setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

7 Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia

Borobudur Temple

Tak hanya ragam budaya atau makanan, tempat wisata Indonesia yang mendunia pun selalu menjadi daya tarik  bagi para pelancong, terutama dari luar negeri. Jadi bukan hal baru ketika membahas bagaimana Indonesia menyimpan kekayaan alamnya yang menakjubkan.

Banyaknya daftar tempat wisata di Indonesia, mungkin akan membuat kalian memilih atau bahkan merekomendasikan lokasi wisata menarik di Indonesia. Misal saja, kepada kerabat atau rekan dari luar negeri.

Untuk itu, artikel ini menghimpun sejumlah destinasi wisata Indonesia yang mendunia sebagai referensi.

Tempat Wisata Indonesia yang Mendunia

Mulai dari Sabang hingga Merauke, Indonesia menyimpan berbagai destinasi wisata indah dan menarik.

1. Raja Ampat

Raja Ampat - Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
foto: instagram.com/lizzylis2.0

Mungkin bukan rahasia lagi, jika kawasan Indonesia Timur dikenal dengan lokasi wisata yang mendunia. Raja Ampat misalnya, kepulauan yang terletak di Papua Barat ini bahkan disebut sebagai yang paling lengkap di dunia.

Penetapan Raja Ampat sendiri berasal dari 4 pulau terkhusus yang mengerjakan lukisan batu kuno yakni Salawati, Batanta, Misool hingga Waigeo. Di kawasan ini, baik turis domestik maupun mancanegara bakal takjub dengan keindahan yang ditawarkan.

Selain itu, kepulauan ini juga mencakup luas hingga 4,6 jt hektar tanah serta laut. Termasuk, lebih dari 540 tipe karang, 1.500 spesies iman juga lebih dari 700 macam moluska.

Berdasarkan data dari The Nature Conservancy and Conversation International menunjukkan, jika sekitar 75% spesies laut dunia berada di pulau tersebut. Hal inilah yang mendasari Raja Ampat sebagai kepulauan paling lengkap tak hanya di Indonesia serta menjadi tempat wisata Indonesia yang mendunia.

2. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken - Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
foto: instagram.com/blackpacker__

Wisata Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah Taman Laut Bunaken yang  berada di Teluk Manado. Menariknya, kawasan ini memiliki 13 jenis terumbu karang yang berkembang dengan baik sekaligus didominasi oleh batuan laut lainnya.

Selain itu, ada pula terumbu karang vertikal yang menjulang ke bawah hingga kedalaman 50 meter. Ditambah, lebih dari 91 ragam ikan yang berada di kawasan tersebut membuatnya menjadi destinasi wisata laut yang menjanjikan.

Hal menarik lain yang menarik dilihat Taman Laut Bunaken adalah tersedianya fasilitas Scuba diving yang tersebar di 20 titik penyelamatan terbaik. Pemandangan ini akan sangat cocok bagi kalian yang hendak berlibur sekaligus memanjakan mata dengan taman laut yang menawan.

Wisata Menarik Lainnya :  8 Tempat Wisata Ciwidey Bandung yang Paling Hits

3. Nusa Penida Bali

Nusa Penida Bali - Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
foto: instagram.com/christianals

Bicara soal Bali, siapa yang tak mengenal Pulau Dewata ini. Bukan hanya pantainya, wisata budayanya yang menarik selalu membuat kawasan ini selalu menjadi favorit wisatawan mancanegara.

Terdapat banyak daerah di Pulau Bali yang menarik untuk dikunjungi, selain Pantai Kuta atau hutan monyet tentunya. Cobalah untuk singgah di Nusa Penida yang juga merupakan objek wisata paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Suguhan pemandangan tradisi dan budaya yang masih kental, ditambah pantai berpasir putih yang menarik di sini. Jika kalian senang snorkeling atau island hoping, maka Nusa Penida adalah pilihan yang sangat tepat. Bagi pengunjung yang senang fotografi atau sekadar ingin mengambil foto dengan latar yang baik, tempat wisata Indonesia yang mendunia ini menyediakannya sekaligus.

4. Pulau Komodo

Pulau Komodo - Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
foto: instagram.com/fera_fe

Menyebut Pulau Komodo jelas tak asing bagi masyarakat Indonesia, juga dunia. Komodo sendiri merupakan salah satu spesies kadal terbesar di dunia yang kini dilindungi dan hanya hidup di kawasan tersebut. Hal ini juga didorong dari semakin sedikitnya habitat komodo karena lingkungan.

Meski begitu, kawasan ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang ingin berwisata alam sekaligus satwa liar yang langka. Meski tak bisa berdiri dalam jarak yang dekat, kalian bisa melihat dalam jarak tertentu aktivitas komodo, cara hidup hingga makanan mereka.

Namun tenang saja, karena mesti hewan liar komodo di kawasan ini dijaga ketat oleh pengelola setempat agar dapat terjaga dan melindungi pengunjung dari serangan tiba-tiba. Pulau Komodo juga memiliki pesona pantai merah muda yang hanya ada tujuh di dunia serta menjadi tempat wisata Indonesia yang mendunia.

5. Danau Toba

Danau Toba - Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
foto: instagram.com/poswisatasumut

Danau Toba adalah danau terpanjang yang memiliki lebih dari 100 km dan lebar 30 km, juga kedalaman hingga 505 meter. Di tengah danau ini, terdapat sebuah pulau dengan nama Pulau Samosir, yang mana pengunjung bisa mengenal budaya juga suku batak sebagai suku asli di kawasan tersebut.

Fakta lain dari Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia, dan bahan disebut berbentuk dari letusan Gunung Toba yang dahsyat pada zaman dulu. Letusan inilah yang kemudian membentuk cekungan besar di sekeliling Danau Toba yang dilihat hingga saat ini.

6. Gunung Bromo

Gunung Bromo - Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
foto: instagram.com/urangulin.id

Berikutnya ada Gunung Bromo, salah satu gunung berapi aktif yang hingga saat ini dijadikan sebagai destinasi wisata yang ramai dikunjungi. Baik turis domestik maupun mancanegara, kerap menjadikan Gunung Bromo sebagai prioritas kunjungan mereka saat mendatangi Jawa Timur.

Wisata Menarik Lainnya :  Asyiknya Perjalanan Wisata Padang Rumput Savana Bromo

Untuk mencapai puncak Gunung Bromo, kalian memang perlu mengeluarkan tenaga yang cukup. Meski begitu, letihnya akan berbayar dengan pemandangan Gunung Bromo yang menakjubkan serta cuaca yang cukup dingin. Selain wisata alam, pemandangan yang tak boleh kalian lewatkan adalah upacara adat Kasada yang terjadi hanya saat bulan purnama.

Namun kerap juga, wisatawan menunggu momen matahari terbit di atas puncak. Ini adalah pemandangan favorit yang kerap membuat pengunjung berbondong-bondong menaiki puncak saat matahari akan terbit.

Tak hanya Gunung Bromo, pasir berbisik adalah kawasan yang sering didatangi. Pasir berbisik merupakan membentang keluar sekaligus membentuk garis lekung yang indah. Jika kalian mendekatkan telinga ke pasir tersebut, kalian akan mendengar suara atau desis halus layaknya bisikan.

Berpindah dari pasir berbisik, kalian bisa menyambangi sabana atau yang sering disebut Bukit Teletubbies. Tempat ini berada di daerah selatan Gunung Bromo, dan merupakan hamparan rumput dengan luas sekitar 10 km2. Meski terlihat seperti suasana gersang, pada dasarnya tempat ini sejuk. Melihat matahari terbit, padang pasir serta kemegahan kawah Bromo.

7. Candi Borobudur

Borobudur Temple
foto: instagram.com/worldtravel.bug

Siapa yang tak tau Candi Borobudur, tempat wisata Indonesia yang mendunia ini telah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Candi Borobudur masuk dalam destinasi wisata oleh banyak orang Indonesia. Tak hanya itu, candi ini juga selalu menjadi prioritas bagi turis asing saat akan menyambangi Indonesia.

Wisata sejarah adalah daya tarik utama dari kawasan ini, jadi tak heran jika kawasan ini nyaris tak pernah kehilangan pengunjung. Menilik sejarahnya, Candi Borobudur dibangun saat masa pemerintahan Samaratungga Dinasti Syailendra kala memimpin Jawa Tengah pada abad ke-9.

Mulanya Candi Borobudur memiliki sebanyak 504 arca Buddha yang duduk bersila lengkap dengan posisi sikap sempurna serta tangan yang memutar roda dharma. Patung relief selanjutnya dibangun sedemikian rupa agar mirip dengan rupa manusia yang menyerupai wanita, raja, dewi, hewan hingga manusia yang sedang bertapa.

Itulah 7 tempat wisata Indonesia yang mendunia dan banyak dijadikan pilihan prioritas turis saat berkunjung. Selain itu, terdapat banyak wisata lainnya yang menjanjikan di Indonesia untuk dikunjungi.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks