setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Air Terjun Kedung Gupit, Pesona Petualangan Alam di Sudut Bojonegoro

Air Terjun Kedung Gupit Bojonegoro

Cukup banyak destinasi wisata air terjun di Bojonegoro, salah satunya yang menarik adalah Air Terjun Kedung Gupit atau biasa di sebut air terjun Krondonan.

Air Terjun Kedung Gupit merupakan salah satu air terjun yang sangat bagus dan memiliki keindahan bak Nirwana yang mempesona.

Terletak di kawasan perbukitan, air terjun Kedung Gupit merupakan destinasi wisata yang berlokasi di Desa Krondonan Kecamatan Gondang, Bojonegoro.

1. Sekilas Tentang Air Terjun Kedung Gupit

Ternyata potensi wisata alam di Kabupaten Bojonegoro tak bisa diremehkan. Terbukti dengan adanya kawasan wisata air terjun Kedung Gupit yang punya pesona luar biasa.

Bahkan Kedung Gupit atau biasa disebut dengan Krodonan termasuk air terjun Bojonegoro yang menjadi andalan. Tak heran jika banyak traveller yang penasaran dengan destinasi yang satu ini.

Lokasi air Terjun Kedung Gupit alias air terjun Krondonan ini berada di sekitaran wilayah perbatasan antara desa krondonan Kecamatan Gondang dan desa Gayam Kecamatan Sekar. Namun akses menuju ke lokasi air terjun Bojonegoro ini lebih mudah melalui Desa krondonan.

Karena alasan tersebut lah, banyak orang yang menyebut air terjun ini dengan nama air terjun Krondonan Bojonegoro. Jarak tempuhnya sekitar 50 km jika kalian ukur dari pusat kota Bojonegoro.

Memang cukup jauh ya, karena Kecamatan Gondang maupun Sekar merupakan wilayah kecamatan yang berada di paling ujung selatan Bojonegoro, tepatnya berdekatan dengan Kabupaten Madiun Jawa Timur.

2. Rute Menuju Air Terjun Kedung Gupit

Tak mudah, adalah kata pertama yang cocok dilontarkan ketika menuju ke air terjun Kedung Gupit. Sebab, kamu butuh fisik yang kuat untuk berjalan menyusuri rute wisata ini.

Untuk menuju ke sini kamu harus memarkirkan kendaraanmu di depan SMPN 2 Krondonan. Nah di Sekolah ini termasuk rute pos pertama yang harus kalian kunjungi untuk bisa sampai ke lokasi air terjun.

Wisata Menarik Lainnya :  Wisata Pura Luhur Poten, Kombinasi Keindahan Alam dan Budaya

Setelah itu, rute menuju pos selanjutnya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Kondisi tubuhmu harus benar-benar fit sebelum menuju ke sini, karena kamu harus berjalan kaki menyusuri jalan yang cukup terjal.

Perjalanan pertama yang ditempuh lumayan jauh sekitar 1,5 hingga 2 km. Kamu akan menyusuri jalan setapak hingga menemui hamparan sawah yang cukup luas.

Nah, untuk kalian yang lelah berjalan, di sekitar lokasi ada beberapa rumah-rumah warga yang menjual makanan dan minuman. Sambil beristirahat, kamu bisa menikmati pemandangan sawah yang terbentang luas.

Berpetualang ke Air Terjun Kedung Gupit Bojonegoro
foto: instagram.com/iwawing/

Melanjutkan perjalanan selanjutnya, setapak langkah demi langkah, kalian akan menghampiri sebuah sungai kecil. Dari sini perjalanan mulai menyenangkan karena pelancong akan dibawa untuk menyebrangi sungai tersebut.

Sungainya cukup dangkal dengan arus yang tak terlalu deras. Jadi bagi kalian yang nggak bisa berenang, nggak usah khawatir terbawa arus ya. Santai saja dan nikmati sungai yang sangat natural tersebut.

Setelah menyebrangi sungai, kamu akan bertemu dengan rute jalur bebatuan. Jalannya cukup licin, jadi keseimbangan tubuhmu memang diuji di rute ini. Apalagi jika musim hujan tiba, pelancong harus ekstra hati-hati untuk melewati rute ini.

3. Daya Tarik Air Terjun Kedung Gupit

Dalam rute perjalanan menuju air terjun Kedung Gupit ini, traveller sudah disuguhkan dengan berbagai pemandangan alam yang menarik.

Mula dari gemerciknya arus sungai dengan bebatuan, tebing-tebing yang dihiasi pepohonan serta bentangan sawah yang luas akan memberikan rasa relax yang akan merefresh otak kalian.

Setelah berjalan sekitaran 7 sampai dengan 10 menit kalian akan mulai melihat tujuan lokasi wisata Air Terjun tersebut. Hal ini ditandai setelah belokan tebing pertama akan terdengar suara gemercik guyuran air yang menghantam kebawah menuju bebatuan.

Spot foto Air Terjun Kedung Gupit Bojonegoro
foto: instagram.com/daryantoputra/

Air Terjun Kedung gupit berada di balik bukit tersebut letaknya persis di sudut bukit mirip ujung jalan buntu. Dari jarak yang cukup jauh curah air terjun akan tampak hanya segaris.

Wisata Menarik Lainnya :  8 Pantai Terbaik di Ko Phi Phi Thailand

Namun begitu didekati baru jelas bahwa air yang turun menyerupai hujan melebar dari tebing setinggi kurang lebih 7 sampai dengan 8 meter tersebut.

Untuk lebih dekat menuju ke air terjun Kedung Gupit yang menawan bak Nirwana surga yang indah dengan dinginnya air, kalian harus memanjat bebatuan yang cukup besar untuk menjadi tumpuan.

Bebatuan yang berada di bagian tengah berstruktur kesat dan bebas dari lumut, hal ini dikarena bebatuan tersebut sering terkena sinar matahari jadi lebih aman untuk di naiki.

Berbeda dengan bebatuan yang berada di pinggir-pinggir lokasi Air Terjun Kedung Gupit. Karena jarang terkena pancaran sinar matahari, bebatuan menjadi cukup licin dan sering ditumbuhi lumut hijau.

Bagi kalian yang suka dengan permainan wisata air dan sedikit petualangan alam terutama di bebatuan dan sawah, lokasi Air Terjun Kedung Gupit ini sangat cocok untukmu karena dapat memicu adrenalin.

Pesona Air Terjun Kedung Gupit Bojonegoro
foto: instagram.com/eksotisbojonegoro/

Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti jika kalian ingin bersenang-senang dengan bermain air disana.

Dinginnya air, segarnya udara serta pemandangan alam bukit hijau yang disajikan sangatlah menggugah keceriaan. Juga pastikan dengan kondisi tubuh yang sangat fit dan optimal karena sangat disayangkan apabila kalian berada disana tetapi tidak memanfaatkan keindahan alam yang luar biasa tersebut.

4. Tips Berlibur ke Air Terjun Kedung Gupit

Tips bagi kalian yang ingin berwisata ke air terjun Kedung Gupit alias air terjun Krondonan adalah jangan saat musim hujan. Karena lokasi air terjun yang dikelilingi oleh tebing-tebing yang cukuplah tinggi berbahaya jikalau terjadi kelongsoran.

Menurut pengakuan warga sekitar, air terjun tersebut merupakan satu-satunya jalan air dari desa krondonan dan sering terjadi banjir bandang.

Nah jadi bagi kalian yang suka berwisata air dan ingin menikmati air terjun di di Kota Bojonegoro jangan lupa untuk mengunjungi air terjun ini. Disamping pemandangan alamnya yang luar biasa indah sangat dipastikan bagi kalian akan terpukau dengan petualangan yang di lewati.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *