6 Museum Bogor Yang Memberikan Edukasi Menarik

Museum Bogor Yang Memberikan Edukasi Menarik

Selain wisata alam, Bogor dikenal dengan beragam jenis tempat wisata yang mampu menarik perhatian wisatawan. Tidak hanya wisatawan dari Bogor saja, beberapa wisatawan datang dari Ibukota dan sekitarnya.

Salah satu tempat yang wajib banget kita kunjungi yaitu aneka museum Bogor yang akan memberikan wisata edukasi menarik kepada anggota keluarga kita.

Museum di Kota Hujan menyuguhkan keunikannya tersendiri dan deretan edukasi yang bisa kita dapatkan. Alih-alih membosankan, museum-museum yang ada di Bogor justru membuat para wisatawan terpana. Museum tersebut disajikan secara rinci dan juga kekinian.

Wisatawan yang penasaran akan museum apa saja yang bisa kita temukan di Bogor bisa dilihat di bawah ini :

1. Museum Perjuangan Bogor

IMG20191110082736
Googlemaps/Wida Roslya

Museum ini berisi histori perjalanan para pahlawan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Di Museum Bogor ini, kita bisa melihat beberapa peninggalan para pahlawan seperti pakaian yang masih dilumuri darah, senjata, diorama pertempuran, mesin ketik tua, stensil, dan patung para pahlawan.

Museum Perjuangan Bogor ini berlokasi di Jalan Merdeka No.56, RT.04/RW.01, Kp. Parung Jambu, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Jawa Barat 16124. Map Museum Perjuangan Bogor klik disini.

2. Museum Bogor Zoologi

2022 04 16 3
Googlemaps/Aliwidi Maulana

Museum Zoologi ini menyuguhkan wisata edukasi mengenai kerangka-kerangka hewan purba. Bahkan di sana juga kita bisa belajar banyak hal mengenai pertumbuhan, cara berkembang biar seputar hewan. Terdapat koleksi kerangka binatang mamalia, binatang reptil, serangga, burung, ikan, dan masih banyak lagi.

Museum Zoologi ini berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No.9, RT.04/RW.02, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16911. Map Museum Zoologi klik disini.

3. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

20220501 103610
Googlemaps/Ihwan Rafina

Museum Bogor ini membahas beberapa perkembangan hasil alam di Indonesia mulai dari jaman pra aksara.

Di sana kita bisa melihat sejarah orang-orang jaman dulu dalam bertani. Bahkan ada beberapa tanaman rempah-rempah yang bisa kita temukan di Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia. Ada juga sekitar ribuan koleksi artefak tumbuh-tumbuhan yang ada di museum Bogor satu ini.

Wisata Menarik Lainnya :  Kota Lama Semarang, Cagar Budaya Hingga Wisata Edukasi Sejarah

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia ini berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda 22 – 24, Pusat Peneitian Biologi – LIPI, Paledang, Bogor Tengah, RT.02/RW.08, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah. Kota Bogor, Jawa Barat 16122. Map Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia klik disini.

4. Museum dan Monumen PETA

all rite1369
Googlemaps/Eko Ashari

PETA yang merupakan kepanjangan dari Pembela Tanah Air ini ternyata memiliki peran khusus dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Di Museum dan Monumen PETA ini kita akan belajar seputar kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PETA. Ada beberapa senjata, kendaraan, dan juga ornamen yang pernah digunakan oleh PETA.

Museum dan Monumen PETA ini berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No.35, RT.01/RW.05, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16121. Map Museum & Monumen PETA klik disini.

5. Museum Balai Kirti

2019 08 22 2
Googlemaps/Bayu Pratama

Museum Balai Kirti seringkali disebut sebagai Museum para Presiden. Di depan pintu masuknya saja kita akan disambut oleh patung presiden mulai dari Soekarno sampai Joko Widodo.

Selain itu, Museum Balai Kirti juga memiliki biografi lengkap para Presiden yang pernah memimpin di Indonesia. Ada juga beberapa arsip dokumen yang berisi jasa-jasa yang pernah dilakukan oleh setiap Presiden.

Museum Balai Kirti ini berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No.1, RT.04/RW.01, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122. Mamp Museum Balai Kirti klik disini.

6. Museum Tanah dan Pertanian

IMG 20191024 150007 2 2
Googlemaps/Achmad Farajallah

Museum Bogor ini merupakan satu-satunya museum di Indonesia yang membahas mengenai struktur tanah. Di sini kita akan belajar mengenai banyaknya jenis tanah yang ada di setiap penjuru. Dengan bangunan yang megah juga beberapa ornamen mewah, dijamin tidak akan membosankan untuk mengetahui lebih banyak seputar ilmu pengetahuan tersebut.

Ada beberapa contoh tanah yang bisa kita lihat di Museum Tanah dan Pertanian, tidak jauh dari tanah tersebut kita juga akan melihat papan infomasi yang berisi mengenai kepadatan tanah, tekstur tanah, warna, dan lainnya.

Museum Tanah dan Pertanian ini berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No.98, RT.01/RW.01, Gudang, Kecamatan Bogor Tengah. Kota Bogor, Jawa Barat 16123. Map Museum Tanah dan Pertanian klik disini.

Wisata Menarik Lainnya :  Berburu Spot Foto Bernilai Seni di Museum Macan Jakarta

Museum-museum tersebut wajib banget kita kunjungi ketika sedang berlibur ke Bogor. Selain untuk menambah edukasi, banyak wisatawan yang memburu beberapa spot foto yang begitu unik dari koleksi-koleksi yang ada di setiap museum Bogor ini.

Tidak jauh dari museum-museum tersebut kita juga bisa menemukan beberapa tempat wisata Bogor lainnya, rumah makan, dan penginapan.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.