Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Eksotisnya Green Kayen Condongcatur Sleman

wisata green kayen Condongcatur

Saat musim kemarau tiba, memang yang paling tepat adalah pergi ke wisata air. Sembari melepas penat karna rutinitas sehari-hari, kamu juga bisa berenang atau sekedar bermain air. Sepertinya seru ya!

Nah, ada satu tempat keren nih yang marupakan salah satu destinasi wisata alam Sleman. Mirip dengan Blue Lagoon Tirta Budi, tempat ini dinamakan Green Kayen.

Terletak di dusun Kayen, Green Kayen Condongcatur menjadi wisata alam yang cukup potensial. Pemandangan alam di sekitarnya masih sangat asri dan segar.

Tak heran jika banyak wisatawan yang datang dari luar kota untuk sekedar bersantai dan menikmati suasana di salah satu destinasi wisata alam Sleman favorit ini. Seperti apa cerita lengkap tentang Green Kayen Ini? Yuk simak uraiannya berikut ini!

1. Sekilas Cerita Tentang Green Kayen

Aliran sungai boyong
foto: instagram.com/moekijan

Sebetulnya, Green Kayen Condongcatur adalah sebuah aliran sungai Boyong yang asalnya dari gunung merapi. Memang sudah ada sejak zaman dahulu dan dimanfaatkan oleh warga sekitar. Airnya yang jernih dimanfaatkan masyarakat untuk mandi.

Namun, karena lokasinya dirasa cukup potensial untuk dijadikan obyek wisata alam, maka pada tahun 2016 pemerintah daerah melalui bupati Sleman serta warga sekitar membangun fasilitas wisata di sana.

Kemudian pada tahun 2016 pula, diresmikanlah wisata Green Kayen Condongcatur. Sejak saat itulah banyak wisatawan yang datang ke lokasi tersebut.

Berendam di Green Kayen Condongcatur
foto: instagram.com/jogjaistimewa

Namanya sendiri bukan dari plesetan Green Canyon menjadi Green Kayen ya. Sebutan itu memang didapatkan dari nama tempat wisata tersebut, yakni berada di dusun Kayen.

Wisata Menarik Lainnya :  Wisata dan Petualangan Seru di Lava Tour Merapi

Lokasinya tak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Misalnya berangkat dari UGM, jaraknya paling sekitar 6 KM saja menggunakan kendaraan roda dua. Bisa juga menggunakan sepeda ya biar lebih sehat.

2. Alamat

  • Green Kayen, Kayen, Condongcatur, Depok Sub-District, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55281

3. Rute Menuju Green Kayen Condongcatur

Untuk rute menuju ke lokasi, kamu cukup pergi ke arah jalan Kaliurang KM 7. Kemudian dari situ, selalu perhatikan petunjuk arah untuk menuju ke green kayen. Di km 7, jika kamu bertemu dengan toko cat maka belok ke kiri.

Jalan Menuju Green Kayen Condongcatur
foto: instagram.com/retnaningsih85/

Ikuti jalannya hingga kamu bertemu dengan pasar kolombo. Nah dari sana, ikuti terus jalannya kemudian kamu akan bertemu dengan tugu kecil dan silahkan ambil kanan.

Lalu, kamu akan bertemu sebuah lapangan dan lokasi wisata green kayen tak jauh dari situ. Kamu juga bisa banget lho memanfaatkan teknologi GPS untuk menuju ke lokasi.

4. Harga Tiket Masuk

Hingga saat ini, pengunjung hanya dikenakan biaya retribusi parkir saja oleh warga sekitar.

  • HTM : Rp. 2000,-

5. Fasilitas

Mirip dengan Blue Lagoon, di tampat wisata ini ada beberapa fasilitas untuk wisata outbond. Salah satunya seperti flying fox dan beberapa area untuk wisata outbond.

Menikmati fasilitas yang ada di Green Kayen
foto: instagram.com/isnansholeh

Ada pula penyewaan pelampung dari warga sekitar. Kamu juga harus berhati-hati kerena airnya cukup dalam. Fasilitas yang lain adalah area parkir kendaraan lalu ada tempat mandi dan toilet.

Namun demikian, wisata yang sangat potensial ini memang harus lebih diperhatikan. Agar banyak fasilitas umum yang bisa digunakan oleh wisatawan yang berkunjung.

6. Jam Buka

  • Senin – Minggu
  • 08.00 – 17.30 WIB

7. View di Sekitar Green Kayen Condongcatur Sleman

Pemandangan yang asri dengan diapit dua tebing tinggi di sisi kanan kirinya membuat wisata ini punya daya tarik tersendiri. Ada beberapa titik lompatan dari tebing-tebing tersebut. Terlihat beberapa orang mencoba untuk melompat dari tebing dan masuk ke dalam air.

Bermain di Green Kayen Condongcatur
foto: instagram.com/dhaneeeeee/

Airnya sangat jernih dan pepohonan di sekitar lokasi juga membuatnya semakin terlihat asri. Oh ya, dari tempat parkir, kamu juga harus berjalan menyusuri jalan setapak ya. Tak jauh kok, jadi jangan khawatir.

Wisata Menarik Lainnya :  Rute dan Harga Tiket Terbaru Mojosemi Forest Park Magetan

Kalau musim hujan tiba, air yang ada di sana cukup deras lho. Tapi, justru pada saat itulah pemandangan sekitar menjadi terlihat lebih bagus.

8. Tips Wisata

Wisata air di Green Kayen Condongcatur
foto: instagram.com/dhaneeeeee/

Jika berwisata di Green Kayen Condongcatur ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebagai berikut :

  1. Persiapkan fisik yang kuat. Meski jalan menuju lokasi tak terjal, namun bisa jadi kamu bakal kelelahan.
  2. Bawa lotion untuk anti nyamuk dan lotion untuk kulit. Jaga-jaga saja jika banyak nyamuk karna lokasinya masih asri. Untuk lotion kulitnya, karena jika bermain air bisa jadi kulit menjadi kering.
  3. Bawa Baju ganti. Namanya juga berwisata air, harus siap-siap bawa baju ganti ya.
  4. Terakhir, kamu harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Itulah sekilas tentang wisata Green Kayen Condongcatur yang berada di kabupaten Sleman Yogyakarta. Selamat berkunjung!!

Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *