Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Bali Dari Camilan hingga Souvenir

Oleh-Oleh Khas Bali

Bali menjadi salah satu tempat impian yang dikenal luas oleh para wisatawan baik lokal maupun turis asing. Hal itu bukanlah tanpa alasan, sebab wisata Bali memiliki beragam destinasi wisata baik alam, taman hiburan, situs budaya, hingga aneka tempat makan kekinian.

Tidak heran, Bali selalu dipadati oleh para wisatawan setiap harinya. Sebagai salah satu tempat berlibur di Indonesia, menemukan pusat oleh-oleh khas Bali tentunya sangat mudah.

Pilihan Oleh-Oleh Khas Bali

Oleh-oleh khas Bali yang bisa wisatawan temukan di Bali seperti camilan, pakaian, hingga aksesoris. Berikut ini beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang bisa wisatawan bawa pulang.

1. Pie Susu Bali

2022 12 27
Foto via Googlemaps/Firdaus Ata

Rekomendasi oleh-oleh khas Bali pertama yang bisa wisatawan beli yaitu pie susu Bali. Makanan ini sudah dikenal luas oleh sejumlah wisatawan sehingga tidak heran pie susu Bali menjadi buah tangan paling laris di sana.

Seperti pada umumnya, pie susu Bali ini memiliki cita rasa yang manis. Rasa manis ini merupakan alami dari susunya. Untuk tekstur pienya sendiri pun begitu renyah.

Pie susu Bali ini cocok dinikmati bersama secangkir teh atau kopi. Ada beberapa jenis rasa pie susu Bali yang bisa wisatawan cicipi seperti kacang almond, keju, kismis, dan sebagainya.

Harga satu box pie susu Bali ini ditaksir sebesar Rp25.000 yang mana satu boxnya berisi 10 potong pie.
Wisatawan bisa menemukannya di beberapa pusat oleh-oleh yang ada di Bali. Salah satunya yaitu di B No.8, Blok, Jalan Dewi Sri VIII, Legian, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361. Untuk jam bukanya mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 21:00 WIB.

2. Pia Legong Bali

2021 10 23
Foto via Googlemaps/I Kadek Saputra

Mengunjungi Bali rasanya belum lengkap jika tidak membeli Pia Legong Bali. Makanan yang satu ini memiliki rasa yang enak, unik, serta nikmat. Tekstur pianya juga sangat lembut dengan rasa yang khas. Ada beberapa varian rasa yang bisa wisatawan cicipi antara lain keju, cokelat, dan lainnya.

Selain itu oleh-oleh khas Bali berupa Pia Legong sendiri dibuat secara handmade dan freshly made everyday alias tanpa stok. Jadi ketersedian pia setiap harinya terbatas. Biasanya, beberapa wisatawan melakukan pemesanan melalui telepon 3 minggu sebelum hari pengambilan. Untuk harganya sendiri ditaksir sebesar Rp80.000 untuk 8 bungkus pia berukuran sedang.

Pia Legong Bali ini berlokasi di Ruko Kuta Megah Jalan Bypass Ngurah Rai No.15, Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361. Untuk jam bukanya mulai dari pukul 09:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB.

3. Kacang Koro Bali

Perlu wisatawan tau, Kacang Koro Bali sendiri tidak termasuk pada rumpun kacang. Namun setelah diolah, koro memiliki bau dan rasa khas kacang. Itulah sebabnya koro dikenal sebagai kacang koro.

Kacang koro sebagai Oleh-oleh khas Bali menjadi buah tangan yang tidak boleh wisatawan lewatkan. Makanan ini terbuat dari koro asli Bali dengan racikan bumbu rempah tradisional yang akan membuat wisatawan ketagihan untuk mencicipinya.

Dibanding dengan kacang lainnya yang ada di Bali, Kacang Koro Bali diminati banyak wisatawan lokal hingga turis asing. Kacang koro ini memiliki bentuk yang pipih dengan tekstur yang renyah.

Salah satu pusat oleh-oleh yang memiliki koleksi kacang koro yaitu Krisna yang terletak di Berlokasi di Jalan Nusa Kambangan No.160A, Denpasar, Bali. Untuk jam bukanya ini mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 20:00 WIB.

4. Kacang Disco

Setelah mencicipi kacang koro, tidak ada salahnya untuk wisatawan membawa pulang juga kacang disco sebagai oleh-oleh khas Bali. Kacang disco ini merupakan makanan berupa kacang yang dilapisi tepung, telur dan bumbu.

Kacang disco memiliki banyak varian rasa seperti pedas, keju, pedas manis, ayam betutu, hingga rendang. Bagi para pecinta camilan gurih, bisa banget mencicipi kacang disco ini. Untuk harganya sangat bervariatif yakni mulai dari Rp10.000.

Wisatawan bisa menemukannya di Kacang Disco Kecak Mama yang berlokasi di Jalan Siulan .Br.laplap. Timur, Penatih, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali 80237. Untuk jam bukanya mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB setiap hari Senin hingga Sabtu.

5. Kopi Kintamani Bali

2017 12 09
Foto via Googlemaps/ida bagus

Seperti yang kita tau, kopi digemari oleh banyak orang. Bali menjadi salah satu kota pelopor kopi arabika terbaik yang bernama Kopi Kintamani Bali. Di Kecamatan Kintamani, wisatawan akan menemukan perkebunan kopi lokal yang mana proses penanamannya dilakukan secara tradisional.

Kopi Kintamani Bali ini memiliki cita rasa serta aroma yang cenderung citrusy dengan aroma lainnya berupa hint chocolaty, karamel, atau brown sugar. Dan untuk body-nya, lebih cenderung medium serta tidak terlalu pahit justru memiliki rasa asam seperti halnya jeruk.

Wisatawan bisa membeli Oleh-oleh khas Bali berupa Kopi Kintamani Bali di Nyoman Kantun, Jalan Pratu I No.mor 43, Banjar, Selat, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali 80352. Atau bisa juga mampir Kintamani Coffee yang berlokasi di Penelokan, Kecamatan Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652, untuk menikmati secangkir kopi kintamani di tengah pesona Bali yang menawan.

6. Salak Bali

Oleh-oleh khas Bali berikutnya yaitu salak Bali dianggap sebagai salak yang punya bunga paling sempurna. Ada beberapa salak Bali yang bisa kita temukan seperti salak gondok, salak gula pasir, salak cengkeh, salak getih, serta salak bingin.

Setiap jenis salak memiliki ciri khas rasanya tersendiri. Salak gondok merupakan jenis salak yang paling populer, memiliki daging yang tebal dan rasa yang manis. Untuk salak gula pasir cita rasa manisnya benar-benar khas.

Sementara itu, untuk salak cengkih memiliki rasa pedas layaknya cengkih dan salak getih memiliki daging berwarna merah dengan rasa yang begitu manis. Berbeda dari salak lainnya, salak bingin memiliki daun yang kering dan cantik sehingga tidak heran tanamannya sering menjadi pajangan di pekarangan.

Untuk menemukan berbagai salak Bali di Pulau Dewata ini terbilang sangat mudah. Wisatawan bisa mengunjungi pusat oleh-oleh yang ada di sana.

7. Kaos Joger Bali

Seperti halnya Jogja, Bali juga memiliki oleh-oleh berupa kaos. Wisatawan bisa mengenalnya dengan nama Kaos Joger Bali. Kaos ini dijual dengan harga yang bervariasi tergantung model yang diinginkan.

Kaos Joger Bali ini memiliki ciri khas tersendiri dan menjadi Oleh-oleh khas Bali favorit bagi wistawan. Di mana kata-kata pada kaos dianggap nyeleneh tetapi seringkali dibenarkan oleh para pembeli. Tidak heran, kaos ini mengundang banyak tawa dari orang yang melihatnya.

Wisatawan bisa menemukan Kaos Joger Bali ini di Jalan Raya Kuta, Kuta, Bali. Lokasinya yang strategis membuatnya bisa ditemukan dengan mudah.

Itulah rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang bisa dibawa pulang. Selain unik, harga yang ditawarkan pun murah.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments