Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Stonehenge Merapi Jogja, Wisata Ala Mancanegara

Stonehenge Merapi Jogja

Pernahkah kamu mendengar informasi mengenai Stonehenge ? Itu loh, situs bebatuan tegak dengan formasi melingkar yang ada di Inggris. Situs ini sudah terkenal di se antero dunia karena keunikannya.

Kamu juga ingin mengunjunginya? Eitss, tak perlu jauh – jauh ke luar negeri. Jogja juga punya replikanya kok, tepatnya ada di Stonehenge Merapi, yang tak jauh berbeda dengan Stonehenge di Inggris. Jadi, kamu nggak usah liburan mahal – mahal ke Inggris untuk bisa melihat situs yang satu ini.

Wisata Stonehenge Merapi Jogja
foto: instagram.com/myjogjaid

Susunan Stonehenge Merapi sangat mirip dengan aslinya, tak heran jika tempat ini banyak didatangi wisatawan. Formasi bebatuan di sini bukan tercipta secara alami dan misterius, melainkan ditata sedemikian rupa oleh pengelola. Batu – batu besar didapatkan dari batu sisa erupsi Gunung Merapi tahun 2010.

Wisata Sleman Jogjakarta yang penuh dengan seni dan arsitektur menarik ini, dengan rumput hijau sebagai alasnya, merupakan tempat yang pas untuk dijadikan spot foto.

1. Lokasi dan Rute Menuju Stonehenge Merapi

Tempat wisata ini berada lereng Gunung Merapi tepatnya di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya berdekatan dengan wisata The Lost World Castle.

Sementara untuk rute menuju lokasi, dari pusat Kota Jogja ambil jalan menuju ke Kaliurang. Lalu lanjut menuju ke arah Kaliadem, selanjutnya teruskan menuju ke Bebeng hingga ke dusun Petung.

Di dusun inilah kamu akan menemukan kopi Merapi, ambil jalan menuju ke timur, lurus saja sampai bertemu wisata The Lost World Castle, lokasi Stonehenge tak jauh dari sini.

Lokasi Stonehenge Merapi Jogja
foto: instagram.com/fahim_aja

Stonehenge ini juga menjadi titik pemberhentian Jeep Lava Tour. Sehingga kamu bisa menyewa jeep dari di kaliurang maupun kaliadem dan menuju ke Stonehenge.

Wisata Menarik Lainnya :  Destinasi Hits Taman Wisata Genilangit Magetan

2. Harga Tiket Masuk Stonehenge Merapi

Jika berencana mengunjungi wisata ini, kamu cukup menyiapkan uang sebesar Rp 10.000 per orang untuk tiket masuknya. Sangat terjangkau kan ? dibandingkan harus jauh – jauh pergi ke luar negeri, yang pastinya mengeluarkan biaya yang lebih mahal.

Untuk yang membawa kendaraan pribadi, tersedia tempat parkir dengan tarif Rp 2.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk kendaraan mobil.

3. Jam Operasional Stonehenge Merapi

Karena Stonehenge berada dalam satu kawasan dengan wisata The Lost World Castle, maka jam operasionalnya mengikuti The Lost World Castle. Dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai dari jam 7 pagi hingga jam 6 petang.

Senja di Stonehenge Merapi Jogja
foto: instagram.com/canro.simarmata

Mengingat tempatnya yang lapang, jadi waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata Stonehenge ini, adalah ketika pagi hari dan sore hari. Dimana matahari tak begitu terik.

4. Fasilitas Umum di Stonehenge Merapi

Wisata ini telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum penunjang kebutuhan pengunjung. Area parkir tersedia untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi.

Tak hanya itu, toilet umum juga disediakan oleh pengelola. Kamu akan menemukan warung – warung kecil yang menjual makanan ringan lengkap dengan minumannya.

5. Spot Foto Unik

Objek wisata ini berada di ketinggian sekitar 850 – 900 meter di atas permukaan laut, membuat udaranya terasa sejuk. Ditambah pepohonan disekitarnya, sebagai tempat berteduh.

Kegiatan utama yang bisa dilakukan di Stonehene Merapi, tentunya adalah berburu spot foto instagramable. Bebatuan yang disusun secara vertikal dan melingkar ini menjadi spot yang disukai pengunjung. Ternyata batu – batu ini berasal dari sisa muntahan lava pada saat erupsi Gunung Merapi.

Spot Foto Stonehenge Merapi Jogja
foto: instagram.com/rajendra_rafka

Rata – rata tinggi batuan ini sekitar 4 meter, bahkan yang paling tinggi mencapai 7 hingga 8 meter. Dengan luas area kurang lebih 200 meter persegi. Lokasi Stonehenge hanya berjarak 5 kilometer dari Gunung Merapi, sehingga puncak Merapi terlihat sangat jelas dari sini.

Wisata Menarik Lainnya :  Yuk! Jelajahi Candi Cetho Karanganyar yang Indah

Sebelum menapak di area Stonehenge, kamu akan menemukan rangkaian huruf yang dicat berwarna merah bertuliskan ‘STONEHENGE’ yang bisa juga dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto.

Rumput yang hijau dan birunya langit merupakan perpaduan yang klop dalam jepretan foto. Semakin seru ketika mengajak teman ataupun keluarga untuk berwisata di sini dan berfoto bersama. Angel foto yang pas, bisa membuat hasil foto makin bagus, sehingga nampak kece ketika di posting di laman media sosial kamu.

Sesi Prewedding di Stonehenge Merapi Jogja
foto: instagram.com/354_photograph

Stonehenge Merapi juga menjadi spot romantis sebagai latar foto prewedding bersama pasangan. Jika ingin melakukan sesi foto prewedding, tiap pasangan bisa membayar senilai Rp 150.000

Sedikit tips saat berkunjung ke Stonehenge Merapi agar liburanmu menyenangkan. Jangan lupa menyiapkan kamera, bisa juga dengan kamera ponsel. Dan yang paling penting, pastikan daya atau baterai nya sudah terisi penuh ya, serta ruang penyimpanan kamera yang mencukupi. Karena liburan di sini terasa hambar tanpa berfoto.

Wah, keren banget kan Stonehenge Merapi ini! Tak kalah apiknya dengan Stonehenge yang ada di Inggris. Apalagi masih berada di wilayah Indonesia, tentu jauh lebih murah kan. Jadi, sebelum jauh – jauh ke luar negeri, mending ke Jogja aja dulu yuk.

Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *