setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Watu Gandul Bojonegoro, Liburan di Tempat yang Unik dan Eksotis

Tempat wisata Watu Gandul Bojonegoro

Salah satu objek wisata alam yang sangat unik di Jawa Timur tepatnya di kabupaten Bojonegoro adalah Watu Gandul.

Destinasi wisata ini menjadi tempat wisata di Bojonegoro yang punya pemandangan eksotis. Bagaimana tidak, tumpukan bebatuan yang ada di sana, terbentuk secara alamiah. Ada satu batu berbentuk besar yang menggantung diantara tumpukan bebatuan yang lain. Itu adalah salah satu bukti jika batu-batu tersebut terbentuk secara natural.

Tempat wisata terdekat Bojonegoro ini masih sangat asri dan alami. Oleh karena itu, banyak pelancong yang penasaran dan tertarik untuk berkunjung ke lokasi ini.

Selain bebatuan yang menumpuk, di sekitar lokasi juga ada hal yang menarik. Salah satunya adalah rumah pohon dengan pemandangan yang menawan. Pengunjung yang datang bakal disuguhkan dengan panorama indah di sekitar bukit.

1. Tentang/Sejarah

Pemandangan alam Watu Gandul Bojonegoro
foto: instagram.com/gondangeksotis/

Watu Gandul sudah ditetapkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau Disbudpar sebagai Geopark Bojonegoro.

Untuk lokasinya berada di desa Sambungrejo dengan pemandangan yang sangat indah dan eksotis. Hal ini bisa dilihat dari beberapa deretan perbukitan dari batuan andesit yang berpadu dengan rimbunnya hutan maupun persawahan yang sangat hijau.

2. Lokasi

Lokasi dari Watu Gandul yaitu di desa Sambungrejo, Gondang, Bojonegoro, Jawa Timur.

Jika dari pusat Kota maka kamu akan menempuh waktu sekitar 90 menit perjalanan. Sementara itu, untuk kamu yang mengambil rute dari arah jalan raya Bojonegoro ke Nganjuk, bakal melalui rimbunan hutan jati yang ada di kawasan Gondang dan Temayang.

Nantinya sesampai di pertigaan Terminal Gondang bisa mengambil jalan lurus menuju pusat Kecamatan Gondang. Jika sudah berada di pertigaan, maka jarak tempuh Desa Sambongrejo adalah sekitar 6km atau bisa ditempuh dengan 15 menit perjalanan.

Wisata Menarik Lainnya :  Bukit Kingkong, Destinasi Wisata Keren di Bromo

3. Harga Tiket Masuk

Objek wisata alam Bojonegoro ini masih berada dalam tahap pengembanga, sehingga masyarakat setempat belum menetapkan harga tiket masuk alias gratis.

Pengembangan tersebut dilakukan supaya bisa menyediakan akses jalan yang baik dan layak bagi para pengunjung. Mereka juga akan mengoptimalkan pengelolaan yang lebih baik dan profesional.

Selain itu para pemuda Desa juga dikerahkan untuk menjaga dan melestarikan desa Sambungrejo tersebut. Mengingat bahwa sebagian dari masyarakat disekitar memang masih kurang sadar akan peluang wisata di di alam sekitarnya.

4. Daya Tarik

Spot Foto wisata Watu Gandul Bojonegoro
foto: instagram.com/lingkarjonegoro/
  1. Batu yang Berada di Puncak
    Daya tarik pertama yang membuat para wisatawan merasa penasaran untuk berkunjung ke Watu Gandul Bojonegoro ini adalah sampiran batu yang berada di atas batu besar. Batu tersebut seperti tertata menyerupai gapura yang seolah menyambut para pengunjung yang datang. Ditambah lagi dengan perpaduan warna batu beserta akar-akar pohon menjulur panjang dan pepohonan hijau yang ada di sekitaran bebatuan.
  2. Terdapat Batu Intermedit Vulkanik
    Watu Gandul semakin terlihat menakjubkan dan berbeda dengan objek wisata yang lainnya. Sebab, di sana ada batuan beku intermediet vulkanik. Kawasan lokasi wisata ini merupakan area perbukitan yang terdiri atas batuan beku intermediet vulkanik, yaitu andesit dan juga runtuh-runtuhan yang tersebar di lokasi wisata.
  3. Panorama Indah
    Daya tarik selanjutnya yang ada di Watu Gandul yaitu perihal panoramanya yang begitu istimewa dan siap memanjakan mata para pengunjungnya. Hal ini dikarenakan objek wisata ini terletak di daerah dataran tinggi. Tak heran jika panorama alam sekitarnya menakjubkan.
  4. Menantang Adrenalin
    Bagi kamu yang ingin menguji keberanian maka wajib mengunjungi Watu Gandul ini karena jalan menuju lokasi wisata hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan motor trail. Memang cukup melelahkan. Meski begitu, semua rasa lelah itu akan terbayar luas jika kamu sudah melihat indahnya bebatuan alami di watu gandul.
Wisata Menarik Lainnya :  Eksotisnya Green Kayen Condongcatur Sleman

5. Fasilitas

Ada beberapa fasilitas umum yang bisa digunakan ole pengunjung. Salah satunya adalah area parkir motor trail yang luas. Kemudian toilet umum yang bisa dimanfaatkan dan yang paling menarik adalah spot-spot fotonya.

Tiga bebatuan yang menggantung secara alami adalah salah satu spot foto yang instagenic Sebab, backgroundnya sangat terlihat natural.

6. Tips Berkunjung

Tips penting bagi kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata Watu Gandul ini adalah perhatikan cuaca.

Kamu, disarankan datang pada saat musim kemarau. Sebab jika musim penghujan tiba, maka jalan yang dilalui cukup licin dan terjal.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks