Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Fasilitas, HTM, dan Rute Menuju Tlogo Putri Kaliurang

Wisata Tlogo Putri Kaliurang

Kaliurang selalu saja memiliki pesona alam yang luar biasa. Kawasan di lereng Gunung Merapi ini menawarkan suasana yang sejuk dan segar. Panorama alam sekitarnya pun juga sangat indah, wajar saja jika tempat ini menjadi destinasi wisata favorit para pelancong.

Tlogo Putri Kaliurang menjadi salah satu wisata di Kaliurang yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Wisata yang berada di ketinggian 900 meter diatas permukaan air laut ini cocok untuk semua kalangan, mulai dari anak – anak hingga orang dewasa.

Tlogo sendiri merupakan sebutan oleh orang Jawa untuk menyebut telaga atau danau kecil. Dinamakan Tlogo Putri, karena telaga ini mempunyai pemandangan yang cantik layaknya seorang putri. Meskipun Tlogo Putri tidak begitu besar, namun airnya yang tenang membuat suasana tlogo menjadi damai.

1. Sejarah Wisata Tlogo Putri Kaliurang

Wisata ini dulunya, sekitar tahun 80-an merupakan sebuah tempat pemandian atau kolam renang. Kolam renang ini berada di sebelah timur kawasan Tlogo Muncar Kaliurang. Tlogo Muncar Kaliurang adalah sebutan wisata Tlogo Putri Kaliurang pada jaman dahulu.

Sejarah Wisata Tlogo Putri Kaliurang
foto: instagram.com/jeep_merapi_kaliurang

Sekarang kolam renang tersebut sudah ditutup dan tidak beroperasi lagi. Padahal, dulu kolam renang dibangun untuk meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berlibur kesini. Kolam renang ini menjadi primadona wisatawan pada masanya. Hingga akhirnya, wisata – wisata baru mulai bermunculan, dan kolam renang ini pun kalah saing.

Puncaknya, ketika terjadi bencana alam gema bumi di Jogja yang membuat wisata ini menjadi berantakan dan mulai ditinggalkan wisatawan. Sangat disayangkan jika lokasi ini dibiarkan begitu saja. Wisata ini mulai dikelola kembali dengan membuat telaga buatan yang kini disebut sebagai Tlogo Putri Kaliurang.

Wisata Menarik Lainnya :  Wisata dan Petualangan Seru di Lava Tour Merapi

Selain telaga, di tempat ini juga terdapat air terjun. Konon katanya, kedua tempat ini sering digunakan untuk mandi oleh bidadari dari kayangan. Mitosnya, jika ada sesorang yang membasuh wajah dengan air tersebut, maka ia akan awet muda. Percaya atau tidak tergantung persepsi kamu.

2. Lokasi dan Rute Menuju Tlogo Putri Kaliurang

Lokasi objek wisata Tlogo Putri beralamatkan di Jalan Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Kaliurang, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata ini juga dekat dengan wisata alam Kabupaten Sleman lainnya.

Jika ingin mengunjungi Tlogo Putri dengan menggunakan pribadi seperti sepeda motor maupun mobil, dari pusat kota Jogja, kamu harus menuju ke Jalan Ringroad Utara. Lanjutkan perjalanan ke arah Kaliurang. Jalan lurus saja ke Utara hingga menemukan tempat pembayaran retribusi wisata Kaliurang.

Lalu, ada jalan menanjak, dan beberapa saat kemudian, kamu akan menemukan papan petunjuk menuju Tlogo Putri Kaliurang. Ikuti saja petunjuk yang ada, dan sampailah ke lokasi wisata. Jika masih kesulitan menemukan lokasi wisata, kamu bisa bertanya pada warga setempat agar tidak tersesat.

3. Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Tlogo Putri Kaliurang

Kira – kira berapa ya tarif masuk untuk wisata yang mempesona ini ? Tenang saja, kamu tak perlu khawatir kalau harga tiket masuknya mahal. Cukup menyiapkan uang Rp 6.000 per orang, kamu sudah bisa menikmati wisata telaga ini.

Harga Tiket Wisata Tlogo Putri Kaliurang
foto: instagram.com/explorejogja

Sementara untuk tiket parkirnya, standar dengan tiket parkir wisata pada umumnya. Parkir sepeda motor seharga Rp 2.000, sedangkan untuk mobil membayar parkir Rp 10.000 dan kendaraan bus membayar Rp 20.000.

Tlogo Putri buka setiap hari mulai dari jam 7 pagi hingga jam 4 sore. Waktu yang pas untuk datang kesini yaitu ketika pagi ataupun sore hari. Karena pada saat itu, Tlogo Putri belum begitu ramai.

Wisata Menarik Lainnya :  The Lost World Castle Sleman Buka Kembali, Cek Harga Tiket Masuknya

4. Fasilitas Wisata Tlogo Putri Kaliurang

Lokasi Wisata Tlogo Putri Kaliurang
foto: instagram.com/kazya_putri__alya_syafiqha

Wisata ini telah dilengkapi fasilitas yang dapat membuat pengunjung merasa nyaman ketika berwisata. Berikut ini, adalah beberapa fasilitas yang ada di Tlogo Putri Kaliurang :

  • Area parkir yang luas
  • Tempat ibadah mushola yang nyaman
  • Kamar mandi umum
  • Warung makan dengan harga standar
  • Taman bermain anak yang menyenangkan
  • Tempat duduk untuk bersantai

Gimana nih ? fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai bukan ?

5. Aktivitas Wisata di Tlogo Putri Kaliurang

a. Trekking Sekitar Tlogo Putri

Bagi yang suka trekking dan menyukai alam sekitar, wajib nih menjajal menyusuri jalan setapak yang ada di sekitar Tlogo Putri. Kamu juga akan menjumpai kawanan monyet yang sudah akrab dengan pengunjung. Tapi harus tetap hati – hati dan waspada ya, soalnya monyet – monyet ini seringkali merebut makanan yang dibawa oleh pengunjung.

Air Terjun Wisata Tlogo Putri Kaliurang
foto: instagram.com/rennytumbelaka

Jika menjelajahi agak jauh lagi, kamu akan menemukan sebuah air terjun yang tersembunyi. Yaitu air terjun Tlogo Mancur, airnya tampak segar dan jernih dengan bebatuan disekitarnya.

b. Menyusuri Tlogo Putri

Di sini, kamu bisa mengelilingi telaga dengan menggunakan perahu (kano) maupun menggunakan bebek air. Sinar matahari terpantul pada air telaga yang tenang dan berwarna kehijauan, dengan udara sejuk khas gunung, menambah damainya suasana.

c. Serunya Bermain Flying Fox

Wahana lain yang bisa dimainkan di Tlogo Putri adalah flying fox. Kamu akan merasakan sensasi mendebarkan dan memacu adrenalin ketika meluncur dari permainan ini. Sambil menikmati indahnya pemandangan sekitar telaga dari ketinggian.

Fasilitas Wisata Tlogo Putri Kaliurang
foto: instagram.com/snapmims

Flying fox ini cukup aman kok, kamu akan dilengkapi dengan helm pengaman ketika melakukan wahana yang seru ini.

Selain aktivitas yang telah disebutkan tadi, masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan di Tlogo Putri ini, seperti duduk santai menikmati suasana dan berburu spot foto yang unik.

Nah itu dia informasi mengenai Tlogo Putri Kaliurang. Tertarik mengunjunginya ?

Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *