Mari Berkenalan dengan 5 Wisata Kuliner Legendaris Kediri yang Terkenal Enak dan Maknyus

Wisata Kuliner Legendaris Kediri

Kediri tidak hanya terkenal akan berbagi macam tempat wisatanya yang indah. Melainkan ada juga wisata kuliner legendaris Kediri yang turut serta memanjakan lidah para wisatawan. Pemilihan bahan dan bumbu rempah terbaik khas lokal mampu menghasilkan cita rasa yang khas dan tentunya menggugah selera.

Kalau kamu penasaran tentang rasa kuliner tersebut jangan lupa mampir saat berwisata di Kediri. Ajak pula teman atau keluarga agar semakin banyak orang yang tahu mengenai kelezatan makanan kota ini. Sekali-sekali lupakan coffeeshop atau restoran cepat saji. Cobalah menikmati kuliner dengan nuansa yang berbeda.

Jangan salah, kuliner zaman dulu tak kalah enak dengan kuliner zaman sekarang. Meskipun tahun telah berganti tetapi keaslian rasanya tak pernah pudar. Sebagai generasi muda sudah kewajiban kamu ikut melestarikan kuliner legendaris tersebut agar tidak hilang termakan usia.

5 Wisata Kuliner Legendaris Kediri

Sempat tergerus karena maraknya makanan cepat saji. Kini wisata kuliner legendaris Kediri mulai mendapatkan tempat di hati masyarakat. Hal ini tentu saja tak luput dari promosi gencar-gencaran yang dilakukan oleh para anak muda lewat media sosial seperti Facebook, YouTube, dan Instagram.

Beberapa warung makan yang dulunya tidak begitu dikenal. Sekarang ini sudah bertransformasi menjadi tempat makan populer dan favorit. Ingin tahu deretan warung makan tersebut? Informasi selengkapnya bisa kamu simak pada sub bab berikut ini.

Bli Puthu Gelato

IMG 20180221 193944
Sumber : Google Maps/Bli Puthu Gelato

Kuliner Legendaris Kediri itu tidak selalu tentang makanan berat. Bisa juga makanan ringan seperti es krim yang ada di Bli Puthu Gelato. Tempat ini adalah warung makan legendaris yang terkenal akan sajian kuliner es krimnya. Wisatawan yang datang ke Kediri pasti akan menyempatkan waktu untuk berkunjung ke kedai ini.

Keberadaannya sudah cukup lama dan masih tetap eksis sampai sekarang. Mulai dari tua hingga anak muda begitu menyukai cita rasa es krim di kedai ini. Dalam setiap gigitan kamu bisa merasakan sensasi manis dari potongan-potongan kecil dari buah. Dimana buah tersebut digunakan sebagai bahan utama untuk pengolahan es krim.

Buat kamu yang diet tak perlu khawatir. Es krim ini dibuat dari bahan susu rendah lemak yang mana tidak akan membuat tubuh kamu lebih cepat gemuk. Berat badan aman dan kamu bebas menyantap es krim sepuasnya.

Varian es krim yang dijual cukup beragam. Ada vegan ice cream, pie ice cream, brownies ice cream, dan ice cream cone. Untuk rasa es krimnya sendiri ada matcha, taro, kopi, kiwi, vanila, cokelat, alpukat, rhum raisin, stroberi, dan lain-lain. Selain es krim ada juga menu lainnya seperti lumpia dan siomay.

Rumah Makan 22

IMG 20220910 110615
Sumber : Google Maps/Fahmi Wahyudi

Kuliner legendaris Kediri selanjutnya ada Rumah Makan 22. Seperti namanya, menu yang disajikan memang tidak ada duanya. Semua makanan yang tersaji memiliki cita rasa nikmat, lezat, dan pastinya enak. Dijamin kamu bakalan ngiler waktu melihatnya pertama kali.

Menu makanan andalan di warung ini ada soto daging, rawon, sup buntut, dan gado-gado. Sementara untuk minumannya ada es campur. Harga makanan dan minumannya benar-benar terjangkau. Cocok buat para mahasiswa atau pelajar yang memang memiliki uang saku terbatas.

Jangan bayangkan bentuk bangunan yang mewah dan modern. Tampilan warung makan ini cenderung lebih sederhana dengan jejeran kursi dan meja yang sudah tertata rapi. Biasanya para pembeli akan memenuhi area tersebut kala jam makan siang tiba. Entah itu dari kalangan anak sekolahan, mahasiswa, atau pegawai kantoran.

Lombok Idjo Kediri

2020 10 13
Sumber : Google Maps/T W

Lombok Idjo Kediri menjadi salah satu warung makan favorit wisatawan ketika berkunjung ke Kota Kediri. Lokasinya yang berada di tengah kota memudahkan pengunjung menjangkaunya menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Bagi para pencinta makanan pedas wajib banget datang ke warung makan ini.

Sambal di sini terkenal luar biasa pedasnya. Kalau kata orang Kediri paling the best lah rasa sambalnya. Cobalah menikmati seporsi ikan nila dengan lumuran sambal lombok ijo di atasnya. Dijamin kamu bakal ketagihan dan ingin terus tambah. Lombok ijonya yang khas mampu menciptakan sensasi rasa pedas yang tak biasa.

Tidak hanya menyediakan ikan nila saja. Ada juga menu lainnya seperti cah kangkung, gurami bakar, iga bakar, sop buntut, mie goreng, mie bakar, dan lainnya. Dari semu menu tadi, iga bakar yang paling sering dipesan oleh pengunjung. Porsi yang lumayan gede dengan cocolan sambal ijo benar-benar bisa membangkitkan nafsu makan.

Soto Podjok

2019 03 07
Sumber : Google Maps/Andi_AM 80

Alamat : Jalan Dhoho No. 146 Setono Gedong, Kecamatan Kota, Kota Kediri, Jawa Timur 64129
Lokasi : Google Maps
Jam buka : 07.00 – 20.30 WIB

Soto Podjok menjadi salah satu tempat kuliner legendaris Kediri berikutnya yang wajib kamu kunjungi. Berdiri sejak tahun 1926, warung makan ini mampu bertahan di tengah arus perkembangan makanan cepat saji yang kian marak di Indonesia.

Untuk menemukan lokasinya terbilang cukup susah. Lantaran posisi warung makan ini berada di pojokkan perempatan Jalan Dhoho. Jalur tersebut merupakan penghubung Jalan Raden Patah dan Jalan Monginsidi. Tepatnya di daerah Setono Gedong, Kecamatan Kota, Kota Kediri.

Begitu menginjakkan kaki di sana, kamu akan disambut bangunan kuno yang tampak artistik. Bangunannya terlihat mencolok dibandingkan bangunan lain di sekitarnya. Pintu persegi panjang dan jendela besar yang posisinya hampir berdekatan adalah ciri khasnya. Jangan lupakan juga tulisan “Soto Ajam Podjok” di bagian atas bangunan ini.

Hal menarik lainnya dari warung makan ini adalah sambutan para pegawainya yang mengucapkan kata Dokkk”. Sebuah kode khusus yang ditujukan kepada para pengunjung bahwa pesanan soto miliknya siap dihidangkan. Bisa juga sebagai pertanda bahwa pramusaji akan segera mengantarkan pesanan kamu.

Soto di warung makan tidak seperti soto pada umumnya. Jika biasanya soto terkenal akan cita rasa gurih santannya. Lain hal dengan Soto Podjok yang mana disajikan bersama kuah bening tanpa santan. Sementara untuk sambalnya menggunakan sambal cabai rawit yang dihaluskan.

Ayam Panggang Bangi

2023 02 19
Sumber : Google Maps/Nanang H

Para pencinta ayam panggang tidak boleh melewatkan warung makan kuliner legendaris Kediri satu ini. Tak akan lengkap rasanya kalau kamu belum mencicipi ayam bakar yang ada di Ayam Panggang Bangi. Rasa pedasnya yang nikmat benar-benar bikin nagih.

Mengapa nama warung makan ini Ayam Panggang Bangi? Sebab namanya diambil dari nama dusunnya, yaitu Dusun Bangi yang terletak di Kecamatan Purwosari, Kediri. Pihak pengelola sengaja memilih nama tersebut agar mudah diingat.

Menu andalan warung ini adalah ayam panggang. Terbuat dari ayam kampung pilihan lalu dimasak bersama aroma arang yang khas. Pengunjung bisa memesan ¼ ayam panggang utuh lengkap dengan urap sayurannya.

Urap sayurnya terdiri dari taoge, kacang panjang, dan kangkung. Di bagian atasnya dilumuri parutan kelapa bersama bumbu-bumbu rempah pilihan. Seperti kencur, bawang putih, dan cabai rawit. Untuk minumannya ada sari temu lawak yang berguna sebagai penghilang rasa pedas.

Itulah deretan kuliner legendaris Kediri yang mungkin bisa menjadi referensi wisata kuliner kamu. Hampir semuanya menyajikan menu makanan dan minuman yang enak-enak. Kamu tinggal pilih saja sesuai selera. Soal harga tak usah kamu khawatirkan. Warung makan di atas menawarkan harga yang relatif terjangkau.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments