setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

50 Lokasi Wisata Solo dan Sekitarnya Yang Cocok Untuk Tempat Berlibur

Destinasi Wisata Solo dan Sekitarnya
Rate this post
Rate this post

Lokasi wisata Solo dan sekitarnya sampai saat ini masih termasuk dalam daftar tempat wisata yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia maupun turis-turis yang sedang berlibur ke Indonesia. Kota Solo terkenal akan budayanya yang tersimpan dalam Keraton Solo. Keraton Solo ini menyimpan banyak sejarah dan budaya yang berasal dari nenek moyang sejak jaman dahulu. Oleh karena itulah, salah satu kota yang berada di Jawa Tengah ini termasuk daerah populer yang cocok dijadikan untuk tempat berlibur.

Selain itu, kota Solo juga mempunyai tempat-tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi pada saat sedang liburan. Tempat-tempat wisata ini tidak hanya menyangkup wisata budaya saja namun juga pemandangan-pemandangan alam yang sangat menyejukkan dan dipercaya bisa memanjakan mata para pengunjung serta menenangkan pikiran sejenak.

Tempat wisata di Solo dan sekitarnya

Kota Solo termasuk salah satu daerah di Indonesia yang memiliki keberagaman tempat wisata. Disini, kamu bisa menemukan banyak tempat wisata yang bisa menjadi pilihan tepat untuk berlibur, baik dengan teman, keluarga, maupun pasangan.

Meskipun kesan yang diberikan cukup tradisional, tapi jangan salah, kota Solo juga memiliki destinasi wisata yang kekinian, terbaru, dan hits. Tentu destinasi wisata yang seperti ini akan sangat cocok untuk dikunjungi bukan?

Berikut tempat-tempat menarik sebagai destinasi wisata Solo dan sekitarnya:

Taman Balekambang

Lokasi Wisata Solo dan Sekitarnya
foto: instagram.com/dina_candra

Destinasi wisata Solo dan sekitarnya yang satu ini berlokasikan di Jl. Balekambang No. 1, Surakarta. Taman Balekambang merupakan taman yang dibangun langsung oleh Mangkunegoro VII pada tahun 1921 sehingga memiliki sejarah yang menarik.

Taman ini dikelilingi dengan pepohonan yang hijau nan asri hingga membuat suasana di sekitarnya akan terasa sejuk dan nyaman. Tempat seperti ini tentu akan cocok untuk kamu yang sedang merasa pikirannya sedang kelut sehingga membutuhkan tempat yang bisa menenangkan pikiranmu sejenak.

Selain itu, di Taman Balekambang juga terdapat beberapa spot foto yang bisa kamu manfaatkan untuk mempercantik feed Instagrammu.

Istana Mangkunegaran

Istana Mangkunegaran kerap dikunjungi oleh para wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri. Terdapat beberapa tempat di dalam istana yang bisa kunjungi, diantaranya adalah:

  • Ndalem Ageng
  • Keputren atau Balewarni
  • Pendopo Ageng
  • Pracomoyoso

Destinasi wisata Solo dan sekitarnya ini memiliki desain bangunan mewah klasik yang berarsitektur khas Eropa sehingga bisa kamu jadikan sebagai spot foto juga. Selain itu, untuk masuknya pun kamu hanya perlu menyiapkan biaya sebesar Rp. 10.000,00 saja untuk membeli tiket masuknya.

Istana Mangkunegara terletak di Jl. Ronggowarsito No. 83, Keprabon, kec. Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

The Heritage Palace

Wisata Solo dekat The Heritage Palace
foto: instagram.com/ritakusuma_hj

Alamat: Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah
Jam Buka: 09:00 s.d 16:00
Harga Tiket: Rp 35.000,- s.d Rp 65.000,-

The Heritage Palace merupakan museum yang menjadi tempat wisata di Solo hits masa kini. Museum sebagai destinasi wisata menarik berupa bangunan bekas pabrik gula yang telah tidak beroperasi lagi. Tempat ini mampu menarik perhatian para wisatawan karena nuansanya yang kental dengan Eropa klasik.

Kunjungi tempat wisata selfie terbaru di Sukoharjo, The Heritage Palace dengan beragam wisata menarik diantaranya menjelajahi museum seni 3D, Omah Walik (rumah terbalik), museum transportasi, dan area lainnya. Pengunjung juga dapat berfoto di spot-spot menarik dan bagikan fotonya di media sosial.

Kunjungi Juga: 7 Rekomendasi Wisata Solo Dekat The Heritage Palace

Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu
foto: instagram.com/frastika23_

Lokasi wisata yang bernama Grojogan Sewu Tawamangu ini terletak di Jl. Raya Tawamangu, Beji, Tawamangu, kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Untuk masuk ke tempat wisata yang satu ini kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 20.000,00 saja.

Dengan mengunjungi Grojogan Sewu Tawamangu, kamu bisa menikmati pemandangan air terjun yang menyegarkan dan sangat indah. Tempat wisata ini juga dikelilingi oleh tebing hijau yang terlihat asri dan cantik. Lokasi ini biasanya dipilih sebagai tempat liburan bagi orang-orang yang sedang menginginkan ketenangan.

Untuk mengakses lokasi wisata ini, kamu tidak perlu bersusah payah, karena lokasinya hanya berjarak sekitar 37 km dari kota Solo dan pengunjung dapat menempuh perjalanan menggunakan sepeda motor maupun mobil.

Pasar Antik Triwindu

Bagi kamu yang menyukai suasana pasar, kamu bisa mampir ke pasar antik triwindu pada saat berlibur. Pasar antik triwindu berlokasikan di Jl. Diponegoro, Keprabon, kec. Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

Sesuai dengan namanya, pasar ini menyediakan banyak sekali barang-barang antik. Namun, pastikan kamu sudah memilihnya secara jeli sebelum membeli barang-barang antik tersebut, karena mereka juga menjual barang yang sudah bekas meskipun bentuknya masih sangat bagus dan semakin terlihat antik.

Pandawa water world Solo Baru

Pandawa water world Solo Baru
foto: instagram.com/_claudiaayulestari

Sampai saat ini, waterpark masih menjadi lokasi wisata yang paling populer untuk dijadikan tempat liburan. Sebab, waterpark disebut-sebut lokasi wisata yang paling cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, atau pun pasangan. Hanya dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 80.000,00 saja, kamu bisa menikmati liburan yang menyenangkan di Pandawa water world Solo baru.

Nah, Pandawa water world yang berada di kota Solo ini cocok untuk kamu jadikan pilihan. Berbeda dengan waterpark lainnya, Pandawa water world Solo baru mengusung konsep tokoh perwayangan dan menghadirkan perpaduan konsep budaya dan nuansa modern. Inilah yang membuat lokasi wisata yang satu ini lebih menarik.

Wisata Menarik Lainnya :  Wisata Kawah Bromo, Penuh Keindahan Alam dan Keunikan Atraksi Budaya

Pandawa water world Solo baru terletak di Jl. Cemara Raya Gedangan, dusun 2, kec. Grogol, kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.

Taman Cerdas Jebres

Taman cerdas merupakan salah satu tempat wisata Solo dan sekitarnya yang dikatakan wajib untuk kamu kunjungi ketika berkunjung ke kota Solo. Karena taman ini sangat unik dan juga dipercaya dapat mengedukasi para pengunjungnya, maka dari itu taman ini diberi nama atau julukan taman cerdas.

Taman yang memiliki luas 2000 meter persegi ini terletak di Jl. Ki Hajar Dewantara RT 02/RW 25, kec. Jebres, Surakarta, Jawa Tengah.

De Tjolomadoe

Tempat wisata Solo dan sekitarnya yang satu dulunya adalah pabrik gula. Namun, sekarang tempat ini seakan-akan disulap menjadi lokasi wisata yang sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan. Di dalam tempat wisata yang bernama De Tjolomadoe ini, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat unik seperti mesin tebu raksasa, café besali, toko goela, dan tempat-tempat unik lainnya dengan desain interior yang mengagumkan.

Lokasi dari tempat wisata ini sendiri di Jl. Adi Sucipto No. 1, Paulan Wetan, Malangjiwan, kec. Colomadu, kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Tempat ini membanderol harga Rp. 25.000,00 untuk tiket masuknya sehingga bisa dibilang semua orang bisa mengunjungi tempat yang satu ini.

Destinasi Wisata di Solo Penuh Sejarah

Masjid Agung Keraton Surakarta

Wisata religi solo
foto: instagram.com/fathoni_hadi

Masjid Agung Keraton Surakarta merupakan salah satu masjid tertua di kota Bengawan ini. Letaknya berada di utara pasa klewer atau tepat di sebelah barat altar (alun-alun utara). Masjid ini merupakan bagian dari keraton kasunanan Surakarta. Wisata religi Solo yang penuh sejarah ini mempunyai keunikan lain selain dari segi bangunanya. Keunikan itu terletak di sisi utara dan selatan ketika memasuki gapura.

Masjid Alwustho Mangkunegaran

al wustho
foto: instagram.com/soloindonesia

Wisata religi Solo selanjutnya akan membahas soal masjid Al-Wustho yang kaya akan sejarah. Masjid ini dibangun oleh Kanjeng Gusti Adipati Mangkunegara I (1725-1795). Awalnya masjid ini memang diperuntukkan bagi keluarga kerajaan, namun lama kelamaan dibuka juga untuk masyarakat umum. Sebetulnya, nama masjid Al-Wustho ini baru digunakan pada tahun 1949.

Masjid Laweyan

Wisata religi Solo
foto: instagram.com/solozamandulu

Ternyata ada masjid yang lebih tua usianya dari masjid Al-Wustho. Tempat ini wajib untuk dikunjungi sebagai wisata religi Solo yang penuh sejarah. Masjid Laweyan berlokasi di Jl. Liris No1. Pajang Laweyan, Kampung Batik Laweyan, Dusun Belukan RT. 4 RW. 4, Kel. Pajang Kec. Laweyan, Surakarta. Dibangun pada tahun 1564 pada masa kerjaan Pajang dan jauh sebelum adanya kota Solo tahun 1745 Masehi.

Masjid Dalem Kalitan

wisata religi Solo
foto: instagram.com/bungpras99

Salah satu wisata religi Solo yang cukup terkenal adalah Masjid Nurul Iman atau biasa juga disebut dengan Masjid Dalem Kalitan, karena merupakan salah satu peninggalan mantan Presiden Soeharto. Dulu mantan Presiden RI ini menempati rumah dalem Kalitan yang berada di komplek masjid.

Masjid Sholikhin

Terakhir, setapak langkah akan mengajak kamu untuk mengunjungi wisata religi Solo yang satu ini. Namanya Masjid Sholihin yang lokasnya berada di Jl. Gajahmada No.97, Punggawan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. Ternyata, masjid ini juga merupakan masjid tertua di kota Bengawan. Di dalamnya, terdapat sebuah prasasti bertuliskan huruf jawa Hanacaraka. Jika dalam bahasa Indonesia, prasasti tersebut mempunyai arti perwakafan masjid pada tahun 1954.

Tempat Wisata Kuliner di Solo

Saat jalan-jalan ke Solo, anda pasti bingung mau makan apa. Ingin mampir di tempat makan yang satu, tapi takut kecewa dengan rasanya. Apalagi kaum-kaum traveler pasti juga mempertimbangkan budget agar tidak sia-sia.

Galabo

Galabo Kuliner Malam Solo
foto: instagram.com/dicky_herlambang.jr

Wisata Kuliner Malam Solo merupakan pilihan wajib bagi anda jika sedang mencari kuliner Solo yang terkenal. Di Jalan Mayor Sunaryo, anda bisa menemukan banyak wisata kuliner di malam harinya. Namun tidak pada siang hari. Di siang hari, jalan ini tetap berfungsi sebagai jalan raya. Namun malam hari, akan disulap menjadi tempat penuh dengan beraneka ragam makanan khas Solo.

Banyak tempat wisata solo dan sekitarnya yang menghadirkan sajian yang terkenal seperti teman setapak pilihkan sebelumnya di 7 Wisata Kuliner Solo yang Terkenal. Kamu akan menemukan sajian hidangan yang menggoyang lidah dengan sensasi dominan manis di kota ini.

Kuliner Sate Buntel Solo

Berbicara soal sate terutaman sate buntel Solo, Setapak Langkah punya beberapa rekomendasi kuliner sate Solo yang lezat. Jangan kaget, jika banyak warga lokal bahkan wisatawan dari luar daerah ketagihan untuk menyantapnya saat berkunjung.

Hidangan sate buntel merupakan salah satu daya tarik yang akan membuat kamu ketagihan. Cacahan daging yang dibalut dengan lemak akan membuat rasanya sangat lezat. Tak heran jika makanan ini menjadi favorit banyak orang. Kamu juga dapat memilih beberapa rekemendasi sate pilihan dari 10 Kuliner Sate Solo Bikin Nagih yang pernah ditulis sebelumnya di Setapak Langkah.

Angkringan Solo alias HIK (Hidangan Istiemewa Kampung)

Angkringan atau biasa orang Solo dan sekitarnya menyebutnya dengan HIK merupakan sajian wisata Solo dan sekitarnya dalam memenuhi perut lapar kamu. Sajian yang dihidangkan berupa nasi kucing, sate, gorengan dan tak kalah menarik adalah teh yang luar biasa nikmatnya dengan harga murah meriah.

Jangan pernah bilang kamu mengunjungi Solo jika belum mampir dan mencicipi HIK yang ada di sekitar trotoar jalan kota. Dengan bermodalkan Rp 10.000,- saja, kamu dapat makan kenyang. Coba deh kunjungi 10 Angkringan Solo Murah yang teman Setapak rekomendasiin saat berkeliaran malam hari di Solo.

Jajanan Hits Solo

Camilan enak dan lezat juga bisa kamu cicipi lho saat melakukan wisata solo dan sekitarnya. Ada banyak sekali jenis jajanan Solo yang bisa kamu coba dari jajanan tradisional hingga jajanan modern. Apalagi saat ini banyak varian yang membuat mu tak akan bosan untuk menikmatinya. Apa saja? Berikut setapak langkah punya rekomendasi jajanan yang lagi hits saat ini pada postingan 10 Jajanan Solo yang Lagi Hits.

Tempat Wisata Belanja di Solo

Melakukan aktifitas wisata Solo dan sekitarnya, tidak akan menarik jika tidak melakukan kegiatan belanja alias shopping dong. Secara di Solo ini banyak sekali tempat baju batik murah serta tempat grosir baju batik Solo yang banyak sekali untuk di sambangi.

Wisata Menarik Lainnya :  Pesona Wisata Air Terjun Kedung Peti Bojonegoro

Batik Danar Hadi

Batik Danar Hadi Solo
foto: instagram.com/danarhadi_id

Alamat (pusat) : Jl. Dr. Rajiman No.164, Kemlayan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta.

Toko batik di Solo sekaligus tempat produksi batik ini, didirikan sejak tahun 1967, oleh pasangan suami istri yaitu H. Santoesa Dullah dan Hj. Danarsih Santosa. Nama Danar Hadi sendiri merupakan gabungan dari nama ibu Hj. Danarsih dan ayahnya H. Hadipriyono.

Jika kamu seorang pecinta batik nih, pasti tak asing dengan Batik Danar Hadi. Produk batik ini sudah populer di dunia fashion Indonesia dan kerap kali ikut serta dalam ajang fashion show untuk mengenalkan karya – karyanya.

Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan
foto: instagram.com/herdik

Alamat : Jl. Dr. Rajiman No.521 Laweyan, Kecamatan Laweyan, Kaota Surakarta.

Kampung batik laweyan merupakan salah satu dari sekian banyaknya kampung batik yang ada di Indonesia. Kawasan ini menjadi kampung batik tertua yang ada di Solo.

Di sini kamu dapat belajar sejarah batik, beragam motif batik, hingga proses membatik. Selain itu, kamu bisa langsung membeli batik dari tempat produksinya.

Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman Solo
foto: instagram.com/adest.subiakta

Alamat : Kauman, Pasar Kliwon, Kota Surakarta

Sama halnya dengan Kampung Batik Laweyan. Kebanyakan warga lokal di Kampung Batik Kauman bekerja sebagai pengrajin batik. Sejak tahun 2006, Kauman menjadi kampung wisata batik.

Sebagai kampung wisata, di sini menyediakan tempat – tempat yang bisa dikunjungi, seperti rumah batik, showroom batik, tempat pelatihan batik, dan masih banyak lagi.

Pasar Klewer

Pasar Klewer Solo
foto: instagram.com/olantama

Alamat : Jl. Dr. Rajiman No.5A, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta

Bagi yang suka belanja pasti tau nih pasar Klewer. Pasar tekstil terbesar di Solo ini memiliki banyak kios yang menjual batik. Mulai dari kain batik, atasan batik dan rok batik bisa didapatkan di sini.

Pusat Grosir Solo (PGS)

Pusat Grosir Solo
foto: instagram.com/pgs_surakarta

Alamat : Jl. Mayor Sunaryo No.1, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta

PGS merupakan salah satu pusat beli batik di Solo yang cukup besar dan lengkap. Gedung dengan 5 lantai ini, terdapat kios – kios yang menjual batik. Kamu bisa membeli beragam produk batik secara eceran maupun grosir.

Beteng Trade Center (BTC)

Beli Batik di Solo BTC
foto: instagram.com/officialbtcsolo

Alamat : Jl. Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Pusat belanja di Solo tak hanya di Pasar Klewer dan PGS. Ada juga BTC yang terkenal sejak tahun 1992. Bangunan berlantai 2 ini, letaknya berdampingan dengan Pusat Grosir Solo.

Lantai dasar digunakan untuk pusat perdagangan kain. Lantai satu tersedia beragam tas dan sepatu. Sedangkan lantai dua untuk pusat perdagangan batik.

Lumbung Batik Solo

Lumbung Batik Solo
foto: instagram.com/lumbung_batik_laweyan_solo

Alamat : Jl. Agus Salim No.17, Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta

Destinasi belanja batik selanjutnya ada di Lumbung Batik Solo. Didirikan pada tahun 2010 oleh Koperasi Pamong Pengusaha Batik Solo atau PPBS. Sentra batik ini, kala itu diresmikan oleh Walikota Solo, Ir. Hj. Joko Widodo.

Lihat lengkapnya di : Rekomendasi 16 Spot Beli Batik di Solo

Tempat Wisata di Solo Dekat Stasiun Balapan

Solo merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak daya tarik pariwisata menarik dan patut di kunjungi di waktu yang senggang meski tanpa kendaaraan pribadi. Jika anda menggunakan transportasi umum, maka kota Solo Raya menjadi pilihan yang tepat karena memiliki akses transportasi umum yang sudah memadai misalnya bandara, terminal maupun stasiun.

Terkusus trasportasi kereta di bawah ini terdapat daftar rekomendasi wisata Solo dekat Stasiun Balapan yang dapat anda kunjungi selagi berwisata di Solo Raya, antara lain: Monumen Pers Nasional, Pura Mangkunegaran dan banyak lagi di 6 Rekomendasi Wisata Solo Dekat Stasiun Balapan.

Hotel dan Penginapan di Solo dan Sekitar Stasiun

Mengunjungi untuk wisata Solo dan sekitarnya mencari penginapan dekat stasiun Balapan memanglah hal yang lumrah saat berwisata di kota yang adem ini. Setelah seharian berwisata dengan alam, museum, air terjun dan segala keindahan tempat wisata di Solo, istirahat sejenak di hotel yang nyaman merupakan hal yang penting.

Check-in bersama pasangan maupun keluarga dapat mengembalikan kembbali tenaga yang seharian digunakan dalam bertualang. Temukan penginapan dengan budget minim tapi sangat baik untuk di sewa setelah lelah berwisata pada 10 Rekomendasi Penginapan Dekat Stasiun Balapan yang telah teman setapak tulis sebelumnya.

Keunikan dari Kota Solo

Salah satu kota yang berada di Jawa Tengah ini memiliki beberapa keunikan atau ciri khas yang sayang jika kamu lewatkan selain wisata Solo dan sekitarnya yang keren. Maka, simak dengan baik penjelasan dari keunikan-keunikan yang dimiliki kota tradisional yang satu ini:

  • Memiliki 2 nama sekaligus

Masih banyak yang tidak tahu bahwa Surakarta dan Solo adalah daerah atau tempat yang sama. Ya, meskipun nama Solo lebih familiar di telinga masyarakat, tapi kota ini juga memiliki nama lain yakni Surakarta.

  • Memiliki budaya yang masih dijaga dengan baik sampai sekarang

Solo juga merupakan salah satu kota di Indonesia yang masih menjaga dengan baik budaya yang mereka miliki. Kota Solo dengan sengaja melestarikan budaya-budaya yang mereka dapatkan dari nenek moyang pada jaman dahulu.

  • Memiliki 2 keraton

Selain itu, kota Solo juga memiliki 2 keraton yang berbeda, yaitu Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Mangkunegaran Surakarta.

  • Memiliki banyak makanan khas yang wajib kamu coba

Setiap daerah di Indonesia sudah pasti memiliki makanan yang bisa menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Begitu pun juga dengan kota Solo, kota ini juga memiliki beberapa makanan khas yang wajib kamu coba ketika mengunjungi kota yang indah ini.

Sampai disini saja pembahasan kita mengenai lokasi wisata Solo dan sekitarnya. Semoga artikel ini bisa membantumu yang sedang mencari tempat yang cocok untuk dijadikan tempat berlibur. Luangkan waktumu untuk berlibur supaya pikiranmu tidak selalu jenuh.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks