Kebun Raya Cibodas, Tiket Masuk, Jam Buka & Penginapan Terdekat

Kebun Raya Cibodas

Mencari destinasi di Bogor terbilang sangat mudah. Apalagi ketika mampir ke kawasan Puncak, Bogor. Di kawasan Puncak, Bogor wisatawan bisa merencanakan liburan keluarga di Kebun Raya.

Jika di pusat Kota Bogor kita bisa menemukan Kebun Raya Bogor, di Puncak juga wisatawan bisa menemukan Kebun Raya Cibodas yang merupakan konservasi tanaman. Kebun Raya ini selalu dipadati para wisatawan lantaran pemandangan indahnya yang berhasil memanjakan mata.

Beredarnya jepretan foto berhasil menarik perhatian dari berbagai daerah. Kebanyakan wisatawan yang datang ke sana dengan tujuan piknik di tepi danau yang memiliki pemandangan begitu eksotis di wisata terdekat ini.

Aktivitas di Kebun Raya Cibodas

Keindahan Kebun Raya Cibodas sudah tidak bisa diragukan lagi. Wisatawan akan menyaksikan indahnya hamparan perbukitan hijau. Di atas lahan seluas 80 hektar ini, ada beragam aktivitas menyenangkan yang bisa kita lakukan.

Salah satu tujuan utama didirikannya Kebun ini yakni sebagai tempat ex-situ koleksi tumbuhan tropis basah yang hidup di dataran tinggi. Kebanyakan tumbuhan yang dilindungi yakni tumbuhan berjenis pohon besar. Kita akan menemukan rusam, tumbuhan paku pegunungan, tumbuhan runjung, hutan kaliandra, dan lainnya.

Aktivitas di Kebun Raya Cibodas
Aktivitas di Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas membagi tempatnya menjadi beberapa kawasan. Ada taman sakura. Ketika memasuki area tersebut wisatawan akan disambut oleh keindahan bunga sakura yang indah. Pada beberapa waktu, wisatawan bisa melihat pesona bunga sakura bermekaran. Banyak wisatawan yang berburu spot foto dengan latar indahnya taman sakura.

Selain itu, wisatawan juga bisa melihat rumah kaca. Di dalam rumah kaca tersebut wisatawan bisa menemukan beberapa tanaman seperti sukulen, anggrek, kaktus, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya koleksi indoor saja. Banyak juga tanaman koleksi outdoor yang bisa kita temukan. Wisatawan bisa mampir ke taman rumput, kawasan. tumbuhan paku, bunga bangkai raksasa, taman rhododendrum, dan masih banyak lagi.

Kawasan lainnya yang cukup populer di Kebun Raya Cibodas ini yakni danau besar. Di tepi danau besar wisatawan bisa melakukan kegiatan piknik sambil menikmati indahnya hamparan bunga teratai yang begitu cantik.

Di tempat wisata ini juga terdapat fasilitas air terjun yang dikenal dengan nama air terjun Cibeureum dan air terjun Cibogo. Wisatawan yang ingin berkeliling bisa juga menyewa sepeda maupun skuter.

Fasilitas lainnya yang bisa kita temukan yakni resto, pusat oleh-oleh, toilet, musala, taman, playground, gazebo, spot foto, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas

Untuk masuk kawasan wisata Kebun Raya Cibodas wisatawan akan dikenakan tarif awal sebesar Rp 16.000 untuk satu motor dan Rp25.000 untuk satu mobil. Di loket masuk Kebun Raya Cibodas, wisatawan akan dikenakan tiket Rp 16.500 per orang ketika weekdays dan Rp 26.500 per orang ketika weekend.

Tiket tersebut sudah termasuk semua fasilitas yang ada. Hanya saja, untuk menikmati fasilitas sewa sepeda dan skuter, wisatawan akan dikenakan tiket tambahan mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 50.000 per jam.

Pembelian tiket juga bisa diakses online melalui website kebunraya.id atau nomor telepon 0263512233.

Lokasi dan Jam Buka Kebun Raya Cibodas

Wisatawan bisa mengunjungi Kebun Raya Cibodas yang berlokasi di Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253. Google Maps.

Jika wisatawan datang dari arah pusat Kota Bogor maupun Jakarta bisa masuk ke Jalan Raya Ciawi menuju Jalan Raya Puncak – Bogor. Dari sana wisatawan masuk ke Jalan Raya Cipanas dan hanya perlu mengikuti petunjuk jalan untuk sampai di lokasi Kebun Raya Cibodas. Jarak tempuhnya dari pusat Kota Bogor hanya sekitar 1 jam 20 menit perjalanan.

Durasi waktu operasional Kebun Raya Cibodas ini buka setiap hari mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 18:00 WIB.

Penginapan Terdekat

Di dekat Kebun Raya Bogor, wisatawan bisa menemukan beberapa tempat bermalam salah satunya Novus Giri Puncak Resort & Spa yang berlokasi di Jalan Sindanglaya Raya No.180, Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253.

Jaraknya hanya sekitar 15 menit perjalanan dari Kebun Raya Cibodas dan untuk tarif penginapannya ditaksir mulai dari Rp 837.000 hingga Rp 1.627.000 per malam sesuai dengan paket penginapan yang kita inginkan.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments