setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Gunung Widodaren, Spot Foto Keindahan Alami dan Tersembunyi

Gunung Widodaren

Dibanding destinasi wisata alam lain di kawasan wisata Gunung Bromo, Gunung Widodaren memang belum begitu dikenal.

Pesona keindahannya tidak kalah memikat hati bahkan bisa membuat siapa saja merasa semakin betah dan ingin berlama-lama di tempat ini. Apalagi untuk mereka yang tidak terlalu suka dengan keramaian.

1. Sekilas Gunung Widodaren

Gunung Widodaren merupakan obyek wisata alam yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Gunung Batok dan Gunung Bromo. Berada pada ketinggian sekitar 2.614 mdpl, gunung ini adalah bagian dari kaldera Tengger sekaligus bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Karena tempat wisata terdekat berupa puncak gunung ini tidak jauh dari lokasi gunung Bromo, akses pendakian ke puncak Gunung Widodaren juga sama dengan obyek wisata di kawasan Bromo lainnya, dapat melalui kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Malang dan Lumajang.

Demikian pula harga tiket masuk Gunung Widodaren juga sama, Rp. 29.000 di hari biasa dan Rp. 34.000 untuk hari Minggu dan hari libur.

Karena tempatnya masih jarang didatangi wisatawan, destinasi ini sangat cocok untuk wisatawan yang senang dengan suasana sepi. Kesan tenang dan damai selalu tercipta, karena tidak banyak orang yang berlalu lalang yang sering menimbulkan keramaian.

2. Spot Utama Wisata Gunung Widodaren

Setidaknya ada tiga spot utama yang paling menarik dijelajahi di Gunung Widodaren.

– Puncak Gunung Widodaren

Pertama tidak lain adalah puncak dari gunung ini sendiri yang pada zaman dulu sering dijadikan sebagai tempat bertapa oleh masyarakat Suku Tengger.

Puncak Gunung Widodaren
Foto : instagram.com/iwansetiawan27/

Puncak gunung tersebut tidak sebesar dan setinggi puncak Gunung Bromo, namun panorama alamnya tetap sama-sama mempesona dan makin terlihat sempurna saat pagi hari. Sunrise atau proses terbitnya matahari dari langit timur akan menjadi sebuah obyek menarik untuk pemotretan.

Wisata Menarik Lainnya :  Lebih Dekat dengan Merapi di Bukit Klangon Sleman

Dari puncak Gunung Widodaren kita juga dapat mengabadikan keindahan gunung Bromo dari spot terbaik. Beberapa sudut pandang pengambilan gambar dapat meningkatkan hasil jepretan yang luar biasa.

– Laut Pasir Gunung Widodaren

Spot berikutnya dinamakan Laut Pasir karena bentuknya memang berupa padang atau hamparan pasir seperti Pasir Berbisik di Gunung Bromo.

Laut Pasir Gunung Widodaren
Foto : instagram.com/ialonesnap1981/

Ukurannya tidak seluas Pasir Berbisik dari gunung Bromo, akan tapi tetap saja mampu membuat wisatawan merasa senang berlama-lama di area ini yang memiliki ketenangan tersendiri.

Di Laut Pasir Widodaren, pelancong bisa lebih bebas memuaskan hobi fotografinya karena nyaris tidak ada orang yang berlalu lalang terlalu ramai di setiap tempat. Setiap lokasi dapat dijadikan spot foto karena memiliki nilai seni dengan hasil yang sangat menakjubkan.

Paduan antara warna hitam pasir yang berombak dan langit dengan warna biru pasti akan menghasilkan gradasi gambar hasil jepretan yang begitu cantik nan indah.

– Ceruk atau Goa Widodaren

Lanjut ke spot ketiga berupa ceruk yang oleh masyarakat setempat dinamakan sebagai Goa Widodaren.

Goa Widodaren Gunung Widodaren
Foto : instagram.com/yogikgarasakan/

Untuk mencapai lokasi Goa Widodaren, wisatawan harus berjalan kaki lebih dulu sekitar 45 menit dengan kondisi medan yang agak menanjak.

Bagi yang belum berpengalaman, mungkin tanjakan ini bisa menimbulkan kerepotan tersendiri. Dibutuhkan energi besar untuk melaluinya, namun pada sisi yang lain bisa dijadikan pelajaran atau pengalaman saat ingin berpetualang di tempat wisata lain yang lebih ekstrim dan menantang.

Kemudian setelah sampai di mulut gua, wisatawan akan menemui patung yang sering dijadikan sebagai media pemujaan. Dari sini dapat langsung masuk dan di dalam goa atau ceruk ini terdapat sebuah sumber mata air dengan air yang selalu sejuk mengalir, cocok untuk membersihkan dan menyegarkan wajah.

Wisata Menarik Lainnya :  Green Bowl Beach, Surga Rahasia di Bali untuk Peselancar

Lebih dari itu, sumber mata air ini juga dipercaya bisa membuat setiap orang menjadi awet muda dan mudah dipertemukan dengan jodohnya. Apalagi jika diminum secara langsung di tempat tersebut menurut mitosnya.

Tidak banyak yang dapat dilakukan dalam goa atau ceruk ini. Namun apabila tertarik untuk melanjutkan hobi fotografi, justru akan menjadi sangat menarik. Dijamin hasil pemotretannya akan terlihat dramatis dengan keberadaan sumber mata air tersebut.

Dapat dikatakan, Gunung Widodaren merupakan obyek wisata alam yang sangat kaya dengan spot foto maupun selfie. Karena itu pas untuk di jadikan tujuan perjalanan wisata. Jangan lupa singgah ketika mengadakan acara liburan di Gunung Bromo ya.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks