Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Potret Keren Merapi di Dam Sabo Bronggang

Pemandangan di Dam Sabo Bronggan Sleman

Jogja seringkali menjadi kota tujuan wisata. Berbagai spot foto yang khas, membuat banyak orang berkunjung ke Jogja. Salah satu yang jadi incaran traveller adalah potret puncak Gunung Merapi yang terlihat jelas dari sudut yang bagus.

Seperti di Sabo Bronggang, di sini kamu akan mendapatkan hasil foto puncak Gunung Merapi yang sangat menawan, dan tak perlu berada sangat dekat dengan Merapi.

Tempat apa sih Sabo Bronggang itu ? Yuk simak informasinya dibawah ini.

1. Mengenal Sabo Bronggang

Sebenarnya Sabo Dam Bronggang bukanlah tempat wisata, tapi jika ingin berkunjung dan melihat – lihat area sekitar boleh saja, selama kondisi masih kondusif. Di sini, kamu dapat hunting foto dengan latar Merapi yang memukau. Bahkan dam ini disebut – sebut sebagai salah satu spot foto terbaik untuk memotret Gunung Merapi.

Penampakan Sabo Dam Bronggan
foto : instagram.com/jogja.istimewa

Di daerah Sleman terdapat beberapa sungai dengan hulu atau sumber air yang mengarah ke Gunung Merapi. Seperti, Kalikuning, Kali Gendol, dan Kali Boyong. Tiap terjadi erupsi Merapi, ketiga sungai ini menjadi langganan aliran banjir lahar dingin, terutama Kali Gendol.

Untuk menghalau ancaman tersebut menuju pemukiman penduduk, maka ditampunglah banjir lahar dingin ini di Sabo Dam Bronggang. Berbeda dengan dam irigasi pada umumnya yang digunakan untuk menampung air hujan dan sebagai sarana irigasi.

Dam atau biasa dikenal dengan bendungan ini memiliki fungsi pokok untuk menghalang lahar dan material vulkanik lainnya yang terbawa oleh banjir lahar dingin saat erupsi Gunung Merapi. Bisa dipastikan sangat berbahaya sekali, jika lahar sampai ke kampung – kampung sekitar merapi.

Wisata Menarik Lainnya :  Destinasi Hits Taman Wisata Genilangit Magetan

2. Sejarah Sabo Dam Bronggang

Sabo Bronggang merupakan sebuah dam hasil kerjasama antara Negara Indonesia dengan Negara Jepang, dengan tujuan menanggulangi bencana erupsi gunung api yang ada di Indonesia. Karena Indonesia sendiri berada kawasan cincin api yang dikelilingi oleh deretan gunung api yang masih aktif.

View merapi dari Sabo Bronggang
foto : instagram.com/rommydhano

Melalui Japan International Coorporation Agency (JICA), terbentuklah kerjasama dua negara ini selama 40 tahun. Salah satunya dengan mendirikan sabo dam di beberapa gunung api aktif yang ada Indonesia, termasuk Sabo Dam Bonggrang di Yogyakarta.

Kata Sabo sendiri juga berasal dari bahasa Jepang, ‘sa‘ dan ‘bo‘. Sa artinya pasir dan bo memiliki arti pengendalian. Jadi kata sabo berarti pengendalian material pasir dari adanya lahar, sedimen, erosi, serta penanggulangan terhadap tanah longsor. Di Indonesia, sabo lebih difungsikan sebagai pengendali material yang ada di hulu sungai dekat gunung berapi.

Oh iya, orang – orang ada yang menyebutnya dengan Dam Sabo Bronggang dan ada pula yang memanggil dengan sebutan Sabo Dam Bronggang. Jadi jangan bingung ya, keduanya sama saja kok.

3. Alamat Sabo Dam Bronggang

Sabo Dam Bronggang dapat ditemukan di Suruh, ArgoMulyo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kamu juga bisa menuju lokasi dam ini dengan mudah melalui bantuan layanan maps.

4. Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Karena Dam Sabo Bronggang bukan difungsikan sebagai tempat wisata, maka pengunjungnya bebas masuk tanpa perlu membayar sepeser pun. Dam ini juga dibuka 24 jam, setiap harinya.

5. Mengelilingi Sabo Dam Bronggang

Sabo Bronggang kerap kali menjadi tempat untuk istirahat pesepeda yang melintasi jalur ini. Lokasinya yang menghadap langsung ke Gunung Merapi menjadi daya tarik tersendiri. Sabo dam ini pun bisa dibilang sangat luas, cukup melelahkan jika berjalan kaki mengitari sabo dam. Bangunannya sangat kokoh dan arsitekturnya unik sekali.

Wisata Menarik Lainnya :  Berburu Sunrise dan Sunset di Gunung Gamping Tawangmangu

Alam sekitarnya juga masih asri, pepohonan hijau sepanjang mata memandang. Sejuknya udara pegunungan, membuat siapa pun betah menikmatinya.

Batu Misterius di Sabo Dam Bronggang
foto : instagram.com/titunharyanto_/

Tidak hanya itu saja, tak jau dari sini, terdapat sebuah batu besar, yang konon katanya semenjak erupsi Merapi 2010 tak ada yang bisa memindahkan batu itu. Ada 3 bego yang mencoba untuk memindahkannya, namun apa yang terjadi ? begonya malah rusak.

6. Wisata di Dekat Sabo Bronggang

a. The Lost World Castle

Tempat wisata di Sleman Yogyakarta ini, menampilkan spot foto menarik berupa bangunan seperti kastil. Dengan memadukan pemandang Gunung Merapi yang megah. Wahana yang ditawarkan di sini merupakan bentuk pemanfaatan bebatuan sisa Merapi.

Lokasinya ada di Petung, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pemandangan sekitar di Dam Sabo Bronggang
foto : instagram.com/alouis_v/

b. Batu Alien Merapi

Berlokasi di Jambu, Kepuhar Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebuah batu besar terbawa oleh lahar panas erupsi Gunung Merapi tahun 2010. Uniknya batu ini menyerupai wajah makhluk mirip alien.

Jika diamati lebih dekat, kamu akan melihat bagian seperti mata, hidung, mulut, dan telinga. Sekilas tampak seperti makhluk asing, dengan wajah menghadap ke atas.

c. Desa Wisata Pentingsari

Sama seperti namanya, wisata ini berada di Pentingsari, Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Suasana pedesaan yang damai dengan diselimuti hawa yang sejuk, cocok sekali untuk wisatawan yang ingin beristirahat dari sibuknya rutinitas sehari – hari.

Selain itu, pengunjung dapat belajar tari – tarian khas Jawa, belajar karawitan, kreasi janur, bahkan jika beruntung akan diajak dalam acara kenduri atau syukuran desa. Seringkali desa wisata ini mengadakan kegiatan outbound.

Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *