga sudah memiliki fasilitas yang memadai seperti area parkir yang luas, dan jajaran warung atau kios yang menjual aneka makanan dan minuman untuk pengunjung. Warung ini bisa anda temui di sekitar area parkir dan sekitar air terjun.

Fasilitas umum lainnya juga tersedia seperti mushola, kamar mandi, ruang ganti yang hanya beberapa meter dari area curug, serta gazebo dan saung untuk beristirahat bagi para pengunjung. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa fasilitas di wisata air di Bogor ini sudah cukup lengkap dan memadai.

Wisata Menarik Lainnya :  De Tjangkul, Wahana dan Aktivitasnya Yang Kekinian

Akses Jalan Menuju Lembah Tepus

Untuk akses masuknya sendiri berada di samping Villa Kita di Jalan Gunung Picung. Dan yang perlu anda ketahui bahwa Lembah Tepus termasuk bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) sehingga terdapat hutan alami dan banyak curug di daerah ini.

Untuk sampai ke tempat ini, anda harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum tersedia angkutan umum untuk sampai di lokasi Lembah Tepus. Anda juga disarankan untuk menggunakan kendaraan yang cocok pada medan yang terjal dan terbilang susah karena berada di wilayah pegunungan.

Untuk sampai di lokasi, anda harus melewati medan berbatu dan terjal dan lebarnya jalan hanya untuk satu mobil saja. Sehingga aksesnya emang terbatas. Namun kesulitan ini akan terbayar dengan keindahan alam yang didapat saat sampai di lokasi.

Demikian adalah informasi mengenai wisata alam Lembah Tepus yang bisa menjadi destinasi pilihan anda ketika berlibur. Mengingat akses dan lokasi yang tidak mudah dijangkau maka anda perlu melakukan persiapan untuk berwisata ke Lembah Tepus untuk tujuan keamanan dan keselamatan selama berwisata.

Rate this post
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.
Avatar for Setapak Langkah
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.