setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Pesona Wisata Air Terjun Kedung Peti Bojonegoro

Air Terjun Kedung Peti Bojonegoro

Air terjun Kedung Peti dapat dijadikan opsi destinasi wisata alam air terjun di Bojonegoro. Wisata alam yang terletak di kecamatan Malo, Bojonegoro ini memanglah memiliki banyak sekali pesona keindahan yang menawan.

Kabupaten Bojonegoro memanglah memiliki bermacam spot pesona alam yang luar biasa. Salah satunya merupakan air terjun Kedung Peti. Air terjun ini tercantum dalam deretan destinasi wisata alam dari Bojonegoro yang wajib untuk kalian kunjungi. Bukan hanya karena pemandangan air terjunnya saja, akan tetapi karena terkategori masih perawan alias asri.

Kecamatan Malo sendiri diketahui banyak orang sebagai penghasil gerabah bermutu. Apalagi, terdapat wisata edukasi gerabah yang tumbuh pesat di Malo. Tetapi, belum banyak yang mengetahui bila Malo juga mempunyai destinasi wisata alam yang indah berupa air tejun.

1. Lokasi Air Terjun Kedung Peti

Air terjun Kedung Peti berlokasi di Dusun Gaplok, Desa Ketileng, Kecamatan Malo Bojonegoro – Jawa Timur.

Masihlah jarang para wisatawan maupun orang sekitar mendatangi tempat ini. Sebabnya, jarak destinasi wisata air terjun ini lumayan jauh dari pusat kota Bojonegoro.

2. Rute Menuju Air Terjun Kedung Peti

Kedung Peti memiliki jarak termpuh sekitar 1 jam dari pusat kota Bojonegoro. Sehabis melewati jembatan Malo, wisatawan butuh sedikit lebih masuk ke kawasan hutan di Desa Ketileng.

Walaupun lokasinya terletak di dalam zona hutan, malahan hal ini yang menjadikan ekspedisi menuju objek wisata menjadi menarik. Panorama alam yang disuguhkan begitu indah. Atmosfer alam yang teduh serta fresh begitu memanjakan mata.

Perlu jarak tempuh nyaris 2 kilometer dari pedesaan untuk sampai ke tempat air terjun ini.

Mendekati kawasan lokasi air terjun, pengunjung akan menjumpai sebuah aliran sungai. Sungai ini lah yang akan jadi acuan pengunjung untuk menuju lokasi air terjun Kedung Peti. Arah aliran sungai tersebut berlawanan arah dengan lokasi wisata air terjun. Jadi pengunjung hanya perlu menyusuri lawan arus sungai tersebut deh.

Wisata Menarik Lainnya :  Keindahan Penanjakan Bromo yang Penuh Tantangan

3. Daya Tarik Air Terjung Kedung Peti

Pesona Air Terjun Kedung Peti Bojonegoro
foto: instagram.com/masedy80/

Air yang mengalir dari air terjun Kedung Peti berasal dari sungai yang terletak di atasnya. Air terjun satu ini mempunyai ketinggian berkisar 20 meter dari tanah dengan daya tarik bentuk yang sangat menarik. Bentuk dari air terjun ialah berupa 3 tingkatan. Tiap-tiap tingkatan tercipta dari bebatuan alam yang memiliki ukuran besar.

Mulai dari bagian dasar, ada kedung (kubangan) yang kecil. Inilah awal mulanya terjadi sebuah aliran sungai di bawahnya. Setelah itu terdapat bagian pertama dari tingkatan yaitu merupakan batu besar berupa mirip tempurung.

Para pengunjung dapat menaiki ke atas batu besar tersebut serta menikmati guyuran air yang jatuh. Di atas batu ini juga terdapat sebuah lubang buat berendam yang terbentuk dari cerukan air terjun.

Pada bagian atasnya atau tingkatan ke-2, ada pula batu besar semacam tempurung. Perbedaannya, pada batu satu ini ada celah yang terbelah bagaikan aliran air yang terpecah jatuh. Bila debit air pada ait terjun cukup banyak, air akan mengalir ke segala bagian dan menutupi batu ini.

Penampakan air yang terpecah di batu tingkat ke-2 ini bagaikan gorden yang menari-nari indah. Pengunjung juga dapat menaiki batuan besar di tingkatan ke-2 ini. Akan tetapi untuk keselamatan serta memiliki resiko yang lumayan, akan lebih bijak jika tidak melakukannya.

Pada tingkatan ke-3 atau paling atas merupakan dinding yang disekelilingi oleh berbagai tumbuhan. Keadaan tersebut membuat panorama alam air terjun begitu eksotis. Kesegaran air tidak cuma bisa dinikmati oleh badan, melainkan pula mata serta penatnya pikiran.

Wisata Air Terjun Kedung Peti yang Menawan
foto: instagram.com/masedy80/

Keasrian alam yang masih terjaga begitu kental sangat terasa. Tempat yang bagus buat melepas penat serta kesuraman hidup selama ini.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Tempat Wisata Air Terjun Bojonegoro Terwajib di Sambangi

4. Tips Berlibur ke Air Terjung Kedung Peti

Jika ingin berkunjung pada musim kemarau, rute yang dilalui akan lebih mudah namun curah air yang akan dinikmati dari air terjun terlihat sangat sedikit. Berbeda saat musim penghujan, air terjun akan deras namun rute akan sedikit menyulitkan serta licin. Jadi ingat untuk menggunakan alas kaki yang baik dan siapkan baju ganti.

Bagi penggunjung juga di harapkan untuk menghindari berkunjung terlalu sore. Dikarena wilayah air terjun Kedung Peti benar-benar berada di tengah hutan kecil tanpa penerangan serta fasilitas penunjang lainnya.

Sebab posisi air terjun yang terletak di kawasan hutan, pengunjung perlu menjaga serta melindungi keasriannya. Untuk kalian yang berencana berkunjung, sangat dianjurkan membawa kantong untuk sampah agar tidak membuang sampah sembarangan.

Jika bimbang ingin liburan ke mana hari ini, Air Terjun Kedung Peti dapat dijadikan opsi karena tidak hanya menyuguhkan panorama alam yang menawan, atmosfer di kawasan lokasi pula masih sangat asri terjaga.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *