Alun-alun Pasuruan, Wisata Terbaru dengan Keunikan Payung Madinah dan Lapangan Hijaunya

Alun-alun Pasuruan

Kini Alun-alun Pasuruan tampil dengan wajah baru. Semakin bagus dan menarik sehingga cocok menjadi tempat hangout anak muda zaman sekarang.

Renovasi yang dilakukan oleh pemerintah benar-benar membuahkan hasil daya tarik pariwisata Pasuruan. Kondisinya sudah tertata rapi dan banyak dipenuhi spot-spot foto instagrammeble.

Daya Tarik Alun-alun Pasuruan

Keberadaan Alun-alun Pasuruan bisa menjadi wisata alternatif buat kamu yang ingin liburan tapi terkendala budget. Seperti yang diketahui bersama, bahwa alun-alun merupakan ruang terbuka hijau yang bisa dinikmati semua kalangan. Tanpa harus membayar tiket masuk kamu bebas melakukan aktivitas apapun di sana.

Kebanyakan pengunjung Alun-alun Pasuruan adalah warga sekitar atau para pengendara yang memang tengah beristirahat. Pihak pengelola selalu membukanya selama 24 jam nonstop. Dengan begini pengunjung bisa datang di jam dan hari apapun. Kalau weekday biasanya agak sepi. Nah, baru pas weekend suasananya mulai ramai.

Fungsi alun-alun tidak hanya sebatas tempat berkumpulnya warga. Melainkan juga sebagai ikon kota yang sangat penting. Kira-kira hal menarik apa saja ya yang bisa kamu temukan di Alun-alun Pasuruan? Informasi lebih detailnya ada pada penjelasan sub bab berikut ini.

Masjid Al Anwar

2023 08 20
Sumber: Google Maps/maya kurniawati

Alun-alun Pasuruan mempunyai bangunan masjid bersejarah bernama Masjid Al-Anwar. Lokasinya berada persis di samping alun-alun. Di masjid tersebut ada sebuah makam seorang tokoh terkenal. Beliau tidak lain dan bukan adalah Kiai Hamid. Namanya cukup populer di Indonesia maupun mancanegara.

Setiap hari Makam Kiai Hamid selalu ramai dengan kunjungan para peziarah. Khususnya hari Kamis yang mana jumlahnya meningkat dua kali lipat. Para peziarah itu biasanya adalah warga setempat atau warga luar dari kota tetangga. Seperti Malang, Kediri, Blitar, Batu, dan Surabaya.

Para peziarah datang dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada yang ingin berdoa atau sekedar berziarah saja. Untuk mencapai lokasi makam kamu harus melewati gang sempit di samping masjid. Suasananya lumayan ramai dengan kehadiran deretan toko parfum dan peci.

Tidak hanya area makam saja yang menyita perhatian. Bangunan masjidnya juga terlihat indah dan megah. Meskipun usianya sudah lebih dari 3 abad, tapi bangunannya tetap kokoh dan kuat seperti baru pertama kali dibangun.

Wisata Murah Meriah

2023 06 24
Sumber : Google Maps/RIza Amalia

Banyak orang suka sekali menghabiskan liburan akhir pekan di Alun-alun Pasuruan lantaran tergolong murah. Pengunjung tidak dibebankan membayar tiket masuk apapun kecuali biaya parkir saja. Kamu bebas keluar masuk dan memanfaatkan setiap fasilitas umum yang tersedia di sana.

Udara di sekitarnya yang sejuk dengan pemandangan alam serba hijau sungguh memanjakan mata. Terlebih lagi ada fasilitas playground lengkap dengan wahana permainannya yang seru. Para orang tua bisa duduk santai sambil menemani anak-anaknya bermain.

Di sisi lain Alun-alun ada sebuah rumah kecil yang berdiri kokoh di atas tiang-tiang penyangga. Rumah tersebut adalah tempat tinggal sekawanan burung merpati. Mereka sering sekali berkeliaran di sekitar alun-alun dengan mengepakkan kedua sayapnya untuk menarik perhatian pengunjung.

Burung-burung merpati di alun-alun ini terkenal ramah. Jadi kamu tidak perlu takut jika ingin berinteraksi secara langsung seperti bermain atau memberinya makan. Meski begitu tetaplah berhati-hati dan jangan sampai melakukan sesuatu hal yang bisa membuat burung tersebut merasa terancam.

Tempat Olahraga yang Pas

Keberadaan Alun-alun memang bisa menjadi tempat olahraga yang pas. Jalur pedestrian yang tersedia memudahkan pengunjung melakukan aktivitas joging maupun jalan-jalan santai. Apalagi sepanjang rutenya banyak dipenuhi pepohonan hijau yang kian menambah kesejukannya.

Tidak hanya joging saja, masih banyak aktivitas olahraga lain yang bisa kamu lakukan. Seperti yoga, senam, atau bermain badminton. Meskipun pihak pengelola tidak menyediakan peralatan fitness, tetapi dengan tanah lapang yang luas sudah lebih dari cukup.

Payung Madinah

2023 08 03
Sumber : Google Maps/Nurul 0077

Satu hal penting yang membuat orang-orang rela datang jauh-jauh berkunjung ke Alun-alun Pasuruan karena adanya spot payung Madinah. Lokasinya tidak berada di dalam alun-alun. Akan tetapi tepat di depan halaman Masjid Jami’ Al-Anwar Pasuruan. Keberadaannya sendiri seperti ingin mempertegas bahwa Pasuruan adalah “Kota Madinah”.

Kini jika ingin merasakan suasana Kota Madinah tidak perlu repot pergi ke Arab Saudi. Cukup datang ke Alun-alun Pasuruan saja sudah serasa menginjakkan kaki di kota suci umat Islam tersebut. Payung Madinah itu berjejer rapi memenuhi halaman masjid. Untuk jumlahnya sendiri hanya terdiri dari 6 buah payung.

Jumlahnya memang tidak sebanyak seperti yang ada di Madinah. Tetapi 6 buah tiang payung saja sudah sangat menarik perhatian. Pasalnya spot semacam ini jarang sekali bisa kamu temukan di Indonesia. Dari semua spot di alun-alun, payung Madinah adalah spot favorit pengunjung untuk berswa foto.

Fasilitas Umum

Semenjak renovasi selesai, penampilan Alun-alun Pasuruan tampak berbeda. Dulunya yang sedikit semerawut sekarang sudah tertata rapi dengan penyediaan fasilitas umum yang lumayan lengkap. Kini para PKL tidak lagi berjualan di dalam alun-alun. Pemerintah telah menyediakan tempat khusus di sisi lain alun-alun yang jauh lebih nyaman.

Begitu pun dengan area parkir kendaraan bermotor. Ada tempat baru yang lebih luas dan tentunya tidak akan membuat macet jalan raya. Jangan khawatir soal keamanannya. Sudah ada petugas parkir yang siap menjaga kendaraan kamu.

Tak lupa disediakan juga fasilitas toilet umum. Satu toilet untuk pengunjung perempuan dan yang lain khusus pengunjung laki-laki. Kondisi toiletnya tergolong cukup bersih karena setiap hari petugas alun-alun selalu membersihkannya.

Di sekitar alun-alun terdapat bangku taman dengan desain yang unik. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai tempat bersantai untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas. Jumlah tempat duduknya tergolong cukup banyak. Dengan begini kamu tak usah khawatir tidak kebagian.

Tips Berkunjung

Alun-alun Pasuruan memang berlokasi di tengah kota dan tidak butuh lama untuk kamu sampai di sana. Namun kamu juga harus membuat persiapan khusus agar semuanya berjalan lancar. Maka dari itu cobalah menerapkan beberapa tips berikut ini.

  • Pilihlah waktu kedatangan saat cuaca sedang cerah. Pada saat itu pemandangan alun-alun tampak lebih indah dari biasanya.
  • Pastikan kondisi badan kamu benar-benar fit. Tidak usah memaksakan diri datang jika memang sedang sakit.
  • Kenakan pakaian sesuai dengan aktivitas yang ingin kamu lakukan. Misalnya kalau kamu mau berolahraga pakailah pakaian olahraga seperti kaos dan celana training.
  • Datanglah saat pagi hari yang mana kondisinya tidak terlalu ramai serta udara masih terasa sejuk.
  • Manfaatkan setiap fasilitas yang ada sebaik mungkin dan jangan sampai merusaknya.
  • Jagalah kebersihan area sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Menemukan lokasi Alun-alun Pasuruan bukanlah perkara yang sulit. Posisinya yang berada di tengah pusat kota sangat mudah untuk dijangkau. Entah itu menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Kalau memang kamu tidak tahu rutenya bisa memanfaatkan aplikasi google maps.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments