Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Fasilitas, HTM, Rute Menuju Lokasi Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi Solo

Museum Batik Danar Hadi Solo adalah salah satu museum batik terbaik di Indonesia. Saat ini, tempat tersebut menjadi obyek wisata Solo yang ramai untuk dikunjungi.

Bahkan, tak hanya museum saja, wisatawan juga bisa berbelanja batik di gerainya. House of Danar Hadi ini, merupakan salah satu wisata belanja batik di Solo yang sangat rekomended.

Ada banyak koleksi batik yang cantik di sana. Tak hanya itu, kain batik tulis kuno juga ada di sana. Usut punya usut, ada ribuan koleksi batik lho di sana. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini!

1. Sejarah Museum Batik Danar Hadi

Pendiri museum batik Danar Hadi
foto: instagram.com/danarhadi_

Berawal dari kecintaan terhadap budaya bangsa Indonesia, H. Santoso Doellah mendirikan PT. Batik Danar Hadi. Tak hanya itu, pada tahun 1967, pengusaha pribumi itu mendirikan museum yang berada di kawasan bangunan kuno dengan nama Museum Batik Danarhadi.

Berdiri di atas area cagar budaya, bangunan utama di museum tersebut sebetulnya adalah ndalem wuryaningratan. Pada zaman Pakubuwono IX, tempat itu merupakan kediaman seorang pangeran.

Pangeran tersebut adalah cucu dari Pakubowono IX dan menantu dari Pakubuwono X yang bernama Wuryaningratan.

Ndalem Wuryaningratan house of danarh adi
foto: instagram.com/danarhadi_

Kemudian, setelah bangunan itu tak di tempati lagi oleh sang pangeran, H. Santoso Doellah membelinya dan mendirikan museum. Bahkan, di House of Danarhadi itu, terdapat koleksi pribadi dari H. Santoso.

Sebetulnya, Danar Hadi adalah museum milik pribadi. Namun pada tahun 2002, Wapres yang pada saat itu dijabat oleh Megawati Soekarno Putri meresmikan tempat itu menjadi obyek wisata.

Wisata Menarik Lainnya :  Berburu Batik di Pusat Grosir Solo

Pada saat itulah, banyak wisatwan yang berdatangan. Sebab, House of Danar Hadi ini juga merupakan satu-satunya museum dengan koleksi kain batik terbanyak. Ada 10.000an lebih koleksi kain batik yang ada di sini. Tak heran jika museum ini di akui oleh rekor MURI.

2. Lokasi dan Rute Menuju Meseum Batik Danar Hadi

  • Alamat : Jl. Brigjen Sudiarto Jl. Slamet Riyadi No.261, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141

Untuk rute menuju lokasi, kamu dilarang bingung ya! Sebab, Museum Danar Hadi Solo ini terletak di Jalan utama kota Solo. Jika dari arah Semarang, ambil saja jalan lurus menuju pusat kota Surakarta.

Jika sudah melihat Taman Sriwedari, kamu hanya perlu lurus hingga bertemu tulisan House of Danarhadi di sebelah kiri.

3. HTM

Gerai batik Danar Hadi
foto: instagram.com/danarhadi_

Untuk masuk ke Museum Batik Danar Hadi Solo, HTM nya dibedakan menjadi dua ya. Untuk umum dan untuk pelajar.

  • Umum : Rp. 35.000,-
  • Pelajar : Rp. 15.000,-

4. Jam Buka

  • Senin – Minggu
  • 10.00 – 17.00 WIB

5. Fasilitas di Museum Batik Danar Hadi

Tampilan batik danar hadi Solo
foto: instagram.com/danarhadi_

Ada beberapa fasilitas umum yang disediakan oleh Museum batik Danar Hadi Solo.

  • Tempat parkir luas
  • Toilet
  • Resto
  • Workshop Batik
  • Showroom
  • Souvenir Shop and Lounge

6. Koleksi Batik di Meseum Danar Hadi Solo

Penasaran nggak sih di dalam Museum Batik Danar Hadi ini ada koleksi batik apa saja? Memang bagi kamu yang tertarik dan belum pernah berkunjung ke lokasi, sebaiknya buruan datang. Daripada selalu penasaran kan.

Tumpukan kain batik Danar Hadi Solo
foto: instagram.com/danarhadi_

Meski begitu, Setapak bakal kasih sedikit bocoran sedikit nih soal koleksi batik yang ada di sana. Sudah tau kan jika pendiri Museum Batik Danar Hadi Solo itu punya beberapa koleksi batik pribadi?

Wisata Menarik Lainnya :  Yuk! Liburan ke Edu-Rekreasi Rumah Atsiri Tawangmangu

Nah, koleksi pribadi itu ada di 11 ruangan yang ada di museum tersebut. Ada 10 jenis batik yang diletakkan di ruangan-ruangan itu. Jenis batik itu adalah batik Cina, batik Belanda, batik Hokkokai, batik Kraton, batik pengaruh Kraton, batik India, batik Indonesia, batik Saudagaran, batik Petani, dan batik Danar Hadi itu sendiri.

Koleksi pribadi pendiri batik Danar Hadi Solo
foto: instagram.com/danarhadi_

Pihak museum, sangat memperhatikan perawatan koleksi batik tersebut. Mulai dari mengatur suhu di dalam ruangan, hingga ada ramuan bunga yang digunakan agar batik tak berjamur.

7. Workshop Batik di House of Danarhadi

Tak hanya melihat koleksi batik kuno saja, pengunjung juga bisa belajar membuat batiknya secara langsung lho. Pihak museum, memang menyediakan workshop bagi para pengunjung.

Belajar Membatik di Danar Hadi Solo
foto: instagram.com/danarhadi_

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba membuat batik di House of Danar Hadi ini ya. Pengunjung juga diperbolehkan untuk berfoto lho di ruangan ini.

Sementara jika ruangan lain, pengunjung dilarang untuk mengambil gambar kecuali pada area museum. Peraturan ini memang diberlakukan untuk menambah ke eksklusifan Museum Batik Danar Hadi Solo.

Itu dia ulasan menarik tentang Museum Batik Danar Hadi Solo. Setelah berwisata edukasi dan berwisata sejarah, ada baiknya mampir ke cafe Soga yang ada di lokasi tersebut. Selamat berwisataaaa yaaa!

Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *