Wisata Air Terjun Madakaripura, Sangat Indah dan Penuh Misteri

Wisata Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura merupakan kawasan wisata alam Gunung Bromo yang memiliki pesona magis tersendiri.

Tidak hanya terkenal dengan keindahannnya, kawasan wisata alam Gunung Bromo juga menyimpan begitu banyak obyek yang penuh mitos dan misteri.

Salah satunya adalah Air Terjun Madakaripura. Destinasi wisata air terjun kawasan Gunung Bromo ini, pesona magisnya sering membuat wisatawan makin penasaran dan tertarik untuk berkunjung ke tempat ini.

1. Kisah Air Terjun Madakaripura

Penamaan Air Terjun Madakaripura merupakan gabungan tiga kata. Pertama berasal dari nama Mahapatih paling terkenal pada era Kerajaan Majapahit yaitu Gajah Mada. Sedangkan yang kedua, Kari memiliki arti peninggalan. Kemudian yang ketiga, Pura bermakna semedi atau sembahyang.

Jadi secara lengkap, nama tersebut bisa diartikan sebagai Mahapatih Gajahmada yang meninggal saat sedang semedi. Hal ini sangat selaras dengan cerita yang berkembang di tengah masyarakat setempat.

Dikisahkan, mahapatih yang telah berhasil menyatukan seluruh kawasan nusantara itu menghabiskan masa tuanya di air terjun tersebut. Bahkan konon ketika beliau wafat, jasadnya ikut muksa atau menghilang bersama jiwanya menuju alam keabadian.

Lokasi Wisata Air Terjun Madakaripura
Foto : instagram.com/dannytrz/

Berdasarkan cerita inilah kemudian air terjun tersebut diberi nama sebutan Air Terjun Madakaripura. Selain itu untuk menguatkan kisah sejarah ini, di sekitar area air terjun dibuatkan patung Mahapatih Gajahmada dalam ukuran yang sangat besar.

2. Lokasi Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura terletak di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, semua bisa mengakses obyek wisata alam dengan pemandangan alam yang sangat cantik ini.

Apabila menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan dapat diawali dari Probolinggo dan ambil jalan menuju Bromo di jalur Tongas. Setelah sampai di pertigaan Sukapura, langsung belok ke kanan sampai Pasar Lumbung dan belok lagi ke kanan.

Wisata Menarik Lainnya :  Pesona Air Terjun Kedung Maor Bojonegoro yang Indah

Lalu jika memilih transportasi umum, awali perjalanan dari Terminal Probolinggo dan naik angkutan jurusan Desa Lumbung. Setelah itu ganti angkutan lain dengan jurusan Bromo dan berhenti persis di depan gerbang masuk air terjun.

3. Harga Tiket Air Terjun Madakaripura

Harga tiket masuk ke kawasan wisata ini tergolong murah, hanya Rp. 22.000 saja per wisatawan. Jika menggunakan kendaraan pribadi, ditambah ongkos parkir Rp. 5.000 untuk motor dan Rp. 15.000 bagi mobil.

4. Daya Tarik Air Terjun Madakaripura

Daya Tarik Wisata Air Terjun Madakaripura
Foto : instagram.com/sjoerdbracke/

Dari area parkir, untuk menuju titik utama Air Terjun Madakarpura harus jalan kaki  sekitar 1 jam dengan medan yang cukup berat serta merasakan hawa dingin sekitar serta air yang meloncat-loncat ke tubuh. Apalagi saat musim hujan, jalannya makin licin karena banyak yang ditumbuhi oleh lumut. Karena itu siapkan sepatu atau sandal khusus agar tidak mudah jatuh atau tergelincir.

Saat perjalanan menuju ke objek wisata air terjun Madakaripura sangatlah indah dan memanjakan mata dengan pemandangan pohon-pohon besar, udara yang segar dan juga melewati sungai-sungai kecil. Pengunjung harus berjalan sedikit lebih jauh untuk dapat menikmati air terjun utamanya dengan menaiki tebing yang cukup licin dan sempit.

Meski butuh perjuangan berat untuk mencapai obyek wisata ini, tapi semua rasa lelah langsung hilang seketika saat menyaksikan pemandangan yang ada di hadapan mata.

Berada di ketinggian sekitar 1.000 mdpl, obyek wisata alam bertema air terjun ini selalu menghadirkan suasana sejuk dan segar bagi setiap wisatawan yang datang karena rimbun oleh aneka pepohonan.

Lebih dari itu, Air Terjun Madakaripura adalah air terjun dengan bentuk yang sangat unik tiada tanding. Aliran airnya melingkar mirip dengan gua dan memiliki ketinggian 200 meter dengan luas kurang lebih 25 meter menjadikan seperti berada di dalah sebuah botol.

Di seluruh Indonesia bahkan dunia, mungkin hanya air terjun ini saja yang punya penampakan menakjubkan seperti itu.

Keindahan Wisata Air Terjun Madakaripura
Foto : instagram.com/belle__famme/

Jatuhnya air ini tidak jauh berbeda dengan air hujan yang menyebar di setiap penjuru arah. Jadi sangat dianjurkan membawa mantol hujan atau minimal payung sebelum datang ke sini. Memang sedikit merepotkan, tapi ini merupakan langkah terbaik agar bisa menikmati segala keindahan di area wisata ini secara lebih optimal.

Wisata Menarik Lainnya :  Pesona Wisata Telaga Sarangan Magetan Cocok untuk Liburanmu

Tips lainnya, waktu terbaik untuk datang ke Air Terjun Madakaripura adalah pagi hari karena suasananya terasa lebih syahdu dan menghanyutkan perasaan.

5/5 - (1 vote)
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.
Avatar for Setapak Langkah
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...