Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Berburu Batik di Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer Solo

Tidak hanya jadi tempat tujuan wisata, Pasar Klewer Solo pula menggambarkan simbol Kota Solo yang sudah berdiri semenjak jaman pendudukan Jepang.

Pasar klewer ialah sentra penjualan batik yang populer di Solom jadi cobalah menyempatkan waktu buat berbelanja batik untuk buah tangan.

Batiknya bagus – bagus dengan bermacam opsi motif serta yang sangat penting adalah harganya pula yang terjangkau terlebih jika pinter nawarnya.

1. Sejarah Pasar Klewer Solo

Sejarah Pasar Klewer diawali dari jaman pendudukan Jepang, tadinya pasar Klewer ialah pemberhentian kereta api yang digunakan penduduk setempat buat berdagang.

Dahulu, pasar itu bernama Pasar Slompretan yang diambil dari bahasa jawa “Slompret” yang maksudnya Terompet.

Diucap pasar Slompret sebab dekat dengan pemberhentian kereta api. Kala kereta api ingin berangkat membunyikan klakson yang mirip suara terompet.

Pasar Slompretan tadinya dijadikan tempat bagi pedagang – pedagang kecil yang menjajakan kain batik dengan metode menyimpan dagangannya di pundak pedagangnya.

Sebab benda dagangannya terlihat Kleweran (bahasa jawa buat menjuntai tidak beraturan) sehingga pasar tersebut dinamakan pasar Klewer hingga sekarang.

2. Lokasi dan Jam Buka

Pusat bisnis batik terbesar ini sudah kesohor sejak dulu, namun pasca kebakaran tanggal 27 Desember 2014 yang lalu pamornya mulai memudar walaupun sisi timur pasar tersebut sudah dibuka kembali oleh Bapak Walikota Solo tanggal 20 Januari 2015.

Pasar Klewer Solo Yang Baru
Pasar Klewer Solo Yang Baru

Proyek pembangunan kembali pasar klewer pasti memakan waktu lama, sedangkan para orang dagang direlokasi ke sebagian tempat penampungan. Sebagian pedagang di arahkan ke Alun- alun utara dekat Keraton & sebagian di dekat pasar.

Sekarang pembangunan relokasi pasar klewer sebagai pusat batik solo telah usai dan sebagian pedang telah kembali ke pasar yang berlokasi di Jl. DR. Radjiman No.5A Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57155 atau tepatnya dekat dengan area keraton Solo alias alun – alun utara kesultanan.

Wisata Menarik Lainnya :  6 Butik Di Jogja yang Cocok untuk Berburu Baju Lebaran

Sedangkan untuk jam buka Pasar Klewer Solo setiap harinya dimulai aktifitas dari waktu subuh dan akan mulai sepi saat mendekati jam 5 sore.

3. Aktivitas Asik di Pasar Klewer

Pasar Klewer Solo ini jadi pasar sangat modern diantara seluruh pasar yang terdapat di Solo. Alasannya, penampilan Pasar Klewer yang saat ini dilengkapi pula dengan keberadaan lift serta eskalator.

Berikut ini sebagian hal asik saat wisata belanja yang dapat kalian jalani dikala berada Pasar Klewer:

  • Puaskan Diri dengan Belanja
Belanja Batik di Pasar Klewer Solo
Belanja Batik di Pasar Klewer Solo

Buat Kalian yang sedang di Pasar Klewer, pastinya belanja terutama kain batik merupakan kegiatan yang tidak boleh kalian lewati. Pasar Klewer sebagai pusat batik Solo jadi incaran buat mencari berbagai rupa benda sandang. Harga yang ditawarkan cenderung terjangkau atau murah, serta dijual dengan harga grosir.

Tidak heran bila setelah itu di Pasar Klewer sering jadi pusat kulakan alias pusat beli baju grosir di Solo para orang dagang dari bermacam wilayah.

  • Mencicip Bermacam Kuliner Khas Solo
Kuliner di Pasar Klewer Solo
Kuliner di Pasar Klewer Solo

Sepanjang yang kita ketahuai tempat kulineran di Solo yang populer merupakan Pasar Gede Solo. Tetapi tidak banyak yang mengetahui, apabila Pasar Klewer pula sediakan bermacam – macam kuliner.

Terletak di lantai 3, yang merupakan posisi sangat atas Pasar Klewer Solo, ada aneka rupa kuliner yang lezat. Kamu dapat mencicip aneka kuliner khas semacam Selat Solo, maupun Dawet Selasih. Bagian atas pasar ini warung – warung berjajar seperti foodcourt. Tidak cuma santapan khas, santapan semacam bakso, es degan, soto serta nasi sayur dijual pula di tempat ini.

4. Tips Berbelanja Batik di Pasar Klewer Solo

Layaknya pasar pada umumnya, membeli di Pasar Klewer Solo juga harus pinter tawar menawar untuk banting harga. Sebab tidaklah jarang para penjual, menjual barang dagangannya dengan harga sedikit mahal bila diketahui pembeli bukan berasal dari Solo.

Berikut, sedikit tips untuk kamu yang mau menawar batik di pasar Klewer grosir Solo:

  • Senyum, senyum, serta senyum. Trik yang sangat simpel ini dapat jadi lebih jitu dibandingkan berjuta metode lain. Pasar memanglah posisi bisnis, tetapi orang dagang pasar pula manusia biasa yang kalah degan senyuman.
  • Jangan menawar benda yang telah dipasangi banderol harga ataupun yang ditawarkan dengan harga universal pasaran. Sekiranya cari tahu dahulu kisaran harga dari sahabat ataupun penduduk lokal.
  • Senantiasa sopan. Bila kamu galak, yakinlah orang yang menjual dagangan juga akan lebih galak. Cobalah sedikit tenang dan tertawa kecil tanpa menghina. Ini buat menampilkan kalau kamu memiliki pengetahuan tentang harga pasaran.
  • Pelajari kosa kata lokal. Bila kamu tidak bisa berbahasa Jawa, maka hapalkanlah sedikit tentang jual beli menggunakan bahasa jawa. Ingat peribahasa “masuk kandang kambing mengembik, masuk kandang ayam berkokok.”
  • Keluarkan selera humor kamu. Jurus jitu ini merupakan teknik dimana kamu merasa akrab atau kenal dengan pedagang. Tapi jangan sampai sok akrab juga lo y.
  • Mulailah menawar separuh harga. Bila langsung sukses, bagus. Bila tidak, lambat laun naikkan harga penawaran kamu hingga harga yang kamu bersedia bayar.
  • Bersiaplah buat meninggalkan toko dengan tangan kosong. Kala hadapi jalur buntu di mana orang dagang enggan menyetujui harga paling tinggi yang kamu siap bayar, tinggalkan toko ataupun lapak. Bila Kamu beruntung, orang dagang hendak memanggil kamu kembali dengan tawaran harga lebih rendah. Kebalikannya, kunjungi toko lain.
  • Bila Kamu mempunyai sahabat lokal, dapat diajak buat menemani kamu untuk berbelanja.

5. Wisata Dekat Pasar Klewer Solo

Berkunjung ke Pasar Klewer Solo belum lengkap kalau kamu belum berkunjung ke Masjid Agung Surakarta. Masjid ini berada persis di depan Pasar Klewer.

Kawasan Kasultanan Surakarta
Kawasan Kasultanan Surakarta

Masjid Agung Surakarta merupakan masjid yang ikonik di Kota Solo. Masjid ini cukup bersejarah dan sudah ada sejak jaman dahulu.

Wisata Menarik Lainnya :  Yuk! Jalan-jalan ke Kampung Batik Laweyan Solo

Tentu saja jika kamu berkunjung ke Pasar Klewer, Keraton Solo juga tak boleh terlewatkan untuk dihampiri. Lokasi yang memiliki nilai historis tinggi ini bisa kamu pakai untuk menyaksikan beragam benda peninggalan keraton di masa lalu, maupun benda-benda yang menjadi saksi perkembangan budaya di Kota Solo

Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *