setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Agrowisata Belimbing Bojonegoro, Sensasi Memetik dan Makan Buah Langsung

Agrowisata Belimbing Bojonegoro

Agrowisata Belimbing Bojonegoro adalah destinasi wisata yang paling populer di Jawa Timur. Pengunjung bisa menikmati buah segar secara langsung.

Produk unggulan yang dipamerkan adalah buah belimbing. Wisatawan juga bisa melihat secara langsung perkebunan belimbing yang sangat luas.

Menariknya, wisatawan tak hanya dapat melihat kebun belimbing saja, namun juga dapat memetik sekaligus memakan buahnya secara langsung di kebunnya.

Belimbing yang ditanam di Agrowisata ini adalah jenis Karangsari merah berukuran besar dengan rasa yang manis.

Nah, Agrowisata Belimbing ini menjadi salah satu rujukan tempat wisata Bojonegoro. Namun, perlu diingat jika lokasi wisata ini hanya buka pada saat weekend atau tanggal merah saja.

1. Tentang/Sejarah

Sebelum tahun 1984, Utara Desa Ngringinrejo yaitu daerah Bantaran Bengawan Solo para petani menanami lahannya secara total dengan berbagai tanaman palawija.

Namun sayangnya kegagalan panen pada setiap tahunnya menjadikan lahan tersebut tidak lagi ditanami palawija di saat musim kemarau.

Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo
foto: instagram.com/sarah_shahabbb/

Pihak dari Penyuluh Pertanian selaku tokoh masyarakat yang ada di desa Ngringinrejo berinisiatif supaya lahan yang sebelumnya tidak produktif diubah menjadi lebih bermanfaat. Agar hal tersebut bisa menopang perekonomian masyarakat di desa sekitar.

Setelah memperoleh informasi di daerah Tuban yaitu Desa Siwalan ada tanaman belimbing, maka para tokoh sekaligus penyuluh tersebut berinisiatif membudidayakan tanaman belimbing. Meskipun ada beberapa hambatan yang dihadapi, namun setelah 2-3 tahun akhirnya bisa dipanen.

Hasil panen yang baik inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo yang hingga saat ini menjadi tujuan wisata favorit di sekitar Bojonegoro.

Wisata Menarik Lainnya :  Wisata Gunung Lawu Via Cemoro Sewu

2. Lokasi

Agrowisata Belimbing berada di desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro.

Rute untuk menuju lokasi cukup mudah. Dari Alun-alun kota kamu harus menuju ke perempatan lampu merah.

Kemudian ambil kiri, lurus terus hingga menemukan lampu merah ke-2 ambil lurus 1 km hingga menemukan pom bensin. Wisata ini terletak di belakang pom bensin pintu masuk gang-nya berada di utara pom bensin. Untuk akses menuju lokasi sangatlah luas dan dapat dijangkau menggunakan bus atau kendaraan roda empat.

3. Harga Tiket Masuk

Setiap orang yang memasuki kawasan Agrowisata Belimbing Bojonegoro akan dikenakan tiket masuk seharga Rp10.000.

Untuk harga tersebut para pengunjung sudah memperoleh beberapa fasilitas. Perlu diketahui bahwa agrowisata ini hanya dapat dikunjungi setiap hari Sabtu-Minggu maupun tanggal merah atau hari libur nasional saja.

4. Daya Tarik

Panorama Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo
foto: instagram.com/park__tha98/
  1. Terdiri 9.604 pohon
    Ternyata di agrowisata belimbing ini ada sekitar 9.604 pohon belimbing. Angka yang cukup fantastis ya. Itulah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri agar menarik wisatawan untuk berkunjung ke sini. Menyenangkannya lagi, pengunjung dapat berkeliling kebun sambil memetik belimbing dan memakannya.
  2. Buah yang Masih Segar
    Siapa yang tidak suka jika melihat buah yang masih segar dan memetiknya langsung dari pohon? Hal ini bisa Anda lakukan jika berada di agrowisata belimbing.
  3. Replika Belimbing
    Bagi Anda yang hobi fotografi tentunya tidak akan lengkap rasanya jika tidak berfoto dengan replika buah belimbing. Spot foto ini berada di dekat pintu masuk dari Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo.

5. Fasilitas

  • Makan belimbing sepuasnya di area kebun.
  • Terdapat Welcome Drink berupa buah belimbing yang sudah diolah oleh para warga sekitar.
  • Terdapat pemandu yang siap mendampingi kamu maupun rombongan.
  • Jika ingin dibawa pulang belimbingnya, maka harus ditimbang berat belimbingnya terlebih dahulu. Untuk harga belimbingnya per kilo kisaran Rp10.000. Didalam satu kilo terdapat 3 hingga 4 buah belimbing.
  • Area parkir yang sangat luas.
  • Kamar mandi umum.
  • Terdapat tempat penginapan apabila Anda ingin beristirahat dan harganya sangat terjangkau.
Wisata Menarik Lainnya :  Masjid Al Birru Pertiwi, Suasana Makkah di Bojonegoro

6. Tips Saat Berkunjung

  • Gunakan pakaian yang tertutup apabila datang di siang hari karena cuaca matahari yang sangat panas dan menyengat kulit di kawasan Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo.
  • Jangan lupa untuk membawa perbekalan minuman ataupun makanan yang cukup.
  • Bawa topi atau payung saat datang di siang hari.
  • Minta bantuan pada petugas penjaga agrowisata belimbing apabila tidak mengetahui bagaimana cara memetik buah belimbing yang benar dan baik supaya tanaman tidak rusak.
  • Hindari membuang sampah sembarangan selama menyelusuri area kebun belimbing.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen liburan Anda.
setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks