setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Bendungan Gerak, Sunset di Hamparan Air yang Luas Bojonegoro

Tempat Wisata bendungan gerak bojonegoro

Bendungan Gerak Bojonegoro kini tidak hanya untuk irigasi persawahan atau pembangkit tenaga listrik, tapi juga bisa dijadikan sebagai objek wisata Bojonegoro yang hits.

Di negara Indonesia tersedia banyak sekali Bendungan berskala besar dan terhitung jumlahnya ada sekitar 300-an. Baik itu berskala sedang, kecil, bahkan sampai berskala besar.

Bendungan tersebut, tersebar di seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, pemerintah terus membangun banyak bendungan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk irigasi persawahan.

1. Sejarah/Tentang

Pembangunan bendungan telah direncanakan sejak zaman kolonial Belanda. Hal ini dikarenakan waktu itu pemerintah penjajah mengalami kebangkrutan, sehingga pembangunan bendungan tidak diselesaikan.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh bagi masyarakat Bojonegoro setelah tersedianya bendung gerak ini.

Sejarah bendungan gerak bojonegoro
foto: instagram.com/bojonegoromatoh_/

Misalnya untuk memenuhi segala bentuk irigasi dan digunakan untuk kebutuhan industri air minum maupun industri migas.

Tidak sampai disitu saja, karena fungsi utama dari Bendungan Gerak Bojonegoro ini adalah sebagai pemenuhan kebutuhan air. Sayangnya bendungan ini mempunyai aktifitas penambangan pasir tidak terkendali.

Sementara hal tersebut dikawatirkan menimbulkan degradasi dasar sungai maupun elevasi dasar sungai yang menurun. Jika hal yang dikhawatirkan terjadi, maka bisa mengancam keberlangsungan bendungan gerak yang ada di Bojonegoro tersebut.

Dalam menghadapi masalah itu, maka pihak Balai Besar Wilayah Sungai di Bengawan Solo mengadakan kegiatan pembangunan GroundSiil.

Pembangunan tersebut memiliki tujuan agar dapat mengembalikan elevasi dasar sungai kebagian elevasi awal. Hal ini dilakukan sampai evaluasi dasar sungai stabil dan Bendungan Gerak menjadi aman.

2. Lokasi

Objek wisata Bendungan Gerak Bojonegoro berada di desa Nggringinrejo, Kalitidu, Kecamatan Trucuk Bojonegoro, Jawa Timur.

Wisata Menarik Lainnya :  4 Wisata Air Terjun di Bromo dengan Pemandangan Eksotis

3. Harga Tiket Masuk

Jika tertarik untuk berkunjung ke sini, bendungan gerak ini buka dari pagi hingga malam hari.

Untuk harga tiket masuknya yaitu sebesar Rp 11.000 untuk per orangnya. Apabila berkunjung ketika hari libur, maka sebaiknya datang di pagi hari agar tidak terlalu ramai.

4. Daya Tarik

Panorama bendungan gerak bojonegoro
foto: instagram.com/widi_purba/

Tentu saja obyek wisata bendungan gerak ini punya daya tarik yang menakjubkan. Salah satunya adalah sebagai berikut:

  1. Membelah Sungai Bengawan Solo
    Daya tarik pertama yang bisa dilihat ketika berkunjung ke Bendungan Gerak ini yaitu perihal keunikannya yang membelah Sungai Bengawan Solo. Hal ini pastinya memberikan rasa penasaran bagi para pengunjung untuk bisa menikmati suasana yang ada di sekitarnya.
  2. Bendungan Multifungsi
    Bendungan Gerak juga disebut sebagai bendungan multifungsi. Sebab, dapat digunakan untuk irigasi, pengendali banjir, kebutuhan rumah tangga, penyediaan air baku untuk industri, serta menjaga agar tidak terjadi kerusakan ekosistem di sungai Bengawan Solo pada saat banjir. Wajar saja apabila pembangunan bendungan ini menghabiskan dana lebih dari Rp 351 miliar.
  3. Dapat Menampung Air Hingga 13.000.000 Kubik
    Bendungan ini mempunyai tampungan sepanjang 50 km sehingga dapat menampung air hingga 13 juta kubik dan debit air 5.850 liter untuk per detiknya. Melalui pembangunan bendung inilah, petani yang berada di bantaran sungai Bengawan Solo terutama di bagian hulu atas Bendungan bisa meningkatkan produktivitas pertanian. Khususnya sebelum petani dapat melakukan tanam kedua kalinya dalam setahun.

5. Fasilitas

Panorama bendungan gerak bojonegoro malam hari
foto: instagram.com/dc_decestickers/
  1. Menikmati Suasana di Sore Hari
    Fasilitas yang ada di sana yaitu pemandangan disekitar sangatlah menakjubkan. Khususnya di sore hari. Bagi para wisatawan, biasanya akan datang di hari libur atau akhir pekan. Terlebih lagi jika debit air sungai yang ada di Bengawan Solo tidak terlalu banyak, maka para pengunjung dapat duduk bersantai di bawah Bendungan sambil menikmati kopi, teh atau cemilan.
  2. Tersedia Warung di Sekitar
    Semenjak Bendungan Gerak tersebut dibangun, masyarakat yang ada di sekitar pun juga mencoba meraih keuntungan dengan cara mendirikan warung. Mereka berjualan beraneka ragam minuman maupun makanan.
    Di beberapa warung juga menyediakan makanan seperti bakso, mie ayam, minuman, atau makanan kecil yang bisa untuk mengganjal perut. Jadi untuk kamu yang akan menghabiskan waktu di sana tak perlu merasa khawatir ya.
  3. Menyaksikan Aliran Sungai
    Apabila debit air yang ada di sungai Bengawan Solo sedang banyak, maka pengunjung tidak diperbolehkan berada di bawah Bendungan. Namun hanya diperbolehkan berada di atasnya saja sambil menyaksikan aliran sungai yang terpanjang di pulau Jawa tersebut.
Wisata Menarik Lainnya :  Green Bowl Beach, Surga Rahasia di Bali untuk Peselancar

6. Tips Saat Berkunjung

Apabila hendak berkunjung di Bendungan Gerak, disarankan untuk datang di sore hari supaya dapat melihat pemandangan yang begitu asri. Selain itu suasana alamnya pun juga terasa menyenangkan. Namun sayangnya saat siang hari lokasi ini cukup terik.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks