Batik Bogor Tradisiku, Gerai Oleh-oleh Kota Hujan yang Mendunia

Gerai Batik Bogor Tradisiku

Alamat : Jalan Jalak Nomor 02, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Rute ke Gerai Batik Bogor Tradisiku.
Harga Tiket : Gratis.
Jam Buka : 08.00 – 16.30 WIB.

Batik Bogor Tradisiku atau BBT merupakan salah satu salah satu galeri batik khas kota hujan yang wajib kamu disambangi saat berkunjung ke Bogor. Ya, galeri batik satu ini memang telah menjadi tempat yang paling banyak dituju untuk berburu oleh-oleh bagi para wisatawan baik dalam maupun luar kota.

Seperti namanya, BBT diharapkan bisa menjadikan batik Bogor sebagai pakaian tradisi bagi siapapun, baik kalangan muda hingga tua. Karena itu, rumah batik yang juga pelopor lahirnya batik khas Bogor ini bisa terus berkembang hingga menjadi oleh-oleh yang mendunia. 

Ragam Motif Batik di Batik Bogor Tradisiku

Berbagai motif yang ditawarkan galeri batik khas Bogor semuanya merupakan ikon kota Bogor. Untuk saat ini, sudah ada sekitar 90 motif batik di BBT layaknya motif istana batik Bogor, mulai dari motif hujan gerimis, tugu kujang, bunga bangkai, kijang, hingga motif taman sempur. Nah, dari sekian banyak jenis ini, yang masih menjadi favorit wisatawan sampai sekarang adalah motif hujan gerimis dan kombinasi kijang kujang.

Motif hujan gerimis sendiri mencirikan Bogor yang dikenal sebagai kota hujan. Sementara untuk motif kombinasi kujang kijang, diketahui terinspirasi dari uncal atau kijang yang banyak berkeliaran di sekitar Istana Presiden dan Kebun Raya, serta kujang yang merupakan senjata tradisional khas Jawa Barat.

Ragam Motif Batik di Batik Bogor Tradisiku
Ragam Motif Batik di Batik Bogor Tradisiku

Nah, di BBT diketahui terdapat tiga jenis batik yang telah ada sejak dulu dan diakui, yakni batik tulis, batik cap, dan batik kombinasi. Pemilik galeri batik, Syamhudi Siswaya mengatakan jika batik di tempatnya dibuat secara manual atau buatan tangan dengan menggunakan tiga unsur utama.

Tiga unsur yang dimaksud, yaitu dibuat menggunakan canting, memakai malam sebagai alat perintang, dan menggunakan teknik celup untuk mewarnainya. Karena itu, harga batik BBT yang dijual bisa sangat beragam, mulai dari Rp100.000 hingga yang paling mahal, yakni Rp 8 juta.

Wisata Menarik Lainnya :  Paralayang Bukit Gantole Puncak, Memacu Adrenalin di Tengah Indahnya Panorama Bogor

Jika pilihan bahan, tingkat kesulitan desain, dan jumlah warna cukup tinggi serta rumit, maka akan semakin mahal pula harga batik yang ditawarkan. Meski begitu, peminat batik Bogor cukup tinggi karena masih bisa terjual sampai ke mancanegara.

Galeri batik satu ini bahkan bisa menjual sekitar 100 hingga 150 potong batik karena diminati oleh pembeli lokal dan internasional. Untuk pembeli internasional sendiri, biasanya dipesan dari berbagai negara, mulai dari Thailand, Jepang, Tiongkok, Singapura, Australia, hingga Belanda. 

Inovasi Mozaik Batik dari Batik Bogor Tradisiku

Selain membeli oleh-oleh batik, BBT juga membuat inovasi baru yakni mozaik batik. Mozaik ini sendiri terbuat dari sisa kain batik yang kemudian disatukan dan dijadikan berbagai jenis produk baru, seperti keramik, gerabah, dompet, dan aksesoris lainnya.

Meski cukup sederhana, namun mozaik batik memiliki motif unik nan kece yang bisa kamu jadikan sebagai salah satu oleh-oleh menarik untuk orang terkasih. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, kamu sudah bisa membawa pulang mozaik batik dengan kisaran harga Rp25.000 hingga Rp600.000.

Dengan membeli batik asli Bogor, kamu juga telah ikut serta melestarikan budaya Nusantara, lho! Karena itu, jangan sampai lupa datang ke BBT untuk membeli oleh-oleh batik atau sekadar mendapatkan cenderamata unik, berupa mozaik batik.

Nah, sudah tahu bukan destinasi yang paling cocok jika kamu ingin berkunjung ke Bogor? Tak melulu soal kuliner, kamu bisa datang ke Batik Bogor Tradisiku sebagai destinasi wisata belanja yang murah meriah.

Rate this post
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.
Avatar for Setapak Langkah
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Ini Daftar Tempat Wisata Semarang Terbaru dan Terlengkap

Tempat wisata Semarang bisa dikatakan masih kalah pamor dengan wisata pantai Bali, wisata Jakarta,...

16 Rekomendasi Tempat Beli Batik di Pekalongan

Kota Batik di Pekalongan? Mendadak ingat lirik salah satu lagu Slank ya. Memang sih,...

Ini Rekomendasi 16 Spot Beli Batik di Solo

Siapa sih yang ngga tau wisata Kota Solo? Kota yang kental dengan budaya Jawanya...