Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Nikmat! 10 Kuliner Sate Solo ini Bikin Nagih

Kuliner Sate Solo

Tak dipungkiri bahwa Kota Surakarta merupakan salah satu kota surga kuliner yang menjanjikan. Banyak menu kuliner Solo yang lezat dan nikmat bisa kamu cicipi lho. Seperti nasi liwet, srabi notosuman, gempol pleret, soto kwali, sate lilit yang menggoda selera atau menu makanan lainnya.

Namun, jika berbicara soal sate, Setapak Langkah punya beberapa rekomendasi kuliner sate Solo yang lezat. Jangan kaget, jika banyak warga lokal bahkan wisatawan dari luar daerah ketagihan untuk menyantapnya. Apa saja? yuk simak.

1. Kuliner Sate Solo Mbok Galak

Kuliner Sate Solo
foto: instagram.com/lapertiaphari

Kuliner sate Solo yang pertama adalah ‘mbok Galak’. Berdiri sejak tahun 1980, tempat makan ini tak pernah sepi pengunjung. Hidangan sate buntelnya yang legend merupakan salah satu daya tarik yang akan membuat kamu ketagihan. Cacahan daging yang dibalut dengan lemak akan membuat rasanya sangat lezat. Tak heran jika makanan ini menjadi favorit banyak orang.

Pelancong tak akan menemukan menu sate buntel di daerah lain, karena sate ini merupakan khas Solo. Makanan ini akan disajikan bersama dengan kecap yang sudah diberi irisan bawang dan ditaburi dengan lada. Ada juga tomat atau sambal kacang sebagai pelengkap hidangan. Kalau kamu penasaran dan ingin mencobanya, datang saja ke lokasi sate mbok galak di Jl. Ki Mangunsarkoro no 122, Kec. Banjarsari, Solo.

2. Sate dan Tengkleng Pak Manto

Kuliner Sate Solo
foto: instagram.com/jajanandemen

Selanjutnya yang tak kalah legend untuk Kuliner sate Solo adalah Sate dan tengkleng pak Manto. Lokasinya berada di Jl. Honggowongso No.36 Sriwedari, kec. Laweyan, Surakarta. Ini adalah tempat makan favorit warga Solo bahkan banyak wisatawan dari luar daerah berbondong-bondong untuk datang mencicipi.

Menu favorite sate kambing pak Manto ini adalah rica-rica tengkleng. Paduan bumbu kecap yang lezat dan daging kambing yang empuk mampu membuat para pecinta kuliner ketagihan. Kalau kamu ingin menikmati sensasi unik lainnya, bisa juga coba sumsum tulang kambing lho. Rasanya tak kalah nikmat dengan sate dan tengklengnya.

Sementara untuk satu porsi menu tengkleng rica dihargai Rp. 50.000,-. Begitu pula dengan sate kambingnya yang dibanderol dengan harga Rp. 50.000,- . Warung ini buka mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 22.00 malam.

3. Kuliner Sate Solo Gawok

Kuliner Sate Solo
foto: instagram.com/eatventuresolo

Rekomendasi kuliner sate Solo selanjutnya adalah sate Gawok. Ada beberapa lokasi yang bisa kamu kunjungi untuk mencicipi sate ini. Pertama lokasinya berada di pasar Gawok, tepatnya di pojok Stasiun Gawok, kec. Gatak, Sukoharjo. Kedua berada di dekat pasar Kleco, Solo.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Kuliner Bogor Malam Hari yang Lezat Harga Bersahabat

Menu favorit pelanggan di warung ini adalah nasi goreng kambingnya yang mak nyus. Sate bakar yang dipadukan dengan nasi goreng dan bumbu kecapnya membuat menu ini istimewa.

4. Sate Kambing Asli Tambak Segaran

kuliner sate solo
foto: instagram.com/farist_n

Rata-rata menu makanan di Solo memang di dominasi dengan rasa manis. Begitu pula dengan kuliner sate Solo Tambak Segaran. Rasa manis itu tercipta dari bumbu kecap yang dibalurkan ke sajian sate. Tapi, untuk kamu yang suka pedas, bisa tambahkan sambal untuk menambah cita rasa makanan mu.

Tentu saja, menu yang laris di sate kambing tambak segaran ini adalah menu andalan sate buntel. Dagingnya sangat lembut karena dipilih dari kambing yang usianya masih muda. Lapisan lemak yang membungkus sate buntel tambak segaran ini menambah kenikmatan yang hakiki. Berbicara soal harga, memang harganya tak bisa dibilang murah ya tapi masih terjangkau. Satu porsi sate buntel dihargai dengan Rp. 60.000, sementara sate biasa dan tongseng harganya Rp. 50.000,-

5. Sate Kambing Pak Mesran

mesran
foto: instagram.com/andi_pramons

Menu andalan warung kuliner sate Solo pak Mesran ini adalah sate kambing mudanya yang menggoda selera. Tekstur dagingnya empuk dan tidak prengus seperti kebanyakan warung lainnya. Dipadukan dengan bumbu kacang dan kecap akan membuat rasanya semakin lezat.

Jangan lupa, di warung ini juga ada hidangan lainnya, yakni ada tongseng, tengkleng, dan jeroan yang nikmat. Penasaran ingin mencobanya? Datang saja ke Jl. Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta.

6. Sate Kambing-Buntel Pak Kasdi

kuliner sate solo
foto: instagram.com/yohan.wibowo.fg

Kuliner sate Solo pak Kasdi sangat cocok untuk para traveller yang menggunakan moda transportasi kereta. Pasalnya, letak warung sate ini tak jauh dari stasiun Balapan. Tepatnya berada di Jl. Monginsidi No.107, Kestalan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, 

Menu istimewa di tempat ini adalah sate kambing buntelnya yang nikmat. Namun, ada beberapa menu lainnya seperti tengkleng, tongseng, gulai, dan nasi goreng kambing. Nah untuk harga menu specialnya yakni sate buntel, para pelancong cukup membayar Rp. 18.000,- saja.

7. Sate Sapi Yu Rebi

Kuliner sate Solo
foto: instagram.com/jo_dith

Ini nih kuliner sate Solo legend selanjutnya, Yu Rebi menjajakan sate sejak tahun 1965. Awalnya, beliau menjajakan sate jeroan sapi keliling kampung hingga pada akhirnya tahun 1991 punya warung sendiri. Saat ini sate yu rebi sudah mempunyai 3 warung. Salah satunya berada di Jl. Kebangkitan Nasional No.2, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

Rasa sate jeroan Yu Rebi ini jangan di ragukan lagi, sangat jucy dan lezat. Dibumbui dengan sambel kacang dan kecap membuatnya semakin nikmat. Ada menu lain yang tak kalah unik dari warung ini yakni sate kere. Kamu tak boleh melewatkan sensasi makan sate ‘kere’. Bahannya sendiri berasal dari tempe gembus atau ampas tahu. Tekstunya empuk dan bikin nagih!

Wisata Menarik Lainnya :  9 Makanan Khas Rembang yang Ngangenin

8. Warung Sate dan Tengkleng bu Edi

Kuliner sate solo
foto: instagram.com/bimmyhpy

Selain kuliner sate Solo, ada juga olahan menarik lainnya tapi masih ada hubungannya dengan sate. Apa itu? Namanya tengkleng. Olahan daging kambing yang di masak seperti gulai tapi bedanya, tengkleng tak menggunakan santan. Nah, di Solo ada tempat yang cocok buat kamu mencicipi hidangan ini.

Warung sate dan tengkleng bu Edi, lokasinya ada di Wisata Kuliner Galabo Solo No.63, Jl. Mayor Sunaryo No.32, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon. Yang menjadikan menarik yaitu sate dan tengkleng bu Edi ini disajikan atas daun yang di pincuk.

9. Sate Pak Samin Keprabon

kuliner sate solo
foto: instagram.com/sate_paksamin

Di wilayah keprabon Solo ada satu warung yang yang fenomenal.  Nama warungnya adalah sate pak Samin. Warung sate ini sangat terkenal nikmat dan lezat.  Lokasi tepatnya ada di Jl. Imam Bonjol No. 3, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Surakarta. 

Menu yang disajikan beragam mulai dari sate, tengkleng, gulai dan nasi goreng kambing.  Yang paling dicari dari warung ini adalah menu gulai kambing nya.  Akan tetapi, gulai kambing ini berbeda dengan warung sate yang lainnya,  karena  di kuliner sate Solo Pak Samin menyajikan menu gulai goreng.  Jadi gulai tersebut dimasak menggunakan bumbu gulai pada umumnya.  Kuahnya akan dipisah tidak dicampur seperti hidangan gulai lainnya. Sementara itu untuk satu porsi gulai goreng ini dihargai dengan Rp. 24.000 saja.  Bagi Anda yang ingin menikmatinya, warung sate Samin Keprabon ini buka mulai pukul 8 pagi Hingga jam 3 sore.  Jadi jangan sampai kehabisan ya teman setapak. 

10. Sate Ayam Ponorogo pak Mangun

Kuliner sate Solo
foto: instagram.com/kuliner_asiksolo

Setapak Langkah akan mengajak kamu semua untuk menikmati sate ayam Ponorogo Pak Mangun. Warung sate ayam ini terletak di Jl.  Monginsidi No.  91 kestalan, kec. Banjarsari,  Surakarta. Usut punya usut sang pemilik dahulu kala menjajakan sate ayam Ponorogo ini dengan cara berkeliling kampung.  jika ingin membeli sate Ponorogo ini mereka harus mencari penjual dan berkeliling kampung.  oleh karena itu pemilik menyewa sebuah ruko di depan Stasiun Balapan Solo . Sehingga para penggemar sate ayam Ponorogo ini tak akan kesusahan untuk datang dan membelinya.

Tentu saja soal rasa warung sate ayam Ponorogo ini akan pernah mengecewakan pelanggannya. Teksturnya yang empuk dengan dibalut saus kacang yang lezat membuat Konsumen akan datang terus. Kuliner sate Solo yang satu ini juga cocok untuk anak-anak karena tempat makan yang nyaman dan bersih.

Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *