setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

7 Wisata Kuliner Solo yang Terkenal di Kalangan Wisatawan, Wajib Mampir!

Wisata Kuliner Solo yang Terkenal - Serabi Notosuman

Mencari rekomendasi wisata kuliner Solo yang terkenal, sudah bisa dipastikan anda sedang atau akan berkunjung ke Solo. Atau, anda sedang mencari sesuatu yang baru? Apapun sebabnya, anda tetap saja boleh membaca artikel ini.

Kota dengan slogan “The Spirit Of Java” ini memang menjadi rekomendasi kota wisata yang harus anda kunjungi jika anda berada di pulau jawa. Pasalnya, Solo ini hampir sebanding dengan Jogja yang terkenal dengan budaya, keramahan, makanan enak nan murah, dan juga keindahannya. Membahas kuliner, pasti semua orang tertarik dengan kuliner yang enak.

Tempat makan yang sudah pasti enak lebih sering dikunjungi orang daripada mencoba sesuatu yang baru dan belum tahu rasanya. Makanya, biasanya banyak orang yang tergerak karena penilaian dari orang lain.

Wisata Kuliner Solo yang Terkenal

Saat jalan-jalan ke Solo, anda pasti bingung mau makan apa. Ingin mampir di tempat makan yang satu, tapi takut kecewa dengan rasanya. Apalagi kaum-kaum traveler pasti juga mempertimbangkan budget agar tidak sia-sia.

Galabo

Galabo Kuliner Malam Solo
foto: instagram.com/dicky_herlambang.jr

Galabo Kuliner Malam Solo merupakan pilihan wajib bagi anda jika sedang mencari kuliner Solo yang terkenal. Di Jalan Mayor Sunaryo, anda bisa menemukan banyak wisata kuliner di malam harinya. Namun tidak pada siang hari. Di siang hari, jalan ini tetap berfungsi sebagai jalan raya. Namun malam hari, akan disulap menjadi tempat penuh dengan beraneka ragam makanan khas Solo.

Galabo ini merupakan singkatan dari Gladag Langan Bogan. Makanan khas serta jajanan Solo yang banyak dicari para pengunjung adalah sate kere dan juga Cabuk Rambak. Sate kere ini low budget dan tersedia varian daging sapi dan juga tempe gembus yang sudah dibacem, lalu dibakar layaknya sate biasanya. Lalu, cabuk rambak ini seperti lontong sambel yang sambelnya terbuat dari wijen.

Cafe Tiga Tjeret

Anda yang suka angkringan Solo namun memilih tempat yang lebih modern, cafe ini menjadi rekomendasi yang bisa anda coba kunjungi. Nuansanya temaram layaknya angkringan pinggir jalan. Harganya pun tergolong sangat murah karena berada di bawah RP. 10.000.

Anda bisa menemukan nasi teri, wedang jahe, wedang jeruk tape, dan menu lainnya. Wisata kuliner malam ini dibuka mulai pukul 22.00 sampai 01.00 dini hari.

Gudeg Margoyudan

Gudeg Margoyudan
foto: instagram.com/dolanwareg

Gudeg bukan hanya ada di Jogja saja, lho. Di Solo bisa anda temukan gudeg versi Solo. Gudeg Mergoyudan ini merupakan wisata kuliner malam, yang dibuka mulai pukul 01.30 dini hari sampai 05.30 pagi. Menu andalannya adalah gudeg ceker dan krecek. Gudeg ceker ini menjadi menu tercepat yang habis, jadi pastikan anda datang lebih awal untuk menyantapnya.

Wisata Menarik Lainnya :  9 Daftar Tempat dan Kegiatan Wisata Ungaran Semarang

Cekernya ini lembut dan empuk yang bisa anda nikmati tanpa merasa kesulitan untuk memakannya. Rasanya juga manis dan gurih yang membuat semua orang menyukainya. Karena ramainya pengunjung, gudeg Margoyudan cocok di sematkan sebagai kuliner Solo yang terkenal dong.

Serabi Notosuman

Serabi ini merupakan makanan dari tepung beras dan santan. Namun berbeda dari serabi biasanya yang dihidangkan dengan kuah santan, serabi ini dikonsumsi secara original atau tanpa kuah. Variannya ada yang original, coklat dan beragam lainnya yang sudah dikombinasikan dengan era modern.

Anda bisa membawa kuliner Solo yang terkenal ini sebagai oleh-oleh, dan dapat dijumpai di jalan Moh. Yamin No. 28 dari pagi hari hingga sore harinya.

Timlo Sastro

Timlo Sastro
foto: instagram.com/timlosastro.id

Anda bisa mencicipi sensasi jeroan, telur dan daging disajikan dalam satu mangkuk dan disiram dengan kuah panas. Kuliner Solo yang terkenal ini sekaligus sebagai kuliner khas yag bisa anda temukan saat berada di Solo raya. Rasanya segar dan cocok untuk menemani makan siang anda. Anda juga dapat menikmati musik keroncong gratis yang disediakan pihak rumah makan ini.

Tengkleng Bu Edi

Anda sudah pernah mendengar makanan Tengkleng? Tengkleng ini berasal dari tulang kambing dengan sisa daging yang masih menempel di tulang. Rasanya asam, segar dan gurih yang siapa sangka makanan ini adalah makanan orang miskin zaman dulu. Rasanya yang nikmat ini membuat makanan ini menjadi makanan khas yang banyak digemari banyak orang serta kuliner Solo yang terkenal di kalangan penikmat daging sate Solo raya.

Di rumah makan Tengkleng Bu Edi, anda bisa mengunjunginya mulai jam 1 siang di sekitar pasar Klewer. Namun anda harus cepat, karena saking enak dan terkenalnya, Tengkleng bu Edi ini bisa habis dalam waktu 3 jam saja.

Wedangan Pendhopo

Di jalan Srigading I No. 7 Turisari, anda bisa menemukan kuliner Solo yang terkenal lainnya dengan mampir ke Wedangan Pendhopo yang menjadi favorit warga lokal dan para wisatawan. Anda harus mampir dan bersantai menikmati suasana malam kota Solo. Di sini disediakan wedang jahe dan juga jajanan-jajanan tradisional yang pastinya juga murah meriah.

Tata bangunannya pun unik dan klasik, anda akan betah apabila berkunjung ke sini.

Wisata Menarik Lainnya :  8 Tempat Wisata Belanja di Bali Super Lengkap dan Murah

Keistimewaan Kota Solo

Anda tentunya tidak berkunjung hanya untuk mencicipi kuliner saja, bukan? Kota Solo ini memang seistimewa Jogja. Istimewa karena apanya? Coba simak baik-baik.

  • Surganya Kuliner

Sudah bisa anda ketahui dari rekomendasi-rekomendasi tempat makan di atas bahwa anda tidak akan kecewa dengan rasanya. Selain itu, anda juga akan menemukan makanan-makanan yang tidak dapat anda jumpai di kota lain. Contohnya seperti Serabi, Pecel, Es Gempol, Gudeg Solo yang merupakan makanan yang sudah cukup biasa dan menjadi makanan khas Solo.

Ketika anda merindukan kuliner Solo yang terkenal rekomendasi dari kami, namun anda tidak sedang berada di Solo, anda butuh pengorbanan dan perjuangan besar untuk mencari makanan yang sama.

  • Destinasi Wisata yang Melimpah

Tidak hanya makanannya saja yang enak, Solo ini menyimpan beragam destinasi wisata yang juga wajib anda kunjungi. Anda juga akan dibuat betah karena wisatanya yang melimpah, harganya murah dan juga banyak bangunan bersejarah. Cocok sekali jika anda ingin berkeliling dan menetap lama di Solo.

  • Banyak Koleksi Batik

Jika anda mencari oleh-oleh, anda bisa membawa oleh-oleh batik khas Solo. Solo ini memiliki banyak corak batik yang cantik-cantik. Anda bisa mampir ke Kampung Batik Laweyan dan Kampung Kauman, maka akan anda jumpai banyak pengrajin batik yang bisa anda kantongi sebagai oleh-oleh dari Solo.

  • Ramah Pengunjung

Tatanan kota yang rapih dan juga transportasinya yang sudah lengkap akan membuat anda betah dan ingin tinggal lama-lama di Solo. Ketika anda tidak membawa kendaraan pribadi, anda akan banyak dan dengan mudahnya menemukan transportasi yang tersedia selama 24 jam. Masyarakatnya pun ramah-ramah yang akan membuat anda semakin mudah untuk mencari informasi dan bersosialisasi dengan penduduk sekitar.

  • Biaya Hidup Murah

Nah, ini yang menjadi poin utama yang bisa menarik para pengunjung. Tidak perlu takut anda kehabisan uang jika berlibur ke Solo. Banyak rekomendasi tempat wisata, kuliner, serta penginapan yang low budget namun tetap bisa dinikmati. Bahkan rata-rata memang menunjukkan bahwa segala sesuatu yang ada di Solo mempunyai nilai jual yang minim. Sangat menarik bukan?

Jadi, mantapkan hati anda untuk mengunjungi kota cantik ini. Tidak perlu kocek mahal, dan tidak perlu takut dengan kesulitan menemukan makanan yang enak. Semuanya lengkap. Dan, itu dia rekomendasi wisata kuliner Solo yang terkenal yang bisa menambah rasa penasaran anda pada kota ini. Semoga Bermanfaat.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks