setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Wisata Akhir Pekan Di Waduk Pedang Bojonegoro

Tempat Wisata Wadung Pedang Bojonegoro

Masyarakat sekitar biasa menyebut Waduk Pedang di Bojonegoro ini sebagai Embung. Sebab, waduk yang berlokasi di kecamatan Kedungadem ini tak terlalu luas.

Meski begitu, keberadaan waduk ini sangat berpengaruh untuk masyarakat sekitar. Tertutama untuk mencukupi kebutuhan perairan untuk pesawahan warga. Apalagi jika musim kemarau datang setiap tahunnya.

Sementara itu, pihak dinas pengairan Kabupaten Bojonegoro membangun fasilitas waduk ini sejak tahun 2012. Hal itu dilakukan lantaran banyak sawah kekeringan jika musim kemarau tiba.

1. Tentang/Sejarah

Waduk Pedang yang berada di Jawa Timur ini digagas oleh pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Mereka memang sedang mengembangkan proyek pembangunan 1.000 waduk atau Embung di 28 Kecamatan.

Salah satunya yaitu Waduk pedang yang dibangun tahun 2012. Saat ini pembangunan Waduk masih berada dalam tahap pengembangan.

2. Lokasi

Waduk Pedang berada di desa kepoh Kidul, Kecamatan Kedungadem yang mempunyai panjang 100 m dengan lebar 100 m dan untuk kedalamannya kisaran 7 meter.

3. Harga Tiket Masuk

Berbicara mengenai harga tiket masuk, untuk saat ini kamu tidak akan dikenakan biaya sama sekali.

Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di pinggir jalan di desa Datu menuju desa yang lainnya. Sehingga kamu bebas datang kapanpun tanpa mengeluarkan uang. Namun sayangnya di Waduk Pedang tidak tersedia toilet.

4. Daya Tarik

Daya Tarik Tempat Wisata Waduk Pedang Bojonegoro
foto: instagram.com/andry_syahputra082/

Selain sebagai penyangga pesawahan sekitar, ternyata ada beberapa daya tarik yang menarik wisatawan untuk menikmati suasa di waduk ini. Diantaranya adalah:

  1. Sebagai Tadah Air Hujan
    Hal menarik yang bisa diperoleh dari Waduk Pedang ini yaitu fungsinya sebagai tadah air hujan ketika musim penghujan telah tiba. Hal inilah yang membantu para masyarakat untuk memudahkan pengairan sawah saat memasuki musim kemarau.
    Selain itu banyak juga para masyarakat setempat yang mengisi Waduk dengan beberapa ikan agar para masyarakat dapat memancing. Tujuannya yaitu agar menjadi sarana hiburan bagi pengunjung yang datang.
  2. Sebagai Tempat Perairan
    Daya tarik yang dimiliki oleh Waduk Pedang ini yaitu perihal fungsinya yang dijadikan sebagai sumber perairan bagi persawahan warga. Sehingga saat memasuki musim kemarau para warga setempat tidak perlu bingung dalam melakukan pencarian air, karena Waduk Pedang ini dapat dijadikan salah satu alternatif sumber perairan untuk kebutuhan air di persawahan.
  3. Lokasinya yang Teduh
    Meskipun kebanyakan area Waduk sangat panas, namun hal ini berbeda dengan waduk Pedang karena banyaknya pepohonan rindang yang ada disekitar. Maka suasana di lokasi ini menjadi lebih teduh dengan angin yang bertiup sepoi-sepoi. Sehingga sangat cocok jika untuk melepas rasa bosan dan penat.
Wisata Menarik Lainnya :  Relaksasi Nyaman di Air Terjun Jumog Karanganyar

5. Fasilitas

Spot foto Tempat Wisata Waduk Pedang Bojonegoro
foto: instagram.com/tita.florenzi/
  1. Memancing
    Kalau kamu punya hobi memancing, maka lokasi ini sangat cocok untuk dikunjungi. Sebab, ada banyak ikan yang bisa kamu pancing di Waduk Pedang ini. Sementara itu, untuk peralatan memancing tentunya kamu harus membawanya dari rumah, karena disana tidak terdapat warung atau toko yang jual alat pancing.
  2. Akses Jalan yang Mudah Nah, untuk akses jalannya juga sangat mudah lho. Jadi tak perlu khawatir ya. Di pinggir embung sendiri juga sudah ditata sedemikian rupa untuk menikmati pemandangan di sekitar.

6. Tips Saat Berkunjung

• Saat berkunjung ke lokasi Waduk Pedang, disarankan untuk membawa topi maupun payung. Terutama ketika di siang hari. Meskipun di lokasi Waduk terdapat pepohonan yang rindang namun kamu juga membutuhkan payung atau topi ketika berencana ingin berjalan-jalan.
• Cuaca di sana cukup panas, sehingga gunakan pakaian yang tidak terlalu tebal agar tidak gerah.
• Bawalah peralatan memancing untuk menghilangkan rasa bosan selama berada di sana. Anda dapat memancing berbagai jenis ikan yang ada di dalam waduk.

Jangan lupa juga untuk membawa sunblock karena lokasinya cukup panas. Jangan sampai kulitmu terbakar setelah berkunjung ke Waduk Pedang ini ya.

Sementara itu, untuk rencana kedepannya, Embung ini akan diperbaiki supaya tampilannya lebih cantik dan menarik perhatian para pengunjung. Selain itu juga diharapkan bisa dijadikan sebagai tujuan tempat wisata Bojonegoro agar mempunyai pemasukan aset desa.

Nah, saat ini Waduk Pedang juga masih berbenah dan dalam tahap renovasi, terutama dari segi fasilitas supaya para pengunjung merasa nyaman ketika berada di waduk.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks