Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Doyan Ngemil? Ini 10 Jajanan Solo yang Lagi Hits

jajanan solo

Apa yang terlintas di pikiran mu ketika mendengar kata Solo? Budayanya? Ramah tamah warganya? Wisata yang penuh sejarah? Betul sekali, sangat banyak hal yang bisa diingat jika memikirkan wisata kota Solo. Namun, yang tak bisa kamu lupakan adalah makanannya.

Camilan enak dan lezat juga bisa kamu cicipi lho. Ada banyak sekali jenis jajanan Solo yang bisa kamu coba. Apalagi saat ini banyak varian yang membuat mu tak akan bosan untuk menikmatinya. Apa saja? Berikut setapak langkah punya rekomendasi jajanan yang lagi hits saat ini.

1. Solo Flossroll

Jajanan Solo
foto: instagram.com/soloflossroll

Jajanan yang satu ini sangat-sangat hits sebagai oleh-oleh khas kota Solo. Abon Gulung atau biasa disebut dengan Solo Flossroll bisa menjadi camilan sehari-hari yang sangat lezat. Teksturnya yang lembut dan empuk dipadukan dengan abon yang banyak di dalam rotinya membuat jajanan Solo ini banyak penggemarnya. Tak hanya warga Solo saja, makanan ini juga diburu oleh orang-orang yang berada di luar Solo Raya.

Kamu bisa membeli jajanan ini di gerai-gerai yang ada di Stasiun Balapan, atau pun di gerai yang berada di jalan parikesit, Solo. Ada 2 varian rasa yakni abon gulung ayam dengan harga Rp. 45.000 dan abon gulung sapi dengan harga Rp. 55.000,-

2. Kue Balok

Jajanan Solo
foto: instagram.com/jastipcakekekinianjogja

Ada banyak penjual kue balok dengan berbagai varian rasa yang menggugah selera. Jajanan Solo ini selalu menjadi incaran para pembeli. Rasanya yang manis dengan tambahan coklat lumer di dalamnya membuat kue ini sangat diminati. Dahulu kala kue balok tak sevariatif saat ini. Kue Balok original biasanya di jual di pasar-pasar tradisional tanpa toping. Namun saat ini, ada banyak tambahan toping yang lezat.

Kamu bisa dapatkan kue ini di gerai-gerai salah satunya di Kue Balok Koma. Alamatnya ada di Jl. K. H. Samanhudi no 9 Mangkuyudan Solo. Atau bisa juga pesan secara online melalui Go Food. Tak hanya Kue balok koma saja, ada juga kue balok parikesit dengan varian yang tak kalah menarik.

3. Poofy Puff Solo

Jajanan Solo
foto: instagram.com/poofypuffsolo

Siapa yang suka makan kue empuk dan lumer di dalam? Yups! kalau favoritmu adalah camilan seperti itu, maka jajanan Solo yang satu ini pasti sangat cocok di lidah mu. Poofy Puff Solo merupakan oleh-oleh kekinian yang ada di kota bengawan ini. Berdiri sejak tahun 2016, kue ini punya banyak sekali penggemar. Rasanya yang lezat membuatnya menjadi primadona jajanan lokal yang hits.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Kuliner Bogor Malam Hari yang Lezat Harga Bersahabat

Varian rasanya bermacam-macam, antara lain vanila, coklat, oreo, greentea, dan chocomaltine. Satu kota yang berisi 10 biji Poofy puff dibanderol dengan harga Rp. 35.000 rupiah saja. Murah bukan? Jika tak sempat ke gerai yang berada di area Manahan Solo ini, kamu bisa banget kok pesan melalui grab food atau go food.

4. Petolo Mayang

Jajanan Solo
foto: instagram.com/jogjabikinlaper

Petolo Mayang sebetulnya jajanan Solo yang sudah cukup lama melanglang buana. Keberadaannya kini tak sebanyak dahulu kala karena banyak camilan hits lainnya. Namun, siapa sangka jika saat ini banyak orang yang mengincar jajanan jadoel ini, sehingga membuatnya hits kembali.

Rasanya sangat lezat dan nikmat ditambah kuah yang hangat akan semakin membuat mu ketagihan. Di Solo kamu bisa menjumpai makanan ini di Jl. Ronggowarsito No.97, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Buka dari pukul 11 siang hingga habis.

5. Dessert Box

Jajanan Solo
foto: instagram.com/belivekitchen

Kalau kamu lihat bentuk dari dessert box ini bisa dipastikan bakal ngiler. Jajanan Solo yang hits ini, memang sangat banyak peminatnya. Namun tak ada gerai resmi yang bisa kamu kunjungi. So, kamu bisa pesan berbagai dessert box ini via online saja ya. Salah satu yang rekomended ada di belivekitchen dan BitBox Solo. Semua desser box yang disajikan adalah home made.

Kamu juga bisa COD di area tertentu jika tak ingin memesannya via delivery order. Sementara untuk varian ada banyak macamnya mulai dari coklat, blueberry, cheesee, strawberry, vanila dan masih banyak yang lainnya. Harganya juga cukup variatif, mulai dari 20k hingga 50k. Tergantung sebesar apa box yang kamu pesan.

6. Susu Sarjana

Jajanan Solo
foto: instagram.com/promohunterjogja

Sesuai namanya, Susu Sarjana menyasar anak-anak mahasiswa. Gerai-gerainya pun berada di dekat kampus. Sebetulnya pelopor susu kekinian ini pertama kali ada di Jogja, lalu membuka beberapa cabang. Tak lama kemudian, owner juga membuka cabangnya yang ke-12 di dekat Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tak heran jika saat ini minuman susu Sarjana menjadi hits di kalangan anak muda dan menjadi jajanan Solo.

Harga yang ditawarkan juga sangat sesuai dengan kantong mahasiswa. Mulai dari Rp. 10.000 kamu bisa menikmati segarnya susu sarjana. Ada berbagai macam rasa yang jajakan yakni coklat, alpukan, pisang, kurma, strawbery, bahkan durian juga ada.

7. Solo Pluffy

Jajanan Solo
foto: instagram.com/solopluffy

Kue artis masih menjadi primadona bagi masyarakat. Salah satu yang tak lekang oleh waktu adalah Solo Pluffy. Keberadaannya memang sudah cukup lama di Solo. Namun makanan ini tetap menjadi favorit bagi masyarakat. Rasanya yang lezat dan tekstur yang lembut bisa jadi pilihan yang cocok.

Wisata Menarik Lainnya :  Berburu Lentog Tanjung, Kuliner Legendaris Khas Kudus

Gerai jajanan Solo ini ada di beberapa tempat seperti mall dan stasiun. Ada juga beberapa toko yang berada di Klaten dan Sragen. Sementara untuk varian rasa dari kue ini sangat banyak dan bermacam-macam. Mulai dari cheese, original. chocho, dan red velvet bahkan greentea. Harganya sesuai dengan varian rasa yang ingin di beli. Jika kamu hanya beli yang original, cukup dengan 48k saja, kamu sudah bisa mencicipinya.

8. Bakpia Balong

Jajanan Solo
foto: instagram.com/sandalmurahlengkap_

Berbicara soal Bakpia, ternyata tak hanya menjadi jajanan Jogja saja melainkan Solo juga punya hal yang sama. Namun ada beberapa perbedaan yang mendasar. Salah satunya adalah isian yang bermacam-macam seperti choco lava, tiramissu, coklat, cappucino, nanas, cheese, bahkan ada juga rasa durian.

Jajanan Solo ini sudah ada sejak tahun 1960. Namanya adalah bakpia balong. Biasanya orang-orang membeli camilan ini untuk oleh-oleh keluarga.

9. Milky Pie

Jajanan Solo
foto: instagram.com/lugina_cake

Untuk jajanan Solo yang satu ini sebetulnya banyak juga ditemukan di daerah lain. Apalagi yang paling terkenal adalah Pie Susu Bali sebagai oleh-oleh khas yang lezat. Namun, siapa sangka ternyata di Solo camilan ini juga hits lho.

Tak seperti pie susu pada umumnya, yang ada di Solo punya variasi rasa yang unik. Seperti taburan toping buah dan coklat yang ada di atasnya. Buat kamu yang akan memberikan kejutan ulang tahun untuk yang terkasih, milky pie susu yang dipadukan dengan puding ini juga bisa menjadi salah satu alternatif yang bagus. Kamu bisa membelinya di Lugina Puding and cake yang ada di instagram.

10. Getuk Semar

Jajanan Solo
foto: instagram.com/getuksemarsukoharjo

Coba tebak, apa nama Jajanan Solo yang terbuat dari singkong berkualitas yang di uleni dengan parutan kelapa? Yups! getuk namanya. Makanan tradisional ini bisa menjadi salah satu jajanan hits di masa kini. Tak seperti dahulu kala, getuk saat ini disajikan dengan berbagai variasi.

Sebut saja getuk semar, punya dua varian getuk yang lezat, yakni getuk goreng dan getuk original. Kedua getuk itu bisa bertahan selama 2 hari saja karena tak menggunakan pengawet. Gerai getuk goreng ini berada di dekat Underpass Makamhaji Solo. Satu box getuk berisi 10 biji dihargai dengan Rp. 15.000,- murah bukan?

Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *