setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Bersantai di Bukit Tono Bojonegoro Sejenak Melepas Penat

Tempat wisata bukit Tono Bojonegoro

Bukit Tono (BuTon) berada di dekat jalan penghubung antara Nganjuk dan Bojonegoro. Wisata Bukit Tono Bojonegoro juga seringkali disebut sebagai Ujung Bukit atau Puthuk.

Bagi warga sekitar, mereka memang sudah menyadari bahwa bukit ini dapat dijadikan sebagai agrowisata yang mempunyai jumlah peminat cukup besar.

Oleh karena itu para pemuda yang ada di desa tersebut saling bekerja sama untuk mempercantik Bukit Tono dan menjadikannya sebagai salah satu objek wisata Bojonegoro yang indah. Meskipun sebelumnya Bukit Tono digunakan sebagai tempat untuk berladang.

1. Tentang/Sejarah

Bukit Tono pada awalnya diambil dari nama seorang yang tinggal di sebuah pos Perhutani di tahun 1984 hingga 1985. Waktu itu, lingkungan dan bukit yang ada di sekitarnya masih berupa hutan pohon jati yang begitu lebat.

Objek wisata bukit Tono Bojonegoro
foto: instagram.com/masedy80/

Sementara Tono berasal dari Kota Nganjuk dan menderita gangguan jiwa. Dirinya sering kali mengkonsumsi bekicot untuk dijadikan obat.

Setelah 6 tahun Tono mendiami bukit tersebut, penyakitnya pun sembuh. Hal inilah yang menjadikan para masyarakat mempercayai bahwa bekicot menjadi obat penawar gangguan jiwa.

Di balik hutan jati yang luas tersebut, masyarakat sekitar menjadikan bukit yang gersang menjadi lahan untuk bertani jagung.

Nah, setelah berubah menjadi hijau karena dirawat oleh warga sekitar, lokasi itu dijadikan destinasi wisata lokal dengan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Pada awalnya Bukit Tono memang hanya menjadi lahan perkebunan jagung para warga. Namun setelah itu dilakukan edukasi untuk warga setempat agar memanfaatkan lahan hijau tersebut dengan menyulapnya menjadi agrowisata.

Hal ini pun didukung para pemuda yang ada di Dusun Kadung. Setelah itu para pemuda mengembangkan Bukit Tono yaitu dari hanya lahan pertanian kritis yang begitu rawan bencana kini menjadi bukit yang sangat asri dan hijau yang terkenal dengan wisatanya.

Wisata Menarik Lainnya :  Lebih Dekat dengan Merapi di Bukit Klangon Sleman

2. Lokasi

Apabila ingin berkunjung ke lokasi wisata Bukit Tono, maka kamu dapat mencarinya di Dusun Kedung, Desa sambungrejo, Gondang, Bojonegoro, Jawa Timur.

3. Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki area lokasi wisata Bukit Tono maka para pengunjung hanya diminta harga tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang. Sementara untuk parkir motornya hanya Rp 2.000 dan parkir mobil Rp 5.000.

4. Daya Tarik

Spot foto wisata bukit Tono Bojonegoro
foto: instagram.com/ikibojonegoro/

Supaya dapat bersaing dengan tempat wisata yang lain, maka Bukit Tono melakukan beberapa hal seperti mengandalkan atraksinya supaya bisa menarik perhatian para calon pengunjung.

Berikut ini daya tarik yang bisa kamu temukan di bukit ini, diantaranya:

  1. Lembah yang Luas
    Daya tarik pertama yang bisa kamu temukan yaitu bentang alam yang berupa gugusan bukit hijau beserta lembahnya yang begitu sangat luas sejauh mata memandang. Ditambah lagi dengan fasilitasnya yang cukup mumpuni dan lengkap. Sehingga membuat para pengunjungnya merasa sangat nyaman.
  2. Spot Selfie
    Supaya pengunjung dapat pulang dan membawa kenangan yang begitu indah, maka tidak lupa Bukit Tono juga menyediakan spot selfie. Jumlahnya pun tidak hanya satu, namun ada banyak sekali dan semua spot tersebut sangatlah keren serta kekinian.
    Misalnya ingin duduk di sapu terbang, berperan seperti Harry Potter, menara pandang, pondok-pondok lucu, kupu-kupu atau dengan tema yang lainnya.
  3. Tersedia Tenda
    Jika para pengunjung ingin berkemah maka tidak perlu khawatir membawa tenda dan perlengkapannya. Para pemuda Desa telah mengelola dan menyediakan lahan yang luas bagi para pengunjung yang ingin bermalam atau berkemah.
    Saat bermalam di sana maka kamu bisa menikmati suasana yang begitu indah, melihat bintang dengan hamparan yang luas dan seolah-olah sedang berada di negeri atas awan ketika berkunjung di siang hari.
Wisata Menarik Lainnya :  Relaksasi Nyaman di Air Terjun Jumog Karanganyar

5. Fasilitas

Objek wisata bukit Tono Bojonegoro
foto: instagram.com/deffi_y.a.p/
  1. Tempat Bersantai
    Saat kamu ingin bersantai menikmati hijaunya bukit Tono, maka kamu hanya tinggal memilih tempat duduk yang sudah disediakan di sekitarnya. Angin sepoi-sepoi membuat suasana menjadi semakin tenang. Udaranya pun masih segar karena belum ada polusi udara.
  2. Mengabadikan Momen
    Fasilitas selanjutnya yaitu tempat berfoto yang tersedia di dalamnya sehingga kamu bisa menciptakan hasil foto yang menakjubkan dan pastinya bisa dipamerkan di media sosial mu lho.

6. Tips Ketika Berkunjung

Terdapat beberapa tips untuk berkunjung ke tempat wisata bukit ini, diantaranya:

  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen
  • Bawalah bekal makanan
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan sepatu
setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks