Menikmati Keindahan Danau Cantik di Situ Patenggang

Situ Patenggang

Bandung menjadi tempat pelarian paling nyaman untuk melakukan liburan keluarga. Banyak destinasi wisata di Bandung yang berhasil menarik perhatian para wisatawan dengan pesonanya yang begitu menawan.

Jika di Lembang dikenal dengan wisata taman hiburannya seperti Lembang Wonderland atau Jendela Alam, sementara di Pangalengan dikenal dengan wisata kebun tehnya yang menawan.

Di Ciwidey kita akan menemukan beberapa tempat wisata fenomenal yaitu Ranca Upas dan juga Situ Patenggang. Situ Patenggang ini merupakan sebuah danau cantik yang berada di kawasan Ciwidey dengan luas sekitar 45.000 hektar diatas ketinggian 1.600 mdpl. Danau Petenggang ini memiliki legendanya tersendiri.

Di jaman dulu ada seorang Pangeran bernama Kian Santang dan Dewi Rengganis. Mereka dipisahkan begitu lama hingga akhirnya dipertemukan ditempat tersebut. Dewi Rengganis pun meminta pada Kian Santang untuk dibuatkan danau dengan pulau kecil yang berada di tengah-tengah danau tersebut. Pulau tersebut kini diberi nama Pulau Asmara.

Banyak wisatawan datang dari berbagai daerah untuk menikmati suasana danau yang sangat meneduhkan. Bahkan banyak juga dari wisatawan menjadikan Patenggang ini sebagai destinasi wisata keluarga.

Alamat Situ Patenggang

Wisatawan yang ingin menikmati danau cantik ini bisa datang ke Patenggang, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973. Jika ditempuh dari Alun-Alun Kota Bandung, kita bisa menggunakan rute Jalan Leuwi Panjang menuju Jalan Soekarno Hatta. Dari sana kita masuk ke Jalan Wr. Lobak ke arah Jalan Situ Patenggang. Map klik disini.

Jarak tempuhnya dari Alun-Alun Kota Bandung sekitar 1 jam 20 menit perjalanan. Berada di kawasan Ciwidey membuat destinasi wisata ini mudah ditemukan. Terlebih, wisata danau Patenggang sendiri sudah dikenal luas oleh para wisatawan terutama wisatawan dari Bandung.

293588990 1176023723220619 6967706283972715113 n.webp
Instagram.com/wisatasitupatenggang

Harga Tiket Masuk Situ Patenggang

Wisatawan yang ingin berlibur ke Situ Patenggang ini akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orang. Kita juga akan dikenakan tiket terusan untuk menikmati beberapa wahana yang ada di sana. Tiket tersebut dibanderol dengan harga Rp 50.000.

Wisata Menarik Lainnya :  Curug Cibaliung: Destinasi Wisata Air Terjun dengan Sensasi Tidak Biasa

Kita juga akan dikenakan tarif parkir kendaraan yang ditaksir dengan harga Rp 2.000 sampai dengan Rp 10.000 tiap kendaraan. Memiliki harga tiket masuk yang terjangkau membuat Situ Patenggang ini selalu saja dipadati oleh para wisatawan.

Jam Buka Situ Patenggang

Situ Patenggang ini beroperasi setiap hari. Untuk jam operasionalnya sendiri mulai pukul 09:00 sampai dengan pukul 17:00. Memiliki durasi waktu operasional yang panjang tentu saja membuat pengunjung betah berlama-lama di Situ Patenggang.

Apa saja yang ada di Situ Patenggang?

Konsep utama wisata yang satu ini yaitu menikmati keindahan danau sambil menghirup segarnya udara perkebunan teh. Namun tidak hanya itu saja, disini juga menyediakan berbagai wahana yang bisa kita coba.

Wisatawan yang ingin menikmati pemandangan Bandung yang eksotis bisa duduk di tepi danau. Berada di atas Gunung Patuha menjadikan tempat ini menyuguhkan panorama yang begitu memukau. Biasanya banyak wisatawan datang pada pagi hari untuk menikmati danau diselimuti dengan embun.

Selain itu, di Situ Patenggang juga kita bisa menaiki perahu untuk mengelilingi danau. Di sana terdapat sebuah mitos bahwa siapa yang ingin memiliki hubungan langgeng bisa memutari Pulau Asmara bersama pasangannya.

Tidak hanya menggunakan perahu saja, wisatawan juga bisa menggunakan sepeda air atau bebek air untuk mengelilingi Situ Patenggang tersebut. Biasanya, aktivitas ini memakan waktu sekitar 20 menit.

Selain Pulau Asmara, Situ Patenggang ini memiliki Batu Cinta yang dipercaya sebagai tempat pertemuan antara Kian Santang dan Dewi Rengganis. Layaknya Pulau Asmara, Batu Cinta juga dipercaya untuk mengawetkan hubungan sepasang kekasih.

Beragam aktivitas lainnya yang bisa kita temukan di Situ Patenggang yaitu piknik, memancing, berjalan-jalan ke area kebun teh, dan masih banyak lagi.

Kita juga bisa mampir ke Resto Pinisi dengan konsep kapal Pinisi yang sangat besar. Berbagai spot foto bisa kita temukan di sana. Resto Pinisi ini menyediakan berbagai hidangan seperti nadi goreng, nasi campur, kentang mustafa, ayam bakar, dan masih banyak lagi. Untuk harga menu makanannya dibanderol dengan tarif terjangkau yaitu sekitar Rp 8.000 sampai dengan Rp 38.000.

Wisata Menarik Lainnya :  Fasilitas, HTM, dan Rute Menuju Tlogo Putri Kaliurang

Fasilitas

Beberapa fasilitas menunjang yang ada yaitu gazebo, spot foto, kursi taman, foodcourt, pusat oleh-oleh, toilet, musala, lahan parkir dan masih banyak lagi.

Wisatawan yang ingin melakukan penginapan di sekitar Situ Patenggang bisa mengunjungi eMTe Highland Resort yang berada di Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973. Jarak tempuhnya sekitar 15 menit perjalanan.

Untuk tarif penginapan nya dibanderol mulai dari Rp 500.000 sampai dengan Rp 810.000 per malam sesuai paket penginapan yang kita inginkan. Kita juga bisa reservasi terlebih dahulu melalui nomor 082117144217.

Wisatawan yang merencanakan liburan ke Bandung, bisa banget mampir ke Situ Patenggang. Datang ke sana bersama keluarga dijamin lebih menyenangkan.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.