Museum Balai Kirti, Belajar Sejarah Kepresidenan Indonesia di Bogor

Museum Balai Kirti Bogor

Alamat : Jalan Ir. H. Juanda No.1, RT. 04 RW 02, Paledang, kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Rute ke Museum Balai Kirti.
Harga Tiket : Gratis.
Jam Buka : Jumat 09.00/11.00 – 13.00/15.00, Sabtu dan Minggu 09.00 – 13.00, Senin Libur, Selasa sampai Kamis 09.00 – 15.00.

Sebagian dari Anda pasti bertanya-tanya museum apa itu Balai Kirti? Ya benar, museum ini masih terdengar asing bagi banyak orang. Museum Balai Kirti merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang merupakan museum kepresidenan Republik Indonesia. Anda bisa memperoleh informasi sejarah pemerintahan Republik Indonesia di museum ini. Di sini Anda juga dapat mengetahui masing-masing sejarah dari 6 Presiden Republik Indonesia.

Sejarah Museum Balai Kirti

Tidak seperti museum lainnya yang merupakan peninggalan zaman penjajahan, Museum Kepresidenan Balai Kirti termasuk museum yang belum lama dibangun. Museum ini digagas oleh Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau yang lebih dikenal sebagai SBY. Museum ini diresmikan pada tanggal 18 Oktober 2014 oleh presiden keenam langsung, SBY.

Balai Kirti memiliki arti yaitu balai yang berarti tempat, wadah atau ruangan. Sedangkan kirti yang merupakan bahasa Sansekerta yang memiliki arti tindakan yang membawa kemasyuran. Jika digabungkan, Balai Kirti memiliki makna sebagai bangunan yang menampung berbagai benda bersejarah dalam perjalanan sejarah kepemimpinan para Presiden Republik Indonesia. Gedung Balai Kirti memiliki luas sebesar 3211,6 meter persegi. Museum ini berlokasi di kawasan Kompleks Istana Kepresidenan Bogor.

Museum ini menyimpan banyak peristiwa bersejarah para Presiden Republik Indonesia. Museum Kepresidenan Balai Kirti memiliki tujuan sebagai sarana untuk masyarakat generasi muda dalam mengetahui jejak perjuangan para Presiden Republik Indonesia mulai dari Presiden Soekarno sebagai presiden pertama Republik Indonesia.

Koleksi Museum Balai Kirti

Koleksi Museum Balai Kirti Bogor
Koleksi Museum Balai Kirti Bogor

Di Museum Kepresidenan Balai Kirti, gak bisa menjumpai berbagai macam koleksi terkait masing-masing Presiden Republik Indonesia, mulai dari storyline, film dokumenter, Tata pamer, koleksi, buku sejarah kepresidenan, perpustakaan, hingga fasilitas it yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2012 hingga 2014.

Wisata Menarik Lainnya :  Predator Fun Park - Harga Tiket Masuk, Wahana, dan Fasilitas 2022

Perpustakaan di Balai kirti didukung oleh Perpustakaan Nasional. Untuk informasi peta digital, museum Balai kirti Dibantu oleh Badan informasi geospasial. Sedangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif membantu museum Balai kirti dalam membuat artshop yang berfungsi membantu pengunjung untuk mendapatkan cenderamata.

Di dalam gedung museum yang memiliki luas 5000 meter persegi ini memiliki koleksi dari keenam presiden yaitu, Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati dan terakhir Susilo Bambang Yudhoyono. Di lantai pertama Anda dapat menemukan gambar dan foto-foto patung dari keenam presiden. Di lantai kedua, Anda bisa melihat koleksi dan informasi penting terkait prestasi dan juga karya yang dirangkum dalam enam kluster. Untuk lantai ketiga, terdapat ruang rapat dan taman terbuka yang merupakan taman tropis. Dari sini Anda bisa melihat kawasan Istana Kepresidenan Bogor.

Informasi ini perlu Anda ketahui sebelum Anda memasuki museum Balai Kirti di Bogor. Sebelum datang dan berkunjung di Museum Balai Kirti harus mengirim email ke museumkepresidenanindonesia@gmail.com. Anda dapat mencantumkan nomor kontak anda atau penanggung jawab rombongan serta daftar nama pengunjung yang akan datang ke museum ini. Email ini harus dikirim tujuh hari sebelum kunjungan.

Ketika mengunjungi museum Balai Kirti, Anda juga harus memperhatikan pakaian yang Anda gunakan. Usahakan untuk berpakaian rapi dan sopan. Tidak diperkenankan untuk Anda memakai kaos oblong, celana jeans, dan sandal.

Bagaimana? Menarik bukan mengunjungi museum Balai Kirti? Museum ini selain memberi edukasi juga memberi pengetahuan seputar pemerintahan Indonesia khususnya presiden. Untuk Anda yang berwisata ke Bogor, jangan hanya pergi ke wisata alam, pergi ke museum Balai Kirti juga asik dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda.

Rate this post
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.
Avatar for Setapak Langkah
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Kota Lama Semarang, Cagar Budaya Hingga Wisata Edukasi Sejarah

Kota Lama Semarang juga sering disebut Outstadt atau Little Netherland oleh para wisatawan asing....

Masjid Agung Kauman Semarang, Masjid Tertua Dengan Arsitek Belanda

Liburan ke Semarang rasanya tidak akan cukup jika dihabiskan hanya dengan satu hari. Banyaknya...

Vihara Mahavira Graha Semarang, Singgahi Situs Religi Unik

Semarang kini menjadi salah satu kawasan paling diminati oleh para wisatawan yang tengah melakukan...