Museum Zoologi Bogor, Belajar Sambil Mengamati Keragaman Fauna di Indonesia

Museum Zoologi Bogor

Alamat : Jalan Ir. H. Juanda No.9, RT 04/RW 02, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Rute ke Museum Zoologi Bogor.
Harga Tiket : Weekdays Rp. 15.000,- dan Weekend Rp. 25.000,-.
Jam Buka : Senin sampai Minggu 08.00 – 15.00 WIB.

Pernah berwisata di Bogor, Siapa dari Anda semua yang sudah pernah mengunjungi museum Zoologi di Bogor? Museum yang satu ini memiliki berbagai macam ragam fauna yang telah diawetkan.

Museum ini cocok untuk Anda yang tidak hanya ingin melihat berbagai jenis fauna, namun juga mempelajari berbagai macam fauna tersebut. Anda bisa mengetahui informasi secara jelas fauna-fauna yang ada di museum Zoologi Bogor.

Sejarah Museum Zoologi

Museum Zoologi di Bogor didirikan pada tahun 1894 tempat oleh J. C Konignsberger, seorang ahli botani yang berasal dari Jerman yang juga merupakan perintis Kebun Raya Bogor. Sebelumnya, museum Zoologi Bogor bernama Landbouw Zoologisch Laboratorium.

Pada awalnya museum Zoologi yang masih menjadi laboratorium ini dibangun sebagai lokasi penelitian hewan pengganggu tanaman pertanian. Hingga di tahun 1901, dibangun gedung baru yang memiliki fungsi sebagai ruang koleksi, ruang kerja, ruang pameran, dan laboratorium. Gedung-gedung di laboratorium ini juga mengalami beberapa pergantian nama dan fungsi hingga pada akhirnya pada tahun 2010 gedung ini dipatenkan sebagai museum Zoologi Bogor. Museum Zoologi bergerak di bawah kewenangan pusat penelitian biologi LIPI untuk bidang Zoologi.

Koleksi Museum Zoologi

Koleksi Museum Zoologi Bogor
Koleksi Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi memiliki luas sebesar 756,9 meter persegi. Koleksi fauna yang ada di museum Zoologi mulai dari mamalia, reptil, ikan, burung, molusca, hingga amfibi. Museum Zoologi juga memiliki sebuah koleksi yang pasti membuat anda takjub yaitu kerangka paus biru yang ditemukan pada tahun 1916 di Garut.

Kerangka paus ini menjadi idola para pengunjung yang datang ke museum ini. Kerangka paus ini merupakan salah satu hewan terbesar di dunia yang mencapai 27,25 meter. Ada juga kepiting raksasa dari Jepang yang menarik banyak perhatian pengunjung.

Wisata Menarik Lainnya :  Candi Kidal: Mengenal Tempat Pemujaan Tertua di Indonesia

Koleksi museum Zoologi merupakan 3,5% dari semua jenis fauna yang ada di Indonesia. Untuk hewan mamalia yang ada di museum ini memiliki koleksi sebanyak 650 jenis yang terdiri dari 30 ribu contoh binatang atau disebut spesimen. Terdapat juga koleksi ikan yang berjumlah 12 ribu jenis yang diwakili oleh 140 ribu spesimen.

Anda juga bisa mengetahui berbagai macam jenis burung di Indonesia lewat spesimen burung yang terdiri dari 1000 jenis. Museum Zoologi bekerja ekstra untuk mengamankan spesimen burung ini. Hal ini karena spesimen burung mudah rusak sehingga harus dijaga dalam suhu ruangan sebesar 22 derajat Celcius.

Selain burung dan ikan, juga terdapat belasan ribu spesimen reptil molusca dan jutaan spesimen serangga. Ini membuat museum Zoologi Bogor menjadi museum terlengkap di Asia Tenggara dengan koleksi mencapai 12 ribu jenis yang diwakili oleh 2,5 juta spesimen.

Wisata di Museum Zoologi merupakan destinasi wisata yang sangat menarik. Anda dapat berwisata sambil mempelajari keragaman jenis fauna yang ada di Indonesia. Apalagi bagi Anda yang merupakan pelajar, belajar sambil berwisata tentu menyenangkan. Selain melihat berbagai koleksi dan juga mempelajarinya, Anda juga bisa berpose keren dengan berbagai macam spesimen fauna. Tapi perlu diingat untuk tidak menyentuh koleksi yang terpajang.

Selain museum bersejarah, Bogor juga memiliki museum yang membantu pengunjungnya untuk menambah pengetahuan fauna di Indonesia. Jangan lupa untuk mengunjungi museum Zoologi Bogor ketika kamu berwisata di kota hujan ini.

Rate this post
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.
Avatar for Setapak Langkah
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.