setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Waduk Pacal, Waduk Warisan Zaman Belanda

waduk pacal temayang bojonegoro

Bendungan pacal atau Waduk Pacal adalah salah satu tempat wisata di Bojonegoro yang memiliki lingkungan alam yang sangat mempesona. Hal ini bisa dilihat dari pemandangan sekelilingnya yang dipenuhi dengan bukit-bukit yang indah.

Diperkirakan, luas destinasi wisata ini sekitar 3,878 km. Menariknya lagi, ternyata bangunannya cukup tua karena merupakan peninggalan zaman Belanda.

1. Tentang/Sejarah

Bendungan yang terdapat pada Waduk Pacal ini dibangun oleh era pemerintahan zaman Belanda sejak tahun 1933. Sementara pada tahun peresmian dari Waduk tersebut dilengkapi dengan arsitektur khas di zaman kolonial yang tertulis di menara Dam nya.

2. Lokasi

Rupanya Waduk Pacal yang terdapat di Bojonegoro ini juga menjadi maskot Kabupaten yang sangat terkenal.

Lokasinya yaitu berjarak 35 km ke selatan di Kota Bojonegoro. Lebih tepatnya berada di desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang. Kamu bisa menempuh perjalanan dari kota Nganjuk sekitar 30 km ke utara.

3. Harga Tiket Masuk

wisata waduk pacal temayang bojonegoro
foto: instagram.com/ade_chandra81/

Untuk dapat menjelajahi Waduk maka para pengunjung bisa menggunakan sampan keliling danau. Agar bisa merasakan sensasinya, maka kamu bisa mendayungnya sendiri.

Sementara soal HTM-nya, untuk sementara belum ada tarif yang pasti. Sebab, sampan yang digunakan adalah nelayan yang tinggal di sekitar destinasi wisata tersebut. Meski begitu, para pengunjung biasanya merogoh kocek kisaran Rp15.000 untuk 30 menit berkeliling danau.

4. Daya Tarik

panorama alam waduk pacal temayang bojonegoro
foto: instagram.com/lingkarjonegoro/
  1. Bangunan Jaman Belanda
    Daya tarik yang dimiliki oleh objek wisata Waduk Pacal ini yaitu perihal kekokohan dan kemegahan bangunan yang dimiliki. Wajar saja karena pembangunan waduk ini dilakukan ketika zaman Belanda, sehingga kekuatannya tidak diragukan lagi.
  2. Panorama Alam
    Selain itu hamparan airnya yang sangat luas dan ditambah lagi dengan panorama alam yang cantik, membuat lokasi wisata Waduk Pacal ini sangat mempesona.
  3. Acara Ritual Larung Sengkolo
    Daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh Waduk Pacal ini adalah acara ritual. Setiap bulan Oktober digelar acara yang diberi nama ritual Larung Sengkolo dan Jamasan Waranggono Tayub. Hal ini dilakukan bersamaan dengan hari jadi Kabupaten Bojonegoro.
  4. Kedalaman air
    Selain luas, ternyata waduk ini punya kedalaman air sekitar 25 meter. Jika musim penghujan tiba, maka kedalaman air diprediksi akan bertambah. Sementara itu, Waduk Pacal juga dimanfaatkan untuk mengalirkan air melalui irigasi kebagian lahan persawahan yang ada di sejumlah kecamatan di Bojonegoro.
  5. Dapat Menikmati Olahan Ikan Tawar
    Para pengunjung dapat menikmati setiap olahan ikan tawar yang ada di beberapa warung di sekitar. Selain itu juga bisa melakukan pembelian dari hasil tangkapan nelayan. Jika kamu ingin membeli ikan yang masih segar, maka bisa berkunjung ke Waduk Pacal.
  6. Pemandangan Perjalanan
    Tidak hanya bisa menikmati objek wisata yang ada di lokasi saja, akan tetapi para pengunjung pun juga akan disuguhkan dengan rute yang sangat indah dan asri. Di sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi dengan tebing, hutan jati, jurang, bahkan sampai jalanan berkelok. Perjalananmu akan terasa lebih singkat karena jalanan aspal yang sangat mulus.
Wisata Menarik Lainnya :  Air Terjun Goa Kikik, Pesona Keindahan Alam Eksotis di Bojonegoro

5. Fasilitas

Spot foto waduk pacal temayang bojonegoro
foto: instagram.com/anya.ninya/
  1. Spot Foto
    Bagi pengunjung yang gemar fotografi, maka dapat memanfaatkan spot-spot foto dengan background yang indah. Kamu bisa memotret aktifitas nelayan maupun keindahan danau di Waduk Pacal.
  2. Keindahan Sunset
    Siapa yang tidak ingin mengabadikan momen sunset di sore hari? Jika kamu penasaran bagaimana keindahan sunset, maka bisa berkunjung ke Waduk Pacal di sore hari dan bisa mengabadikannya dengan mengambil gambarnya.
  3. Fasilitas Memancing
    Keseruan lain yang ada pada fasilitas Waduk pacal yaitu kebebasan para pengunjung dalam memancing di beberapa titik lokasi. Hal ini sangat seru karena selain bisa memancing, kamu pun juga dapat membakar ikan hasil tangkapan pancingan sendiri.

6. Tips Saat Berkunjung

Ada beberapa tips dan saran saat akan berkunjung ke Waduk Pacal. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan maupun minuman dari rumah, karena di sana hanya terdapat beberapa warung kecil saja.
  2. Jangan lupa menggunakan payung atau topi di siang hari karena suasana pada saat siang hari cukup panas. Selain itu, gunakan sun block agar kulitmu tak terbakar.
  3. Sebaiknya kunjungi waduk pada saat musim penghujan supaya bisa menikmati hamparan waduk yang sangat luas. Karena saat musim kemarau air yang ada di Waduk akan surut.

Suasana di Waduk Pacal ini sangat menyenangkan. Pemandangan di sekitarnya sangat cantik ditambah dengan pepohonan hijau yang menyejukkan mata. Tak heran jika tempat ini bisa dijadikan salah satu tempat piknik untuk sekedar melepas penat.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks