Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Fasilitas, Rute, HTM Wisata Blue Lagoon Jogja 2020

Wisata Blue Lagoon Jogja

Blue Lagoon Jogja, tempat yang cocok untuk bermain air ketika cuaca panas di musim kemarau. Objek wisata di Kabupaten Sleman ini menawarkan pemandian alami dengan suasana alam sekitar yang asri dan air nan jernih.

Kondisi pemandian yang eksotis dengan sumber air berwarna biru kehijauan, dapat menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya. Sangat disayangkan jika datang ke sini, tanpa berenang maupun sekedar bermain air.

1. Mengenal Blue Lagoon Jogja

Potret Wisata Blue Lagoon Jogja
foto: instagram.com/primatiuspram

Berbeda dengan Blue Lagoon yang terkenal di Islandia, Blue Lagoon Jogja dikenal warga sekitar dengan sebutan Tirta Budi. Wisata ini memiliki tiga sumber mata air, yaitu Sendang Wadon, Belik Kluwih, dan Sendang Lanang. Ketiganya berada di daerah aliran Sungai Lapus.

Sendang Wadon merupakan tempat pemandian bagi perempuan, berupa kolam kecil yang berada di dalam sebuah bilik. Sementara Belik Kluwih dan Sendang Lanang berbentuk pancuran, yang airnya berasal dari dinding tepian sungai.

Air yang terbendung dari Belik Kluwih membentuk sebuah kedung, sedangkan Sendang Lanang Membentuk kolam kecil. Kedung inilah yang disebut sebagai Blue Lagoon.

2. Alamat Wisata Blue Lagoon Jogja

Tempat wisata ini berada di Area Sawah, Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Rute Menuju Blue Lagoon Jogja

Sumber Air Blue Lagoon Jogja
foto: instagram.com/bluelagoonjogja

Jika ingin mengunjungi Blue Lagoon ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil maupun sepeda motor. Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota jogja. Rute yang ditempuh yaitu jalan Kaliurang – Jalan Besi Raya.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Tempat Wisata Alam Bali yang Paling Tersembunyi

Setibanya di pertigaan Jalan Besi Raya, lanjukan perjalanan ke arah Jalan Besi Jangkang. Sekitar 3 kilometer kemudian, kamu akan menemukan pertigaan lagi, pertigaan Jalan Besi Raya – Jalan Cangkringan.

Dari sinilah, kamu akan mejumpai beberapa persimpangan. Pada Persimpangan pertama, kamu cukup belok ke kanan sekitar 200 meter. Lalu di persimpangan kedua, belok ke kiri, dan lurus sekitar 100 meter dan akan kembali menemukan persimpangan tiga lalu belok ke kiri. Tak jauh dari sini, kamu sudah memasuki area Blue Lagoon.

4. Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk menikmati keindahan alam mempesona yang ditawarkan tempat ini, kamu tak perlu membayar mahal layaknya berlibur ke Blue Lagoon yang ada di Islandia.

Kolam Blue Lagoon Jogja
foto: instagram.com/officialtamsq

Cukup membayar tiket reguler seharga Rp 10.000 saja. Dengan membayar tiket tersebut, kamu juga akan mendapatkan segelas welcome drink berupa lemon tea maupun teh tiap orangnya. Relatif murah bukan ? Jika dibandingkan dengan harus pergi langsung ke Islandia.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, disediakan area parkir yang luas. Dengan membayar tiket parkir Rp 2.000 untuk kendaraan sepeda motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan mobil.

Wisata Blue Lagoon ini dapat dikunjungi setiap hari , dengan jam operasional cukup lama. Jam operasional dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore lho. Sehingga kamu bisa berlama – lama menikmati wisata ini.

5. Fasilitas Umum di Blue Lagoon Jogja

Agar pengunjung merasa lebih nyaman, pengelola wisata melengkapi Blue Lagoon dengan fasilitas yang cukup memadai. Beberapa fasilitas standar dapat ditemui seperti, area parkir kendaraan yang luas, mushola, gazebo untuk bersantai, dan homestay.

Fasilitas Umum di Wisata Blue Lagoon Jogja
foto: instagram.com/bluelagoonjogja

Wisata yang bertajuk wisata air ini, juga menyediakan fasilitas mendukung seperti kamar mandi dan toilet. Sehingga setelah berenang pengunjung dapat segera membersihkan diri.

Wisata Menarik Lainnya :  Yuk! Liburan ke Edu-Rekreasi Rumah Atsiri Tawangmangu

Tak hanya itu, tempat wisata ini menyediakan penyewaan ban, pelampung, dan alat snorkeling juga loh. Jadi, tak perlu repot – repot membawa perlengkapan ini dari rumah.

Tersedia juga tempat penitipan barang, supaya barang bawaannya terjaga dan lebih aman ketika wisatawan sedang menikmati aktivitas berenangnya. Lelah bermain air, pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman yang tersedia di warung makan di sekitaran lokasi wisata.

6. Aktivitas Wisata di Blue Lagoon Jogja

a. Bermain Air

Aktivitas utama yang bisa dilakukan di Blue Lagoon, tentunya adalah bermain air. Tiba di lokasi wisata kamu akan begitu antusias dengan menceburkan diri dan mulai berenang merasakan sensasi air yang menyegarkan.

Berenang di Wisata Blue Lagoon Jogja
foto: instagram.com/pesonajogja

Blue Lagoon ini cukup aman dan tak begitu dalam. Kamu juga bisa memacu adrenalin dengan cliff jump. Melompat dari ketinggian lalu nyebur ke pemandian.

b. Perosotan Air

Perosotan di sini bukanlah papan seluncur seperti di kolam renang. Area miring dekat kedung biasanya dimanfaatkan sebagai tempat perosotan. Berseluncur disini sangatlah menyenangkan, bisa dengan menggunakan ban maupun tanpa ban.

c. Terapi Pijat

Hal lain yang dilakukan di Blue Lagoon yaitu melepas penat dengan berendam dan merasakan aliran air yang terpancur. Air yang mengenai punggung terasa layaknya pijatan yang membuat tubuh merasa rileks.

Selain yang disebutkan tadi, masih banyak aktivitas wisata yang dapat dilakukan. Seperti bersantai, menikmati kuliner, bahkan berselfie ketika melakukan cliff jump.

Blue Lagoon Jogja bisa menjadi pilihan alternatif liburan kamu ketika cuaca sedang panas. Lokasinya yang asri dan dikelilingi pepohonan yang rindang, membuat wisata ini semakin sejuk. Jangan lupa untuk mengajak keluarga, teman, maupun pasangan, agar liburan lebih menyenangkan.

Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *