Truck Collision Attorney, Construction Accident Lawyer Near Me, Accident Attorney Fresno CA, Pedestrian Accident Attorney Near Me, Truck Accident Attorney Near Me, Oil Rig Injury Lawyer, Motorcycle Accident Lawyer Near Me, Offshore Accident Lawyer, El Paso Accident Lawyers, Birth Injury Lawyer Near Me, Car Accident Lawyer Near Me, Personal Injury Attorney Nearby, Mesothelioma Attorney Assistance, 18 Wheeler Accident Lawyer San Antonio, Mesothelioma Law Firm, Wrongful Death Attorney Near Me, Houston Trucking Accident Attorney, Truck Accident Attorney Dallas, Aviation Accident Lawyer, Car Accident Lawyer Jacksonville, DUI Defense Lawyer, Maritime Lawyer New Orleans, California Auto Accident Lawyer, Auto Accident Attorney California.

Pantai Penunggul, Wisata Alam Terbaru Pasuruan yang Paling Recomended untuk Tempat Bersantai

Pantai Penunggul Pasuruan

Wisata Pantai Penunggul di daerah Pasuruan Jawa Timur mungkin belum banyak orang yang tahu. Akan tetapi namanya sudah cukup populer di kalangan masyarakat Pasuruan.

Jelajahi destinasi Pasuruan satu ini bersama keluarga waktu akhir pekan nanti. Karena di sana banyak hal menarik yang bisa kamu temukan. Mulai dari spot foto unik hingga pemandangan alam yang menakjubkan.

Aktivitas di Pantai Penunggul

Liburan ke Pantai Penunggul Pasuruan bukanlah ide yang buruk. Melihat hamparan pasir bersanding dengan luasnya lautan kebiruan adalah cara terbaik untuk melepaskan penat. Udara sekitar yang berhawa sejuk sambil sesekali diiringi tiupan angin membuat pikiran terasa lebih rileks.

Sungguh bersantai di Pantai Penunggul serasa masuk ke surga dunia tersembunyi. Paling pas datang ke sana saat hari biasa yang mana kondisinya tidak terlalu ramai. Kamu pun bisa duduk santai dengan aman dan nyaman tanpa perlu khawatir adanya suara bising dari pengunjung lain.

Pantai Penunggul bukan hanya tempat untuk bersantai saja. Kamu juga bisa melakukan berbagai macam hal seru lainnya. Seperti hunting foto, berkeliling area pantai, mencoba wahana flying fox, dan menjelajahi area hutan mangrove. Informasi selengkapnya bisa kamu simak pada sub berikut ini.

Menjelajahi Hutan Mangrove

2020 12 19
Sumber : Google Maps/Rochim Muchammad

Di sekitar Pantai Penunggul ada sebuah hutan yang banyak ditanami tumbuhan mangrove. Warga sekitar biasa menyebut tempat itu dengan sebutan hutan mangrove. Berdiri di atas lahan seluas 114 hektare membuat hutan ini menjadi daya tarik utama yang menarik perhatian para pengunjung.

Semisal bosan berada di pantai biasanya pengunjung menyempatkan diri berkeliling area hutan mangrove. Untuk mencapai lokasinya kamu hanya perlu melintasi jembatan gantung kayu. Tepat di pinggir jembatan sudah tersedia perahu kayu sederhana yang bisa kamu gunakan sebagai mode transportasi untuk mengelilingi hutan mangrove.

Selama berkeliling kamu hanya akan ditemani pemandangan tanaman mangrove dari segala penjuru. Sekilas bentuknya memang sama, tetapi tanaman tersebut memiliki jenis yang berbeda. Kurang lebih ada 4 jenis tanaman mangrove yang ditanam oleh pihak pengelola. Diantara-Nya Abisina Alba, Alasina marina, Rhyzapora Apiculata, dan Rhyzapora mucronata.

Bermain Wahana Flying Fox

Di Pantai Penunggul juga ada fasilitas wahana permainan seru dan tentunya bisa memacu adrenalin kamu. Wahana itu tidak lain dan bukan adalah flying fox. Sebuah wahana cukup menantang yang akan membawa pengunjung terbang layaknya seekor burung.

Akan tetapi di sini kamu tidak akan terbang dengan mengepakkan sayap. Melainkan meluncur di bawah lintasan tali yang dikaitkan dari satu pohon ke pohon lainnya. Buat kamu yang takut ketinggian jangan coba-coba menaikinya. Sebab tinggi flying fox di wisata lebih dari 3 meter.

Namun jika kamu punya cukup nyali tidak ada salahnya mencoba. Kalau dilihat sekilas memang tergolong ekstrem dan menakutkan. Tetapi, saat meluncur semua rasa takut seketika sirna. Keindahan alam Pantai Penunggul dan hutan mangrove yang terlihat indah dari ketinggian mampu memanjakan mata wisatawan.

Hunting Foto

2020 09 03
Sumber : Google Maps/Novella Octavia

Berkunjung ke Pantai Penunggul tentunya tidak boleh melewatkan acara foto bersama teman atau keluarga. Mengingat di sana banyak sekali spot foto unik yang mesti dieksplor. Maka dari itu sebelum berangkat pastikan sudah membawa kamera ke dalam ransel kamu.

Lokasi spot fotonya tersebar di setiap titik pantai. Ada yang berada di pintu masuk, sekitar hutan mangrove, dan area pantai. Kamu bebas memilih mau mengambil foto di manapun. Tetapi kamu harus bersabar, terkadang antrean pengunjung yang ingin berfoto lumayan panjang.

Salah satu spot foto yang sering dijadikan background oleh para pengunjung adalah “Gerbang Halu”. Bentuknya hanya pintu berwarna putih yang menempel pada sebuah dinding batu bata. Bagian kanan dan kirinya dihiasi tanaman hias dan lampu petromax di bagian dindingnya.

Spot yang lainnya ada spot lingkaran yang terbuat dari ranting pepohonan. Lokasinya berada persis di atas jembatan bambu dekat hutan mangrove. Lewat spot ini kamu bisa berfoto dengan latar belakang hamparan laut biru yang luas. Tepat di bagian tengahnya ada bangku panjang yang bisa kamu gunakan sebagai tempat duduk.

Ada pula spot gardu pandang dengan tulisan “I Love You” menghiasinya. Pemandangan alam yang ditampakkan sungguh mempesona. Ada sekumpulan pepohonan hijau dan langit biru berhiaskan awan putih yang akan menjadi background foto kamu.

Berkeliling Area Pantai

Waktu liburan di Pantai Penunggul jangan hanya duduk diam saja. Cobalah menikmati pemandangan alam sekitar wisata tersebut dengan berjalan kaki menyusuri setiap sudutnya. Rasakan embusan angin sepoi-sepoi menerpa tubuhmu dan dengarkan suara deburan ombak yang terdengar bagaikan alunan musik.

Jangan takut berjalan tanpa memakai sepatu atau sandal. Pasir di pantai ini bertekstur lembut sehingga nyaman dibuat jalan-jalan bertelanjang kaki. Meski begitu kamu harus tetap hati-hati saat melangkah. Biasanya ada hewan laut seperti kepiting bakau sering lalu lalang di sekitar bibir pantai.

Fasilitas Umum

Demi kenyamanan para pengunjung, pihak pengelola berusaha sebaik mungkin memberikan pelayanan yang terbaik. Salah satu upayanya dengan menyediakan fasilitas umum memadai. Pertama, ada lahan parkir yang cukup luas untuk menaruh kendaraan pribadi wisatawan.

Kedua, toilet umum dengan fasilitas lengkap di dalamnya. Kondisinya sangat bersih dan terawat sehingga pengunjung akan merasa nyaman saat menggunakannya. Ketiga, fasilitas gazebo dan bangku untuk tempat bersantai. Jumlahnya cukup banyak jadi tidak perlu khawatir tak kebagian tempat duduk.

Keempat, ada warung makan dan cafe yang menjual aneka macam makanan dan minuman. Soal harga masih relatif terjangkau untuk ukuran kalangan menengah ke bawah. Menu makanan favorit pengunjung adalah ikan bakar dan Kerang Saus Padang. Sementara minumannya adalah es kelapa muda yang sangat menyegarkan.

Fasilitas terakhir ada mushola sebagai tempat ibadah. Bagi pengunjung muslim bisa menunaikan ibadah shalat lima waktu di bangunan tersebut. Bentuknya mungkin tidak terlalu besar, tetapi setidaknya muat untuk menampung beberapa orang.

Tips Berkunjung

Perjalanan liburan ke Pantai Penunggul akan berjalan lancar jika kamu membuat persiapan yang matang. Pertama-tama yang perlu kamu pikirkan adalah ingin pergi sendiri atau berkelompok. Sebagai saran saja sebaiknya kamu pergi dengan mengajak teman atau keluarga. Kalau datang sendirian terkadang suasananya sedikit membosankan.

Berbeda kalau kamu pergi beramai-ramai. Suasananya pasti jauh lebih seru dan menyenangkan karena ada seseorang yang bisa diajak mengobrol, bercanda gurau, dan berbagi cerita. Apabila kamu sudah tahu mau pergi dengan siapa, selanjutnya tentukan barang-barang apa saja yang akan kamu bawa.

Usahakan memilih barang yang memang kamu perlukan. Jangan membawa yang tidak perlu sehingga nanti akan membuat ransel kamu bertambah berat. Beberapa barang penting itu seperti baju ganti, peralatan shalat, alat mandi, dan obat-obatan pribadi. Jika semuanya sudah siap tinggal menentukan waktu liburannya.

Pilihlah hari yang mana cuacanya memang sedang cerah dan tidak mendung. Jangan pergi saat siang hari. Biasanya suhu di luar terlalu panas dan jalanan juga sering macet. Berangkatlah pagi hari saat kondisi jalan agak sepi dan tidak terlalu banyak kendaraan lalu lalang.

Jadikan Pantai Penunggul sebagai salah satu tempat yang wajib masuk ke dalam daftar list liburan kamu. Memang benar di sana pengunjung tidak diizinkan berenang. Tetapi sebagai gantinya kamu bisa melakukan aktivitas lain seperti yang sudah dipaparkan tadi.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments