setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

7 Tempat Wisata Air Terjun Bojonegoro Terwajib di Sambangi

Tempat Wisata Air Terjun Bojonegoro

Keindahan destinasi wisata air terjun Bojonegoro dengan pesona alam yang asri ditenamani udara segar serta gemercik air, menjadikannya tujuan tempat wisata rekomendasi akhir pekan.

Terletak di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, Kabupaten Bojonegoro diapit oleh Kabupaten Tuban, Lamongan, Nganjuk, Madiun, Ngawi serta Blora dari Jawa Tengah. Memiliki destinasi tempat wisata yang cukup banyak serta di kagumi oleh pelancong, Bojonegoro ikut berkontribusi dalam mengedapankan pariwisata Indonesia.

Pesona keindahan tempat wisata di Bojonegoro memanglah mulai dikembangkan satu persatu. Mulai dari tempat wisata yang terkenal bukit cinta di Negeri Atas Angin yang berada di Hutan Lindung milik Perum Perhutani serta terdapat pula Watu Gandul dan masih banyak tempat wisata terdekat di Bojonegoro untuk dikunjungi.

1. Wisata Air Terjun Bojonegoro

Untuk saat ini referensi tempat wisata yang akan kita bahas merupakan objek wisata air terjun atau curug yang ada di Bojonegoro sebagai tujuan pariwisata saat liburan nanti. Keindahan alam dengan pesona yang luar biasa ditenamani udara segar serta gemercik air akan menciptakan suasana yang menyenangkan. Telah terangkum dengan rapi destinasi air terjun rekomendasi tempat wisata terdekat dari sini, berikut informasiya.

  • Air Terjun Gua Kikik
  • Air Terjun Goa Kikik Bojonegoro
    foto: instagram.com/uddin.art/

    Air Terjun Gua Kikik merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di Bojonegoro dengan 2 objek sekaligus yaitu air terjun dan Goa Kikik. Jika dilihat secara geografis, letak Air Terjun Bojonegoro Gua Kikik ini berada di wilayah perbukitan. Sayangnya memang lokasi air terjun masihlah kurang dipromosikan jadi masih banyak kalangan yang belum tau, padahal panorama keindahan air terjun sangat indah.

    Dengan keindahan alam Indonesia ditambah lagi dengan suasana yang sejuk dari alam sekitar menambah indahnya Air Terjun Gua Kikik ini. Lokasi Air Terjun Gua Kikik ini berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Malo, Bojonegoro, Jawa Timur.

  • Air Terjun Kedung Gupit
  • Pesona Air Terjun Kedung Gupit Bojonegoro
    foto: instagram.com/eksotisbojonegoro/

    Terletak di dusun Gayam desa Klino kec. Sekar kab. Bojonegoro, lokasi air terjun kedung gupit secara administratif terletak di paling pinggir dari Bojonegoro. Lokasi tempat wisata air terjun Bojonegoro ini cukup jauh dari pusat kota yakni berkisar antara 40 KM menuju ke arah selatan.

    Untuk menuju ke air terjun Kedung Gupit cukup mudah saja meski jauh. Dari kota Bojonegoro silahkan ikuti petunjuk ke arah kota Nganjuk, sampai di pertigaan Temayang ambil jalan yang lurus mengikuti petunjuk ke arah kec. Gondang. Air terjun Bojonegoro ini letaknya memang tersembunyi di balik bukit dan hanya yang pernah kesana serta warga sekitar saja yang mengetahui letak jalan yang dapat dilaui.

    Jangan ragu untuk bertanya kepada warga sekitar tentang keberadaan air terjun ini beserta jalan yang dapat dilalui. Karena air terjun Kedung Gupit angat disayangkan untuk dilewatkan dengan pesona keindahan alam yang luar biasa indahnya.

  • Air Terjun Kedung Peti
  • Pesona Air Terjun Kedung Peti Bojonegoro
    foto: instagram.com/masedy80/

    Jika saat ini ingin mencari tujuan tempat wisata yang masih eksotis serta membuat nyaman. Tidak akan ada salahnya untuk berkunjung ke destinasi wisata Air Terjun Kedung Peti. Salah satu tempat wisata air terjun Bojonegoro ini memanglahi memiliki keunikan tersendiri. Keunikan itu berbentuk daei bebatuan yang berada di air terjun ini yaitu memiliki beberapa tingkatan dan berakhir di kedung (kubangan air).

    Air Terjun Kedung Peti memilki ketinggian sekitar 30 meter serta terbagi menjadi tiga tingkat sendimen air terjun dari batu alam. Aliran sungai yang cukup deras dari atas air terjun menjadi sumber utama dari aliran air yang jatuh sampai ke kedung paling bawah. Lokasi dari Air Terjun Kedung Peti berada di daerah Desa Ketileng, Kecamatan Malo, Bojonegoro, Jawa Timur.

  • Air Terjun Kedung Maor
  • Lokasi Air Terjun Kedung Maor Bojonegoro
    foto: instagram.com/arek.malang_trans/

    Air Terjun Kedung Maor merupakan air terjun yang berasal dari dua sumber aliran yaitu dari Kali Soko serta air limpahan dari Waduk Pacal. Aliran air yang mengalir ke air terjun Bojonegoro ini memanglah cukup stabil, meski pada musim kemarau aliran air terjun tetap menampakkan keindahannya yang tetap indah.

    Lokasi Air Terjun Kedung Maor secara geografis terletak di pertengahan antara hutan. Lebih tepatnya keberadaannya di antara kawasan hutan Kesatuan Pemangkuan Hutan Bojonegoro dan Resort Pemangkuaan Hutan Tretes. Dengan keindahan hutan yang masih asri, air terjun tersebut bisa dikunjungi dengan waktu tempuh  sekitar satu setengah jam jika dari Kota Bojonegoro ke arah selatan (arah Nganjuk). Tempat wisata air terjun Kedung Maor tepatnya berada di Kecamatan Temayang, Desa Kedungsari, Bojonegoro, Jawa Timur.

  • Wisata Air Terjun Clebung Bubulan
  • Keindahan Air Terjun Clebung Bubulan Bojonegoro
    foto: instagram.com/x_cho_tarkhinandar/

    Wisata Air Terjun Clebung Bubulan merupakan salah satu tempat wisata terdekat dari desa Clebung, Kecamatan Bubulan, Bojonegoro, Jawa Timur. Wisata Air Terjun Bojonegoro ini adalah destinasi yang sudah terkenal dan akan selalu ramai dengan pengunjung saat hari biasa maupun pada hari libur.

    Tempat wisata alam yang indah dengan sensasi pengalaman wisata berbeda guna menghilangkan penat aktivitas keseharian. Jadi  sangatlah untuk di sesalkan bila menjadikan Bojonegoro sebagai tujuan tempat wisata akan tetapi tidak berkunjung ke wisata air terjun Clebung Bubulan Bojonegoro yang mempunyai keindahan tiada duanya.

  • Air Terjun Grojogan Pucang
  • Air Terjun Grojogan Pucang Bubulan
    foto: instagram.com/halizha_/

    Panorama keindahan alam dari obyek wisata Air Terjun Pucangarum begitu bagus dengan diimbangi keselarasan alam yang menunjang keindahannya. Jika sudah berada di tempat wisata air terjun Bojonegoro satu ini, pastilah akan dipastikan akan merasa betah berlama-lama. Karena disamping suasana sejuk serta dinginnya percikan air, Air Terjun Grojogan Pucang juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan sedap untuk dipandang.

    Lokasi Air Terjun Grojogan Pucang terletak di tengah hutan jati pada kawasan perhutani. Lebih tepatnya berada di Dusun Maor, Desa Clebung, Kecamatan Bubulan, Bojonegoro. Dengan keindahan yang dimiliki oleh air terjun Grojogan Pucang, tak salah jika pemerintah sekitar akan lebih serius untuk mengembangkan objek wisata tersebut.

  • Air Terjun Jojoban

Tak banyak yang mengetahui akan adanya air tejun yang cantik di balik hutan jati satu ini. Layaknya suatu budaya yang dapat hilang terlupakan begitu saja terhapus waktu jika tak diselamatkan oleh pecintanya, pesona air terjun Jojoban Bojonegoro ini juga akan terbengkalai jika tak berpengunjung serta diketahui oleh banyak orang.

Wisata Menarik Lainnya :  Keindahan Tempat Wisata Air Terjun Clebung Bubulan Bojonegoro

Destinasi wisata air terjun Bojonegoro ini merupakan air terjun yang bertingkat dengan bebatuan alam yang masih asri dan artistik untuk sudutnya. Berada di jarak 1 KM ke arah timur dari jalan raya Bojonegoro-Nganjuk, Air Terjun Bubulan masih sepi pengunjung. Dari jalan raya ke lokasi tempat wisata, hanya ada jalan setapak yang dapat dilalaui. Dengan jarak yang juah melewati pematang sawah, akan sebanding dengan pemandangan alam yang disuguhkan.

2. Tips ke Air Terjun Bojonegoro

Untuk yang ingin liburan ke air terjun Bojonegoro sebagai tujuan wisata pada akhir pecan nanti, jangn lupa untuk mempersiapkan hal yang diperlukan agar liburanmu maksimal.

  • Jangan lupa untuk merencakan liburan dengan waktu yang baik dan dengan kondisi yang baik pula. Jangan memaksakan kalau sedang sakit atau saat belum libur yah.
  • Penting untuk membawa kamera guna mengabadikan setiap momen liburan nantinya. Janga sampai momen liburan jadi terasa hambar dan percuma tanpa adanya foto kenangan.
  • Yang paling penting adalah untuk menjaga kelesatarian alam di tempat wisata air terjun maupun saat perjalanan menuju lokasi. Jangan buang sampah sembarangan, cukuplah mantan saja yang dibuang sembarangan ya.

Sekian pembahasan tempat wisata terdekat di Bojonegoro yang merupakan air terjun ini. Bagi yang belum berkunjung silahkan untuk segera berangkat dan jangan lupa bagikan postingan ini agar lebih banyak lagi yang mengetahui keindahan destinasi wisata air terjun Bojonegoro.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *