big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Taman Mangrove Ketapang, Spot Fotografi dan Wisata Edukasi Terbaru Di Tangerang

Taman Mangrove Ketapang

Baru-baru ini muncul tempat wisata baru di Kota Tangerang. Nama tempatnya adalah Taman Mangrove Ketapang.

Pada saat liburan akhir pekan wisata Banten ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Khususnya wisatawan yang berasal dari Ibu Kota Jakarta. Di sana ada banyak spot foto instagrammeble dengan pemandangan alam hijau nan asri.

Daya Tarik Taman Mangrove Ketapang

Taman Mangrove Ketapang dulunya kawasan kumuh tak layak huni. Kondisinya sungguh memperhatikan karena setiap hari selalu tercium bau yang tidak sedap. Terlebih lagi banjir rob juga sering melanda kawasan tersebut. Setelah dilakukan revitalisasi pada tahun 2014, kini kondisinya jauh lebih baik.

Pemerintah bersama beberapa instansi terkait saling bekerja sama melakukan penataan ulang. Alhasil, desa itu sekarang banyak ditumbuhi pepohonan mangrove. Jumlahnya kurang lebih sekitar 720.000 pohon dari 16 spesies. Tinggi pohonnya bisa mencapai 1 hingga 4 meter.

Pemerintah terus berupaya agar pohon-pohon tersebut bisa tumbuh hingga 10 meter lebih. Jika hal itu terwujud maka kawasan Desa Ketapang akan jauh lebih sejuk. Wisata ini belum lama ada karena baru dibuka untuk umum pada tahun 2023. Meski begitu ada banyak hal menarik yang bisa kamu jumpai di sana. Diantaranya sebagai berikut.

Kampung Nelayan

IMG20221023173810 BURST000 COVER 20221023 234745
Sumber : Google Maps/Wendy kerismonta sadema

Salah satu hal menarik di Taman Mangrove Ketapang ialah Kampung Nelayan. Spot ini selalu mencuri perhatian pengunjung dengan pemandangan perahu-perahu bertengger di tepi pantai. Menariknya, pengunjung diperbolehkan menaiki perahu tersebut.

Pasti menyenangkan bisa mengeksplor Kampung Nelayan dengan naik perahu. Sembari duduk santai kamu bisa merasakan belaian angin dan menikmati keindahan alam sekitar. Kicauan burung camar pun akan menjadi teman setia kamu selama perjalanan.

Sebelum naik ke atas perahu pengunjung wajib membayar tiket terlebih dahulu. Soal harganya masih ramah di kantong. Jadi tunggu apalagi, segera datang ke sana dan rasakan sendiri nikmatnya menjelajahi Kampung Nelayan dengan naik perahu!

Keindahan Sunset di Sore Hari

Ketika sore hari akan ada pemandangan menarik dari arah barat. Pengunjung pun bersiap sedia dengan kamera ponselnya untuk mengabadikan momen tersebut. Dalam satu atau beberapa kali jepretan mereka akan mendapatkan gambar sinar kuning keemasan menyinari hamparan langit kebiruan.

Apalagi kalau bukan fenomena sunset memukau yang siap tenggelam di telan bumi. Dikelilingi pepohonan bakau rindang serta udara dingin menyejukkan, kamu akan merasakan ketenangan saat memandangnya. Agar bisa melihat dengan jelas pastikan memilih lokasi yang tepat.

Salah satu tempatnya ada di sekitaran jembatan atau gardu pandang. Dari spot tersebut pemandangan sunset akan terlihat lebih mempesona. Pantulan cahaya sang mentari dapat memunculkan warna-warni indah di atas air.

Wisata Kuliner Menggugah Selera

Taman Mangrove Ketapang tidak hanya diisi oleh kehidupan flora saja. Pengunjung juga bisa menjumpai wisata kuliner menggugah selera. Pihak pengelola sudah menyediakan area khusus yang berisi stand-stand penjual makanan dan minuman. Untuk harganya masih cukup terjangkau dan tidak memberatkan pengunjung.

Makanan yang dijual bervariasi. Mulai dari camilan, gorengan, hingga makanan berat pun ada. Salah satu favorit pengunjung adalah mie ayam dan tekwan yang tidak lain makanan berbahan dasar ikan. Buat kamu pencinta makanan laut, di sana juga ada restoran ala Sunda yang menjual berbagai macam olahan seafood.

Semua bahan yang digunakan masih segar karena diambil langsung dari nelayan. Menu andalannya adalah kepiting dengan daging tebal dan super juicy. Ada pula ikan bakar dan udang segar yang diolah menjadi beragam menu masakan. Untuk minumannya ada berbagai macam pilihan minuman dingin.

Spot Foto Instagrammeble

bakau
Sumber : Google Maps/Taman Mangrove Ketapang

Dari semua hal yang ada di Taman Mangrove Ketapang, spot foto wisata ini menjadi daya tarik utama. Khususnya jembatan melingkar di tengah-tengah taman. Para anak muda seringkali menghabiskan waktu di sana hanya untuk sekedar berfoto selfie ria.

Spot foto lainnya yang tak kalah bagus ada rumah kayu. Bangunannya yang estetik sangat cocok dijadikan background foto. Di sisi lain ada menara pandang berbentuk pendopo setinggi 8 meter. Dari situ kamu bisa mengambil foto dengan latar belakang taman mangrove berhiaskan hamparan langit kebiruan.

Lainnya lagi ada spot rumah pelangi milik warga sekitar. Perpaduan warna-warna cerah dari rumah dan hijaunya pepohonan di sekitarnya memperlihatkan pemandangan alam yang memanjakan mata. Dan terakhir ada spot pelabuhan mini dengan deretan perahu nelayan terparkir rapi di sana.

Wisata Edukasi

bakau3
Sumber : Google Maps/ Aboy Rifai

Tak sekedar jalan-jalan biasa. Liburan ke Taman Mangrove Ketapang juga bisa menambah wawasan. Pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas perjalanan edukasi untuk para pengunjung. Nantinya petugas akan mengajak kamu belajar tentang cara penanaman, pemeliharaan, dan pemanfaatan pohon mangrove.

Tepat di belakang rumah kayu ada sebuah area khusus yang difungsikan sebagai tempat pembibitan pohon mangrove. Pengunjung biasa menyebutnya “Rumah Pembibitan”. Di sana kamu bisa melihat secara langsung bibit-bibit pohon mangrove yang siap tanam.

Begitu sampai di pintu masuk, kamu akan disambut papan keterangan yang berisi informasi tentang jenis-jenis mangrove. Seperti Sonneratia Alba, Ceriop Tagal, Bruguiera Cylindrica, Bruguiera Gymnorrhiza, Rhizophora Stylosa, dan lain-lain.

Keberadaan wisata ini menjadi percontohan bagi daerah lainnya di Indonesia. Beberapa wisatawan asing sering datang untuk mempelajari pola penataan ulang Desa Ketapang. Pengembangan juga masih terus dilakukan guna menemukan jenis mangrove langka yang hanya tumbuh di sana.

Harga Tiket Masuk

Tarif tiket masuk ke Taman Mangrove Ketapang tidak sama antara anak-anak dan orang dewasa. Untuk anak-anak hanya dikenakan biaya masuk Rp10.000. Sedangkan orang dewasa cukup membayar Rp15.000 saja.

Jam Buka

Jam buka Taman Mangrove Ketapang berbeda antara hari biasa dan hari libur. Dari hari Senin sampai Jumat wisata ini beroperasi mulai dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore. Dan pada hari Sabtu sampai Minggu buka lebih awal di jam 7 pagi hingga jam 6 sore.

Fasilitas Umum

Meskipun termasuk wisata baru tetapi soal penyediaan fasilitas umum tak perlu kamu ragukan. Berikut beberapa fasilitas umum yang ada di Taman Mangrove Ketapang:

  • Toilet umum
  • Area parkir
  • Mushola
  • Warung kopi
  • Warung makan
  • Tempat duduk
  • Shelter kecil
  • Gedung serbaguna
  • Plaza Mangrove
  • Homestay
  • Koperasi nelayan
  • Jogging track
  • Pasar ikan
  • Pujasera
  • Konservasi mangrove
  • Tempat pelelangan ikan

Tips Berkunjung

Terapkan beberapa tips berikut jika ingin liburan kamu ke Taman Mangrove Ketapang berjalan lancar:

  1. Pertama, datanglah pada saat pagi atau sore hari. Cuacanya tidak terlalu panas sehingga kamu bisa mengeksplor area wisata seluas-luasnya.
  2. Kedua, apabila datang bersama anak-anak selalu awasi dan dampingi setiap waktu.
  3. Ketiga, kalau mau suasana yang lebih tenang maka datanglah di hari biasa.
  4. Keempat, jika kamu terpaksa datang pas siang hari jangan lupa memakai topi dan kacamata biar tidak kepanasan.
  5. Kelima, jangan membuang sampah sembarangan agar areanya tetap bersih dan terawat.

Semoga informasi ini dapat membantu kamu mengenal Taman Mangrove Ketapang lebih dekat. Silakan menikmati hari libur tak biasa dengan berkunjung ke wisata ini. Selamat liburan dan bersenang-senang!

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments