setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

20 Wisata Alam Sleman Keren di Era New Normal

wisata alam sleman

Sleman merupakan salah satu bagian penting dari Yogyakarta. Di tempat ini kita bukan hanya akan menemukan beragam budaya dan kearifan lokalnya saja.

Teruntuk kamu yang ingin melakukan perjalanan wisata alam Sleman juga bisa. Apalagi buat kamu yang ingin melakukan perjalanan sambil ngabuburit saat berpuasa. Sleman punya banyak tempat wisata alam yang keren dan eksotis.

Bagi kamu yang pertama kali ke Sleman saat new normal kali ini, kamu bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata alam berikut sambil tetap mengikuti protokol kesehatan dari setapak langkah.

1. Bukit Klangon

Wisata Bukit Klangon
foto: instagram.com/p/B7ALouilA-3

Bukit Klangon merupakan salah satu tempat wisata alam yang paling enak dan paling nyaman dijadikan tempat rekreasi di wilayah cangkringan, Sleman. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang paling rekomended. Di  tempat ini kamu bisa  melihat keindahan gunung Merapi dari dekat.

Kamu bisa melihat dengan jelas awan panas Merapi atau yang lebih dikenal dengan sebutan wedhus gembel yang keluar dari letupan larva gunung merapi. Momen ini menjadi salah salah satu keindahan yang tidak akan kamu temukan di tempat lainnya. Buat kamu yang butuh sport instagramable, maka tempat wisata alam Sleman ini adalah yang paling rekomended.

2. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi
foto: instagram.com/p/B8P0GxzBlDH

Walaupun dalam keadaan puasa, bukan berarti mengharuskan kamu diem di rumah dong. Kamu bisa banget nih datang ke lokasi ini. Di tempat ini kamu akan menyusuri aliran larva gunung Merapi dengan menggunakan Jeep.

Perjalanan wisata Lava Tour Merapi ini akan memberikan tantangan yang luar biasa. Namun jangan khawatir, karena sepanjang perjalanan kamu akan di suguhkan dengan pemandangan yang luar biasa.

3. Stonehenge Merapi

Stonehenge Merapi
foto: instagram.com/p/B4wigKLBACk

Jika kamu pernah nonton film Transformers, maka kamu akan kenal dengan tempat ini. Namun sayangnya, yang ada di film Transformeers adalah Stonehenge yang ada di Inggris. Meski demikian Stonehenge Merapi yang ada di Sleman juga sangat  keren lho.

Untuk bisa berfoto layaknya di Stonehenge Inggris kamu juga bisa datang ke wisata alam Sleman yang satu ini. Tempat ini bisa kamu kunjungi setiap hari dengan tiket yang hanya Rp 10.000 saja.

4. Kali Adem

Kali Adem
foto: instagram.com/p/B8fo6ZvHNzO

Kali Adem juga menjadi salah satu destinasi wisata alam Sleman yang cukup menjanjikan di daerah lereng gunung Merapi. Jika kamu biasanya akan terganggu dengan beragam pepohonan saat melihat ketinggian gunung Merapi, maka lain hal jika kamu melihatnya dari kali adem.

Dinamakan kali adem karena memang tempat ini begitu enak dan sejuk sekali. Dengan menikmati pemandangan yang asri dari gunung merapi ditambah kesejekan yang merasuk ketubuh, wisata alam kali adem dapat dijadikan tempat refleksi sekaligus penenang jiwa yang mujarab.

5. Taman Gardu Pandang Kaliurang

Taman Gardu Pandang Kaliurang
foto: instagram.com/p/B9yefFjBorN

Buat kamu yang suka banget berfoto selfie, maka tempat ini adalah tempat yang paling instagramable banget. Tempat ini menyediakan banyak spot – spot foto yang bagus dan enak sekali untuk dipandang. Dengan itu, kamu bisa mendapatkan konten foto yang bagus untuk akun instagram kamu.

Untuk menuju ketempat Taman Gardu Pandang Kaliurang ini, kamu bisa menggunakan motor, mobil, atau transportasi online lho. Tempat ini dapat kamu jadikan fungsi untuk mengamati panorama gunung merapi dengan harga tiket Rp 3.000 saja.

6. Sabo Bronggang

Sabo Bronggang
foto: instagram.com/p/BduyyvjF_-P

Sabo Bronggang adalah bendungan yang dibuat pemerintah setempat yang digunakan untuk menahan lahar panas apabila terjadi erupsi. Namun bukan hanya sekedar sebagai penahan lahar panas saja, melainkan juga bisa digunakan sebagai salah satu tempat yang enak untuk digunakan rekreasi dan menjadi salah satu destinasi wisata alam Sleman.

Bertempat pada Dam Sabo Kali Gendol, Bronggang, Argomulyo, Cangkringan, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini bisa menjadi alternatif yang bisa kalian kunjungi di Cangkringan loh. Dari sabo bronggang ini, kamu bisa melihat panorama gunung Merapi yang indah dari dekat.

Wisata Menarik Lainnya :  Wisata Bali Ndeso Karanganyar, Cek Daftar Harga Menu di Sini!

7. Candi Sambisari

Candi Sambisari
foto: instagram.com/p/B-65yilHwMX

Pulau Jawa memang merupakan basis Kerajaan. Tidak heran jika di Jawa ada banyak terdapat candi. Nah wisata alam Sleman selanjutnya adalah salah satu candi yang paling terkenal dan paling bagus dijadikan untuk destinasi wisata yaitu Candi Sambisari. Keindahan Candi Sambisari ini sangat memukau sekali, bahkan banyak orang luar wilayah Jawa datang ke tempat ini.

Sambisari sendiri merupakan candi hindu yang telah ada sejak abad ke-9 yang terletak di dusun Sambisari, desa Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

8. Blue Lagoon Jogja

Wisata alam Sleman Blue Lagoon
foto: instagram.com/wonderfuljogja

Salah satu wisata tersembunyi di daerah Sleman Yogyakarta ada di Blue Lagoon. Wisatawan bisa menikmati wisata air dengan suasana yang asri. Sementara itu untuk tiket masuk ke lokasi wisata sangat terjangkau lho. Cukup membayar retribusi sebesar Rp. 10.000 saja, kamu sudah bisa bermain air.

Kamu juga bisa menyewa perlengkapan bermain air seperti pelampung dan ban. Untuk menuju ke lokasi wisata alam Sleman yang satu ini sangat mudah karena dekat dengan pusat kota Yogyakarta. Kamu bisa gunakan kendaraan motor atau mobil. Bisa juga gunakan GPS untuk menuju lokasi.

9. Tlogo Putri Kaliurang

Wisata alam Sleman Tlogo Putri Kaliurang
foto: instagram.com/rizkariskaa

Tlogo Putri merupakan salah satu destinasi wisata alam Sleman yang berada di lereng gunung Merapi. Tak heran jika udaranya sejuk dan dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan. Alamat lengkapnya berada di Jl. Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman.

Wisata air Tlogo Putri ini merupakan satu area dengan kawasan wisata Kaliurang. Sehingga para pengunjung juga dapat menikmati wisata lainnya di sekitar Tlogo Putri.

  • Alamat : Jl. Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman.
  • Jam Buka : 07.00 – 16.00
  • HTM : Rp. 5.000,-

10. Tlogo Muncar Kaliurang

Wisata alam Sleman air terjun muncar
foto: instagram.com/btngunungmerapi/

Tak kalah hits, Tlogo Muncar juga jadi incaran wisatawan untuk menjelajahi wisata alam Sleman. Masih berada di kawasan wisata Kaliurang, untuk menuju lokasi kamu bisa menempuh rute ke jalan Kaliurang arah Turi. Setelah sampai jl, Turi menuju ke Jl, Boyong lalu ikuti terus rute tersebut dan kamu akan sampai ke air terjun Muncar.

Tak usah khawatir, untuk tiket masuknya sangat ramah di kantong. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, pengunjung bisa membayar tiket sebesar Rp. 8000,- saja. Fasilitas yang di sediakan di tempat wisata tersebut juga tergolong lengkap. Ada area parkir, toilet, mushola dan gazebo-gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat.

  • Alamat : Jl. Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman.
  • Jam Buka : 08.00 – 16.00
  • HTM : Rp. 8.000

11. Lava Bantal

Lava Bantal Jogja
foto: instagram.com/ayodolan/

Teman setapak pernah dengar geowisata? yups! Geowisata adalah tempat wisata yang terbentuk secara alami dan berasal dari kejadian alam tertentu. Salah tempat wisata itu adalah lava bantal. Destinasi wisata alam Sleman yang alamatnya berada di Jl. Berbah – Prambanan, Jragung, Kalitirto, Kec. Berbah, Kabupaten Sleman.

Tentu saja, keindahan alamnya tak bisa di pungkiri. Cocok sekali sebagai tempat untuk menghilangkan penat karena rutinitas sehari-hari. Ada beberapa fasillitas umum yang bisa digunakan oleh para pengunjung yakni gazebo-gazebo. toilet, mushola, area parkir dan wahana tubing.

  • Alamat : Jl. Berbah – Prambanan, Jragung, Kalitirto, Kec. Berbah, Kabupaten Sleman.
  • Jam Buka : 09.00 – 17.00
  • HTM : Rp. 15.000,-

12. Green Kayen

Green Kayen wisata alam Sleman
foto: instagram.com/isnansholeh

Tak jauh dari blue lagoon, ada satu destinasi wisata alam Sleman yang juga menarik. Green kayen merupakan aliran sungai Boyong yang berhulu dari lereng gunung merapi. Suasananya masih sangat alami dan sejuk. Dikelilingi oleh tebing setinggi 5 meter, membuat tempat wisata ini semakin terlihat asri.

Wisata ini dibuka pada tahun 2016 dan saat ini sudah banyak wisatawan yang berkunjung. Lokasinya tak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Dari UGM berjarak sekitar 6KM.

  • Alamat : Green Kayen, Kayen, Condongcatur, Depok Sub-District, Sleman Regency
  • Jam Buka : 08.00 – 17.30

13. Batu Alien Cangkringan

Batu Alien Cangkringan
foto: instagram.com/odejourney/

Wisata batu alien Cangkringan juga menjadi salah satu geowisata yang menarik. Bongkahan batu besar mirip dengan wajah alien itu berasal dari kejadian alam, yakni meletusnya gunung merapi pada tahun 2010 silam.

Batu besar tersebut terlempar dari dalam perut gunung, Jika dilihat secara sekilas, tak ada yang beda dengan batu lainnya. Namun, jika mendekat, kamu akan melihat bentuk mata dan hidung mirip dengan mahluk luar angkasa atau alien. Pada tahun 2011, lokasi tersebut dijadikan salah satu destinasi wisata alam Sleman.

  • Alamat : Jambu, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman
  • Jam Buka : 24 jam
Wisata Menarik Lainnya :  7 Spot Wisata Semarang Romantis yang Seru Abis!

14. Museum Seni Affandi

Museum Affandi Yogyakarta
foto: instagram.com/osk_osenk

Karya seni sang maestro Affandi, di pamerkan di museum ini. Setidaknya ada 300an koleksi yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Ada tiga ruangan gallery yang bisa disaksikan oleh para pengunjung.

Selain lukisan, ada juga beberapa patung hasil karya seni sang maestro yang di pajang di lokasi. Sementara itu, pengunjung tak hanya bisa menikmati karya seni saja, namun di museum Affandi, kamu juga bisa ikut serta membuat lukisan dan patung.

  • Alamat : Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman.
  • Jam Buka : 09.00 – 16.00
  • HTM : Rp. 25.000 (Domestic) Rp. 50.000 (Mancanegara)

15. Museum Ullen Sentalu

Wisata alam Sleman Museum Ullen Sentalu
foto: instagram.com/ullensentalu/

Menyatu dengan alam, mungkin itu kata yang cocok untuk menggambarkan Museum Ullen Sentalu. Bagaimana tidak, suasana yang tenang dengan udara sejuk khas lereng gunung Merapi menjadi satu hal yang cukup menarik.

Sementara itu, para pengunjung juga akan di bawa untuk melihat wisata sejarah dan budaya pada masa kerjaan Mataram melalui karya seni. Ada koleksi patung, lukisan, dan batik khas Jogja dan Solo yang sarat akan makna.

  • Alamat : Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman
  • Jam Buka : 08.30 – 16.00
  • HTM : Rp. 20.000 – Rp. 40.000

16. Wana Wisata Jonggol

Wisata alam Sleman wana wisata Jonggol
foto: instagram.com/wanawisata_jonggol

Wana wisata Jonggol Yogyakarta merupakan wisata outbond yang menjadi favorite. Beberapa komunitas kerap mampir ke tempat ini untuk melakukan berbagai kegiatan. Selain sebagai tempat outbond, wisata hutan ini juga menyediakan camping ground.

Dikelilingi pepohonan yang rindang dan semilir angin yang sejuk, membuat wana wisata Jonggol menjadi salah satu destinasi wisata alam Sleman yang patut untuk dikunjungi. Setiap hari sabtu pagi pukul 07.00 ada kegiatan senam yang diikuti oleh berbagai kalangan.

  • Alamat : Jl. Cangkringan, Karang Pakis, Wukirsari, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583
  • Jam Buka : 24 Jam

17. Candi Prambanan

Candi Prambanan
foto : instagram.com/jogjanight/

Nah destinasi wisata alam Sleman yang satu ini memang sudah tersohor. Sebetulnya, letaknya berada di perbatasan kabupaten Sleman dan kabupaten Klaten. Yups! Candi Prambanan, merupakan situs wisata sejarah yang punya keindahan alam eksotis.

Pengunjung akan dimanjakan dengan panorama yang indah. Jika lelah berjalan-jalan di sekitar lokasi, kamu bisa menyewa sepeda untuk berkeliling. Di sana juga ada museum yang bisa kamu kunjungi.

  • Alamat : Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
  • Jam Buka : 08.00 – 16.00
  • HTM : Rp. 25.000,- Rp. 75.000,-

18. Tebing Breksi

Tebing Breksi Sleman Yogyakarta
foto: instagram.com/objek_wisata_jogja/

Bergeser sedikit dari candi Prambanan, ada satu tempat wisata yang populer. Tebing Breksi, menjadi salah satu wisata alam Sleman yang ramai dikunjungi sejak setahun yang lalu. Sebetulnya, dahulu lokasi tebing breksi merupakan bekas proyek. Saat ini tempat tersebut disulap menjadi destinasi wisata yang menawan.

Dinding-dinding tebing di pahat sebegitu cantiknya. Pada malam hari, terdapat banyak lampu yang menambah keindahan panorama Breksi.

  • Alamat : Unnamed Road, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572
  • Jam Buka : 06.00 – 20.00
  • HTM : Rp. 5.000,-

19. Candi Ratu Boko

Wisata alam Sleman Candi Ratu Boko
foto: instagram.com/objek_wisata_jogja/

Berdekatan dengan Tebing Breksi, ada candi Ratu Boko. Pemandangannya tak kalah indah, apalagi jika senja datang. Banyak wisatawan yang menunggu saat senja untuk mengabadikan momen. Saking bagusnya, ada beberapa pengunjung yang memanfaatkannya sebagai tempat foto pre-wedding.

Jelajah wisata alam Sleman jadi makin komplit jika kamu mampir ke candi ratu boko ini. Pasalnya, jaraknya tak jauh dari wisata lainnya, yakni candi prambanan, tebing breksi, candi ijo, dan candi sambisari.

  • Alamat : Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 06.00 – 17.00
  • HTM : Rp. 20.000 – Rp. 75.000,-

20. The Lost World Castle

The Lost World Castle
foto: instagram.com/thelostworldcastle/

Negeri dongeng yang menjadi nyata adalah tagline dari wisata alam Sleman, The Lost World Castle. Dibangun menyerupai sebuah benteng takesi di atas tanah seluas 1.3 hektar. Banyak wisatawan yang tertarik untuk berfoto karena lokasinya memang instagramable. Dijamin foto-foto yang di dapatkan pun akan instagenic.

Lokasinya berada di kawasan lereng merapi. Wisata tersebut dibangun pada tahun 2016.

  • Alamat : Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583
  • Jam Buka : 07.00 – 18.00
  • HTM : Rp. 30.000,-
setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *