big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Taman Wiladatika, Lokasi Syuting Sinetron 90-an Paling Terkenal Di Kota Depok

Taman Wiladatika Depok

Buat penggemar sinetron Tuyul dan Mbak Yul pasti tidak asing dengan Taman Wiladatika? Salah satu tempat yang menjadi lokasi syuting sinetron yang terkenal di era tahun 90 an.

Berkat kepopulerannya, taman ini kian dikenal luas oleh masyarakat. Keindahan tamannya yang memukau memang mampu menarik perhatian pengunjung ke wisata Depok.

Sejarah Taman Wiladatika

Nama Taman Wiladatika bukanlah hal asing di dunia entertainment. Pada tahun 90 an taman ini kerap kali menghiasi layar kaca. Khususnya di sinetron Tuyul dan Mbak Yul yang cukup populer pada eranya. Sampai sekarang pun taman ini sering dijadikan lokasi syuting FTV, Film, dan iklan.

Bisa dibilang taman ini termasuk wisata legendaris di Kota Depok. Keberadaannya sudah cukup lama dan diresmikan oleh Presiden Soeharto sekitar tahun 1980. Dan baru dibuka untuk umum pada Bulan Juni. Awalnya taman ini dibangun sebagai sarana penggalangan dana dan kegiatan Pramuka.

Akan tetapi lama-kelamaan fungsinya beralih menjadi tempat wisata. Hal tersebut karena banyaknya wisatawan yang sering berkunjung ke taman ini. Pepohonan rindang, bunga beraneka warna, dan udara sejuk di sekitarnya memang membuat siapapun berdecak kagum saat melihatnya.

Sejak dibuka untuk umum taman ini tak pernah sepi pengunjung. Taman dengan lahan seluas 32 hektare itu selalu ramai di hari biasa maupun hari libur. Tidak hanya wisatawan dari Jakarta dan Depok saja. Ada juga yang berasal dari luar kota seperti Bandung, Bogor, Tangerang, Bekasi, Cikarang, dan lainnya.

Bagi yang belum tahu, Nama “Wiladatika” itu adalah singkatan. Kepanjangannya berasal dari kata “Widya Mandala Krida Bakti Pramuka”. Agar penyebutannya lebih singkat sengaja pemerintah menggunakan singkatan kata “Wiladatika“. Dan nama itu masih dipakai hingga sekarang.

Daya Tarik Taman Wiladatika

Mau cari tempat healing enggak perlu jauh-jauh. Buat warga Depok dan sekitarnya cukup datang saja ke Taman Wiladatika. Pemandangan di sana tak kalah indah dengan wisata lainnya di Indonesia. Dengan harga tiket terjangkau kamu sudah bisa menikmati indahnya pepohonan, sejuknya udara, hingga melihat bunga warna-warni bermekaran.

Untuk mencapai lokasinya juga tidak terlalu sulit. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi kalau mau cepat sampai. Bisa juga pakai angkutan umum seperti angkot, commuter line, atau Bus Transjakarta. Mau tak mau kamu harus menunggu lama karena bergantian dengan penumpang lainnya.

Rasa lelah kamu selama perjalanan akan terbayar lunas ketika menginjakkan kaki pertama kali di Taman Wiladatika. Deretan pepohonan, rerumputan, dan tanaman hijau siap menyambut kedatangan kamu. Ada pula air mancur di tengah-tengah taman yang kian menyejukkan suasana sekitar. Ditambah lagi beberapa daya tarik berikut.

Arena Olahraga dan Paintball

taman5
Sumber : Google Maps/Master Energizer Ice Breaking

Bukan hanya sekedar taman untuk tempat bersantai. Taman Wiladatika juga pas dijadikan area berolahraga. Seringkali terlihat beberapa orang bersepeda, joging, senam, atau jalan-jalan santai di sekitar taman. Entah pada waktu pagi maupun sore hari.

Bagi pencinta tantangan, di sini juga tersedia fasilitas outbound dan paintball. Sangat cocok buat mengisi kegiatan kumpul keluarga, gathering kantor, atau sekolah. Namun sebelum menjajalnya pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

Wahana Permainan Anak-anak

20220904 140231 scaled
Sumber : Google Maps/ S Suzuki

Mengajak si kecil liburan ke Taman Wiladatika adalah pilihan terbaik. Pasalnya di sana ada sejumlah wahana permainan seru yang siap menemani liburan anak-anak. Tepatnya di area playground si kecil bisa mencoba permainan jungkat-jungkit, ayunan, dan perosotan. Konsepnya yang mengusung tema outdoor dijamin membuat si kecil merasa betah.

taman4 1
Sumber : Google Maps/Galih Eka Putra

Selain playground masih ada wahana lainnya. Diantaranya ada bom-bom car, mini jet, perahu air, gokart, kereta mini, dan becak mini. Sebagian wahana bisa kamu nikmati secara gratis dan sebagian yang lainnya berbayar. Meski begitu hal itu tak akan mengurangi kesenangan anak-anak saat mencobanya.

Semisal si kecil sudah merasa bosan ajaklah bermain di taman kelinci. Di sana anak-anak bisa memberi makan sekaligus mengajaknya bermain. Meskipun kelincinya tampak jinak, tetap saja para orang tua harus tetap melakukan pendampingan dan pengawasan.

Kolam Renang dan Kolam Terapi Ikan

taman2
Sumber : Google Maps/Mridhabintang

Keseruan di Taman Wiladatika tidak berhenti dengan kehadiran wahana permainannya saja. Untuk membuat pengunjung kian merasa nyaman, pihak pengelola tak lupa menyediakan fasilitas kolam renang. Ada kolam khusus orang dewasa dan anak-anak. Tetapi itu tak bisa dinikmati secara gratis. Pengunjung wajib membayar biaya tambahan.

Setelah selesai berenang istirahatkan badan sejenak dengan duduk santai di kolam terapi ikan. Celupkan kedua kaki kamu dan biarkan ikan-ikan kecil melakukan pijatan relaksasi. Dijamin rasa lelah dan penat akan hilang seketika. Kolam ini diperuntukkan untuk semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Taman yang Indah

taman1
Sumber : Google Maps/Saifullah Sword Man

Taman Wiladatika terdiri dari tiga area, yaitu taman bunga, Taman Jepang, dan taman jamur. Ketiganya adalah spot favorit pengunjung untuk berswa foto atau melakukan kegiatan syuting. Dikarenakan keindahannya, ketiga area tersebut menjadikan taman ini memiliki ciri khasnya sendiri.

Khusus taman bunga kamu akan dimanjakan dengan tanaman bunga warna-warni. Sebagai pelengkap terlihat pula labirin hijau dan air mancur di tengah taman. Sungguh pemandangan yang pas buat area bersantai bersama keluarga.

Sedangkan taman jamur mempunyai nilai historis tersendiri. Di mana taman inilah yang menjadi lokasi syuting sinetron Tuyul dan Mbak Yul. Sejauh mata memandang taman ini tampak seperti hutan. Di mana-mana terlihat pepohonan tinggi berdaun lebat. Tampak juga bangku taman dan rumah-rumah kecil berbentuk jamur.

Tak jauh berbeda dengan taman jamur. Taman jepang juga dihiasi pepohonan rindang. Tetapi kebanyakan adalah tanaman bambu berukuran besar. Suasana ala-ala Jepang kian terasa dengan kehadiran sungai dihiasi ornamen jembatan kayu di atasnya.

Harga Tiket Masuk

Taman Wiladatika menetapkan harga tiket masuk yang berbeda antara masyarakat umum dengan anggota Pramuka. Tetapi tak perlu khawatir, harganya masih ramah di kantong. Masyarakat umum cukup membayar Rp10.000 per orang. Sedangkan anggota Pramuka hanya dikenakan biaya Rp5.000 per orang.

Jam Buka

Pihak pengelola Taman Wiladatika menerima kunjungan wisatawan setiap hari. Kamu bebas mau datang di hari apapun. Entah itu hari biasa, tanggal merah, atau hari libur Nasional. Sayangnya jam berkunjung dibatasi, yaitu antara jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Lebih dari itu pihak pengelola sudah menutup tempat wisatanya.

Fasilitas Umum

Taman Wiladatika menawarkan fasilitas umum lengkap dan memadai. Tujuannya tidak lain demi memberi rasa nyaman kepada para pengunjung selama liburan. Berikut diantaranya.

  • Area parkir
  • Mushola
  • Saung dan gazebo
  • Klinik umum dan gigi
  • Ruang pertemuan
  • Ruang resepsi
  • Penginapan
  • Toilet umum

Tips Berkunjung

Terapkan beberapa tips berikut jika ingin liburan kamu ke Taman Wiladatika berjalan lancar.

  1. Pastikan kondisi fisik kamu dalam keadaan sehat.
  2. Pilihlah waktu keberangkatan saat cuaca sedang cerah.
  3. Naiklah kendaraan pribadi supaya lebih cepat sampai.
  4. Kenakan oufit keren untuk menunjang penampilan kamu agar terlihat menarik saat berfoto di taman nanti.
  5. Bawalah bekal dan barang-barang penting yang memang kamu perlukan saja.
  6. Selalu sediakan kamera di dalam tas untuk mengabadikan momen selama berada di sana.
  7. Berangkatlah pagi-pagi sekali agar terhindar dari kemacetan.
  8. Jangan datang seorang diri karena itu akan terasa membosankan.
  9. Sebisa mungkin ajak teman atau keluarga guna memeriahkan suasana.
  10. Selalu taati peraturan dan jaga kebersihan di sekitar taman.

Bagaimana, Taman Wiladatika memang rekomendasi tempat wisata yang bagus kan? Semoga informasi tadi dapat menjadi panduan kamu.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments