setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Tempat Wisata Bojonegoro Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

Destinasi Wisata Bojonegoro

Tempat wisata Bojonegoro memanglah sudah menjadi perbincangan para wisatawan. Memiliki potensi wisata terdekat dari Jawa timur serta Jawa tengah, Kabupaten Bojonegoro sudah tak asing lagi untuk di kunjungi.

Beragam tempat wisata yang unik serta asri ditawarkan untuk dikunjungi. Bahkan terdepat beberapa lokasi eksotis berupa api abadi yang terus memiliki nyala api walau hujan datang mengguyur.

Selain itu terdapat pula objek wisata alam yang menyegarkan berupa air terjun, waduk, serta wisata dataran tinggi yang biasa dikenal dengan sebutan negara atas angin. Tidak ketinggalan pula terdapat tempat wisata modern hasil buatan manusia untuk menemani liburan bersama kelurga yaitu GoFun Theme Park.

1. Tentang Bojonegoro

Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Tuban untuk bagian utara, Kabupaten Lamongan untuk bagian timur, Kabupaten Nganjuk, Madiun, dan Ngawi untuk bagian selatan, serta Kabupaten Blora (Jawa Tengah) di bagian barat.

Memiliki sungai yang mengalir dari selatan menuju timur yaitu sungai Bengawan Solo. Sungai Bengawan Solo ini merupakan batas alam dari Provinsi Jawa Tengah dengan Bojonegoro. Sedangkan pada bagian selatan terdapat pegunungan kapur yang merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Kendeng.

2. Tempat Wisata Bojonegoro

– Kayangan Api

Api Abadi Kayangan Api Bojonegoro
foto: instagram.com/lingkarjonegoro/

Kayangan Api Abadi Bojonegoro, merupakan destinasi wisata Bojonegoro yang paling terkenal serta menarik pengunjung untuk ke kabupaten Bojonegoro. Dengan keunikan berupa sumber api abadi yang terus menyala dan tak kunjung padam tanpa bantuan manusia alias proses alami.

Tempat wisata ini terletak di daerah kawasan hutan lindung di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro. Kawasan Kayangan Api yang unik ini merupakan hasil dari fenomena geologi alam berupa keluarnya gas alam berasal dari dalam bumi yang tersulut api sehingga menciptakan api yang tidak padam walaupun turun hujan sekalipun.

– Wisata Air Terjun di Bojonegoro

Lokasi Air Terjun Kedung Maor Bojonegoro
foto: instagram.com/arek.malang_trans/

Potensi objek wisata air terjun Bojonegoro atau curug yang ada di Bojonegoro sebagai tujuan pariwisata saat liburan memanglah sudah tersohor. Keindahan alam dengan pesona alam yang luar biasa ditenamani udara segar serta gemercik air akan menciptakan suasana yang menyenangkan.

Beberapa air terjun favorit yang sering dijadikan tujuan wisata saat ke Bojonegoro diantaranya:

  • Air Terjun Gua Kikik, merupakan salah satu objek wisata alam berupa air terjun dengan 2 objek wisata sekaligus yaitu air terjun dan Goa Kikik.
  • Air Terjun Kedung Gupit, air terjun yang terletak di dusun Gayam desa Klino kec. Sekar kab. Bojonegoro. Lokasi air terjun kedung gupit secara administratif terletak di paling pinggir alias perbatasan dari Bojonegoro.
  • Air Terjun Kedung Peti, memilki ketinggian sekitar 30 meter serta terbagi menjadi tiga tingkat sendimen air terjun dari batu alam menjadikan keunikan tersendiri dari salah satu wisata Bojonegoro ini.
  • Air Terjun Kedung Maor, merupakan air terjun hits yang berasal dari dua sumber aliran yaitu dari Kali Soko serta air limpahan dari Waduk Pacal.
  • Air Terjun Clebung Bubulan, merupakan tempat wisata terdekat dari Clebung, Kecamatan Bubulan. Wisata Air Terjun Bojonegoro ini adalah destinasi yang sudah terkenal dan ramai pengunjung.
  • Air Terjun Grojogan Pucang, memiliki panorama keindahan alam yang bagus serta diimbangi keselarasan alam yang menunjang keindahannya.
Wisata Menarik Lainnya :  Menikmati Bromo Dari Desa Ngadas, Paduan Budaya Luhur dan Keindahan Alam

– Wisata Dataran Tinggi di Bojonegoro

Pemandangan alam Negeri Atas Angin Bojonegoro
foto: instagram.com/visit_bojonegoro/

Terkenal dengan wisata alamnya yang mempesona, Kab. Bojonegoro pula memiliki tempat wisata yang berada di ketinggian lho. Dengan keberadaan destinasi wisata Bojonegoro yang berada di perbukitan maupun pegunungan, tak hayal jika memang Bojonegoro patut untuk di pertimbangkan dalam tujuan perjalanan wisata.

Langsung saja, berikut ini objek wisata Bojonegoro yang menarik dengan lokasi di dataran tinggi:

  • Watu Gandul, tempat wisata terdekat dari Bojonegoro ini berupa tumpukan batu-batu berukuran yang sangat besar. Tumpukan bebatuan tersebut terbentuk secara alami. Hal ini bisa dilihat dari beberapa batu yang menggantung di antara tumpukan batu yang lainnya.
  • Negeri Atas Angin Bojonegoro, merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi dari banyaknya tempat wisata di Bojonegoro. Para pengunjung tidak hanya dapat menikmati pemandangan alam dari ketinggian serta udara sejuk yang memenuhi kawasan, namun juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan.
  • Bukit Tono (BuTon), berada di dekat jalan penghubung antara Nganjuk dan Bojonegoro. Wisata dataran tinggi ini memiliki cukup banyak spot untuk berfoto yang disediakan oleh warga sekitar. Tidak hanya itu, di Bukit Tono yang seringkali disebut sebagai Ujung Bukit atau Puthuk juga dapat menikmati kegiatan berkamping.
  • Agrowisata Belimbing, merupakan destinasi wisata Bojonegoro berupa kebuk yang hits banget bagi pecinta buah segar. Produk unggulan yang dipamerkan berupa buah belimbing dan anda dapat melihat secara langsung perkebunan belimbing yang begitu luas dan lengkap serta dapat langsung mencicipinya di lokasi.

– Wisata Religi di Bojonegoro

Suasana Makkah di Masjid Al Birru Pertiwi Bojonegoro
foto: instagram.com/tunsriana/

Tak hanya dikenal dengan tempat wisata alamnya yang indah, Bojonegoro juga memiliki tempat wisata religi yang harus dikunjungi. Dengan keindahan budaya yang luhur, kegiatan religius dapat dijadikan sebagai destinasi wisata Bojonegoro yang menajubkan.

Beberpa tempat wisata regili Bojonegoro yang hits untuk dikunjungi serta berfoto diantaranya:

  • Klenteng Hok Swie Bio, merupakan tempat ibadah bagi Tridharma yang sangat terkenal di Bojonegoro dengan ornamen kepala naga serta didominasi warna merah. Berdiri pada tahun 1879, klenteng ini dijadikan sebagai simbol dari budaya Tionghoa yang ada di Bojonegoro.
  • Masjid Al Birru Pertiwi Bojonegoro, atau seringkali disebut sebagai Al Birr merupakan masjid yang memiliki kubah berwarna emas serta nuansa Makkah di desa Dander.

– Wisata Waduk / Bendungan di Bojonegoro

panorama alam waduk pacal temayang bojonegoro
foto: instagram.com/lingkarjonegoro/

Pemkab Bojonegoro yang mengembangkan proyek pembangunan 1.000 waduk atau Embung di 28 Kecamatan memanglah membuahkan hasil lain berupa potensi wisata Bojonegoro yang tersembunyi. Dengan genangan air waduk maupun bendungan yang luas dapat menarik para wisatawan dalam menikmati segarnya air atau sejenak mengisi kegiatan memancing.

Wisata Menarik Lainnya :  Liburan Keluarga Mengasyikkan di Wana Wisata Dander Bojonegoro

Terdapat beberapa wisata waduk Bojonegoro yang sering dikunjungi untuk melepas penat sembari berforoto diantaranya:

  • Waduk Pacal atau Bendungan pacal, merupakan waduk yang memiliki luas kisaran 3,878 KM serta merupakan bangunan perairan peninggalan zaman Belanda yang mempunyai manfaat multifungsi. Salah satu tempat wisata di Bojonegoro ini memanglah memiliki lingkungan alam sangat mempesona.
  • Waduk Pedang, sebagain masyarakat menyebutnya Embung, karena luasnya yang tidak terlalu besar. Dibangun sejak tahun 2012 dan digunakan untuk mencukupi perairan kebutuhan yang ada di persawahan warga. Terutama ketika memasuki musim kemarau yang datang pada setiap tahunnya.
  • Banyu Kuning, asal usul warna kuning berasal dari endapan yang melekat di bagian batu besar dengan kandungan zat besi dan zat ferum. Selain itu ada juga kandungan berupa zat belerang yang tinggi. Dengan eksotisnya alam serta keunikan dari warna kuning air yang disajikan, memikat para pecinta alam serta penikmat wisata bertemakan petualangan kesini.
  • Wana Wisata Tirta Dander, merupakan wisata Bojonegoro yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Terdapat cukup banyak kegiatan wisata alam yang diunggulkan seperti bersantai, berenang, bermain flying fox, pesta kebun dan hunting foto di area tempat wisata. Lokasi objek wisata ini memanglah sangat terkenal dengan keasrian dan keindahannya yang begitu sangat luar biasa.
  • Bendungan Gerak Bojonegoro, merupakan bendungan yang kini tidak hanya untuk irigasi persawahan atau pembangkit tenaga listrik saja, akan tapi juga dijadikan sebagai objek wisata Bojonegoro yang eksotis.

– GoFun Theme Park

Wahana GoFun Bojonegoro Theme Park
foto: instagram.com/ayu_astutik/

Gofun Bojonegoro Theme Park merupakan kawasan wisata tematik dengan berbagai atraksi maupun wahana yang ada di dalam lokasi wisata. Dengan bergagai wahana yang disediakan, para pengunjung dapat menikmati berbagai jenis hiburan yang sudah disediakan. Misalnya seperti Wahana game, wisata belanja, sampai dengan wahana kolam renang.

Wisatawan pastinya tidak akan merasa bosan selama menikmati seluruh wahana yang ada di Gofun Bojonegoro. Dengan tema liburan yang lebih modern di bandingan tempat wisata Bojonegoro lainnya, tempat wisata terdekat ini dapat menjadi tujuan wisata alternatif di Bojonegoro.

3. Tips Wisata di Bojonegoro

  • Bawalah kebutuhan perlengkapan liburan yang secukupnya dan yang penting saja perjalanan wisata menuju Bojonegoro jika menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.
  • Tetaplah jaga etika sopan santun serta peraturan yang ditetapkan dari tempat wisata Bojonegoro.
  • Ketahui serta catat tempat dan nomor penting saat di Bojonegoro.
    • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Jalan Teuku Umar No 80 Kecamatan Bojonegoro Jawa Timur, Telp : 0353 – 881571.
    • Rumah Sakit Umum Daerah Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo. Jalan Doktor Wahidin No 40 Kecamatan Bojonegoro Jawa Timur, Telp : 0353 – 881193.
    • Polres Bojonegoro. Jalan Lisman No 60 Bojonegoro, Telp : 0353 – 886320.

Sekian informasi tempat wisata terdekat dari Bojonegoro yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini agar destinasi wisata di Bojonegoro semakin terkenal.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *