Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Lebih Dekat dengan Merapi di Bukit Klangon Sleman

Pesona merapi dari bukit klangon Sleman

Lereng Gunung Merapi menyimpan potensi wisata yang sangat beragam. Wisata alam yang menyajikan pemandangan Gunung Merapi menjadi daya tarik pelancong. Bukit Klangon contohnya.

Bukit Klangon Sleman menjadi destinasi wisata lereng Merapi yang istimewa. Karena letaknya yang amat dekat dengan Gunung Merapi. Seakan – akan Merapi ada di depan mata.

Hawanya yang sejuk dan semilir angin gunung, memanjakan pengunjung dan membuat betah untuk berlama – lama di Bukit Klangon. Berbagai aktivitas wisata bisa dilakukan. Tempatnya pun juga asik untuk berburu foto. Jadi jangan lupa siapkan kamera selagi liburan di sini.

1. Lokasi Wisata Bukit Klangon Sleman

Mungkin sebagian orang merasa asing dengan wisata bernama Bukit Klangon. Orang – orang lebih mengenal dengan Bukit Indah Glagaharjo, karena lokasinya ada di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata bukit klangon Sleman
foto: instagram.com/pesona_klangon

Bukit Klangon menjadi kawasan paling tinggi, sekaligus paling dekat dengan Merapi yang dihuni oleh warga. Ketinggiannya mencapai 1.100 meter di atas permukaan air laut.

Menurut Wikipedia tentang Bukit Klangon, jarak antara bukit hanya berjarak 4 sampai 5 kilometer dari Gunung Merapi. Dari sini pun, aktifitas Merapi dapat dipantau dengan jelas.

2. Rute Menuju Bukit Klangon Sleman

Untuk mendatangi Bukit Klangon, ambil rute menuju Kaliurang, lalu ada pertigaan arah ke kaliadem/ cangkringan belok ke kanan. Ada pertigaan lagi menuju Merapi Golf atau The Lost World Castle ambil ke arah kanan.

Wisata Menarik Lainnya :  Potret Keren Merapi di Dam Sabo Bronggang

Lalu lurus saja ke timur, hingga menemukan pertigaan, beloklah ke kiri. Ikuti jalan, di sekitar sini terdapat plang petunjuk menuju Bukit Klangon Sleman. Sesampainya di bukit, kamu akan menjumpai gapura yang sekaligus merangkap menjadi jembatan penyebrangan. Pada gapura tersebut bertuliskan ‘Klangon’.

Akses jalan menuju wisatanya pun sudah baik, dan bisa dilalui kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat.

3. Jam Buka Bukit Klangon Sleman

Area wisata perbukitan ini buka setiap saat. 24 jam setiap harinya. Lebih bagus lagi, jika datang ke Bukit Klangon saat cuaca sedang cerah, karena kamu bisa melihat panorama Gunung Merapi tanpa terhalang kabut.

Pemandangan Merapi dari Wisata Bukit Klangon Sleman
foto: instagram.com/guidekudotcom

Perlu diketahui juga, karena lokasinya dekat dengan Merapi, saat Merapi memunculkan tanda – tanda akan terjadinya erupsi. Maka wisata Bukit Klangon ditutup sampai kondisi kembali normal.

4. Harga Tiket Masuk Bukit Klangon Sleman

Untuk berkunjung ke Bukit Klangon, kamu tak perlu membayar mahal loh. Karena wisata ini tak berbayar alias gratis untuk pengunjungnya.

Kamu cukup membayar tarif parkir kendaraannya saja senilai 2000 rupiah untuk motor dan 5000 rupiah untuk mobil. Irit dikantong bukan ?

5. Fasilitas Wisata di Bukit Klangon Sleman

Gardu Pandang Bukit Klangon Sleman
foto: instagram.com/theportraitofjogja

Fasilitas wisata di sini sudah cukup lengkap, dan dapat membuat pengunjung merasa nyaman. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Bukit Klangon :

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Gardu Pandang

Dari gardu pandang inilah, wisatawan dapat melihat eloknya Gunung Merapi dari jarak yang sangat dekat. Selain itu, panorama sekitarnya tak kalah keren, lereng gunung yang hijau dan dipenuhi pepohonan yang rindang, membuat suasana semakin sejuk, walaupun di siang hari.

6. Serunya Bersepeda Menuruni Bukit

Kamu yang suka aktivitas ekstrim seperti downhill cycling, Bukit Klangon lah tempat yang cocok. Pengelola telah menyediakan area lintasan yang menarik dengan view Gunung Merapi yang ekostis. Jalurnya yang naik turun dan berkelok, sangat memacu adrenalin. Di beberapa rute juga melintasi pemukiman penduduk.

Downhill Cycling di Bukit Klangon Sleman
foto: instagram.com/danusukarto

Sirkuit downhill di Bukit Klangon, diyakinini sebagai yang terbaik di wilayah Jogja. Kerap kali tempat ini dijadikan sebagai lokasi event bersepeda, mulai dari tingkat regional sampai nasional.

Wisata Menarik Lainnya :  8 Wisata Alam Bantul Paling Instagramable

7. Hill Tracking

Bagi kamu yang ingin mendaki gunung dan belum pernah mendaki sebelumnya, bisa mencoba tracking di Bukit Klangon. Karena bukit ini aman digunakan untuk pendaki pemula dan tak perlu mendaki hingga berjam – jam.

Kamu juga bisa loh, mengajak anak – anak untuk mendaki di sini dan mengenalkan keindahan alam karunia Tuhan. Kadang – kadang terlihat beberapa satwa hutan Merapi seperti, burung kepodang, burung madu gunung, burung alap – alap Jawa hingga musang dan monyet. Saat melewati jalur tracking akan terdengar suara burung dan serangga bersahutan, menambah keasrian alam sekitar.

8. Berkemah di Bukit Klangon

Camping di Bukit Klangon Sleman
foto: instagram.com/pesona_klangon

Camping di Bukit Klangon adalah pilihan yang tepat untuk menikmati wisata ini pada malam hari. Disediakan tanah lapang yang dapat digunakan untuk mendirikan tenda. Kapan lagi merasakan sensasi bermalam di bukit dengan view Gunung Merapi.

Sebelum berkemah di sini, wisatawan harap mengunjungi pengelola terlebih dahulu, dan membayar Rp. 10.000 untuk berkemah. Jangan lupa untuk memakai pakaian tebal, karena cuaca disini saat malam hari sangatlah dingin.

Kalau kamu sedang inging melakukan perjalanan wisata alam di Sleman, alangkah baiknya untuk berkunjung ke Bukit Klangon. Wisatanya yang keren abis, sangat disayangkan jika tidak dikunjungi.

Jadi, segera jadwalkan liburan untuk pergi ke Bukit Klangon Sleman yaa.

Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *