setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Puncak B29, Tempat Menikmati Keindahan Negeri di Atas Awan Bromo

Puncak B29 Bromo

Puncak B29 memiliki julukan sebagai negeri di atas awan dari gunung Bromo karena keberadaan awan putih yang bergumpal-gumpal seperti tumpukan kapas raksasa yang melayang.

Kurang lengkap rasanya ketika mengadakan acara liburan di Kawasan Gunung Bromo namun tidak singgah di Puncak B29.

Nama asli destinasi ini adalah pucuk songolikur atau puncak dua puluh sembilan, lalu disingkat dengan nama Puncak B29. Disebut demikian karena lokasinya memang berada di ketinggian 2.900 mdpl kawasan gunung Bromo.

1. Pemandangan Alam Puncak B29

Pemandangan Puncak B29 Bromo
Foto : instagram.com/p/CGJli_cgncK/

Puncak B29 merupakan wisata alam berupa dataran tinggi yang ukuran luasnya hampir sama dengan ukuran luas lapangan sepak bola.

Saat menghadap ke arah barat, terlihat puncak Gunung Batok, Gunung Bromo beserta bukit savana yang bentuknya berupa hamparan rumput yang sangat luas.

Sedangkan di arah timur, yang terlihat paling jelas yaitu Gunung Lemongan, Gunung Raung dan Gunung Argopura.

Kemudian di sisi selatan, akan tampak dengan jelas puncang Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulai Jawa.

Lalu yang terakhir di arah utara, tampak puncak Gunung Welirang dan Gunung Arjuna.

Keindahan Puncak B29 Bromo
Foto : instagram.com/calvohelene/

2. Tiket Masuk Puncak B29

Agar bisa masuk dan mendaki ke Puncak B29, tiap wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk senilai Rp. 5.000 saja. Jika menggunakan kendaraan pribadi, ditambah ongkos parkir dengan nilai yang sama.

Sebagai catatan, dilarang menggunakan motor matic karena bisa menimbulkan bahaya saat dipakai untuk melalui jalan yang curam. 

3. Lokasi Puncak B29

Puncak B29 terletak di sebuah area yang menjadi bagian dari Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur persisnya di Desa Argosari, Kecamatan Senduro.

Wisata Menarik Lainnya :  Air Terjun Umbulan, Pesona Alam Indonesia

Karena itu jika ingin berkunjung, sebaiknya mengambil jalur perjalanan dari Kabupaten tersebut agar lebih mudah dan cepat sampai di tempat tujuan.

Setelah sampai di kawasan Gunung Bromo, wisatawan harus menggunakan kendaraan motor atau jeep untuk mencapai pintu dan gerbang pendakian. Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan kondisi jalan yang cukup terjal dan menanjak.

Bahkan ada sebagian yang tingkat kemiringannya mencapai 40 derajat dan penuh oleh tikungan. Untuk itu dibutuhkan kehati-hatian tingkat tinggi agar terhindar dari resiko jatuh atau tergelincir.

Siapkan pula air minum yang mencukupi, sehingga tidak mudah haus dan lelah dalam berpetualang di tempat ini.

4. Panorama Puncak B29

Setelah melewati medan yang sulit dan membuat tenaga jadi terkuras, dijamin setiap wisatawan akan merasakan bahwa tubuhnya bugar kembali setelah berhasil sampai di PuncakB29. Panorama alam yang terhidang di hadapan muka benar-benar luar biasa indah dan cantik.

Panorama Puncak B29 Bromo
Foto : instagram.com/easyvoyage/

Destinasi ini buka setiap hari selama 24 jam penuh tanpa henti. Namun apabila ingin memperoleh pemandangan alam yang lebih menarik dan sempurna, disarankan datang di pagi atau sore hari.

Pada pagi hari, wisatawan akan di sajikan pemandangan keindahan sunrise yaitu saat terbitnya matahari yang menyegarkan dari arah timur.

Sedangkan pada saat sore hari, wisatawan akan di sajikan dengan indahnya panorama Bromo sunset yaitu saat terbenamnya matahari di balik gunung Bromo dari arah barat.

Kedua peristiwa alam ini merupakan momen paling menarik untuk diabadikan dalam bentuk gambar foto atau rekaman video. Apalagi setiap sisinya merupakan spot yang sangat cantik dan tidak boleh terlewat begitu saja untuk pemotretan. Dapat dikatakan, membawa kamera atau smartphone merupakan suatu keharusan saat berada di sini. 

Wisata Menarik Lainnya :  28 Destinasi Wisata Alam Karanganyar Terbaik Tahun 2020

Jika berkunjung saat cuaca sedang cerah, pengunjung dapat menyaksikan pesona kaldera Bromo yang sangat luas. Kaldera ini merupakan lautan pasir gunung Bromo serta gunung Batok.

Kaldera Bromo yang terlihat merupakan bagian dari gunung Bromo purba raksasa yang termasuk dalam mega vulkano. Di sekeliling sekitaran kaldera akan tampak barisan perbukitan yang sangat menawan.

Terlebih lagi saat muncul awan putih yang bergumpal-gumpal seperti tumpukan kapas raksasa yang melayang-layang di angkasa luas. Keberadaannya membuat Puncak B29 sering mendapat julukan sebagai negeri di atas awan Bromo.

Di Indonesia, memang ada puluhan obyek wisata alam yang letaknya berada di suatu ketinggian dan mempunyai julukan yang sama. Meskipun demikian, Puncak B29 tetap mempunyai nilai keindahan dan keunikan yang lebih istimewa tiada banding. Karena itu sangatlah tepat dijadikan tujuan utama ketika berlibur di Provinsi Jawa Timur.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks