setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Penangkaran Elang Loji, Camping Sambil Lihat Burung Elang

Penangkaran Elang Loji
Rate this post

Alamat : Kampung Loji, Cigombong Bogor. Rute ke Penangkaran Elang Loji.
Harga Tiket Masuk: Rp 20.000,-.
Jam Buka : 08.00 – 1700 WIB (Buka setiap hari).

Seperti kebanyakan tempat wisata di Bogor, Jawa Barat, Penangkaran Elang Loji menyuguhkan pesona alam pegunungan yang luar biasa. Lebih dari itu, objek wisata alam yang dikenal dengan nama Suaka Elang Loji ini memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki objek wisata lain di Bogor yaitu kandang burung elang.

Bagi pecinta wisata alam satwa khususnya burung elang, Penangkaran Elang Loji (Captive Eagle Loji) memiliki daya tarik tersendiri sih, Suaka Elang Loji adalah tempat wajib untuk dikunjungi. Berikut ini alasan kalian wajib mampir ke sini saat berwisata ke kota hujan.

Kandang Penangkaran Elang Loji

Kandang Penangkaran Elang Loji
Kandang Penangkaran Elang Loji

Sebagai tempat penangkaran burung elang, Suaka Elang Loji Bogor memiliki tiga kandang elang berukuran besar yaitu Kandang Display, Sangkar Transit, dan Sangkar Rehabilitasi. Wisatawan dapat melihat burung elang di Kandang Display. Sementara itu, kedua sangkar lainnya hanya diperuntukkan untuk keperluan penelitian.

Di sini terdapat beragam jenis burung elang, bahkan di antaranya adalah jenis langka atau hampir punah seperti elang Jawa. Burung yang ada di sini didapat dari masyarakat atau merupakan hasil sitaan. Mereka tidak bisa dilepas di alam bebas karena sudah tua atau memiliki cacat fisik sehingga tak mampu terbang bebas.

Tak hanya melihat saja, kalian dapat mendapat banyak pengetahuan mengenai seluk beluk burung elang seperti jenis-jenis dan cara rehabilitasinya karena petugas di penangkaran dengan senang hati akan menjawab pertanyaan dari wisatawan. Sering kali, sekolah-sekolah di Bogor maupun dari luar kota mengadakan study tour di sini untuk para siswanya agar lebih mengenal satwa Indonesia. 

Wisata Menarik Lainnya :  6 Destinasi Wisata Pantai di Jogja Paling Mempesona

Hutan Pinus

Selain penangkaran elang, objek wisata ini juga dikenal dengan hutan pinusnya yang menawan. Jajaran rapi pohon pinus yang tinggi menjulang terlihat sangat mempesona. Ditambah lagi dengan udara sejuk yang semakin membuat tempat ini cocok sebagai pelepas penat.

Berbeda dengan objek wisata hutan pinus pada umumnya, belum banyak properti untuk berfoto di Hutan Pinus Loji. Justru, kesan alami inilah yang dicari pengunjung. Tak hanya wisatawan, banyak fotografer yang berburu foto di sini. Tak jarang pula diadakan sesi foto prewedding di lokasi ini. Alasan lain adalah tempat ini belum terlalu ramai sehingga pengunjung lebih leluasa untuk berfoto.

Bumi Perkemahan

Di Suaka Elang Loji terdapat camping ground yang cukup luas. Setiap akhir pekan, banyak pengunjung mendirikan tenda di sini. Berkemah sambil menikmati alam terbuka di pegunungan memang sangat menyenangkan. Apalagi fasilitas di suaka alam Loji sudah sangat lengkap dan memadai.

Jembatan Gantung

Pesona lainnya dari tempat ini adalah adanya jembatan gantung. Jembatan ini hanya terbuat dari kayu, namun di kedua sisinya dipasang jaring setinggi orang dewasa sehingga tetap aman dilewati. Kalian tidak perlu takut jatuh ke jurang. Walaupun begitu, kalian harus tetap berhati-hati. Pengelola sudah memberi aturan bahwa jembatan gantung tersebut hanya boleh dilalui maksimal 4 orang dalam satu waktu.

Curug Cibadak

Curug Cibadak
Curug Cibadak

Bogor adalah kota seribu curug dan salah satunya bisa kalian temui di Penangkaran Elang Loji, namanya Curug Cibadak. Letaknya yang tersembunyi di perbukitan membuatnya belum seramai curug lain. Walaupun begitu, keindahannya tak perlu diragukan lagi. Jangan lupa mampir ke sini setelah mengunjungi kandang elang.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks