Edukasi Seputar Alam di Jendela Alam Bandung Dijamin Menyenangkan

Jendela Alam Bandung

Belakangan ini wisatawan mencari beberapa tempat wisata yang tidak hanya sekedar bertujuan untuk wara-wiri saja. Wisata edukasi menjadi sasaran utama para wisatawan terutama edukasi bagi anak-anak.

Seperti halnya di kawasan Lembang, Bandung kita akan menemukan salah satu wisata edukasi yang digemari para wisatawan. Namanya Jendela Alam yang selalu saja dipati para wisatawan entah saat weekday maupun weekend.

Kegiatan yang ada di taman wisata ini bertujuan untuk melatih keaktifan dan juga kreativitas si kecil. Ada banyak kegiatan yang bisa kita temukan di sana khususnya yang berhubungan dengan alam seperti berternak, berkebun, dan membuat makanan dari hasil alam.

Jendela Alam ini cukup hits di Bandung. Tidak kalah eksis dari The Great Asia Afrika atau Lembang Wonderland. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang.

Dikelilingi dengan pepohonan rindang tentu saja mampu membuat para wisatawan betah liburan di Jendela Alam. Di sana kita bisa melihat pemandangan alam memukau, edukasi alam, dan juga kulineran di dalam satu tempat.

Alamat Jendela Alam

Wisatawan yang ingin mengunjungi Jendela Alam ini bisa datang ke Komplek Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri RW.05, Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559. Map klik disini.

Jika dari arah Alun-Alun Bandung, kita bisa melalui rute Jalan Asia Afrika menuju Jalan Gardujati. Dari sana kita masuk ke Jalan Puspa Raya lalu mengikuti petunjuk jalan hingga bertemu Jalan Sersan Bajuri. Jarak tempuh ke Jendela Alam dari Alun-Alun Bandung sekitar 30 menit perjalanan.

Lokasi wisata ini tidak jauh dari Farm House Susu Lembang. Berada di kawasan Lembang sendiri membuat Jendela Alam ini mudah ditemukan.

Harga Tiket Masuk Jendela Alam

Untuk tiket masuk Jendela Alam sendiri ditaksir dengan tarif Rp 20.000 per orang setiap hari Senin sampai Jumat. Sementara untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional ditakir dengan tarif Rp 25.000 per orang.

Wisata Menarik Lainnya :  Ingin Berpetualang dengan Kuda? Mega Star Batu Solusinya!

Ada juga tiket terusan untuk kegiatan farming sebesar Rp 130.000 dan kegiatan adventure sebesar Rp 155.000 per orang. Kita juga akan dikenakan tiket kendaraan untuk kendaraan roda dua dan empat yang dibanderol mulai dari Rp 5.000 tiap kendaraan.

Jam Buka Jendela Alam

Setiap hari Senin sampai Jumat beroperasi mulai pukul 09:00 sampai dengan pukul 17:00. Sementara setiap hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional beroperasi mulai pukul 08:00 sampai dengan 17:00.

Kegiatan di Jendela Alam

Jendela Alam menyuguhkan pemandangan memukau dengan udara yang segar. Selain menikmati alam sekitarnya yang begitu menakjubkan, di sana juga kita bisa rekreasi dalam bentuk pembelajaran yang berhubungan dengan alam.

2020 01 12
Googlemaps/Teguh Panca Rinaldi

Di Jendela Alam kita bisa belajar mengenai peternakan. Ada berbagai hewan ternak yang bisa kita temukan di sana seperti ayam, bebek, itik, kambing, domba, sapi, kuda, dan lainnya. Kita akan belajar seputar cara berkembang biak, cara merawat, dan berbagai kegiatan lainnya seperti memerah susu atau memberi makanan hewan tersebut. Bahkan di sana juga kita bisa belajar menunggangi kuda juga memandikan kuda.

Selain itu, kita juga akan dibekali edukasi seputar perkebunan. Ada berbagai praktek berkebun beberapa tanaman seperti sayuran, buah, dan juga tanaman hias. Bahkan ada juga kegiatan hidroponik dan pengolahan limbah menjadi pupuk.

Wisatawan juga ditantang lebih kreatif dengan membuat berbagai makanan hasil alam seperti telur puyuh, cincau, yoghurt dan masih banyak lagi. Hasil pengolahan makanan tersebut bisa kita bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Namanya tempat wisata, sudah pasti ada beberapa kegiatan rekreasi yang menyenangkan. Wisatawan yang menyukai kegiatan outbound bisa mencoba beberapa aktivitasnya yang menantang seperti four stroke race, flying fox, mobil mini, trampolin, dan lainnya.

Kita juga bisa mengikuti Fun Games berburu harta karun. Dibekali dengan buku petunjuk, kita akan menghadapi beberapa tantangan yang harus dipecahkan. Biasanya, kegiatan ini dilakukan oleh 4 orang hingga 6 orang.

Jendela Alam juga menyediakan fasilitas berkreasi. Di sana kita bisa membuat aneka karya seni seperti melukis tembikar, membuat barang dari tanah liat, menghias layang-layang, memanfaatkan daun kering organik, dan masih banyak lagi.

Wisata Menarik Lainnya :  Museum Puri Lukisan, Koleksi Keindahan Seni Lukis Museum Tertua Bali

Kegiatan di Jendela Alam ini berhasil menarik perhatian para wisatawan. Di sana juga kita bisa berburu spot foto yang menarik. Ada spot aneka patung hewan, rumah kayu yang hanya memiliki jendela, kandang sapi, kereta mini, terowongan, dan masih banyak lagi.

Fasilitas

Selain liburan menyenangkan, rasanya tidak lengkap jika tidak sambil kulineran. Di Jendela Alam sendiri tersedia rumah makan yang menyuguhkan aneka hidangan lokal. Ada pecel lele, karedok, ayam penyet, semur jengkol, nasi goreng, dan masih banyak lagi.

Fasilitas lainnya yang ada yaitu taman bermain, pusat oleh-oleh, gazebo, saung, lahan parkir, musala, toilet, dan masih banyak lagi.

Wisatawan yang ingin melakukan penginapan di sekitar Jendela Alam bisa mengunjungi The Green Forest Resort yang berada di Jalan Sersan Bajuri No.102, Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559.

Jarak tempuh The Green Forest Resort dari sekitar 8 menit perjalanan. Untuk tarif penginapan di The Green Forest Resort ini mulai dari Rp 570.000 sampai dengan Rp 760.000 per malam sesuai paket penginapan yang kita inginkan. Kita juga bisa reservasi penginapan terlebih dahulu melalui nomor 02287802745.

Wisatawan yang berencana liburan ke Bandung terutama kawasan Lembang, wajib banget mampir ke Jendela Alam. Tempat ini cocok dijadikan sarana edukasi bersama si kecil.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.