Apa Saja Sih Daya Tarik Kampung Budaya Sindang Bogor?

Kampung Budaya Sindang Barang Bogor

Alamat Kampung Budaya Sindang : di Jalan Endang Sumawijaya, Rt. 02/ Rw. 08, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Tamansari, Pasireurih, Bogor, Jawa Barat, Indonesia.
Harga Tiket : Rp. 25.000,- ( Senin – Sabtu), Rp. 35.000,- (Hari libur).
Jam Buka : 09.00 – 17.00.

Daya Tarik Kampung Budaya Sindang, Bogor

Apakah kalian sedang berada di kawasan Bogor? Jika iya, maka kalian harus mengunjungi Kampung Budaya Sindang karena memiliki daya tarik yang sangat luar biasa.

Kegiatan Budaya dan Sanggar Seni

Hal pertama yang menjadi daya tarik utama dari tempat wisata Kampung Budaya Sindang Barang ini adalah adanya kegiatan budaya dan sanggar seni. Kalian dapat belajar kesenian dan kebudayaan setempat di tempat ini seperti belajar menari dan musik tradisional yang mana bisa dibimbing langsung oleh gurunya.

Pada waktu tertentu yang bisa dikatakan waktu khusus, tempat ini juga akan menyajikan pentas tarian seni Jaipongan yang bertujuan untuk menghibur kalian sebagai pengunjung. Tidak hanya berhenti di seni tari dan musik, akan tetapi juga akan diajarkan mengenai budaya setempat.

Kegiatan Kampung Budaya Sindang Barang Bogor
Kegiatan Kampung Budaya Sindang Barang Bogor

Budaya tersebut adalah kegiatan warga setempat seperti menanam padi, menumbuk padi, hingga memandikan kerbau. Kegiatan ini tentunya akan sangat mengasyikkan apalagi jika dilakukan bersama – sama dengan keluarga. Kegiatan seperti ini akan sangat bagus untuk anak – anak karena akan sangat membantu dalam perkembangan sistem motorik pada anak.  Tidak usah khawatir untuk perlengkapannya, karena tempat ini sudah menyediakan alat perlengkapan yang lengkap sekaligus dipandu dengan pengajar setempat.

Rumah Adat yang Unik

Daya tarik yang kedua adalah dari sisi visual yaitu rumah adat. Saat pertama kali datang ke tempat wisata ini, rumah adat akan menjadi perhatian utama kalian karena bentuknya yang sangat khas, unik, dan apik.

Rumah yang ada di kawasan tempat ini berada dalam satu kawasan dan berbentuk bervariasi ada yang besar ada yang kecil. Untuk rumah yang berukuran kecil, biasa digunakan untuk tempat penyimpanan hasil bumi atau lumbung padi milik warga. Ada juga yang digunakan dan difungsikan sebagai tempat penginapan untuk tamu kehormatan.

Wisata Menarik Lainnya :  Wisata Taman Langit Gunung Banyak Malang: Spot Instagram paling Banyak di Batu!

Untuk rumah adat yang berbentuk besar, biasa digunakan sebagai tempat bermusyawarah dan tempat berkumpul masyarakat. Rumah yang berbentuk besar ini bisa juga disebut dengan Imah Gede. Jenis rumah adat ini masih tradisional karena terbuat dari tumbuh – tumbuhan alam.

Mendengarkan dan Menyaksikan Pertunjukan

Daya tarik yang selanjutnya adalah kalian dapat mendengarkan penuturan mengenai kisah kerajaan Sunda. Cerita yang disajikan merupakan cerita kerajaan Sunda dari zaman keemasan hingga zaman keruntuhan. Bagi kalian yang suka akan sejarah, maka tempat ini akan sangat cocok sekali. Tidak hanya berlibur saja, akan tetapi juga menambah wawasan.

Yang kedua adalah dapat melihat pertunjukan acara adat Seren Taun. Adat ini dilangsungkan setiap setahun sekali oleh penduduk setempat yang mana diperuntukkan untuk menunjukkan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas hasil bumi yang sudah didapat selama setahun. Pertunjukan ini menyajikan tontonan lomba tutunggulan dan adu janten untuk merebut se’eng.

Kegiatan Rafting

Tidak hanya seputar seni dan budaya saja, tempat wisata ini juga menyajikan tempat rafting layaknya Wisata Rafting Cianten di kawasan sungai Ciberang. Tidak usah khawatir untuk mencari tempatnya, karena kalian akan dipandu ole mereka yang sudah berpengalaman di bidang ini.

Kampung Budaya Sindang merupakan salah satu destinasi wisata yang harus kalian kunjungi di Bogor ya!

Rate this post
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.
Avatar for Setapak Langkah
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.