Museum Tanah dan Pertanian, Wisata Edukatif untuk Keluarga

Museum Tanah dan Pertanian

Alamat : Jalan Raya Ir. H. Juanda Nomor 98, Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Rute ke Museum Tanah dan Pertanian.
Harga Tiket : Gratis.
Jam Buka : 10.00 – 15.00 WIB.

Apakah Anda berencana untuk pergi liburan bersama keluarga di Bogor? Yuk ke Museum Tanah dan Pertanian saja! Di tempat ini nantinya Anda bisa mendapatkan wawasan baru mengenai berbagai jenis tanah, bebatuan, pupuk, dan lain sebagainya.

Memanglah banyak wisata edukasi berupa museum di Bogor. Oleh karena itu, baca artikel di bawah ini hingga akhir agar Anda bisa mendapatkan keseluruhan informasinya!

Apa Itu Museum Tanah dan Pertanian?

Bogor adalah salah satu daerah di Jawa Barat yang dikenal mempunyai banyak pesona, seperti hawa sejuk hingga banyaknya tempat wisata baik itu wisata alam maupun wisata buatan. Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika sedang berada di Bogor adalah Museum Tanah dan Museum Pertanian.

Museum ini lokasinya sangatlah strategis, yaitu ada di pusat Kota Bogor atau lebih tepatnya di samping Gerbang Suryakencana dan di depan Kebun Raya Bogor. Sebelum menjadi museum, tempat ini adalah Laboratorium voor Agrogeologie en Grond Onderzoek atau laboratorium milik Belanda.

Namun, kini sudah menjadi aset BMN atau Barang Milik Negara yang diurus oleh Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Sama seperti namanya gedung ini dibagi menjadi 2, yaitu gedung untuk Museum Tanah dan Museum Pertanian.

Berkunjung ke Museum Tanah dan Pertanian ini bisa menjadikan Anda merasa seperti berjalan di lorong waktu karena berisi koleksi pada masa lalu hingga masa depan. Anda pun juga bisa mengambil beberapa foto untuk dipamerkan ke media sosial.

Koleksi Museum Tanah dan Pertanian
Koleksi Museum Tanah dan Pertanian

Museum Tanah

Museum Tanah berada di depan Museum Pertanian dan diresmikan oleh Balittanah atau Balai Penelitian Tanah pada tanggal 29 September 1988. Museum Tanah mempunyai banyak koleksi berbagai jenis tanah dan batu yang ada di seluruh Indonesia lengkap dengan lokasi, nama, dan waktu pembentukannya.

Wisata Menarik Lainnya :  Bali Butterfly Park, Melihat Aneka Kupu-Kupu di Bali

Selain itu, Museum Tanah juga mempunyai berbagai koleksi yang dikelompokkan menjadi 6 bagian, yaitu peralatan survei, monolit, batuan, teknologi pengolahan tanah, peta-peta, dan berita-berita lainnya.

Tidak hanya itu saja, di Museum Tanah Anda juga bisa menemukan biota tanah yang sudah diawetkan.

Museum Pertanian

Museum Pertanian diresmikan lebih lambat dibandingkan Museum Tanah, yaitu pada tanggal 22 April 2019.

Museum ini mempunyai 3 lantai yang mana lantai pertama berisi informasi mengenai pertanian pada zaman dahulu, mulai dari sebelum kolonial hingga sesudahnya.

Lantai kedua berisi replika alat pertanian sejak kemerdekaan Indonesia, sedangkan lantai ketiga berisi replika alat pertanian yang digunakan saat ini hingga masa depan. Salah satu contohnya adalah teknologi drone pertanian yang bisa membantu menyemprot sawah lebih mudah dan efisien.

Kerennya lagi, tempat wisata edukatif ini menjadi museum pertanian terbesar di Asia Tenggara.

Rute dan Akomodasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Museum Tanah dan Museum Pertanian Bogor ini berada di tempat yang strategis. Tempat ini juga berada di seberang Museum Zoologi Bogor. Rute dan akomodasi menuju Museum Tanah dan Museum Pertanian bisa dikatakan sangatlah mudah. Anda bisa mengunjunginya dengan menggunakan transportasi umum, seperti Commuter Line maupun transportasi pribadi.

Apakah Anda sedang berada atau berencana mengunjungi Bogor? Jika iya, jangan lupa mampir ke Museum Tanah dan Pertanian ya agar bisa mendapatkan banyak wawasan baru! Kunjungilah bersama keluarga, teman, atau pasangan agar liburan terasa lebih menyenangkan!

Rate this post
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.
Avatar for Setapak Langkah
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.